Merdeka di Tengah Pandemi

Post a Comment

 

Merdeka di Tengah Pandemi
Edited by canva.apk

Kemerdekaan Saat Ini

76 tahun silam Bangsa Indonesia telah merdeka berkat perjuangan fisik, materi maupun material para pahlawan dan segenap dukungan rakyat Indonesia, kemerdekaan itu mampu diraih dan dirasakan oleh kita hingga saat ini. Namun kemerdekaan di masa sekarang ini, terlebih di masa pandemi Covid-19, tentu memiliki makna yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya.

 

Saat ini kita bukan melawan musuh perang yang berwujud, melainkan berjuang melawan Covid-19, yang tidak hanya menyerang manusia, tetapi juga menyerang aspek ekonomi, pendidikan dan lain-lain. Segalanya menjadi serba terbatas, dengan adanya status PSBB, PPKM, sekarang sistem level dan entah berikutnya apa lagi. Walau begitu, mau tak mau harus kita ikuti dengan segala regulasi dan drama di setiap peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah

 

Sudah dua kali perayaan hari kemerdekaan tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, karena masih berada di tengah pandemi yang belum kunjung reda. Apa arti merdeka buat kamu di tengah pandemi?


Merdeka di Tengah Pandemi 

Buatku, merdeka di tengah pandemi, ditengah kesibukan sebagai seorang Ibu rumah tangga dan pengajar di salah satu SMK swasta di Kota Bandung, saya masih bisa menjalankan hobi yang kusuka yaitu membaca buku dan bergabung di beberapa komunitas literasi online dan ikut berbagai tantangan membaca buku. Dan tahun ini, mencoba mengembangkan kemampuan menulis dengan merutinkan menulis di-Blog

 

Saya bersyukur di tengah pandemi masih bisa melaksanakan kewajiban sebagai seorang istri dan mengembangkan diri dengan kegiatan positif lainnya baik membaca maupun menulis. Karena dua hal ini,  selain saya menyukainya, tetapi juga menulis adalah terapi diri yang membuatku bahagia dan menjaga imun selalu baik. Tak bisa dipungkiri, ketika banyak orang tua dan murid mengeluhkan sistem daring dalam pembelajaran sekarang, gurunya pun sudah lelah dan rindu mengajar secara tatap muka. Kita sudah berada di titik jenuh dan seperti tak punya tenaga untuk menyalahkan keadaan.

 

Saat bahagia dan memiliki support melalui aktivitas produktif untuk mengembangkan diri itulah, arti merdeka buatku.


#komunitasodop #onedayonepost #OprecODOP9 #MerdekadiTengahPandemi


Related Posts

Post a Comment