REVIEW NOVEL RUNAWAY KARYA MIA ARSJAD

1 comment

 

Bulan Februari adalah bulan banyak ikut tantangan, salah satu tantangan yang diikuti di komunitas ODOP adalah RCO (Reading Challenge ODOP). Tantangan di pekan satu adalah membaca genre romance, pilihan bacaku jatuh ke judul buku Runaway Ran karya dari Mia Arsjad. Kenapa memilih judul ini? Random dan tiba-tiba mau baca buku ini aja tanpa melihat blurb atau referensi lainnya.

 

Ternyata ketika sudah baca hampir 4 hari, seru juga buat hiburan bacaan. Bagi sobat Jelajah Mia yang penasaran bagaimana cuplikan dari isi novel Runaway Ran, yuk baca sampai akhir dan jangan lupa siapkan cemilan terbaiknya.

 

Review Novel Runaway Ran

Identitas Buku Runaway Ran

Judul Buku         : Runaway Ran

Penulis              : Mia Arsjad

Penerbit            : PT Gramedia Pustaka Utama

Tahun Terbit      : Juli , 2013

Tebal                 : 368 hlm

ISBN                 : 978 – 602 – 03 – 9109 – 0

Baca melalui aplikasi Ipusnas

 

 

Blurb Novel Runaway Ran

Katrina si anak manja yang hobi belanja online itu, sekarang harus belajar hidup irit dan mencari uang sendiri. Kebetulan, ada iklan lowongan yang di-broadcast di Blackberry. Katanya sih untuk jadi asistennya J.F. Ran, komikus pengarang 4 Hero No Zero. Tawarannya menggiurkan sih, dan berhubung kebutuhan belanja online-nya sangat mendesak, Katrina pun mengirimkan CV-nya.

 

Komik berjudul 4 Hero No Zero sudah tiga tahun ini booming di Indonesia. Komik nyeleneh dan kocak itu ditulis oleh J.F. Ran yang ternyata aslinya ganteng, tapi galak. Apalagi pacarnya, Viana, yang judes dan cemburuan setengah mati. Nggak heran kalau orang yang kerja jadi asisten Ran, nggak pernah bertahan lama.

 

Kali ini giliran Katrina yang jadi asistennya. Bakalan awet nggak ya? Kira-kira siapa yang bakalan takluk? Ran atau Katrina?

 

Sinopsis Novel Runaway Ran

Katrina selama ini selalu hidup dalam zona nyaman dan berkecukupan, bahkan boleh dikatakan apabila ada keinginannya dalam urusan belanja sampai menghabiskan uang bulanannya, ia akan merengek kepada orang tuanya untuk mencukupi kekurangnnya.

 

Setelah lulus S1, Katrina yang masih tidak ingin melepas masa - masa senangnya tanpa bekerja, maka salah satu caranya yaitu memutuskan untuk melanjutkan kuliah S2. Karena selalu mendapatkan suntikan dana dari orangtuanya, Katrina yang hobinya sehari - hari adalah berbelaja online tidak pernah menemukan kendala pada hobinya tersebut. Tidak sebelum ia tanpa sengaja mengetahui bahwa ayahnya akan segera pensiun dini.

 

Dunia seolah berputar secara drastis bagi Katrina sudah tidak bisa dengan bebasnya main dan berbelanja online lagi.  Katrina tak bisa hidup tanpa online shopping. Satu - satunya cara untuk tetap dengan gaya hidupnya dan bisa bebas berbelanja  adalah Katrina harus mencari kerja paruh waktu.

 

Dengan bantuan sahabatnya yang seorang make up artis,  Alya, akhirnya Katrina mendapatkan pekerjaan menjadi asisten seorang komikus terkenal bernama J.F.Ran. Gajinya memang sangat memuaskan untuk ukuran kerja part time.

 

Masalah mulai muncul saat ia belum genap sebulan bekerja, ia harus dipusingkan dengan watak bosnya yang jutek dan judes bukan main. Belum lagi setiap hari ia harus di hina-dina oleh pacarnya Ran, Viana yang posesifnya kelewat batas. Apa rahasia dibalik sikap judesnya Ran dan masa lalunya yang seolah Ran terlalu dendam dan misterius? Apakah Katrina bisa tahan bekerja dengan Ran?

 

Celoteh Tentang Novel Runaway Ran

Bertemu Katrina yang manja, suka beli baju mahal dan kuliah S2 masih dibayarin ortu aku ga pernah sebal dengan tingkahnya malah kocak banget apalagi dengan monolog pikirannya yang absurd

 

Disini juga dilihat persahabatannya dengan Alya yang heboh dan siap membantu teman kalo kesusahan dan dilihat juga hubungan pacaran Alya Adit yang kasar dan dominasi, Alya seolah hanya dimanfaatkan dalam memuaskan biologisnya Adit saja.

 

Tokoh utama pria J.F Ran si komikus yang misterius dan punya banyak kpribadian yang ramah banget kalo sama fans tapi galak dan judes banget, ternyata menyimpan banyak kepahitan dihidupnya. Interaksi Katrin-Ran buat senyum senyum terus apalagi kalo Rannya mulai galak lalu baik lagi.

 

Saya suka ceritanya. Suka sama karakter Katrina yang meski manja, tapi tetap mau kerja keras. Suka sama persahabatan Katrina, Alya dan Ina. Suka sama pesan moralnya tentang dendam. Balas dendam tidak akan membuat kita menjadi orang yang lebih baik dari mereka yang buruk sifatnya. Keinginan untuk melihat mereka menderita dan sengsara akibat dendam kita hanya akan menunjukkan bahwa kita bahkan lebih buruk dan rendah dari mereka.

 

Suka sama dialog-dialognya yang sukses bikin saya ketawa-ketawa sendiri. Persahabatan dan keluarga adalah tema utama novel ini dengan kesetiaan dan perselingkuhan sebagai premis.

 

Quote Novel Runaway Ran



Quote Novel Runaway Ran

"Bayangan J.F.Ran melintad di kepala Karin. Cowok dengan rambut rapi, kacamata baca, dan kemeja abu-abu digulung."

(Hal.46)

 

“Ternyata J.F.Ran ini betul-betul unik. Di luar karakternya yang melenceng dari karyanya, ternyata yang lain-lainnya juga sangat ajaib dan langka.”

(Hal.64)

 

"Never take it personaly. Take it professionaly "

(hal.65)

 

"Namanya juga manusia yang hidup di zaman sinetron dan infotainment, pasti lama-lama penasaran juga."

(Hal.152)

 

Penutup

Bagi yang menyukai novel dengan tema persahabatan dan keluarga bisa dijadikan referensi wishlist bacaa selanjutnya, nih. Tentu sisi romantisnya tidak ketinggalan baik segala dialog dan tokoh-tokohnya yang bikin gemas. Yang sudah baca bukunya juga boleh komen, ya, atau mau kasih referensi bacaan buat jelajah mia juga boleh.

 

#RCO10

#OneDayOnePost

#ReadingChallengeODOP10

#AntiBookShaming

#BacaBukuLegal

 

 

 

Related Posts

1 comment

  1. Yang review Mia, penulis Mia, satu orangkah? Hihi ...
    belum baca aja udah kebayang gimana tingkah absurd seorang Katrina^^

    ReplyDelete

Post a Comment