Resep Spaghetii Bolognese Instan

24 comments

Siapa yang tak kenal dengan spaghetti?  Mungkin sobat Jelajah Mia adalah salah satu penggemar spaghetti. Yuk, biar ga boros beli, disini Jelajah Mia akan berbagi tentang resep spaghetii Bolognese instan yang pastinya mudah dan sesuai selera lidah Indonesia pada umumnya.

 

Resep Spaghetii Bolognese Instan


Pasta merupakan salah satu makanan utama yang paling disukai di seluruh dunia. Rasanya yang lezat, mudah dimasak, hingga variannya yang begitu banyak menjadi alasan bahwa pasta layak dicintai.

 

Spaghetii merupakan kudapan terkenal yang disebut-sebut asal Italia ini memang telah mendunia. Spaghetti juga menjadi salah satu makanan favorit di Indonesia. Awalnya kudapan ini seolah menjadi makanan mewah tetapi makin kesini banyak versi ekonomisnya.

 

Cerita Tentang Resep Spaghetii Bolognese Instan

Jelajah Mia mau berbagi resep yang mudah dan rasa mendekati yang restoran terkenal itu lah tapi sebelumnya mau sedikit cerita dulu tentang bagaimana bisa jadi salah satu makanan favorit dan bahkan bisa dibilang masaknya juga ga sampai gagal banget lah.

 

Spaghetti Bolognese terdiri dari spaghetti yang disajikan dengan saus Bolognese yang terbuat dari tomat, daging sapi cincang, bawang putih, anggur dan rempah-rempah lainnya. Terkadang daging sapi cincang bisa diganti dengan daging cincang lainnya.

 

Saya termasuk penyuka pasta terutama spaghetti, kadang agar tak repot di setiap bulan suka stok saus dan simpan di freezer/kulkas bawah agar sewaktu-waktu butuh tinggal rebus spaghetii dan panaskan sausnya. Kenapa instan? Mohon maaf, daging kan agak mahal, jadi memang ku akali dengan ditambahkan volume saus tomat dan saus intan.

 

Pada blog lamaku, pernah share resep spaghetii versi menggunakan daging ayam dan kali ini akan kubagi bagaimana membuat resep spaghetii Bolognese instan menggunakan daging sapi. Banyak hal dari cara masak dan bahan yang kubedakan dengan cara lamaku. Bisa dibilang tidak hanya blog yang makin hari jadi sebuah pembelajaran, cara memasakpun pasti memiliki perbaikan dan kemajuan dari cara sebelumnya, betul tidak sobat Jelajah Mia?

 

Bahan Resep Spaghetii Bolognese Instan

  • 1 kotak spaghetti
  • Minyak zaitun (kalau tidak ada bisa dengan minyak goreng/margarin)
  • 2 botol kecil saus tomat
  • 2 buah tomat besar
  • 1 bungkus kecil merica bubuk
  • 1 sdt seledri cincang
  • 7 siung bawang putih
  • 1 Siung bawang bombai
  • 1 buah wortel, potong cincang/kecil-kecil
  • 1 sdm mixed herbs (Bila susah untuk dicari, minimal pakai oregano dan basil)
  • 250 gram daging sapi cincang
  • 1 bungkus saos spaghetti daging instan
  • 50 gr keju cheddar parut
  • 1 sdm maizena larutan dalam air matang  (bila sudah cukup kental bisa di skip)/dalam beberapa referensi disarankan untuk memakai air rebusan dari spaghetti
  • Garam secukupnya
  • Kaldu jamur (kalau merasa kurang yakin bisa sedap bisa diganti dengan penyedap rasa yang biasa dipakai dirumah)
  • Gula putih

 

Cara Membuat Resep Spaghetii Bolognese Instan

  • Rebus spaghetti di air mendidih. Rebus spaghetti hingga tingkat kematangan al dante. Apa itu al dante? Tekstur pasta yang memiliki tingkat kematangan sempurna. Ketika digigit itu, kita bisa merasakan pastanya sudah oke. Jadi tidak terlalu matang atau kurang matang, benar-benar ada di titik pas.

