CARA MENJADI BLOGGER PEMULA

1 comment

Blogging merupakan salah satu aktivitas yang populer saat ini terutama pada saat pandemic yang menuntut melakukan pekerjaan secara online. Sebuah aktivitas yang  bermanfaat bagi yang memiliki ide dan hobi seperti menulis postingan yang menarik dan unik yang sangat bermanfaat untuk kebutuhan sosial di internet. Apalagi blogging ini tidak terbatas kata seperti pada beberapa sosial media, kita bisa mencurahkan segala tulisan hingga berates-ratus bahkan beribu-ribu kata.

 

Cara Menjadi Blogger Pemula

Mungkin bagi para blogger pemula masih ada yang belum paham bahwa menjadi blogger itu  mudah jika kita serius dengan niat dan komitmen untuk melakukannya. Bahkan pernah pernah mendengar blog disebut beberapa kali sebagai campuran antara seni dan sains. Jika itu benar, setiap cara yang tepat tidak ada yang baku dalam membuat blogging benar, semua punya ramuan khususnya masing-masing. Kali ini Jelajah Mia mau menyampaikan beberapa cara awal menjadi blogger pemula.

 

Tips Menjadi Blogger Pemula

1.    Alasan Kenapa Ngeblog

Mengapa harus memiliki alasan untuk ngeblog? Apa yang kita lakukan harus memiliki alasan kuat saat memilih sesuatu. Hal ini pun menjadi bara ketika semangat ngeblog mulai kendor, blog jarang terupdate, atau blognya menjadi sarang laba-laba. Sangat disayangkan bukan? Perlunya direset, diingat-ingat lagi nih tujuan awal ketika memutuskan untuk membuat blog/ngeblog.

 

2.    Memilih Niche Blog

Niche blog adalah tema atau topik khusus untuk blog. Dengan memilih satu niche blog, Anda hanya perlu membuat konten-konten dalam satu topik yang sama. Sebenarnya tidak ada aturan yang mengharuskan pemilik blog untuk membahas topik tertentu secara khusus. Namun, ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapatkan jika menerapkan niche blog.

 

Salah satu keuntungannya yaitu membuat Lebih Fokus, niche blog bisa membuat lebih fokus pada topik tertentu sehingga tidak meluas ke berbagai topik. Hal itu bisa membuat lebih konsisten dalam menulis blog. Kalau masih dalam proses pembelajaran, boleh menulis segala hal topik, tapi lambat laun, naluri kita sebagai blogger akan menemukan titik nyaman ketika menulis hanya di topik-topik tertentu.

 

3.    Bangun Personal Branding

Personal branding berarti berbicara tentang memasarkan diri dan atau karier melalui citra yang dibentuk untuk khalayak umum. Personal branding ini tidak hanya ditunjukkan secara fisik tapi untuk saat ini kecenderungan ditampilkan pada media sosial, blog pribadi atau hal lainnya. Personal branding memberikan citra, kita ingin dikenal sebagai siapa di mata orang yang melihat dan membaca kita saat kita berinteraksi di dunia maya.

 

Cara membangun personal branding yaitu

a.     Kenali diri sendiri

b.    Perkenalkan dan tunjukkan diri kita di platform yang ingin kita raih pasarnya

c.     Konsisten dengan keunikan yang sudah dipilih

 

4.    Punya Waktu Rutin Untuk Menulis

Hal yang pertama dan juga salah satu alasan menarik mengapa kita harus mulai blogging adalah untuk meningkatkan ketajaman skill menulis. Pengalaman dan banyak berlatih adalah kunci dari sebuah hasil yang bagus, termasuk tulisan. Walaupun blogger biasanya adalah penulis yang telah handal, tapi tidak semua blogger adalah penulis yang bagus. Beberapa dari mereka biasanya mengasah kemampuan menulis mereka melalui blogging ini. Mungkin awalnya akan terasa aneh karena kita tidak terbiasa, namun jika sudah sering melakukannya, maka semuanya akan terasa lebih mudah. Kata kata yang ditulis juga akan mengalir dengan sendirinya.

 

Kalau kamu masih bingung harus menulis apa atau konten yang harus dibuat, coba deh baca ini. Siapa tahu bisa memberikan inspirasi untuk membuat konten menarik di blogmu.

