12 BACAAN DI BULAN SEPTEMBER 2021 PART 1

Post a Comment

Designed using canva


Membaca mungkin identik dengan kegiatan para kutu buku. Namun, kita tidak bisa memungkiri jika aktivitas satu inilah yang bakal memperkaya wawasan dan bisa membantu kita keliling dunia hanya dari tempat duduk atau Kasur (kalau baca bukunya termasuk tim rebahan).  Membaca tak hanya terbatas pada buku pelajaran karena begitu banyak aneka genre yang bisa kita nikmati secara legal, tidak melulu dari beli buku fisik saja, banyak aplikasi digital yang membantu kita membaca melalui smartphone dari mana saja termasuk rekomendasi bacaan buku yang sudah kubaca selama bulan September 2021

 

1. Si Juki Seri Jalan-Jalan Nusantara : Petualangan Di Belitung – Faza Meonk

 

Designed using canva

Si Juki dan Mang Awung mendapat tugas berpetualang di Belitung, ditemani pemandu lokal, mereka mengunjungi berbagai tempat wisata bahkan bertemu datuk buaya putih.

 

Pulau eksotis yang kian dikenal pasca film Laskar Pelangi. Dengan gaya khasnya yang nyeleneh, Juki dan Mang Awung mencoba mengajak para pembaca untuk lebih akrab dengan makanan dan tempat khas di Bangka Belitung.

 

Bagaimana keseruan mereka di Belitung? Berhasilkan Mang Awung mengalahkan datuk buaya putih?

 

Baca buku ini melalui aplikasi gramedia digital

 

2. Larutan Senja -  Ratih Kumala

Designed using canva

Cerpen yang judulnya diambil untuk judul buku ini. Ide ceritanya cukup menarik, tentang seseorang yang selalu melakukan inovasi untuk ‘dunia’, tetapi tuhan selalu membeli inovasi tersebut dengan harga murah. Saat inovasi atau ciptaan si pembuat diaplikasikan ke dunia, tuhan yang mendapat pujian. Kemudian, dia berhasil menciptakan larutan senja. Namun, dia sudah berjanji tidak akan menjualnya kepada tuhan. Sayangnya, tuhan berhasil mencuri larutan senja. si tokoh utama marah besar dan akhirnya membuat satu inovasi yang akan merusak 'dunia' ciptaan tuhan. Ia menamakan inovasi itu dengan sebutan 'bencana'.

 

Kumcer ini berjudul larutan senja karena ada satu cerita yang berjudul larutan senja dengan 'tuhan' sebagai tokoh utamanya. Penulis yang berani membuat tokoh tuhan dianalogikan sebagai manusia. Dan cerita lainnya yang layak dibaca.

 

Baca buku ini melalui aplikasi gramedia digital

 

3. Si Kembar Di Sekolah Yang Baru - Enid Blyton

 

Designed using canva

Buku ini adalah buku pertama dari seri St.Clare yang ditulis oleh Enid Blyton, menceritakan tentang si kembar Irlandia, Pat dan Isabel O’Sullivan yang baru lulus dari Redroof School. Mereka awalnya benar-benar tak merasa senang saat orangtua mereka menyekolahkannya di St.Clare, mereka ingin sekolah di Ringmere School.

 

Dua gadis ini bertekad tidak akan berusaha dengan baik di sekolah barunya. Seri St.Clare menceritakan petualangan si kembar di St.Clare dari kelas paling rendah sampai di kelas tertinggi. Kisah ini tak hanya berpusat pada Pat atau Isabel O’Sullivan.

 

Baca buku ini melalui aplikasi gramedia digital

 

 

4. 20 Cerita Detektif Diambil Dari Majalah Bobo : Lukisan Yang Dapat Mencuri // Suwarna, Widya, Dkk

 

Designed using canva

Siapa yang tak asing dengan majalah Bobo? Saya adalah salah satu pembaca yang merasakan indahnya menanti majalah bobo setiap hari kamis. Mulai dari kisah kehidupan sehari-hari, fantasi, sampai misteri ada di dalamnya. Bahkan ada juga beberapa cerita Bobo yang masih berkesan untuk saya hingga hari ini, seperti tokoh Oki, Nirmala. Paman Kikuk, Bona, dll

 

Terdapat 20 cerita detektif yang diambil dari majalah Bobo. Tentunya ini bukan cerpen detektif ala Agatha Christie atau Sherlock Holmes yang melibatkan pembunuhan, ini kisah yang disesuaikan dengan pembaca anak.

 

Baca buku ini melalui aplikasi gramedia digital

 

5. Si Juki Seri Jalan-Jalan : Petualangan Di Korea - Faza Meonk 

 

Designed using canva

Si Juki tampil bersama karakter animasi asal Korea, Larva, dalam komik Si Juki Seri Jalan-Jalan: Petualangan di Korea yang diterbitkan oleh Penerbit Elex Media Komputindo bekerja sama dengan Korea Tourism Organization (KTO)

Menceritakan tentang perjalanan Si Juki dan sepupunya, Juleha, jalan-jalan ke Korea. Sesampainya disana, keduanya disambut oleh duo Red dan Yellow, karakter utama dari animasi Larva yang merupakan artis ternama di Korea. Red dan Yellow pun mengantar Si Juki dan Juleha berwisata mengunjungi tempat-tempat terkenal di Korea.

 

Baca buku ini melalui aplikasi gramedia digital

 

6. Hari Potong Rambut -  Clara Ng 

 

Designed using canva

Dongeng Dialektika ini merupakan serial dongeng yang mengajarkan filsafat untuk anak-anak. Dalam novel Hari Potong Rambut, dikisahkan ada beberapa anak singa yang rambutnya perlu mendapatkan perawatan, entah itu dipotong ata sekadar dirapikan. Ada anak singa yang awalnya menolak, tapi kemudian setelah melihat hasil akhir penataan rambutnya dia menjadi bahagia.

 

Novel ini mengajarkan bahwa perubahan itu ada. Rambut panjang menjadi pendek, pendek menjadi panjang. Bagaimana menyikapi perubahan pada hal-hal kecil yang mempengaruhi diri kita.


Adakah diantara 6 bacaan tersebut yang pernah dibaca sama sobat? Atau diantara 6 bacaan tersebut yang masih dalam wishlist atau timbunan?

Ini 6 bacaan buku, untuk 6 bacaan buku berikutnya nanti akan ada di part 2, ya

 


Related Posts

Post a Comment