HADIAH SEBAGAI APRESIASI DIRI

20 comments

 

Hayo coba jawab dengan jujur, seberapa sering sobat jelajah mia memberikan penghargaan buat diri sendiri?

 

Terkadang kita terlalu fokus untuk mendahulukan kebahagiaan orang lain atau bahkan larut akan kesibukan yang seolah tiada henti. Tanpa tersadar dan bahkan terlupakan untuk membahagiakan diri kita sendiri.

 

Hadiah Sebagai Apresiasi Diri

Apresiasi Diri Sendiri

Dalam kehidupan sehari-hari kita pasti pernah dan atau akan selalu melakukan hal-hal yang dirasa sangat berat untuk dilalui dan dilakukan. Betapa hari begitu padat dengan daftar tugas dan deadline pekerjaan, banyaknya tugas-tugas yang harus dikumpulkan diwaktu yang sama, atau telah melakukan perjalanan jauh yang menguras tenaga banyak apalagi dilakukan saat situasi pandemi tentulah segala protokol kesehatan membuat beban pikiran bertambah.

 

Setelah lelah dengan aktivitas hidup yang menuntut untuk diselesaikan dan dituntaskan, sebagai manusia kita membutuhkan sebuah apresiasi atas pencapaiannya selama ini agar tetap termotivasi dan produktif dalam  berkarya. Barangkali kita sering menganggap kalau suatu apresiasi diri itu datangnya dari orang lain, kalau ada pepatah mengatakan, “Jangan berharap pada manusia”. Bukan berarti ‘saklek’ dan seolah tidak butuh orang lain, kalau ada yang memberi hadiah ya jangan ditolak tapi tak ada salahnya selalu alokasikan untuk apresiasi diri sendiri. Kita bisa menghargai diri sendiri dengan hal sederhana.

 

Tidak hanya untuk keberhasilan saja, mengapresiasi diri sendiri bisa dilakukan ketika kita melakukan kegagalan sebagai bentuk penghiburan diri. Pada saat gagal, terkadang tanpa sadar kita mencari kambing hitam untuk dijadikan sebagai benteng seolah kita sudah melakukan segala hal. Jangan terlalu keras kepada diri sendiri, akuilah bahwa kegagalan yang kita lakukan ada andil besar bahwa kita penyebab kegagalan tersebut. Apakah mengakui kegagalan adalah sebuah perbuatan yang merendahkan diri? Tentu tidak, sesuai dengan tulisan sebelumnya, ini merupakan salah satu bentuk self love.

 

Apresiasi Diri itu Penting?

Lalu mengapa apresiasi diri sendiri itu penting? Apresiasi diri sendiri merupakan bagian penting dari self love (cara mencintai diri sendiri). Apresiasi diri adalah cara menghargai diri sendiri yang dapat dimulai dengan berbagai hal sederhana, membeli barang-barang yang diinginkan ketika telah menapai target atau tujuan, karena skala kebutuhan, kita banyak lebih mementing beli yang dibutuhkan, jadi sesekali belilah yang diinginkan.

 

Tujuan utamanya yaitu untuk kebahagiaan diri sendiri pastinya dan membuat kita lebih bahagia serta merasa berharga. Apresiasi diri  juga merupakan bentuk untuk memotivasi kita untuk selalu belajar lebih baik lagi dan memotivasi untuk menjadi bersemangat dan lebih baik lagi.

 

Hadiah Sebagai Apresiasi Diri

Hadiah merupakan salah satu komponen dalam kebutuhan dasar manusia, yaitu kebutuhan akan penghargaan. Mengapresiasi diri sendiri adalah langkah awal untuk membuat diri kamu lebih percaya diri. Selain itu, apresiasi diri dapat membuatmu lebih menikmati hidup. Di hari yang cukup membuatmu tertekan karena pekerjaan yang menumpuk, atasan yang marah-marah, atau teman kerja yang mengganggu, self reward dapat membantumu menikmati hidup untuk dapat moving forward dan mencari jalan keluar.

 

Bagaimana bentuk hadiah pada diri sendiri?

Hadiah yang dapat menghibur panca inderamu. Membeli makanan atau minuman yang sangat kita sukai, jalan-jalan ke tempat yang menenangkan pikiran, atau istilah yang tren diucapkan yaitu ‘me time’, bahkan sekedar rebahan seharian tanpa memikirkan pekerjaan atau aktivitas yang biasa kita lakukan, itupun bisa disebut sebuah hadiah untuk diri sendiri. Dalam hal membeli barang untuk diri sendiri atau membeli barang yang sudah lama kamu impikan, merupakan beberapa hal yang dapat kamu lakukan sebagai bentuk dari apresiasi diri.

 

Lebih jauh lagi, apresiasi diri tidak terbatas pada pembelian barang saja, namun juga hal-hal yang sederhana seperti tersenyum, membaca segala hal yang positif, bahkan memaafkan. Apakah itu sebuah hadiah?

 

Senyum akan membantu untuk selalu berpikiran positif dan tampak lebih menarik. Ketika ada orang lain yang ikut tersenyum saat melihat senyuman tulusmu, itu adalah bentuk hadiah juga untuk dirimu. Kenapa? Karena hadiah adalah dapat memberikan perasaan yang baik pada dirimu. Kata-kata manis bersifat positif memang membahagiakan, apalagi bila datang dari seseorang yang spesial.