 

5.    Ikut Komunitas Blog

Tidak hanya berguna untuk networking, berikut ini sejumlah alasan mengapa kamu perlu bergabung dengan komunitas. Agar dapat terus menyesuaikan dengan perubahan lingkungan dan tuntutan zaman, semua orang harus dapat beradaptasi dengan cepat. Untuk itu, kita perlu melakukan pengembangan diri secara terus menerus.

 

Agar dapat mengembangkan diri dengan tepat, ada banyak sarana yang bisa kita akses. Salah satunya adalah komunitas. Dengan bergabung bersama komunitas, kita dapat melakukan pengembangan diri untuk berbagai kebutuhan keilmuan blogging dan tidak merasa sendiri saat pusing dengan segala perintilan ilmu Blogging.

 

6.    Selalu Menjadi Pembelajar

Kejarlah ilmu bahkan sampai ke negeri Cina, kalau kata pepatah. Saya termasuk orang yang suka belajar. Bahkan ketika saya sudah lulus dari sarjana pendidikan luar sekolah malah mengajar di pendidikan formal dan bahkan jadi guru produktif SMK.

 

Setelah kemarin ikutan oprek di sampai akhirnya lulus, udah tanggung nih masuk, masa ga diterusin. Mau tidak mau, banyak belajar dari teman-teman yang sudah kece blognya, toh mereka semua mulai dari 0, kenapa saya tidak juga memulai biar bisa menyesuaikan dengan teman-teman lainnya.

 

Ada ilmu baru, pelajari,  latih dan lakukan, sesuai dengan tagline yang saya usung dalam blog. Disitulah saya menikmati sebagai proses belajar. Namanya blog itu pasti seperti teknologi, di setiap waktu akan ada sesuatu yang baru lagi dan mau tak mau harus dipelajari lagi dan sesuaikan dengan kemampuan kita. Blogger sukses pun bermula dari pemula dulu, jadilah kita sebagai pembelajar dan selalu mengosongkan gelas, agar selalu berisi.


Blogger Pemula dan Blogspedia

Ada salah satu pendamping buat para blogger pemula yang bingung harus memulai darimana. Blog ini dibuat oleh seorang blogger, Mbak Marita Ningtyas, memuat berbagi panduan dan tips blogging mudah untuk para pemula. Beliau membuat pendampingan baik secara artikel kecenya di blog maupun coaching khusus yang mudah-mudahan di angatakan ketiga ini kubisa ikutan.

 

Latar belakang beliau membuat blogspedia karena adanya beberapa pertanyaan dari teman-teman pemilik blog yang ingin tahu bagaimana caranya ngeblog, kalau mau ngeblog harus mulai dari mana, blog yang bagus pakai apa ya, dan masih banyak lagi pertanyaan lainnya. Maka blogger kece ini,  memberanikan diri untuk mengumpulkan informasi yang diketahuinya dalam satu blog agar mudah diakses oleh para semua blogger. Sobat Jelajah Mia bisa kunjungi ke Blogspedia


Penutup

Dari 6 Tips Menjadi Blogger Pemula yang telah dipaparkan di atas, bukanlah cara terbaik untuk blogger pemula atau mereka yang baru mengenal dunia blogging. Jelajah Mia yakin masih banyak lagi tips hebat di luar sana tentang blogging, semua yang ditulis berdasarkan pengalaman. Sobat Jelajah Mia ada yang mau menambahkan tips menjadi blogger pemula?

 

Related Posts

1 comment

  1. Dulu aku mutusin blogging, karena pertama memang suka nulis dan terbiasa nulis buku harian dari sejak SD 😁. Ketika platform digitalnya udah ada, ya pindah , ga lagi di diary.

    Kedua, Krn aku pelupa 😄. Aku suka traveling dan culinary tapi suka lupa Ama semua pengalaman tadi, kalo ga ditulis. Dari situ akhirnya niat bikin blog yg hanya membahas traveling dan kuliner yang udah lakuin selama ini. Jadi kalo suatu saat mau kesana lagi, tinggal buka blog sendiri. Syukur2 bisa berguna juga buat orang lain info2 yg ditulis.

    Barulah ditambah kayak poin2 di atas, ada waktu utk menuliskannya, juga hrs selalu belajar. Banyakin baca blog2 lain yg sudah lebih bagus, jadi bisa memperbanyak wawasan dan diksi dalam menulis.

    ReplyDelete

Post a Comment