PENTINGNYA HOBI DI MASA PANDEMI

Post a Comment

 

Hobi itu bukan sekedar untuk gaya dan ajang aktualisasi diri saat ber-sosmed. Hobi tidak hanya dilakukan untuk sekedar mengisi waktu luang tapi juga membuat sehat secara mental dan memiliki hubungan sosial yang baik dengan sesama yang memiliki hobi yang sama.

 

Pentingnya Hobi di Masa Pandemi

Awal pandemi Covid-19 banyak hal dan bersikap tidak sesuai dengan biasanya karena terbatas secara protokol kesehatan. Situasi inipun membuat saya  punya waktu lebih untuk menggali lebih dalam hobi. Terutama di satu bulan pertama pandemi, banyak orang memilih hobi memasak, berkebun, berkreasi seni, nonton film, mendengarkan musik selama pandemi.

 

Baca Buku Sebagai Pilihan Hobi

Saya memilih untuk nyaman di hobi saya dalam hal membaca buku dan kuliner baik itu masak sendiri ataupun hunting makanan. Inipun yang sobat jelajah mia bisa lihat dari sekian banyak tulisan dalam blog ini, dominan di dua hal itu. Sesuai dengan hampir semua blogger menyampaikan, tulislah yang kau nyaman dan lekat dengan kehidupanmu.

 

Baca Buku Sebagai Pilihan Hobi

Kalau ada yang tanya, kenapa membaca buku dan kuliner? Sayapun dengan santai akan menjawab, kenapa tidak? Apapun hobimu, sah-sah saja selama itu positif dan menaikkan imun kita selama pandemi, apalagi di masa-masa omicorn saat ini.

 

Bagiku buku lebih seperti sahabat. Orang yang tidak keberatan mau bersamamu sepanjang masa dan bisa menceritakan atau membawa fantasimu ke antah-berantah. Ada masa-masa dimana pandemi seperti sekarang malah membatasi mobilitas atau ruang gerak, dan buku adalah penghibur paling ramah untuk dinikmati.

 

Ketika kerjaan tetap menumpuk awal pandemi walau judulnya dirumah aja, buku menjadi jendela yang membawa imajinasi saya, kemana saja dengan alur cerita sesuai khas dari setiap buku.

 

Alasan Pentingnya Hobi

Berikut beberapa alasan bahwa punya hobi itu penting:

1.   Menghargai Waktu

Kita jadi belajar mengatur berapa lama mengerjakan tugas supaya hobimu tetap bisa melakukan aktivitas rutin lainnya.

 

Banyak yang bilang, saat kita melakukan wfh, waktu kerja seolah lebih panjang daripada bekerja di kantor. Kalau punya hobi, maka kita akan bertekad tidak larut dalam pekerjaan dan lebih efisien.

 

2.   Tambah Teman

Hobi memang membuat kita terkadang menciptakan dunia sendiri. Maka tak ada salahnya untuk berbagi kebahagian, pengetahuan, dan memperluas lingkaran pertemanan melalui hobi. Banyak pilihan mengikuti komunitas yang sifatnya online yang setiap anggotanya punya ketertarikan dan frekuensi yang sama.

 

Saat bergabung dalam komunitas tersebut, tentu kita akan bertambah teman dan relasi. Seperti halnya yang saya dapatkan, bergabung di komunitas baca dan blog membuka mata ternyata hobiku yang kadang dibilang aneh, ada juga loh temannya dan bahkan tersebar di seluruh pelosok, jadi ga berasa sendiri.

 

3.   Mengelola Stres

Hobi membantu seseorang mengelola stres. Setelah lelah bekerja dan penuh tekanan, curi waktu untuk melakukan hobi sebagai pelepas penat akan deadline dan ruwetnya pekerjaan ataupun aktivitas yang kita lakukan.

 

4.   Bersemangat

Hobi membuat hidup lebih bersemangat. Contohnya saya, melihat begitu banyak teman-teman yang suka meracuni dengan segala macam aneka bacaan yang sedang dibaca jadi membuat tambah wawasan dan ingin baca buku yang sama.

 

Dari 4 alasan diatas, masih adakah yang ingin menambahkan lagi?

 

Feed instagram saya selalu penuh dengan teman-teman yang review buku ataupun info-info kegiatan literasi lainnya. Konon kabarnya, semakin sering kita lihat informasi tertentu, akan mempengaruhi ketika kita buka sosmed, informasinya akan otomatis dominan itu.

 

Bagi sobat jelajah Mia yang mengikuti tulisan ini dari beberapa waktu kebelakang, pernah saya bagikan rekomendasi bacaan buku, beberapa review buku yang menurut saya harus banget dibaca sama yang lain bahkan dari buku jadi berbagi pengalaman secara virtualpun pernah didaparkan. Bahkan buku gratisan pun lumayan seringlah, jadi menghemat pengeluaran juga kan 😂

 

Penutup

Tidak ada yang tidak mungkin jika kita mau terus berupaya menggali dan mencari hobi yang membuat kita nyaman. Meskipun di rumah saja, bukan berarti kita diam dan rebahan. Banyak hal yang dapat dilakukan selama di rumah saja, salah satunya yaitu baca buku baik secara fisik maupun digital. Baca buku dapat menjadi hiburan, dapat juga menambah benefit lainnya. Apa hobimu sobat?


Bagi yang mau lihat aktivitas jelajah mia dalam hal baca buku beserta deretan buku yang sudah dibaca, bisa meluncur ke IG-nya @simiati_nw


Related Posts

Post a Comment