Nyaman Baca Buku secara Digital

Post a Comment

Seiring dengan perkembangan teknologi internet, saat ini sebuah buku bukanlah sebuah tumpukan kertas yang disatukan tapi bisa dibaca secara digital. Sudah hampir 4 tahun kenal dengan baca buku secara digital melalui aplikasi baca, baik yang gratis maupun berbayar, dengan segala sistem pembayaran yang berbeda.

 

Sekarang banyak orang yang membaca buku elektronik, atau buku digital pada perangkat atau gadget yang mereka gunakan. Kali ini saya akan membahas, bagaimana saya bisa nyaman baca secara digital.

 


Semakin cepat dan mudahnya semua orang bisa mengakses internet dengan dua jempol. Semakin banyak juga orang yang saat ini, bisa mendapatkan banyak buku digital, yang bisa di download secara gratis ataupun berbayar.

 

KEUNGGULAN MEMBACA SECARA DIGITAL

 

1. PRAKTIS

Salah satu kelebihan dari kita membaca buku digital yaitu sangat praktis. Kita hanya perlu 1 perangkat smartphone ataupun tablet, untuk membaca ribuan buku yang ingin kita baca, tanpa perlu pusing membeli langsung, apalagi masa pandemi sekarang, segala terbatas.

 

2. HEMAT RUANG

Dengan adanya file-file ebook, yang tersimpan, kita tidak perlu lagi membeli rak lemari , dan menyediakan ruangan khusus, untuk menyimpan buku-buku yang kita beli.

 

Serta kalian juga tidak perlu khawatir tentang rusak atau hilangnya sebuah buku (bahkan ketika HP hilang/ganti, selama akun masih aktif, bisa log in kembali).

 

 

3. PORTABLE DAN MUDAH DIAKSES

Kita tidak perlu lagi membawa banyak tumpukan buku, ketika kita ingin membaca buku di luar rumah. Selain itu juga buku digital mudah dicari dan diakses, lewat smartphone. Kita hanya perlu kata kunci dari judul buku yang dimaksud. Seketika akan banyak website toko online, yang menyediakan buku digital tersebut pada hasil pencarian.

 

4. EKONOMIS

Umumnya buku digital lebih murah, daripada buku cetak. Karena dari penulis atau penerbit, tidak membutuhkan biaya pembuatan dan pengiriman. Di beberapa aplikasi tertentu seperti gramedia digital, satu akun bisa digunakan dalam 5 perangkat, jadi bisa sistem patungan. Atau seperti aplikasi cabaca dengan sistem kerang. Tapi bila dihitung-hitung, harganya memang tidak semahal ketika beli fisik.

 

5. MENYELAMATKAN LINGKUNGAN

Salah satu keuntungan besar dari hadirnya buku digital, yaitu tidak memerlukan pohon, sebagai bahan untuk pembuatan kertas. Serta kita bisa disebut juga menyelamatkan lingkungan, dari polusi yang disebabkan oleh pabrik kertas. Sehingga dapat mengurangi adanya penebangan pohon.

 

6. KUSTOMISASI

Saat kita membaca ebook lewat komputer ataupun HP. Kita bisa mengkustomisasi ebook tersebut , lewat fitur yang disediakan pada Aplikasi. Seperti membesarkan ukuran font, dan juga mode dark atau gelap, agar mata kita nyaman membaca huruf lebih lama.

 

Selain keunggulan, tentu tidak akan jauh, kita akan membicarakan kelemahan. Dari 4 tahun membaca buku secara digital, ada juga kelemahan yang kurasakan pada saat membaca digital, yaitu

 

1. MEMBUTUHKAN PERANGKAT

Kekurangan yang pertama ketika kita ingin membaca ebook atau buku digital. Kita wajib memiliki perangkat seperti Komputer, Smartphone, atau Tablet. Untuk bisa mengakses dan membaca buku digital, baik itu secara online atau tanpa koneksi internet (offline), karena tidak semua bisa dibaca dengan mode offline.

 

2. MEMBUTUHKAN PAKET DATA/JARINGAN WIFI

Kekurangan yang kedua yaitu membutuhkan paket data dan atau wifi, apabila tidak ada, jangankan untuk membaca, bahkan untuk download aplikasi pun bermula dari paket data/wifi terlebih dahulu.

 

 

3. MEMPENGARUHI KESEHATAN MATA

Dengan menatap layar komputer atau hape terus-terusan. Pastinya akan berpengaruh pada kesehatan mata kita. Meskipun dengan menggunakan fitur dark mode atau mode gelap sekalipun.

 

Pastinya kita harus mengistirahatkan mata untuk beberapa menit dan bahkan ada waktu untuk istirahat dari dunia layar yang pastinya membuat kita ketergantungan.

 

4. RAWAN PEMBAJAKAN

Pembajakan menjadi salah satu fokus penting bagi penerbit atau penulis buku. Dengan mudahnya akses internet, dan juga publikasi ebook di internet.

 

Pastinya resiko yang harus dihadapi oleh penulis dan penerbit , yaitu banyaknya file-file ebook yang dipublikasikan secara tidak resmi alias illegal (bahkan hingga sekarangpun masih terjadi).

 

Sekarang, hampir semua aplikasi baca, sudah membuat pengaturan agar kita tidak bisa screen shoot halaman dari hp dan beberapa keamanan lainnya yang membuat nyaman para penulis dan penerbit dari urusan plagiarisme. Tapi yang terpenting, untuk itu hak cipta dari sebuah buku, menjadi sangat wajib dimiliki oleh penerbit dan penulis.

 

5. TIDAK ADA KEPUASAN MEMILIKI BUKU

Dengan memiliki ebook atau buku digital yang disimpan di perangkat elektronik. Seperti ada rasa tidak puas , ketika kita mengaksesnya hanya secara virtual pada layar.

 

Berbeda ketika kita memiliki buku cetak atau konvensional. Pastinya ada perbedaan kepuasan, dibandingkan buku digital. Sensasi saat memilah dan memilih mana yang ingin dibeli, ada kepuasaan tersendiri, bahkan akhirnya tidak jadi beli karena ingin beli kebutuhan lain.

 


PENUTUP

Baik itu buku cetak atau buku digital , pastinya sama-sama memiliki kelebihan masing-masing, yang dapat kita pertimbangkan. Satu hal yang pasti, keduanya memiliki manfaat bagi pembaca untuk media dalam mencari pengetahuan dan wawasan.


Related Posts

Post a Comment