6 Sumber Inspirasi Saat Jenuh Baca Buku

3 comments

 

Designed by using canva

Siapa yang tidak mengalami jenuh? Apa yang bisa kita lakukan ketika sedang jenuh? Apalagi kalau sedang dikejar deadline suatu aktivitas atau pekerjaan.

 

Di tulisan sebelumnya saya menuliskan tentang nyaman baca buku secara digital dan bahkan di blog lamaku banyak sekali kutulis tentang membaca (bahkan review buku juga)

 

Jadi kali ini, saya mau sedikit berbagi tentang sumber inspirasi saat jenuh ketika membaca buku atau dalam dunia baca buku disebut reading slump.

 

Sebelum pembahasan, saya akan mengajak semua untuk memahami, apa itu reading slump?

Reading slump adalah keadaan di mana kita merasa kurang motivasi atau tidak fokus ketika membaca buku. Keadaan seperti ini bisa terjadi kapan saja dan bisa dialamai oleh siapa saja. Biasanya penyebab kita mengalami reading slump dikarenakan kita yang terlalu sibuk akan pekerjaan, terlalu nyaman terus-terusan menonton film, atau beberapa penyebab lainnya yang membuat kita merasa kurang motivasi untuk membaca.

 

Salah satu cara agar kebiasaan membaca itu harus dijaga apalagi seperti saya yang sedang mengikuti beberapa komunitas baca online, tentu membaca dan membuat review secara berkala harus dijaga moodnya agar ketika muncul fase jenuh bisa segera diatasi.

 

Namun yang sudah tidak heran, kalau konsisten melakukan sesuatu itu tidaklah mudah, bisa jadi permasalahan karena kita jenuh di genre atau jenis buku tertentu yang ceritanya sudah pasti kita tebak atau merasa tidak banyak pilihan buku-buku yang kita baca. Bahkan sudah berusaha membaca buku tapi akhirnya tidak tamat-tamat sering dialami oleh kita.

 

Terlalu memaksakan diri untuk kejar target karena sedang ikut tantangan tertentu di komunitas, itupun tidak baik, tidak semua orang bisa menekan dirinya agar bisa melakukan sesuatu walaupun tidak suka atau sedang tidak nyaman dengan situasi tersebut.

 

Maka dari itu, pada tulisan saya kali ini, saya mau berbagi berdasarkan pengalaman sendiri, bagaimana menemukan sumber inspirasi saat jenuh ketika membaca dan review buku, diantaranya:

Designed by using canva


1.   Membaca Buku

Walau sedang merasakan jenuh, berusaha saja terus untuk baca buku, kalau tidak tamat atau malah malas sama bukunya, coba cari buku lain sampai menemukan titik nyamannya membaca. Sumber bahan bakar seorang book review/bookstagram adalah buku.

 

2.   Stalking sosial media dan website

Alogaritma sosial media dan website dipengaruhi ketika kita sering buka tentang buku, maka otomatis timeline yang sering muncul adalah hal pendukung tersebut, itupun berguna saat jenuh, maka akan sering berseliweran akun-akun yang review buku. Bisa sambil kita kepo dan stalking bukunya, kalau tertarik bisa beli atau baca di aplikasi baca buku digital.

 

3.   Komunitas Baca Buku

Ikut komunitas baca buku menjadi sumber inspirasi saat kita jenuh, kita akan berada dalam lingkungan satu frekuensi dalam keminatan baca buku. Ketika zaman sudah semakin modern, ikut komunitas baca buku tidak melulu secara offline, tapi bisa diikuti secara online. Saya mengikuti 4 komunitas baca online, yaitu

·         Komunitas Gerakan One Week One Book

·         Komunitas Tanos Reading Club

·         Komunitas Buku Berjalan

·         Baca Tiap Hari

 

4.   Tantangan Baca Online

Biasanya yang diadakan oleh komunitas, penerbit ataupun penulis. Yang sifatnya tidak mengikat untuk ikut komunitas tersebut tetapi bisa kita ikuti dengan syarat tertentu sesuai dengan tantangannya. Umumnya tantangan yang tak mengingat seperti ini lebih banyak diminati karena ada hadiahnya, siapa yang tak tergoda dengan hadiah gratisan.

 

5.   Mengikuti Webinar atau Seminar

Selama pandemi, begitu banyak acara webinar atau seminar secara online yang diadakan oleh penerbit, penulis dan komunitas. Entah berapa kali saya ikuti, saking seringnya, selain bisa lihat penulis secara langsung (kalau acara offline belum tentu diikuti), biasanya suka sambil diselipkan rekomendasi buku dan itu bisa jadi inspirasi buat bacaan buku berikutnya.

 

6.   Menonton Film yang Diadaptasi dari Buku

Buku tidak hanya melulu soal buku tapi juga bisa film yang merupakan adaptasi. Tapi perlu ditekankan, buku dan film tidak bisa dibandingkan, karena visual yang ingin ditampilkan tentulah berbeda.


Kamu sendiri biasanya mencari dimana sumber inspirasi saat jenuh baca buku? 


Apabila setelah membaca tips diatas ternyata tidak berhasil buatmu, mungkin kamu perlu beristirahat dari kegiatan membaca dan tidak perlu merasa bersalah. 


Namun tetapkan deadline kapan kamu akan kembali lagi membaca, agar tidak larut dalam kejenuhan yang berujung pada kemalasan.

Related Posts

3 comments

  1. Bu simi klo misalnya jenuh dalam suatu hubungan bagusnya kita ngapain Bu?

    ReplyDelete
  2. kalau lagi jenuh biasanya aku beres-beres buku kak, habis itu buka buka random eh ternyata nemu yg dulu belum dibaca

    ReplyDelete

Post a Comment