12 Bacaan Di Bulan September 2021 Part 2

5 comments

 

Designed using canva


Melanjutkan tulisan kemarin yang dibuat secara bersambung. Mari lihat kembali daftar bacaan yang saya baca di bulan September berikutnya

 

1. I Was Invisible - Utami Ichda

 

Designed using canva

Invisible adalah kata yang tepat untuk menggambarkan kehidupan Aurel Liantavidia. Aurel merasa tidak pernah benar-benar dianggap oleh lingkungannya baik dirumah maupun disekolah, karena posisi aurel selalu berada di bawah posisi kembarannya, Aira Liantavidia yang hebat dalam segala hal.

 

Ketika Aurel nekat ingin mendaftarkan diri untuk ikut Audisi Teen Voice 2014, karena dilarang oleh orang tuanya. Apakah Aurel akan berhasil lolos audisi?

 

Buku yang tidak sengaja aku download dan setelah dibaca, ini bukan sekedar buku untuk remaja, tapi terdapat banyak pembelajaran tentang pentingnya menjaga keharmonisan dengan saudara kandung dan kehidupan persahabatan di sekolah yang mewarnai dunia remaja. Kisah dikemas dengan sederhana tapi sarat akan makna. Suka bagian pengutipan lirik lagu, tanpa sadar jadi ikut menyanyikan lagunya dan suka otomatis cari lagunya di Youtube/Spotify

 

Baca buku ini melalui aplikasi gramedia digital

 

2. Keep Holding On - Utami Ichda

 

Designed using canva

Aira dan Aurel adalah saudara kembar, mereka berdua mempunyai minat yang berbeda. Awalnya Aira. Awalnya Aira mengira itu adalah hal sepele, hingga suatu saat Aira sadar bahwa perbedaan minat menjadi dinding pemisah antara Aira dan Aurel.

 

Hingga Aira tak pernah merasa saat terutama saat Aurel bersedih dan justru sahabat-sahabatnya yang menghibur bukan dia, Aira merasa cemburu dan tersisihkan. Aira ingin membuat Aurel senang, tapi posisinya telah direbut oleh sahabat-sahabatnya.

 

Bisa disebut ini adalah kelanjutan dari buku I Was Invisible, tapi ini dari sisi sudut pandang dari Aira Liantavidia. Bila dibuku sebelumnya kita seolah diajak melihat dunia sempurna dari sosok Aira, ternyata diapun ada sisi lain yang ingin dimunculkan oleh penulis. Dalam buku ini, kita akan tahu kelanjutan audisi dari Aurel dan bagaimana hubungan mereka setelah ditinggalkan oleh neneknya.

 

Baca buku ini melalui aplikasi gramedia digital

 

3. Bye Ology - Sahlil Ge

 

Designed using canva

Cerita tentang kehidupan dua anak kembar bernama Hirosima dan Nagasaki yang terlahir spesial bukan sekedar mereka kembar, tetapi Hirosima dengan kelainan jantung CPVT membuatnya tidak boleh merasakan emosi yang bergejolak.

 

Sedangkan Nagasaki memiliki golongan darah langka. Rh-Null yang persediaan darahnya tidak ada di Indonesia. Seumur hidup harus menjaga tubuhnya jangan sampai terluka parah dan mengeluarkan banyak darah.

 

Kehidupan Nagasaki yang bisa bebas sekolah dan pergi ke mana saja membuat Hiro iri. Penyakit CPVT yang diderita, membuat hidupnya terkekang, dikurung di rumah bertemankan buku dan DVD. Sebaliknya, Nagasaki juga merasa iri dengan Hiro yang selalu dapat tempat utama buat kedua orang tuanya.

 

Pertama kali melihat judul dari karya Sahlil Ge ini langsung tertarik untuk mereview. Unik dan bikin penasaran. Pemilihan nama kedua tokoh Hirosima dan Nagasaki berasa dejavu dengan pelajaran sejarah 😅😂.

 

Novel yang cocok dibaca ketika sedang dalam titik rendah dalam hidup dan ilmu kedokteran yang disampaikan bisa dipahami oleh kita awam ini.

 

Baca buku ini, buat tantangan ikut readrathon 18, mungkin kalau ga ikut tantangan ini kayanya belum akan baca pakai wattpad lagi, akhirnya baca lagi di wattpad, terakhir baca tahun 2017 😅 

 

Baca buku ini melalui aplikasi wattpad


4. Kembali ke St. Clare - Enid Blyton

 

Designed using canva

Pat O’ Sullivan dan Isabel, saudara kembarnya akan masuk tahun ajaran baru. Bersama dengan Alison, sepupunya, mereka akan melalui petualangan seru di St. Clare.

 

Suatu kali, terjadi sebuah insiden saat pesta tengah malam. Isabel, Pat, Hetty, Susan, Nora, Janet dan Winnie diajak oleh Tessie.

 

Erica melakukannya karena ia tidak suka dengan si kembar. Ia ingin agar mereka dihukum. Namun, Margery, murid baru yang bersikap kasar dicurigai oleh Isabel dan Pat sebagai biang keladi,  lalu masalah dimulai.

 

Di seri ini juga dikenalkan cara anak asrama berinteraksi. Seperti pergi berdua dengan teman agar aman jika ke kota, menghabiskan waktu di ruang rekreasi, pertandingan regu antar kelas, maupun insiden di sanatorium.

