PENGALAMAN PASANG GOOGLE SEARCH CONSOLE

1 comment

 

Hai, pembaca jelajah mia! Setelah memutuskan membeli domain, masa dibiarkan begitu saja tanpa dioptimalkan dan ditingkatkan performa blog/situsnya sih? Masih dalam rangka sudah terlanjur terjun berenang, ya sekalian nyebur dan mencoba gaya renang. Kalau ibarat pepetah, jangan setengah-setengah terjunnya.

 

Kemarin sudah mencoba mengaktifkan Google Analytics dan menuliskan alasan kenapangeblog . Salah satunya yaitu, Google Search Console juga perlengkapan wajib yang harus dimiliki oleh pemilik website. Lalu apa sih Google Search Console dan bagaimana pengalaman jelajah mia memasang Google Search Console? Baca terus artikel ini hingga akhir, ya. Siapkan cemilan terbaiknya!

 

Pengalaman Pasang Google Search Console

Apa Itu Google Search Console

Google Search Console (sebelumnya dikenal sebagai Google Webmaster Tools) adalah platform gratis bagi para pemilik website untuk memonitor bagaimana kinerja website di ranah organik Google. Google Search Console memungkinkan Anda untuk mengetahui domain yang memberikan link ke website Anda (referring domain), kinerja website di perangkat mobile, hingga analisis halaman website dengan trafik tertinggi.

 

Manfaat Google Search Console?

Banyak manfaat yang akan kita dapatkan ketika menggunakan Google Search Console. Kita bisa melakukan evaluasi dan perbaikan-perbaikan di website yang kita miliki berdasarkan analisis dari Google Search Console. Berikut manfaat-manfaat yang kita peroleh dari Google Search Console :

 

1. Menemukan Keyword Populer

Google Search Console membantu untuk menemukan kata kunci yang banyak digunakan orang untuk menemukan blog yang kita miliki.

 

Google Search Console akan memberi informasi mengenai total munculnya blog kita di hasil pencarian untuk kata kunci tertentu (impression) dan berapa kali blog kita diklik dari hasil pencarian tersebut (click through rate).

 

Dengan begitu, kita bisa mengetahui mana kata kunci yang paling efektif dan kurang efektif untuk SEO website kita. Bisa jadi bahan evaluasi agar memperbaiki isi artikel agar lebih baik dari sebelumnya.

 

2. Mengetahui Siapa Saja yang Berkunjung ke Blog

Google Search Console juga bisa menampilkan, darimana datangnya pengunjung blog kita. Jadi membantu kita untuk menjangkau target audiens yang tepat.

 

3. Submit Sitemap

Kita bisa menambahkan sitemap melalui Google Search Console. Sitemap berfungsi untuk membantu Google melakukan crawl di website kita sehingga Google bisa mengidentifikasi blog  lebih cepat.

4. Inspect URL/ INSPEKSI

Idealnya setelah publish artikel, kita melakukan inspect url. Fungsi Inspeksi URL ini untuk mempercepat proses indexing artikel blog pada mesin penelusuran Google. Meskipun lama-lama artikel kita juga akan terindeks oleh google. Akan tetapi dengan menggunakan inspeksi URL, artikel yang baru kita buat akan dipercepat pengindeksan oleh google. Jadi bisa lebih cepat masuk ke pencarian Google. Sehingga bisa menambah trafik blog kita juga.


Cara Memasang Google Search Console

1. Masuk ke akun Google Search Console

Buka https://search.google.com/search-console/about lalu klik Start Now

 

2. Pilih URL

Akan muncul dua pilihan, lalu pilih yang mana? Saya mengikuti saran coach yaitu pilih yang kanan karena ke arah yang lebih baik, eh bukan bercanda, ya karena anak bawang jadi kuikuti saja langkah yang memang sudah berpengalaman (Tenang, nanti panduan dari coach, akan kumunculkan alamat websitenya di akhir, ya)

 

Langkah satu Google Search Console

2. Verifikasi

Karena masih baru jadi muncul seperti itu (ini blogku, ya, bisa jadi punya kalian langsung terverifikasi), jadi saya oprek di bagian propertinya yang muncul pada tampilah dashboard Google Search Console. Nah, pada bagian ini kalau binggung, jangan sungkan tanya sama yang lebih paham atau cek-cek google juga banyak kok panduannya.

