7 JAJANAN KHAS SUNDA BERAWALAN CI- , PERNAH COBA SEMUA? MARI KITA CEK!!!

21 comments

 

Kreativitas seolah tiada henti dari warga Sunda dalam bidang kuliner, selalu saja menambah daftar jajanan khas yang mewakili cita rasa warga Sunda khususnya yang berdomisili di Jawa Barat.

 

Apabila tidak sedang pandemi, jajanan biasa yang banyak ditemui di area depan sekolah (semoga setelah mulai bertahap tatap muka terbatas, kita akan sering menemui tukang jajan kembali).

 

Olahan berbahan dasar tepung aci (kalau dalam umum,dikenal dengan tepung kanji), kini sudah mulai merambah ke ranah cafe dan resto (tentu harga sesuai tempat, ya 😄). Hingga akhirnya jajanan tersebut menjelma menjadi jajanan yang hits dengan berbagai modifikasi maupun rasanya yang memiliki level kepedasan tertentu.

 

Namun diantara itu semua, ada yang menjadi pembahasan tersendiri dalam blog-ku yaitu masalah nama jajanan tersebut. Salah satu dari sekian banyak keunikan tersebut adalah banyaknya jajanan yang namanya berawalan dari "Ci". Penasaran? Berikut ini ada 7  jajanan khas sunda yang berawalan "Ci"

 

Designed by using canva

1. Cilok

Cilok merupakan singkatan dari aci dicolok. Bagian dalam cilok ada yang memiliki isian berupa abon, daging dan cabai rawit, biasanya disajikan dengan sambal kacang. Jajanan ini dapat kita jumpai dipinggir jalan, bahkan makanan khas Bandung ini sudah bisa kita kita temukan di kota-kota besar yang dijajakan oleh para perantau dari kota Bandung atau kota lainnya yang berasal dari Jawa Barat.



 

2. Cimol

Cimol berbentuk bulat dan sebelum disantap diolah terlebih dahulu dengan cara digoreng. Beri bumbu cabe atau keju untuk menambah cita rasa cimol. Cimol banyak dijajakan oleh para pedagang kaki lima di pinggir jalan. Walaupun sekarang ada varian cimol bojot yang lagi hits, rasa original tetap masih banyak diminati.



 

3. Cireng

Cireng berarti aci digoreng, dalam bahasa Indonesia berarti tepung kanji yang digoreng. Memang, makanan ini berbahan dasar tepung kanji yang diberi campuran garam, air, bawang, dan bumbu khas lainnya kemudian digoreng. Lebih nikmat lagi jika dinikmati selagi hangat dan dimakan bersama saus sambal. Versi original bahkan bisa ditemui di tukang gorengan dan modifikasi isipun sudah beragam.

 


4. Cilor

Cilor ini sekilas mirip dengan bakso bentuknya bulat kecil yang ditusuk lalu dibalur dengan telur. Rasanya cukup gurih dan nikmat, sangat cocok disantap dengan saus sambal/kacang.

 


5. Cimin

Cimin atau aci mini merupakan jajanan berbahan dasar aci yang disajikan dalam bentuk mini. Tampilan cimin sangat unyu-unyu, sebab yang mini memang lebih imut dan lucu. Pembuatan cimin tak beda jauh dengan cilor, bedanya cimin merupakan versi manusiawi dari cilor.

 

Namun ada juga pedagang yang membuat cimin itu langsung aja telur dicampur dengan tepung tapioka lalu di goreng dalam cetakan.

 


6. Cibay

Cibay adalah makanan olahan yang terbuat dari tepung kanji yang digoreng, berisi bahan daging ayam cincang, atau sosis cincang, ada juga yang berisi abon. Makanan ini, ketika dimakan, akan terlihat ada tepung kanji yang lumer.  Masyarakat Sunda menamakan demikian karena ada “ACI ngambai,” atau aci yang meleleh. Rasanya gurih dan lezat.  Di dalam cibay ada isinya, seperti daging ayam, abon, atau sosis.

 


7. Cilung

Cilung adalah makanan olahan yang terbuat dari tepung kanji yang digulung sambil digoreng. Tepung kanji cair dituangkan pada wajan secara tipis, kemudian ditarik mengeliling atau digulung  menggunakan tusuk sate (konsepnya mirip seperti telur gulung tapi versi ditambah tepung kanji). 

 

Hasil yang sudah digoreng, dimasukan ke dalam adonan parutan kelapa kering. Hasilnya kenyal dan enak. Masyarakat Sunda menamakan demikian karena ”ACI” tersebut digulung saat di goreng.


 

Bener-bener bahan dasar yang sama namun dengan sedikt inovasi menjadikan jajanan ini beda bentuk dan berbeda nama. Walaupun sudah banyak pendapat bahkan dari pakar kesehatan dan ahli lainnya, bahwa makan dalam kantung plastik itu tidak baik bagi kesehatan, makanan diatas itu lebih dinikmati kalau dimakan dengan kemasan kantung plastik, berasa nostalgia zaman sekolah ya, ga?

 

Saranku, apabila makan olahan aci ini segera dimakan, ya. Biar ga lengket, atau taglinenya, "makanlah selagi hangat"

 

Sebenarnya masih banyak jajanan berawalan dari Ci lainnya, hanya yang populer, 7 ini. Adakah yang lain yang kamu suka tapi tak kusebut? Sudah pernah coba semua? atau ada yang belum dicoba? Cerita dong, bagaimana pendapatnya terhadap makanan tersebut.

Related Posts

21 comments

  1. Penggemar Aci hadir. Tapi belum coba cibay dan cilung. Disini nggak ada yg jual hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agak jarang yang jual memang di Bandung juga kak

      Delete
  2. Udah pernah nyoba semuanya, kecuali cibay🤤

    ReplyDelete
  3. Cibay.. . Akupun belum. .Jadi laper euyyy6 😅

    ReplyDelete
  4. Cibay...kayaknya enak yaa. Sayang disini belum ada yang jual

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Bikin sendiri aja lah kakakku, nanti share resepnya di blog

      Delete
  6. Cibay sama cilung nih yang belom. Ga ada yg jual di deket rumah. Kalau yg lain ada 😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Agak jarang memang yang jual dua makanan itu, bikin sendiri kak hahaha

      Delete
  7. Paling sering makan ya cilok, ternyata namanya banyak yang asing buatku, kayak cimin,cibay. Kenapa lucu sekali ini ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aneh memang orang sunda bikin nama buat makanan, pada kepikir aja hahaha

      Delete
    2. Cilok, cireng,cimol adalah makanan kesukaan. Ternyata aseli sunda euy.

      Delete
  8. Abdi mah resep ka sadayana teh

    Urang sunda sakitu kreatipna, padahal mah aci2 keneh aslina mah tp jadi benten kadahareunana saentas ditambih sagala rupi eta

    ReplyDelete
  9. Wah dari satu bahan Aci menjadi berbagai macam olahan, urnag sunda kreatif euy

    ReplyDelete
  10. otw nyobain semuanya.. lezat-lezat banget..gak kalah deh sama jajajan lain di emol emol yakan mbaa

    ReplyDelete

Post a Comment