 

Baca buku ini melalui aplikasi gramedia digital

 

 

5. Marriage With Dosen - Indrianisonaris

 

Designed using canva


Ketika sedang asik menikmati dunia kuliah lalu dijodohkan dengan dosen sendiri yang luar biasa menyebalkan, ya itulah yang dialami dan dirasakan oleh Stella.

 

Adrian adalah dosen sekaligus dokter bedah yang mengajar di kampus Stella. Tampan, cerdas tapi killer! Adrian memang amat menyebalkan dan hobi menghukum Stella. Sikap permusuhan Stella itulah yang justru menumbukan penasaran Adrian untuk menaklukkan sikap petakilan dari Stella yang sangat menyukai segala sesuatu tentang Doraemon. Adrian menerima pernikahan yang direncanakan oleh orang tuanya dan Stella mau tak mau terpaksa menerima karena terjebak dan rahasianya dipegang oleh Adrian.

 

Awalnya kupikir mirip dengan cerita yang sudah terkenal dan diangkat ke layar lebar tetapi punya sudut pandang yang berbeda, dengan hubungan mereka yang lebih kuat dan penuh dengan konflik seperti Tom and Jerry.

 

Alur ceritanya menarik dan mengalir, cocok bagi kalian yang sedang mencari dan suka dengan kisah percintaan antara dosen dan mahasiswa.

 

Baca buku ini melalui aplikasi gramedia digital

 

6. Musim Panas St. Clare - Enid Blyton

 

Designed using canva

Awal lihat cover langsung berpikir, sepertinya petualangan si kembar Pat dan Isabel O'Sullivan di semester musim panas ini ada hubungannya dengan sirkus.

 

Setiap semester selalu ada beberapa murid baru yang sifat dan kelakuannya beragam , si Kembar mendapat kawan baru. Dari seorang pengadu, kemudian gadis yang usilnya sama seperti Janet sampai seorang gadis kaya raya yang modis. Tentunya, Alison kemudian menjadi terlalu dekat dengan Sadie si gadis modis tersebut. Dan Janet serta Bobby bekerjasama dalam hal keisengan yang luar biasa! Sampai Prudence yang beraksi demi mencari muka.

 

Bagian yang paling saya suka adalah saat Bu Theobald menggunakan kebijaksanaan dan kecerdasannya untuk merubah sikap jelek anak-anak didiknya. Bisa menjadi referensi bagi para orang tua.

 

Buku ini lebih menyenangkan dan seru daripada buku sebelumnya. Karakter-karakternya makin berkembang.

 

 

 

Refleksi

Setelah melihat dan mencoba menilai kegiatan membaca selama bulan September 2021, untuk kegiatan membaca buku sebenarnya lumayan keteter ketika awal September mulai pembelajaran tatap muka terbatas dengan ditambah ikut tantangan di komunitas ODOP. Sempat panik diawal tapi setelah dijalani dan mencoba lebih disiplin dengan diri sendiri, terutama jam-jam stalking terlalu terus menerus itu lumayan dikurangi, stalking sosmed yang memang pendukung kebutuhan referensi yang sedang dijalani bukan sekedar kepo semata (semisal mengurangi stalking akun gosip, scroll banget berita trending).

 

Beberapa buku adalah buku anak dan remaja, demi baca referensi cara penulis menuliskan cerpen. PR sekali untuk bacaan bulan Oktober sekarang, harus diimbangi antara buku digital dan buku fisik serta lebih banyak baca buku yang mendukung referensi kegiatan yang sedang dijalani. Walau sesekali butuh bacaan hiburan juga buat refreshing.

 

Kesimpulan

Kunci rutin membaca bukanlah mencari waktu luang, melainkan meluangkan waktu. Bisa waktu khusus, atau waktu-waktu jeda, ada dua komunitas yang saya ikuti itu membuat laporan buku harian dan itu lumayan bermanfaat sekali agar memaksakan baca buku tiap hari walau beberapa halaman.

 

Biasakan membawa buku kemana pun kita pergi atau pada saat ada waktu luang, buka hp-nya untuk baca buku digital (bila tidak memungkin untuk bawa buku). Sehingga tidak ada lagi waktu menunggu yang terbuang.


Sudah baca buku apa per tanggal sekarang? Yuk semangat baca bukunya, buat tambah referensi menulis bagi yang sedang menulis dan yang hanya sekedar membaca, biar tambah koleksi buku yang sudah dibaca.

Semangat Literasi 🥰

Related Posts

5 comments

  1. Keren banget, konsisten membaca. Btw buku-buku nya bagus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buku versi ringan semua, soalnya agak hectic disambil nulis buat odop hahahaha

      Delete
  2. Buku2 St Claire, Mallory towers atau si Bandel di sekolah asrama, itu selalu jadi buku fav ku sejak kecil :D. Komplit banget di rumah, Krn memang dari dulu papa ngizinin kami untuk beli buku setiap bulan. ga pernah bosen dibaca buku2 enid blyton ya mba :).

    Kalo skr ini, aku sanggubnya baca buku seminggu 1 buku. Karena ada kesibukan kerja juga, jadi seminggu 1 buku udah pas buatku. Apalagi kebanyakan buku2 tebal . Kecuali bukunya tipis dan tema ringan hanya 100an halaman, bisa lah dibaca 1-2 hari.

    ReplyDelete

Post a Comment