 

a, Verifikasi tag HTML

Pada setelah -  Verifikasi kepemilikan- klik verifikasi tag html.

Akan muncul kode, copy kode tersebut, lalu paste di dashboard blog

copy pasti dibawah <head>

Save

Kembali ke Google Search Console, klik verifikasi

 

b. Verifikasi Google Analytics

Selama kode Google Analytics sudah dicopy-paste di bawah <head> (saat memasang GA), maka sudah aman, ya.

Klik Verify, Done.

Nah, sudah selesai, ya. Sebelum ditutup, jelalah mia mau berbagi pengalaman pusing saat pasang Google Search Console

 

Pengalaman Pusing Pasang Google Search Console

Index GSC Eror


Langkah semua sudah sesuai, kok muncul seperti ini? Jangan panik dulu dan berpikir salah langkah, ya! Sayapun sempat panik dan bahkan sampai WA Coach kesayangan, ternyata semua link pada waktunya akan terindeks semua sama Google, hanya persoalan waktu. Google Search Console ini salah satu cara agar lebih cepat dan praktis terbaca oleh index, apalagi semacam blog jejalah mi aini yang usianya belum ada setahun, tentu butuh proses untuk sampai dikenali oleh sama Google. Mengatur pikiran dia aja masih suka tidak terbaca ya gak, apalagi baca pikiran mbah Google tercinta. Eh, walaupun sudah mbah-mbah tapi tetap kita kalah gaul dan kekinian dari mbah Google, loh.

 

Jadi jangan takut buat otak-atik  Google Search Console, kalau salah langkah bisa kita evaluasi dan perbaiki langkahnya. Pastikan selain tidak malu bertanya sama PJ/Coach, punya juga teman online yang bisa ditanya seperti kesulitan, seperti diriku yang selalu merusuhi dua teman onlineku kalau udah mumet sama tetek bengek website hihihi.

 

Pentingnya ketelitian Setting Sitemap

Sitemap kok Error


Ini sebenarnya agak malu sih cerita, tapi tak apalah buat pengalaman. Salah satu panduan dari coach, kita pasang sitemap juga di halaman blog kita. Sebenernya gampang banget, cuma mengerjakan ini itu butuh ketelitian, sempat binggung kenapa kok eror, salah apa saya, bagian Google Search Console tinggal bertahap terindex oleh Google, kok ya bagian yang cuma tinggal copy paste dan tempel di html kok malah eror. Nanya ke teman juga binggung, udah agak malam dan lelah jadi tinggal tidur sajalah, pas nanya sama paksu, tanpa dia oprek gimana langsung dengan intonasi agak tinggi langsung bilang, “Mau sampai guling-guling juga itu sitemap ga akan bisa muncul, liat tuh dengan teliti, nama domain aja kurang H.” (yang kenal paksu jelajah mia, tahu lah nadanya gimana pas ngomong ini)

 

Cuma kurang H doang saudara-saudari, ah dasar si saya yang ngantuk ngerjainnya dan namanya juga nanya ke temen online dan mereka juga pada ga fokus jadi wajar aja lah. Pokoknya pelajaran sekali ya buat yang baca, teliti dan jangan malu nanya orang yang lebih paham biar bisa dikoreksi.

 

Penutup

Demikian panjang lebar tentang Google Search Console dan segala kecanggihannya dalam menampilkan indek dan data dari blog yang kita miliki. Beserta pengalaman jelajah mia, yang baik bisa diikuti, bagian lucunya anggap sebagai hiburan online saja, ya. Hayo nunggu apa lagi? Yuk, pasang Google Search Console!!!


Sumber referensi

Panduan Google Search Console dari Niagahoster

Google Search Console: Cara Memasang dan Menggunakannya dari Blogspedia


Related Posts

1 comment

  1. Udah pasang GSC nih, tinggal liat performa dan jadi ketagihan

    ReplyDelete

Post a Comment