Komunikasi Solusi Cut Off

5 comments

 “Janji ga cut off

“Kamu, aku cut off dari circle pertemananku”

 

Komunikasi Solusi Cut Off


Baru-baru ini viral di media sosial TikTok soal istilah cut off, lantaran sempat disebutkan oleh salah satu konten kreator Bella Tobing dalam sebuah acara talkshow. 


Bagi yang suka scroll Tiktok, pasti tidak aneh dengan kalimat tersebut dan kata  cut off sedang viral di TikTok. Sering digunakan untuk menulis komentar dan berimbas pada penggunaan dalam bahasa pergaulan sehari-hari.

 

Kenapa Ramai Bahas Cut Off?

Dalam sebuah tayangan talkshow yang disiarkan secara streaming pada Selasa (28/6/2022), Bella Tobing menjadi bintang tamu dan seputar kesuksesannya sebagai seleb tiktoker, Tiktokers yang populer dengan konten A Day in My Life (aktivitas harian). Termasuk membicarakan pergaulannya dengan sesama konten kreator di TikTok.

 



Kepada sang host acara, Bella menceritakan hubungan pertemanannya dengan salah seorang kreator bernama Reizuka Ari, yang mana ia menyebutkan bahwa terdapat ketidakcocokan antara keduanya, sehingga ia terpaksa meng-cut off Rei dari circle pertemanannya. 


Mereka yang disebutkan oleh Bella Tobing pun muncul dan mengunggah video. Diantaranya, ada Reizuka Rei yang menanggapi pernyataan Bella Tobing tersebut. Sampai akhirnya kata cut off ini seolah menjadi istilah baru dalam sebuah komunikasi. Jadi, apa arti cut off dalam bahasa Indonesia yang sebenarnya?

 

Apa itu cut off

Jauh sebelum istilah cut off ini ramai digunakan untuk sebuah komunikasi pergaulan, cut off digunakan dalam bahasa transaksi reksa dana.

Cut off time adalah batasan waktu untuk penerimaan transaksi Reksa Dana, yaitu setiap hari bursa pukul 11.00 WIB. Apabila Investor mengajukan order transaksi pembelian Reksa Dana sebelum pukul 11.00 WIB dan dana telah tersedia in good fund di RDN (khusus untuk transaksi pembelian), Investor akan mendapatkan NAB/unit di hari Bursa yang sama (T+0). Apabila Investor mengajukan order transaksi Reksa Dana setelah pukul 11.00 WIB, Investor akan mendapatkan NAB/unit pada hari Bursa selanjutnya (T+1). Hal yang sama juga berlaku untuk transaksi penjualan/pengalihan. Pengertian Cut Off


TikTok selalu memunculkan bahasa gaul yang selalu viral bagi para penggunanya, lalu kini istilah cut off banyak digunakan oleh para penggunanya. Namun, tidak sedikit pula, yang sebetulnya belum tahu apa itu cut off dalam bahasa gaul yang sering mereka ucapkan. Lalu apa itu cut off? Kata Cut ini memiliki arti memotong, Sedangkan Off berarti mati.

 

Apa itu cut off



Dalam bahasa gaul kata ini biasanya sering dipakai untuk memutus pembicaraan, mengakhiri hubungan, dan hal lainnya yang ingin diselesaikan. Apakah sobat Jelajah Mia sering menggunakan kata cut off di sosial media atau bahkan di dunia nyata? Kalau yang tadi bingung, sobat Jelajah Mia bisa tenang karena sudah mengetahui artinya.

 

Jangan sampai sobat Jelajah Mia kena bully atau ditertawakan akibat tidak mengetahui istilah cut off, tapi memakainya di akun TikTok Anda. Selain itu, arti cut off dalam bahasa gaul merupakan istilah yang digunakan generasi milenial dalam hubungan percintaannya.

 

Mengapa begitu susahnya membangun pertemanan, sampai harus ada cut off pertemanan?

 

Susahnya Membangun Pertemanan dari Cut Off

Dalam sebuah pertemanan seperti menyatukan beberapa kepala dengan segala pemikiran dan keegoisan masing-masing. Kata pertemanan sudah tidak asing lagi terdengar ditelinga kita, hubungan ini hampir pernah dijalani oleh semua orang dikarenakan kita adalah mahluk sosial yang tidak bisa untuk tidak berkomunikasi.

 

Mungkin kita sudah membangun hubungan pertemanan sejak kita kecil hingga dewasa, bahkan makna teman dan bahkan dari pertemanan menjadi sebuah sahabat juga memiliki makna yang berbeda pada tiap individu yang menjalaninya. 


Teman adalah orang yang selalu berada di saat kita sedih maupun senang atau teman adalah seseorang spesial yang menemani kita dalam proses tumbuh dan berkembang.

 

Seiring berjalannya waktu, banyak hal-hal yang tidak kita duga dalam hubungan persahabatan kita, seperti hambatan hambatan atau masalah untuk mempertahankan hubungan persahabatan itu sendiri. Banyak dari kita yang tidak tahu apa penyebab hubungan persahabatan menjadi hambar dan tidak terasa lagi menyenangkan.

