Short Course Gratis 30 Juta Pertama dari Blog, Bisakah ?!?!

Post a Comment

 

Sumber : WAG Short Course Blogger  


Kursus 30 juta pertama dari blog bersama Mbak Jihan, Kak Shafira Adlina, dan Kak Rozak. Dilaksanakan selama tiga hari berturut-turut mulai dari 26 s.d 28 Oktober 2021. Sebelum saya cerita, apa yang saya dapatkan selama tiga hari ikut pelatihan ‘berdaging’ tersebut, sedikit mau sedikit cerita bagaimana akhirnya bisa ikut kursus.

 

Awalnya saya sudah melihat postingan Mbak Jihan tentang keinginannya membuat kelas gratis bagaimana caranya mendapatkan 30 juta pertama dari blog.  Sebagai manusia penuh pertimbangan, ragu banget untuk ikut sampai akhirnya terlupakan oleh aktivitas yang sudah mulai padat. Sampai akhirnya, teman online-ku colek untuk ikutan dan merasa ada teman ya sudah daftar, eh, terlalu sibuk buka WAG jadi saja lupa isi gfrom, begitu mau daftar sudah ditutup ternyata karena target 100 peserta terpenuhi.

 

Lalu memberanikan diri menyapa mbaji (panggilanku untuk Mbak Jihan), awalnya bilang sudah ditutup tapi akhirnya link gfrom-nya dibuka lagi dengan catatan masuk daftar tunggu peserta, akhirnya daftar dan ternyata rezeki orang mencari ilmu memang ada saja jalanNya, hingga akhirnya bisa berbagi apa yang sudah didapatkan.

 

Designed using canva

Materi Pertama short course gratis

Shafira Adlina menjadi narasumber pada hari pertama short course gratis. Materi yang dibawakan adalah tentang bagaimana cara menulis artikel yang menarik. Beliau mengelola blog ceritamamah.com, sebuah blog yang suka menulis tentang kehamilan, parenting, dan keluarga, dia juga memiliki segudang pengalaman dan prestasi.

 

Pada hari pertama program kursus singkat, peserta diajak memahami tentang bagaimana membuat artikel yang menarik. Sebagai blogger kita selalu diingatkan tentang dahulukan adab sebelum ilmu. (Jadi teringat slogan selama mengikuti tantangan di ODOP)

 

Pada materi hari pertama Short Course gratis, Shafira membahas tiga poin yang berhubungan dengan penghasilan dari blog. Tiga poin tersebut adalah tujuan ngeblog yang mengalami perubahan dari waktu ke waktu, ada tujuan dahulu, sekarang, dan masa depan. Sesuai dengan berjalan waktu dalam saya nge-blog makin berkembang ke arah yang lebih baik. Kedua para peserta diberikan informasi tentang bagaimana cara menghasilkan uang dari blog. Ketiga yang juga sangat menentukan bagi seorang blogger adalah membuat artikel yang menarik.

 

Dalam membuat artikel yang menarik setidaknya ada tujuh hal yang perlu diperhatikan, yaitu:

 

Designed using canva



Materi Kedua short course gratis

Designed using canva


Jihan Mawaddah atau saya biasa memanggilnya dengan mbaji,  siapa yang tidak mengenal sosok wanita satu ini. Sosok yang lekat dengan dunia blog kompetisi. Tetap memiliki kesibukan dunia nyata yaitu ibu rumah tangga dan sebagai seorang penyuluh agama islam pada lingkungan Kementerian Agama. Hingga Oktober 2021, setidaknya sudah tercatat lebih dari 30 kompetisi dimenangkannya melalui blog yang dikelolanya yaitu jeyjingga.com.

 

Jihan Mawaddah membahas tentang SEO dan Tips Menang Lomba Blog. Seperti judulnya SEO dan Tips menang lomba blog, itulah yang menjadi fokus utama dalam sesinya. Artikel menarik saja belumlah cukup, perlu susunan yang menarik juga. Ini bisa dicapai ketika kita artikel memenuhi kaidah SEO. Rumus 1 keyword untuk 100 kata sunggu lekat dalam ingatan saya.

 

Delapan tips memenangkan lomba ala Jihan sang juara yang bisa dioptimalkan ketika mengikuti lomba, berikut tipsnya.

 

Designed using canva

Tips untuk memenangkan lomba sudah ada, tinggal bagaimana kita mengoptimalkan ketika mengikuti kompetisi yang banyak bertebaran. Kalau di komunitas literasi, saya sedang melaksanakan amanah yang pernah beliau geluti, semoga dalam dunia blog bisa mengikuti jejak beliau, aamin (sambil banyak Shalawat).

 

Materi Ketiga short course gratis

Designed using canva


Pemateri hari ke tiga ini adalah Abdul Rozak Al Maftuhin, membawa materi tentang SEO dan Adsense dengan blog https://www.inovasiguru.com/. Selain itu, dia juga mengelola banyak blog. Dia selama dikenal sebagai blogger yang fokus dalam SEO dan Google Adsense. 

 

Materi hari terakhir di short course gratis ini sangat menarik, dan membuat lumayan agak sedikit memberiku banyak catatan, bahwa dunia blog itu luas sekali ternyata. Berikut beberapa hal yang kudapatkan dari materi beliau,

 

Designed using canva

Penutup

Ilmu nge-blog itu sangat luas dan tidak ada habisnya untuk digali. Baik materi yang sering didengar maupun baru akan membangkitkan diri untuk semangat nge-blog. Ini masih materi pertama dari 30 juta pertama dari blog yang membuat saya tersentak untuk semangat menjadikan blog saya jadi TLD, Insyaallah (soon dibulan ini, nantikan, ya sahabat jelajah mia)

 

Related Posts

Post a Comment