Review Novel Burning Heat

19 comments

 

Tantangan di pekan kedua adalah bebas secara genre dan bisa memilih fiksi ataupun nonfiksi, pilihan bacaku jatuh ke judul buku Burning Heat karya dari Akiyoshi Rikako.

 

Kenapa memilih judul ini? Biar buku hasil giveaway terbaca dan setelah beberapa waktu ke belakang sering baca buku digital, sesekali baca buku fisik. Novel yang saya pikir misteri banget ternyata ada sentuhan romance juga.

 

Cover Novel Burning Heat



Blurb Novel Burning Heat

Aku menikah dengan pembunuh suamiku

Demi menuntut keadilan

 

Identitas Novel Burning Heat

Judul Buku : Burning Heat

Penulis : Akiyoshi Rikako

Penerjemah : Asri Pratiwi Wulandari

Penerbit : Haru

Cetakan Pertama, Maret 2021

296 hlm ; 19 cm

ISBN : 978-623-7351-65-8

 

Sinopsis Novel Burning Heat

Novel ini menceritakan seorang wanita bernama Kawasaki Sakiko yang melakukan operasi wajah dan mengubah identitas dirinya menjadi Satou Eri. Operasi tersebut bertujuan untuk menikahi seorang dokter bernama Kubowachi Hideo yang ia anggap telah membunuh suaminya, Kawasaki Tadatoki.

 

Hideo awalnya sempat ditangkap sebagai tersangka pembunuhan Tadatoki, kemudian dilepaskan. Ini membuat Sakiko merasa yakin bahwa Hideo adalah orang yang membunuh Tadatoki.

 

Demi menuntut keadilan, demi Tadatoki suami tercintanya, Sakiko menikah dengan Hideo dengan wajah dan identitas baru.

 

Namun, apakah setelah menikahi Hideo, Sakiko mendapat kebenaran kematian suaminya dulu? Apakah Sakiko ingin membalas dendam kepada Hideo? Atau terlanjur jatuh hati setelah hidup bersama-sama dan melupakan kasus tersebut?

 

Gambaran Singkat Novel Burning Heat

Tentang Sakiko yang menikah dengan pembunuh Tadatoki, suaminya. Dengan begitu, perempuan tersebut merasa bakalan bisa menuntut keadilan, mencari bukti-bukti bahwa suaminya sekarang, Hideo, adalah pembunuh Tadatoki. Sampai akhirnya terbit rasa cinta, yang bikin dia merasa ragu, apakah mungkin dokter dengan penuh semangat tinggi itu bakalan tega membunuh. Apalagi Hideo punya adik perempuan yang punya penyakit jantung.

 

Saya merasa buku ini cukup kental romance-nya dibandingkan buku-buku lainnya. Tokoh Sakiko dan Hideo berhasil bikin aku bersimpati sama mereka, walau di awal aku agak gak suka sama tokoh Sakiko. Sepanjang cerita pun aku gak menebak apapun dan mengikuti alur aja. Begitu sampai di ending saya ngerasa sedih, kisah mereka tragis banget. Dua orang yang berada di waktu dan tempat yang tidak tepat.

 

Poin Utama Novel Burning Heat

Di dalam novel ini ada dua kasus:

1. Kasus kecelakaan keluarga Saiko yang membuat hidup Saiko menggantung pada suaminya Tadatoki

2. Kasus kematian Tadatoki yang memicu dendam Saiko sesuai blurb cerita

Kedua kasus tersebut saling terhubung karena kedua kasus inilah yang membawa alur cerita hidup Saiko dan Hideo.

 

Hal yang membuat saya sedikit gemes:

1. Si tokoh utamanya yaitu Saiko. Bukan karena saking cintanya dia sama suaminnya tapi dia memotong ucapan polisi dan tidak mendengar penjelasan dengan lengkap. Aku tahu hal itu karena dia shock tapi kalo gak dengerin kan jadi banyak pikiran-pikiran dan asumsi-asumsi gitu. Namun, perlahan sosok Saiko berubah dan ya aku berusaha menikmatinya.

2. Tokoh polisinya plin plan sekali menangani kasusnya. Apa-apa langsung ngomong ke keluarga korban, padahal belum pasti. Jadi, status kematian korban berubah-ubah.

3. Kasus kematian Tadatoki yang awalnya jadi motif cerita ini malah berakhir biasa saja karena terungkapnya kasus kematian keluarga Saiko. Walau pada akhirnya misteri kedua kasus tersebut terungkap dan tidak ada ganjalan dalam hati pembaca.

 

Keunggulan Novel Burning Heat

•Alur maju-mundurnya juga sangat bagus. Cerita ini menggunakan sudut pandang Sakiko.

• Penggambaran karakternya sangat bagus. Kita tidak tahu siapa yang salah, siapa yang benar.

• Plot twistnya tidak sampai membuat boom di kepala meledak, tapi cukup membuat hati teriris. Ending ceritanya seolah mengajak kita menyatukan puzzle yang berserakan menjadi satu hingga melahirkan sebuah kebenaran

• Kagum sama Akiko yang begitu semangat menjalani hidup walaupun hanya menggunakan jantung buatan.