 

Banyak dari kita yang sudah tidak memiliki hubungan spesial seperti hubungan pertemanan dengan orang yang dulu kita juluki "Teman" dan sekarang menjadi "Mantan Teman", dan cut off ini seolah menjadi solusi untuk mengakhiri sebuah hubungan pertemanan.  


Padahal karena sebuah pertemanan, masalah yang kita alami bisa kita atasi karena sebuah pertemanan seperti yang pernah kuceritakan di self love salah satu solusi trauma . Permasalahan dalam pertemanan bisa dihindari bila kita komunikasikan. Salah satu cara menghindari cut off  dengan komunikasi, bagimana komunikasi menjadi solusi untuk menhindari cut off

 

Komunikasi Solusi Untuk Menghindari Cut Off

Seperti ketika kita lapar kita akan berkomunikasi dengan teman kita dan mengatakan bahwa "aduh laper nih, makan yuk?", dengan kalian mengkomunikasikan pesan yang kalian rasakan itu tidak akan membuat kalian kenyang. Kita harus membeli makanan tersebut atau memasak untuk menghilangkan lapar kalian walaupun kalian sudah mengkomunikasikannya.

 

Seperti pada hubungan persahabatan kita harus mampu dan bijaksana dalam mengkomunikasikan apa yang kita rasa ketika ada sebuah masalah atau hambatan, seperti jika merasa membuat sebuah kesalahan, kita hanya diam dan berharap sahabat kita mengerti, manusia itu tidak selalu intuitif dan bisa menerima kita dalam segala situasi dan kondisi, maka dari itu bersikaplah bijak dan berinisiatif untuk menyelesaikan masalah kita.


Cara untuk Mengkomunikasikan demi Menghindari Cut Off

 


Cara untuk Mengkomunikasikan Demi Menghindari Cut Off

1. Saya Mengungkapkan

Dengan menggunakan "Saya mengungkapkan"  dimana sering dari  kita  ketika berkomunikasi seperti terkesan menunjuk atau menyalahkan teman kita ketika kita menyampaikan pesan atau sebuah masalah.

 

Maka "Saya Mengungkapkan" ini adalah yang efektif untuk berkomukasi, contoh dari "Saya Mengungkapkan" adalah "Aku kecewa karena kamu tidak bisa dipegang kepercayaannya" atau "Aku sedih kamu malah berbohong bukannya jujur saja"

 

Dimana menurut pendapatku "Saya mengungkapkan" ini lebih baik dan nyaman digunakan daripada sebaliknya karena akan memperkeruh masalah. Contohnya, "Kamu nyebelin, kamu tukang bohong" atau "Dasar kamu penghianat" dan sebagainya, dimana awal kalimat menekankan pada makna menyalahkan lawan bicara kita.

 

2. Keterbukaan

Dari poin satu bisa ditarik bahwa untuk menghindari cut off adalah dengan keterbukaan. Keterbukaan diantara teman adalah hal yang sangat penting. Hal ini meminimalisir adanya kesalahpahaman yang menimbulkan konflik.

 

Terbuka dalam hal ini adalah jujur, jika teman kita melakukan kesalahan, ya harus diingatkan dengan baik, lelah berpura-pura membelanya. Itu namanya teman fake. Sering terjadi pertemanan hancur hanya karena kesalahpahaman, hanya dengan saling terbuka, persahabatan akan tetap utuh. Sederhananya, mari ngobrol dan ngopi, yuk.

 

3.Tetap berkabar meskipun berjauhan

Pertemanan saat pandemi benar sangat diuji, betul apa benar? Banyak sekali pertemanan yang jadi renggang gara-gara jarak yang jauh. Untuk menghindari hal tersebut, baiknya kita terus berkomunikasi dengan sahabat kita meski berjauhan dan tetap berkabar meski tidak seintens saat kita berdekatan.

 

Jangan jadikan jarak halangan untuk tetap menjaga pertemanan, karena teman dan sahabat sejati akan tetap setia dalam keadaan apapun. Jaga pertemanan kita meskipun dari kejauhan, karena seiring beranjak dewasa, mencari yang benar-benar teman akan semakin sulit.

 

Penutup

Bagaimana penjelasan tentang apa itu cut off dalam Indonesia dan bahasa gaul yang sering digunakan di TikTok dan sosial media? Sudah bisa tidur nyenyak belum karena sudah tahu? Jangan lupa untuk selalu mengkomunikasikan apapun masalah dan unek-unekmu, demi menghindari cut off dalam pertemanan.

Related Posts

5 comments

  1. Aku yang bukan anak tiktok gak paham banget sama istilah-istilah begituu, pasti selalu ketinggalan dan taunya biasanya dari komen-komen anak instagram :D

    ReplyDelete
  2. ada aja ya istilah anak jaman now

    ReplyDelete
  3. Aku jangan dicut off ya Mbak Mia 😀

    ReplyDelete
  4. Waah, ada yaa istilah baru "cut off dalam pertemanan"
    Semangat berteman sehat, no cut of club 🙈

    ReplyDelete

Post a Comment