ALASAN KENAPA NGEBLOG

13 comments

 

Kenapa ngeblog? Masih musim nulis di blog?

 

Beberapa teman dan kenalan, seringkali menanyakan kenapa ngeblog sih? Atau Masih musim, ya nulis-nulis di blog, emang dapat apa sih?

 

Kenapa Ngeblog

Walau sudah lama bikin belum tapi sepertinya saya belum pernah menuliskan soal blog ini dan dulu pertama kali ngeblog tahun 2011. Jelas sebuah alasan yang berbeda kenapa ngeblog di tahun 2011 dan saat ini terutama saat akhirnya mendomainkan blog.  10 tahun kemana aja mbaknya? Sudah pernah saya ceritakan di tulisan beberapa waktu ke belakang.

 

Mungkin dari beberapa orang masih ada yang bertanya-tanya seperti ini. Salah sekiannya beberapa teman dunia nyata yang sedikit heran, seorang mia di 2021 agak niat amat nulis di blognya.  Setiap orang memiliki jawaban yang berbeda dan  inilah jawaban versi saya.

 

Alasan Kenapa Ngeblog

Blog Jadi Ajang Pembelajaran

Kejarlah ilmu bahkan sampai ke negeri Cina, kalau kata pepatah. Saya termasuk orang yang suka belajar. Bahkan ketika saya sudah lulus dari sarjana pendidikan luar sekolah malah mengajar di pendidikan formal dan bahkan jadi guru produktif SMK.

 

Setelah kemarin ikutan oprek di sampai akhirnya lulus, udah tanggung nih masuk, masa ga diterusin. Mau tidak mau, banyak belajar dari teman-teman yang sudah kece blognya, toh mereka semua mulai dari 0, kenapa saya tidak juga memulai biar bisa menyesuaikan dengan teman-teman lainnya.

 

Ada ilmu baru, pelajari,  latih dan lakukan, sesuai dengan tagline yang saya usung dalam blog. Disitulah saya menikmati sebagai proses belajar. Namanya blog itu pasti seperti teknologi, di setiap waktu akan ada sesuatu yang baru lagi dan mau tak mau harus dipelajari lagi dan sesuaikan dengan kemampuan kita.

 

Self Healing

Menulis adalah healing therapy, beberapa kalimat ini seolah terlontar di setiap ada pematerian para senior blogger yang saya ikuti.  Ini teramat saya sadari terutama tahun 2021, tengah tahun dapat dua masalah yang lumayan menyita fisik dan mental. Karena suka agak malu kalau umbar cerita di sosmed, lebih baik arahkan ke menulis supaya bisa jadi ajang healing dan teralihkan ke hal yang positif.

 

Menulis di blog adalah pembebasan diri. Ketika saya BUTUH nulis ya tinggal nulis saja. Kapanpun saya butuh dan mau, blog selalu setia menampung segala ide dan gagasan yang terlintas dalam pikiran saya.

 

Self Branding

Ada pepatah mengatakan bahwa dunia sosial media dan internet tidak seluas yang kita bayangkan, Ketika masuk ke komunitas satu, dua dan seterusnya, maka kita bisa bertemu lagi dengan orang yang sama tanpa kita sadari. Bisa dikatakan saat ini saya merasa bahwa teman dunia online daripada dunia nyata, ternyata lebih banyak dunia nyata.

 

Hingga saat ini, saya masih identik dengan dunia baca buku dan review, maka ulasanlah menjadi andalan dalam blog saya. Karena masih baru dan tidak mau terlalu anak ulasan sekali, mencoba berbagai jenis dan gaya tulisan. Hingga saat ini niche life style masih jadi andalan saya, yang masih suka random dalam menulis.

 

Makanan atau hal yang berhubungan dengan kuliner, menjadi ciri khas bagi teman-teman di dunia nyata, itupun tetap saya masukan sebagai branding dalam blog. Baca buku kan bisa disambil dengan makan juga bukan?

 

Social Media Campaign

Berkenaan dengan alasan saya sebelumnya, saya memanfaatkan blog sebagai sarana kampanye. Kampanye apapun yang saya ingin saya tulis terutama tentang ulasan. Mencoba ikut beberapa program blogwalking aga datang para pembaca baru dan meninggalkan komentar dan saya jadi paham mereka suka gaya/tema tulisan seperti apa, sehingga jadi pertimbangan buat tulisan-tulisan berikutnya

 

Untuk mengoptimalisasikan tulisan salah satunya share ke  sosmed yang dimiliki. Tema baca buku adalah salah satu tema andalan yang menarik minat pembaca baru yang kemudian datang lagi secara berulang.


Penutup

Bagaimana? Sudahkah teman bloger menemukan alasan kenapa harus ngeblog sebelum melanjutkan perjalanan ke pembelajaran-pembelajaran berikutnya? Yuk sharing di sini apa yang menjadi alasan terbesar teman-teman menjadi bloger. Tentu masih musim kan nulis di blog.

