Manfaat SEO On Page. Yuk, Kepoin!

Post a Comment

Berbicara tentang SEO berarti bagaimana mengpotimalisasikan blog kita agar mudah mencari pembaca dan dibaca oleh pembaca. Mengapa SEO itu sangatlah penting? Agar kita mudah untuk dicari oleh mesin pencari. Tetapi berbicara SEO bukanlah seperti sedang merebus mie instan, SEO berbicara tentang mesin pencari jangka panjang. Seperti contohnya pada artikelku alasan kenapa ngeblog ternyata menjadi penyumbang pembaca terbanyak.

 

Manfaat SEO On Page



Lalu SEO Itu Apa?

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. SEO merupakan cara untuk mendapatkan traffic jangka panjang, namum butuh waktu yang tidak sebentar.

 

SEO menurut niagahoster , SEO adalah kependekan dari “search engine optimization.” Teknik ini merupakan upaya mengoptimasi website agar mendapat ranking teratas di hasil pencarian Google. Dengan SEO, situs akan mudah orang temukan sehingga berpotensi menyedot lebih banyak traffic.

 

“Seo zaman now iu adalah yang bermanfaat. Buatlah artikel yang bermanfaat, yang menjawab kebutuhan pengguna. Pengguna cari apa, kita jawab, kita kasih artikel lengkap yang kasih jawaban sehingga makin banyak jawaban yang kita berikan kepada pengguna, google akan merekomendasikan kita.”

-Marita Ningtyas

 

Perbedaan SEO On Page dan SEO Off Page

Secara sederhana,  SEO On Page akan membuat konten terlihat berkualitas, sehingga dapat menyenangkan pembaca dan dapat terdeteksi oleh mesin pencari Google. Sedangkan, SEO off page akan membuat website-mu memiliki kredibilitas tinggi sehingga mendapatkan kepercayaan dari Google untuk ditempatkan di ranking teratas. SEO On Page, hubungannya dengan DA pada blog.  Keduanya harus dioptimalkan secara bersamaan dan beriringan. Tapi untuk tulisan kali ini fokus ke SEO On Page.

 

Apa SEO On Page

SEO On Page adalah upaya optimasi pada bagian depan blog kita. SEO On Page istilahnya inner beautynya sebuah blog atau fondasinya sebuah blog. Ibarat pondasi sebuah rumah, apabila SEO On Page-nya rapuh maka secara keseluruhan akan runtuh.

 

Kaidah SEO On Page

Setelah membahas pengertian, lalu apa saja sih kaidah-kaidah atau indikator artikel tersebut sudah sesuai dengan SEO On Page? Nah berikut tips artikel sesuai dengan SEO On Page, yaitu :

1. Judul

Mbak Marita selalu tidak lupa mengingatkan bahwa untuk tidak lupa menyisipkan keyword di dalam judul. Kalau ada yang bilang, apalah artinya sebuah judul, hey ingat artikel kita dilirik pembaca dimulai dari menariknya judul artikel kita. Standar maksimal jumlah karakter dalam pemilihan judul yaitu : 60 karakter, tetapi untuk menghindari kata-kata yang tanggung, 55 Karakter adalah ukuran paling ideal. Tapi ingat jangan kurang dari 20 karakter juga, itupun nanti tidak memenuhi standar jumlah karakter untuk judul,

 

2. Permalink

Selain disisipkan pada judul, keyword juga harus ada di bagian permalink. Panjang permalink sebaiknya tak lebih dari 75 karakter. Dihitung dari huruf “H” di https. Kalau “https” saja sudah 5 karakter, jadi bisa dihitung sendiri kan bagaimana singkatnya judul di permalink? Jadi ingat yang pernah disampaikan beberapa blogger, bagi yang masih belum TLD blognya, pemilihan nama domain juga jangan terlalu panjang agar tidak pusing saat permalink.

 

3. Deskripsi

Keyword pun harus muncul di bagian deskripsi. Meta deskripsi yang bagus itu memuat dua kali penyebutan keyword secara natural. Panjang meta deskripsi maksimal 155 karakter. Agar saat artikel kita muncul di mesin pencarian, muncul keyword-nya.

 

4. Paragraf Pertama

Pernah ikut kelas Mbak Okky Madasari, paragraph pertama itu menentukan orang akan baca atau tidak untuk paragraph-paragraf berikutnya. Terutama saat dihubungkan ketika kita menulis di blog, kadang-kadang yang muncul di deskripsi Google bukanlah meta deskripsinya tetapi isi artikelnya.

 

5. Stop Cara Jadul Penulisan Keyword

Mungkin karena saya belajar SEO-nya sudah dengan versi terbaru, jadi tidak mengalami untuk penulisan keyword harus ditulis dengan cetak tebal, miring dan digaris bawah. Tapi menurut penurutan Mbak Marita, beberapa klien masih menerapkan dengan sistem cara jadul penulisan keyword. Walau tidak perlu dengan cara seperti itu Mbah Google makin tua bukan makin pikun justru makin canggih daripada kita.

 

6. Paragraf Akhir

Pada saat kita membuat kalimat paragraf pertama yang umumnya memberikan pertanyaan secara umum tentang isi artikel kita maka di paragraf akhir harus menjawab pertanyaan dari paragraf pertama. Tentu tidak lupa selalu menyisipkan keyword disetiap paragraf yang kita tulis, kalau istilah mbak Marita, keyword tuh artisnya.