 

Seperti halnya yang Jelajah Mia lakukan dibulan ini, sebagai bentuk untuk apresiasi diri karena sudah melewati bulan Februari dengan segala hal yang dilakukan, walau ada beberapa yang tak terselesaikan dan tidak memenuhi target, tetap harus memberikan apresiasi atas pencapaian bulan Februari. Hadiah yang Jelajah Mia beli yaitu majalah dan ada buku yang sedang dalam perjalanan (karena baru kemarin memesan hehehe)

Majalah sebagai Hadiah Apresiasi Diri


Bahkan karena sudah lama tidak menikmati indahnya semangkuk indomie (bukan berhenti memakan mie instan tapi sedang membatasi), jadi tak ada salahnya menikmati semangkuk indomie, apalagi cuaca sekarang sangat mendukung untuk ditemani dengan semangkuk indomie rebus.

 

Semangkuk Mie sebagai Apresiasi Diri

Penutup

Apresiasi diri sendiri tidak harus sampai menguras buget yang kita miliki, yang jelas harus bisa membuat kita makin bersyukur dalam berkehidupan. Apa sih yang biasanya dilakuin sobat jelajah mia untuk mengapresiasi diri? Coba cerita di kolom komentar, ya!

Related Posts

There is no other posts in this category.

20 comments

  1. Memang kadang kita lupa untuk mengapresiasi diri setelah kita menyelesaikan target yang ingin diraih. Padahal kita butuh itu untuk menambah semangat dan sebagai bentuk syukur kita atas hal-hal yang sudah kita raih dan dapatkan. Terima kasih ya sharingnya

    ReplyDelete
  2. setuju banget mbak, self reward itu sangat penting dan banyak manfaatnya

    akhir-akhir ini saya juga berusaha ngasih self reward sebagai bentuk syukur dan perbaikan diri

    ReplyDelete
  3. Jadi keingetan. Kapaaan ya terakhir kali aku kasih reward ke diri sendiri huhuhu

    ReplyDelete
  4. Ada majalah bobo, yang nmani waktu masa kecil. jadi terkenang kembali..

    ReplyDelete
  5. Mie nya bikin mupeng Mba.. saya juga, apresiasi diri ga harus mahal. Bisa cuma sekedar rebahan, semangkuk mie rebus atau secangkir kopi.

    ReplyDelete
  6. Kalo ak juga lari ke makanan mb, order makanan atau rebahan nonton film tanpa gangguan hehe

    ReplyDelete
  7. Ngeliat majalah Bobonya langsung nostalgia, itu kesukaan saya masa kecil. Intisari juga bapak saya langganan. Baca sambil nyeruput mie nyam nyam bangetlah.

    ReplyDelete
  8. Ahahai.. Bobo dan Indomie... 2 hal yang never ending story banget. Idolak selamanya. Dan jadi self reward yang selalu ditunggu. Apalagi kalo mienya dikasi cabe rawir, sawi ijo dan saos. Hmmm.. bener-bener bisa balikin mood banget. Ya gak sih?

    ReplyDelete
  9. Aku juga sering banget nih mbak apresiasi diri. Minimal skincare an atau beli jajan yang aku suka. Btw itu majalah bobo nya beli dimana T.T

    ReplyDelete
  10. apresiasi diri bentuk self-love, eh jadi pgen mie, ujan2 wkwkwk

    ReplyDelete
  11. Memang perlu ya, mengapresiasi diri itu. Siapa lagi coba yang bakal mengapresiasi kalau bukan diri kita sendiri. Dengan apresiasi ini bisa membuat kita tetap sehat, waras, dan bahagia

    ReplyDelete
  12. Aku pun mbaa, mengapresiasi diri dengan ngopi baca dan makan mie
    menikmati metime
    wahhh kok bisa samaaa xixixi
    semoga kita semua selalu sehat jiwa raga y mba

    ReplyDelete
  13. Nggak perlu mahal ya kak, yang penting jado mood booster

    ReplyDelete
  14. duh galfok ma mie dengan telur hahaha auto laper, akupun juga kadang suka sih kasih reward kecil misal boleh drakor, atau makan makanan favorit di kahir pekan hehehe . penting untuk menjawag kewarasan membahagiakan diri

    ReplyDelete
  15. Duh self reward ke diri sendirinya mirip dengan saya. Makan mie rebus, kalau saya tambah coklat panas atau dingin.

    ReplyDelete
  16. Duuhh... mevvah banget loh mba mie instant, apalagi saat malam2 hujan, hmmm... mie kuah, pake sawi dan lombok, nikmatnyaaa...

    ReplyDelete
  17. sy galfok mie instannya, jadi pengen makan juga
    sepakat dnegan pendapat mbak, apresiasi diri itu penting, karena menjadi salah satu penyemangat untuk berbuat lebih baik lagi dan lagi

    ReplyDelete
  18. Aku juga kalau lagi mie time, pas anak anak dibawa bapaknya, langsung masak mie instant🀣

    ReplyDelete
  19. makanan mie pasti membuat menggoda. apalagi dengan cuaca hujan. berasa rileks hehehe pastinya enak

    ReplyDelete
  20. Setuju sekali, kak..
    Apresiasi diri yang menyesuaikan budget di kantong. Semoga senantiasa bisa memberikan yang terbaik untuk diri sendiri dan bahagia. Ini wajib banget sih..

    ReplyDelete

Post a Comment