  • Rebus tomat hingga kulitnya mengelupas lalu blender/diulek
  • Bawang putih dan bawang bombai blender, campur dengan sedikit minyak (Apabila suka dengan spaghetti yang bawangnya bertekstur, cukup dicincang saja)
  • Tumis bawang hingga harum dan matang
  • Masukan daging sapi yang sudah dicincang masak hingga matang
  • Masukkan  wortel yang sudah dicincang
  • Masukkan seledri yang sudah dipotong halus
  • Masukkan tomat halus, saus tomat, garam, merica bubuk, mixed herb
  • Masukkan gula putih, garam dan penyedap rasa lalu koreksi rasa
  • Masukkan tepung maizena yang sudah dilarutkan (jangan melarutkan di dalam masakan karena akan menggumpal tepungnya) atau tambahkan air rebusan dari spaghetti
  • Masak saus hingga set
  • Untuk hidangan buat tempat terpisah antara spaghetti dan saus
  • Taburi keju parut dan parsley

 

Waktu memasak 45-60 menit

Porsi : 6 orang

Hasil Resep Spaghetii Bolognese Instan

 

Info :

  1. Saus yang dibuat ini menggunakan pengawet alami, jadi untuk daya tahan tidak selama dengan yang beneran instan. Untuk daya tahan saus di kulkas bawah kira-kira 3-5 hari dan freezer maksimal dua minggu. Ketika sudah tumbuh jamur langsung buang, ya!
  2. Saat memasak spaghetii kadang tidak hanya tergantung pada bahan yang digunakan, tetapi didukung juga dengan beberapa cara dari kesalahan umum saat kita memasak. Mau berhasil masak spaghetiinya? (Ini juga berlaku untuk jenis pasta lainnya, loh.
  3. Spaghetii ini lebih enak sebenarnya bila tidak langsung dimakan tapi didinginkan dulu bahkan buat masak besok, karena rasanya lebih enak. 

 

Beberapa Kesalahan Umum Saat Memasak Spaghetii

1.   Memotong Pasta Agar Masuk Ke dalam Panci

Hampir sebagian orang memasak spaghetii, suka merasa repot dengan ukuran pasta yang agak panjang ini. Agar lebih mudah, jadi dilakukan dengan cara memotongnya menjadi 2 agar bisa sepenuhnya masuk ke dalam panci. Mematahkan pasta hanya akan membuat panjang pasta menjadi tidak rata. Ketika matang spaghetii yang pendek akan sulit dibentuk menjadi pusaran ala-ala restoran.

 

2.   Merebus Spaghetii Dalam Air yang Masih Dingin

Terkadang, sebagian orang merebus spaghetii pada air yang belum matang sehingga spaghetii yang direbus tidak akan matang sempurna. Merebus spaghetii pada air yang tidak matang hanya akan membuat waktu merebus semakin lama & tekstur spaghetii yang bubuk. Jadi pastikan memasukkan spaghetii pada air yang sudah mendidih, ya

 

3.   Membuang Air Rebusan Spaghetii

Air bekas rebusan pasta mengandung banyak saripati kanji yang berguna untuk menambah cita rasa ketika memasak saus pasta. Jadi saat memasak spaghetii, pastikan rebus dulu spaghetiinya agar airnya bisa digunakan saat memasak saus pasta

 

4.   Menambahkan Sedikit Minyak Ke dalam Air Rebusan Spaghetii

Memasak spaghetii atau pasta lainnya pasti tidak asing dengan menambahkan sedikit minyak. Alasannya adalah agar pasta tidak saling menempel. Tapi nyatanya, hal tersebut tidak boleh dilakukan karena akan merusak tekstur makanan itu sendiri.

 

Selain itu, menambahkan sedikit minyak pada air rebusan spaghetii hanya akan membuat saus sulit menempel pada spaghetii Tips yang paling mudah agar spaghetii tidak lengket satu sama lain adalah dengan merebus pasta menggunakan air yang cukup, serta masukkan pasta ketika air telah mndidih.

 

5.   Tidak Mengaduk Saus dan Spaghetii dengan Segera

Hal tersebut akan membuat spaghetii sulit diaduk karena pasta telah menempel satu sama lain. Tips yang paling mudah yang bisa anda lakukan adalah dengan mengaduknya dalam 2 menit pertama setelah disajikan. Jangan pelit-pelit sama saus saat makan spaghetii, karena spaghetii kurang nikmat kalau sausnya hanya sedikit.

 

6.   Memasak Spaghetii Pada Panci yang Kecil

Jika tengah memasak pasta yng cukup banyak, maka pastikan bahwa panci yang anda gunakan juga cukup besar. Panci yang terlalu kecil dengan pasta yang cukup banyak akan membuat pasta sulit matang.


Tips umum yang bisa sobat Jelajah Mia lakukan adalah sebagai berikut:

  • Setiap ½ kg spaghetii, rebuslah dengan 4-6 liter air
  • Gunakan panci besar agar pasta bisa mengembang sempurna ketika mendidih

 

Penutup

Bagaimana resep spaghetii bolognese instan yang Jelajah Mia bagi, sulit tidak? Atau punya versi lain dalam masak spaghetiinya? Yuk, berbagi biar sama-sama belajar.  Bagi tim beli, sesekali biar ga boros beli buat cobain masaknya. Kalau Jelajah Mia bagi lagi resep pasta dan saus lainnya gimana? Mau tidak?