 

7. Jumlah Kata

Belum ada yang sepakat soal jumlah kata ini dan berdasarkan pengalaman Mbak Marita Google for Publisher, dan berguru pada duo coach panutan Mbak Marita, disimpulkan bahwa jumlah kata bukan lagi sesuatu yang penting. Tapi untuk tugas-tugas di blogspedia coaching pasti minimal 800 kata, inipun jadi bekal buat mengasah kemampuan kita dalam mengolah kata-kata hingga jadi enak dibaca.

 

8. Optimalkan Paragraf

Kuncinya dari optimalkan paragraf yaitu singkat, ringkas, padat, dan berisi. Nah, inipun jadi PR buatku, kadang kalau ringkas belum tentu padat isinya, kalaupun padat belum tentu singkat, hiks. Semoga kedepannya bisa lebih optimal lagi urusan paragraf ini dengan berjalannya waktu.

 

9. Heading

Dalam sebuah artikel harus ada H1, H2 dan H3. Penggunaannya pun wajib urut. Tidak boleh loncat dari H1 langsung H3, atau H2 dulu baru H1. Masih PR dalam template-ku karena judul blog, menclok di awal paragraf. Dan jangan lupa kalau keyword juga harus muncul di setiap heading.

 

10. Optimasi Gambar

Pastikan setiap foto yang di upload pada blog, diisi dengan kalimat yang berbeda. Jangan lupa juga untuk menamai di setiap foto.

 

11.  Link pada Artikel

Banyak blogger termasuk Mbak Marita yang menerapkan untuk perbandingan internal link dan eksternal link adalah 3 : 1. Bagi yang belum tahu apa yang dimaksud dengan eksternal link dan internal link, secara sederhananya eksternal link adalah link yang mengarah ke web di luar blog kita. Biasanya link ke web produk yang sedang kita ulas atau web yang kita gunakan sebagai referensi. Sementara internal link adalah link yang mengarah ke artikel lain di blog kita. Tapi jangan asal memasukkan internal link dan eksternal link yang tidak relevan dengan topik dan tulisan yang kita tulis.

 

12. Gunakan LSI Keyword

LSI adalah padanan kata. Hal ini yang membuat artikel kita menjadi lebih natural. Pastinya akan terasa aneh dan kaku ketika di dalam sebuah artikel, kita terus-terusan mengulang kata yang sama kan? Makanya keyword yang ingin selalu kita sebut itu bisa dituliskan dalam padanan katanya.

 

13. Share di Media Sosial

Salah satu cara agar makin luas jangkauan pembaca kita dengan selalu share tulisan di media sosial yang kita miliki dengan gaya kita dalam upload dan posting agar menarik orang untuk kepo lebih lanjut dengan tulisan kita di blog.

 

14. Lakukan Inspect URL

Agar tulisan kita cepat terindex Google, pastikan untuk selalu inspect URL setiap kita menerbitkan artikel baru ataupun melakukan editing di artikel lama yang kita miliki.

 

Manfaat SEO On Page Yang Harus Diketahui



Manfaat SEO On Page Yang Harus Diketahui

Tentu saja ada beberapa manfaat SEO On Page yang bisa Anda rasakan. Dimulai dari:

1.Blog Lebih Mudah Ditemukan

Sebagai orang pencari segala informasi di Google tentu ada perasaan malas mengklik halaman dua dan seterusnya di Google? Dengan kata lain, SEO On Page adalah upaya kita sebagai blogger agar artikel kita menempati urutan di halaman pertama Google. Hasilnya, website Anda akan lebih mudah ditemukan oleh pengguna saat pembaca mencari sesuatu

 

2. Meningkatkan Reputasi

Manfaat SEO selanjutnya yaitu meningkatkan reputasi sebagai blogger. Ini tentu saja sangat penting. Sebab, semakin baik reputasi blog kita, semakin besar pula kemungkinan trafik yang kita dapatkan.

 

3. Meningkatkan Brand Awareness

Dalam beberapa artikel yang saya baca, brand awareness adalah bagaimana brand atau bisnis dikenali. Baik dari nama, logo, slogan, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan bisnis. Nah, dengan menerapkan SEO, brand awareness uga bisa meningkat. Kenapa demikian? Alasannya sederhana: orang mencari info bisnis atau brand melalui Google. Ini tidak hanya untuk keperluan bisnis, begitupun saat tulisan dalam artikel dan blog kita semakin dikenali oleh Google.

 

4. Investasi Jangka Panjang

Seperti yang sudah dijelaskan diawal, bisa dikatakan kalau SEO merupakan investasi jangka panjang bagi pemilik blog. Sebab, optimasi SEO menyasar trafik organik sehingga posisi blog kita cenderung bertahan untuk waktu yang lebih lama.

 

Penutup

Setelah berbicara tentang Manfaat SEO On Page , bagaimana makin pusingkah? Yuk, mari opotimalisasikan blog kita agar mudah mencari pembaca dan dibaca oleh pembaca. Tentu SEO terutama yang jadi pembahasan kali ini tentang SEO On Page tentulah penting kan? Biar artikel dan blog kita makin mudah untuk dicari oleh Google. Ingat SEO itu bukan seperti mie rebus instan, mari belajar bareng, yuk sobat Jelajah Mia.

 

Related Posts

Post a Comment