• Banyak istilah dan penjelasan tentang kedokteran yang bisa dijadikan sebagai pengetahuan umum bagi pembacanya

• Bagi yang suka kuliner Jepang, novel ini seolah jadi penyeimbang antara cerita misteri dengan berbagai pengetahuan tentang kuliner dan masakan yang dibuat oleh Sakiko

  Ada banyak pelajaran yang bisa di ambil, salah satunya tentang kepercayaan. Setidaknya kita harus cari tahu terlebih dahulu agar tidak ada kesalahpahaman yang terjadi.

 

Kutipan Favorit Novel Burning Heat

“Nada bicara yang liar dan blak-blakan. Namun, di telingaku terdengar sebagai jeritan yang menyayat hati, bahwa sesungguhnya dia benar-benar ingin memercayai seseorang.”

(Hal. 61)

 

“tadako mengubah nama keluarganya menjadi kawasaki. ‘kau sudah ganti nama sekali, kan? Aku tak sampai hati,’ ujarnya. Namun, kurasa dia cuma mau namanya sama dengan produsen motor.”

(Hal. 70)

 

“kalau menggenggam setir aku harus konsentrasi, kan? Aku tidak mau konsentrasiku habis selain untuk urusan medis.” (Hal. 183)

 

Penutup

Bagi yang menyukai novel dengan genre misteri tapi dan sentuhan romance, bisa dijadikan referensi wishlist bacaa selanjutnya. Bahkan ada juga pengetahuan tentang istilah kedokteran dan kuliner Jepang. Yang sudah baca bukunya juga boleh komen, ya, atau mau kasih referensi bacaan buat jelajah mia juga boleh.

 

Cover Instagram Novel Burning Heat


#RCO10

#OneDayOnePost

#ReadingChallengeODOP10

#AntiBookShaming

#BacaBukuLegal

Related Posts

19 comments

  1. Belum pernah baca novel tema Jepang...jadi pengen coba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayu, kak. Coba baca dulu aja satu atau dua buku

      Delete
  2. Saya jarang baca novel Jepang, tapi ada drama yg mirip kyk gini. Nama drama panjang tapi biasa disingkat Watadao, apa ya? Haha.. cukup populer dramanya tahun kemarin. ceritanya tentang balas dendam ke seseorang eh malah jatuh cinta.. hampir mirip ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tadi baru cek drama yang kakak sebutkan, drama ini diadaptasi dari serial manga “Watashitachi wa Douka Shiteiru => itu bukan?
      Nanti aku coba cari tahu seberapa miripnya, ya, soalnya baru tahu dr kakak hehe

      Delete
    2. Iya, bener.. itu judul panjangnya. Drama yg bikin saya suka Ryuusei Yokohama. Hehe..
      Temanya aja yg mirip sih.

      Delete
  3. Konfliknya seru sekali ya. Aku belum pernah secara khusus benar-benar membaca sebuah novel jepang hingga tuntas. paling-paling yang ada kubaca cerpen, dan pasti komik. Wkwkwk. Tapi harusnya asyik sih ya baca novel jepang. Terkait dengan budaya dan masyarakatnya juga yg berbeda dengan di sini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Senangnya artikelku disinggahi mbak wid
      Beberapa novel dan komik Jepang yang pernah aku baca, memang suka menyisipkan budaya dan sosial masyarakat, novel ini juga salah satu yang seperti itu

      Delete
  4. Aku belum pernah baca novel jepang,tapi dari review ini aku jadi tertarik untuk baca. Sepertinya seru sekali yaa ceritany..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayu, kak, coba baca novel Jepang untuk sekedar mengobati penasaran bagaimana novel Jepang

      Delete
  5. Wah wah, belum pernah baca ini sih, tapi kayak.y menarik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayu, kak, coba baca novel Jepang siapa tau jadi suka ceritanya

      Delete
  6. menarik ya mbak novelnya, jadi ingin baca juga. Mbak ikut komunitas membacakah,kok sepertinya membuat resensi merupakan tantangan komunitas

    ReplyDelete
  7. Saya belum pernah membaca novel Jepang. Membaca reviewnya agak kaget juga, ternyata dendam bisa membuat seseorang menikahi pembunuh suaminya. Masih gak kebayang sih, hehe. Mungkin memang harus membaca novel ini dulu ya Mbak

    ReplyDelete
  8. dari judulny sja sdh ngeri duluan mbak....tp aq jd ingin mmbaca novel khas jepang...

    ReplyDelete
  9. Sepertinya seru ya mbak cerita dalam novel ini apalagi berbau saintek, kedokteran dibalut romance. Dan tulisan orang jepang pasti ada keunikan tersendiri.

    ReplyDelete
  10. Alurnya keren nih. Novel jepang terjemahan yang pernah aku baca cuma Totto-chan. Belum pernah baca kisah yang seperti ini. Wajib coba nih kapan-kapan

    ReplyDelete
  11. Bisa di bilang ini masuk ke romance thriller ya mbak..keknya seru

    ReplyDelete
  12. Bagus ya si penulis memperkenalkan istilah kedokteran di novel dan enggak ketinggalan tentang kuliner Jepang. Penasaran nih sama cerita lengkapnya. Makasih mbak reviewnya dan semangat untuk challenge berikutnya mbak.

    ReplyDelete
  13. Untuk karyanya Rikako sensei novel ini agak datar ya kak. Kayak yang kakak bilang, plot twist nya ga boom gitu, cuma bikin oooh ... Gitu !

    ReplyDelete

Post a Comment