Related Posts

13 comments

  1. Aamiin.. semoga istiqomah Mba..

    Saya pun baru serius ngeblog akhir tahun kemarin, pdhl punya blog sejak 2012.

    Tahun ini mau beli domain, masih tahap survei.. semoga dilancarkan.. 🙏

    ReplyDelete
  2. Blog memang amat luas untuk dieksplor dan dimanfaatkan. Yang amat perlu dicermati, menurutku adalah bagaimana masing2 tujuan itu dilakukan dengan cara terbaik. Kalau healing gimana yang dimaksud healing dengan blog? Dsb. Krn alih-alih healing, jika caranya kurang pas, kita bisa-bisa bukannya dapat sesuai yg diinginkan.

    ReplyDelete
  3. ngeblog itu bukan sekedar nulis di blog sih kalau menurutku. lebih dari itu. ngeblog itu soal menumbuhkan kepercayaan diri untuk berkarya lewat tulisan yang kreatif dan mempromosikannya ke dunia luar. jadi bukan sekedar nulis.

    ReplyDelete
  4. ngeblog itu menarik menurut saya, saya bisa berbagi pengalaman dan cerita, sekaligus berbagi manfaat dari yang saya tahu
    apalgi jika pembaca merasa bahwa blog saya menjadi salah satu solusi atau inspirasi bagi mereka

    ReplyDelete
  5. saya mulai ngeblog tahun 2009 mbak, waktu itu masih SMA dan dapat tugas TIK. hingga sekarang masih ngeblog.

    Saya setuju sih, blog itu banyak manfaatnya. Sebagai sarana pembelajaran : say abelajar menulis, mengedit foto, belajar SEO bahkan sampai ke CSS dan HTML.

    Sebagai healing : ini saya banget, tapi kalo saya pribadi sebutkan sebagai pelarian atau distraksi ketika streess, bosan atau badmood. Dengan menulis, mood saya bisa balik lagi.

    Self branding : ini setuju banget. Saya samapai dikenal sebagai orang yang "paham" finansial karena menulis ttg finansial melulu di blog. Hihi... bahkan sekarang per 3 Januari 2022, saya kerja di perusahaan sekuritas sebagai SEO Specialist.

    Banyak banget manfaat ngeblog ini

    ReplyDelete
  6. Alasan sy ngeblog sih emang self healing berkedok cuan juga hehee... Semoga segera bisa jadi blogger profesional

    ReplyDelete
  7. saya awalnya juga gak yakin lho sama nge blog. dulu bikin blog cuma iseng biar punya aja. lama-lama semua serba media sosial. saya pikir blog sudah sepi, ternyata masih rame. saya akhirnya belajar blogging nat fokus ngeblog, seru banget ternyata

    ReplyDelete
  8. wah seru sekali membaca alasan kenapa ngeblognya mba.
    alasan saya ngeblog yaitu menyampaikan pemikiran-pemikiran saya pada pembaca berharap cara itu bisa menjadikan saya manusia yang menebar manfaat dengan cara yang mudah tinggal share link blog saya aja. hehe

    ReplyDelete
  9. Iya mba bener banget, ngebantu banget buat self healing yaa.. dan bonusnya bisa jadi peluang buat sharing...

    ReplyDelete
  10. bener sekali mbak, jujurly awalnya buat blog untuk self healing dn ingin mengasah (nambah2 skill), thx u sharingnya mbak

    ReplyDelete
  11. wohooooo, semangat ngeblog dan semakin melangkah maju Kak Miaaaa

    ReplyDelete
  12. samaannih mbak alasannya. akupun salah satu ngeblog adalah writibg for healing. dan aku juga mengawali bikin blog 2011 tapi modla ikut2an akhrnya terbengkalai deh. nah pas 2021 kemrin baru fokus dan belajar beneran hahaha ya alahmdulillah man jadda wa jada.

    ReplyDelete
  13. Blog buatku obat untuk tetep waras di saat begini mba 😄. Pada dasarnya aku terbiasa menulis di diary sejak masih SD. Pas blog mulai muncul, aku ganti haluan dari diary ke blog. Temanya pun ganti, kalo sebelumnya di diary hanya curhat biasa dan cerita daily, di blog aku hanya mau cerita ttg pengalaman travelingku dan kuliner.

    Tujuan utama nulis, Krn aku juga pelupa. Dipikir2 sayang aja kalo semua pengalamanku traveling kemana2 ga ditulis. Pas mau kesana lagi, malah lupa. Ya udah, akhirnya nulis deh. Kalo ternyata bisa berguna buat teman2 juga, malah bersyukur.

    Aku juga sengaja ga mau monetisasi blog ku, supaya ttp fun menulisnya. Buatku ada beban tersendiri kalo menulis sesuatu yg dibayar.

    ReplyDelete

Post a Comment