Related Posts

24 comments

  1. wah..spaghetiinnya menggoda bisa diuji coba menu baru di dapur nih

    ReplyDelete
  2. Emang paling enak bikin spagheti sendiri dapatnya banyak. Bisa puas makannya. Bisa d kreasikan sesuka hati. Liat resep spagheti ni jadi laper. Huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau buat sendiri bisa disesuaikan dengan lidah masing-masing, kak

      Delete
  3. Baru tadi lo kak, aku nemu spageti ini di fyp tiktok. Akhirnya nemu resepnya di sini, tapi bahannya kok sekebon ya 🀣

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih simpel beli, yak 🀣🀣🀣
      Kurangin aja ga pake wortel, biar ga banyak amat hahaha

      Delete
  4. Enak gak nih? Pengen nyobain jadinya.

    ReplyDelete
  5. La kok ini pas ada spageti mentah d dapuurr

    Cuss ahh mau recook jugaaa

    Yummyyyy

    ReplyDelete
  6. meski tak begitu suka dengan tekstur mie spageti. saya masih suka bikin spageti instan karena bumbunya enak hehehe apalagi kalau ada irisan dagingnya ya kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga sausnya pake resep ini, lalu diganti dengan mie/pasta yang kakak suka

      Delete
  7. Dari kemarin pengen coba buat spageti jg tp trdiktraksi sama makanan korea hahah

    ReplyDelete
  8. Nah iya selama ini suka kasih minyak sedikit pada rebusan pasta wah seharusnya itu tidak boleh dilakukan ya....
    Sip sip banyak ilmu baru nih, termasuk gak mematahkan lagi pasta yg panjang karena ga masuk panci. Hehhee

    ReplyDelete
  9. Anak-anak suka banget spahetii bolognese ini. Aku udah ngelakuin step2 di atas sih, tapi masih biasa buang air bekas rebusan hihi. Kalau tau bisa bikin sedep ntar deh kalo pas bikin coba dipake buat saus juga.

    ReplyDelete
  10. Terima kasih mbk resepnya... Kelihatannya enak nih, bs jadi referensi buat memasakπŸ₯°

    ReplyDelete
  11. Baca ini pagi2 sambil senyum2 resepnya ternyata lumayan gampang dan alhasil jadi laper pengen bikin spaghettii jugaa hahaha

    ReplyDelete
  12. Kedua anakku demen banget spaghetti. Maka selalu sedia pasta di rumah. Saus instan juga. Tapi ini istimewa nih bisa nanti dicoba resepnya.
    Makasih sharing dan juga tipsnya ya Mbak
    Baru tahu akuuu trik memasak pasta

    ReplyDelete
  13. Enak nih, Spaghetti Bolognese instannya. Yummy banget pastinya. Ternyata masak spageti itu ada trik khususnya ya. Trims udah sharing resep ini Mba Mia

    ReplyDelete
  14. Kalau jajan spageti di kafe dan resto lumayan mahal, minimal Rp 40 ribuan belum termasuk pajak resto. 🀭 Udah gitu porsinya belum tentu mengenyangkan. Makanya saya juga masak sendiri di rumah, pakai edisi instan. Makasi banget lho ini resepnya. Bisa bikin spageti yang gak instan banget, abis gitu nonton Vincenzo. Makannspagetinya sambil bayangin ngedate sama Vincenzo 🀭

    ReplyDelete
  15. Nuhun tips masak spaghetti nya..
    Aku masih melakukan banyak kesalahan saat memasak spaghetti ternyata, seperti membuang air rebusan dan menambahkan minyak.

    Tapi misalkan spaghetti-nya sudah ditiriskan lalu diberi minyak, itu bolehkah?

    ReplyDelete
  16. Kalau lagi banyak waktu luang, aku paling suka masak spaghetti sendiri, tinggal beli bahan-bahannya cuss...langsung masak dan bisa makan sepuasnya, soalnya kalau beli lumayan juga harganya terus porsinya sedikit banget.

    ReplyDelete
  17. Mbak resepnya mantul..patut dicoba ini.. pernah buat spageti tapi yg jnstan..
    Plus belum tahu cara yg tepat..jadi ga pada suka deh.. next boleh lah coba resepnya

    ReplyDelete
  18. wah resepnya boleh di coba untuk akhir pekan bersama keluarga.

    ReplyDelete

Post a Comment