KISAH KEBAIKAN SEGELAS SUSU

15 comments

Bagaimana rasanya ketika kesulitan dalam membayar uang operasi dibalas dengan kebaikan segelas susu?

 

Kisah yang bisa dikatakan tidak asing dan bahkan tidak hanya diceritakan menyebar di artikel internet, akan tetapi tersebar pula di beberapa buku self improvement, begitu besar kekuatan dari dampak menolong orang lain, walau hanya dengan memberinya segelas susu.


Kisah tentang seorang dokter yang penuh cinta kasih, bernama Dr. Howard Kelly. Memang inti dari ceritanya tidak berubah, namun sepertinya terdapat beberapa hal yang terlalu berlebihan. Hal ini pun tertulis dalam buku biografi dari Dr. Howard Kelly, saya lupa menyimpan buku yang pernah membahas tentang cuplikan kisah ini, jadi bagi teman-teman yang mau intip kisahnya bisa klik kesini, ya, tapi yang mau baca dari artikelku sambil bahas nilai kebaikan balas budi dari kisah ini bagaimana, silakan baca hingga akhir, ya.



Kisah Kebaikan Segelas Susu

Suatu hari, seorang anak lelaki miskin yang kelaparan dan tak memiliki uang memberanikan diri untuk mengetuk pintu sebuah rumah untuk meminta makanan. Keberaniannya lenyap saat pintu itu dibuka oleh seorang gadis muda. Ia tidak jadi meminta makanan dan hanya meminta segelas air.

 

Kisah Kebaikan Segelas Susu


Gadis itu tahu bahwa anak lelaki tersebut sebenarnya kelaparan, maka ia membawakan susu hangat segelas besar. Anak lelaki itu meminum susu itu secara perlahan lalu bertanya, “Berapa harga susu yang menjadi hutangku?” “Kau tidak berhutang apapun,” jawab gadis itu. “Ibu mengajarkan kami untuk tidak meminta bayaran atas perbuatan baik kami.” “Kalau begitu, aku sangat berterimakasih dari lubuk hatiku yang terdalam.”

 

Tahun demi tahun berlalu, gadis itu telah tumbuh menjadi wanita dewasa, namun ia menderita penyakit kronis yang para dokter di kotanya telah angkat tangan terhadap penyakitnya. Ia pun dibawa ke rumah sakit di kota besar. Dokter Howard Kelly dipanggil untuk melakukan pemeriksaan medis. Howard Kelly mengenali wanita itu. Setelah melalui perjuangan panjang, wanita itu sembuh.

 

Saat menerima amplop tagihan dari rumah sakit, wanita itu ketakutan. Ia tahu tidak akan mampu membayar biayanya meskipun dengan mencicilnya seumur hidup. Dengan tangan bergetar ia  membuka amplop itu, dan menemukan catatan di pojok tagihan: “Telah dibayar lunas dengan segelas susu.” [Tertanda] Dokter Howard Kelly.

 

Pesan Moral Kisah Kebaikan Segelas Susu

Kisah nyata tentang dr.Howard Kelly ini mengajarkan kepada kita, bahwa kita tidak akan pernah tahu apa yang bisa dilakukan oleh orang yang pernah kita tolong sebelumnya.


Berkat kebaikan segelas susu, dua nyawa manusia telah diselamatkan, yaitu bocah miskin yang menjelma menjadi dokter hebat, dan gadis kecil yang menjadi pasiennya. Kebaikan sekecil apa pun tetap berguna, karena setiap kita menabur kebaikan maka akan menuai kebaikan pula. 


Apakah hanya sosok tersebut yang melakukan kebaikan dan membalas kebaikan orang tersebut dengan cara yang tidak terduga? Tentulah banyak kisah lainnya, seperti kisah Atlet sepak bola terkenal, Cristiano Ronaldo, dimasa kecil ia pernah kelaparan dan meminta makanan sisa ke salah satu pegawai restoran cepat saji terkenal. Lalu pegawai wanita tersebut memberinya burger dan ia selalu ingat pegawai yang baik hati kepada dia. Hingga ketika terkenal, ia mencari pegawai wanita tersebut dan ketemu.

 

Tentu hadiah yang diberikan bukan sekedar ucapan terima kasih biasa dan kita jangan hanya fokus pada nilai hadiah yang diberikan kepada pegawai tersebut. Tapi fokuslah, bagaimana kebaikan pegawai tersebut saat memberikan makanan kepada bocah laki-laki yang kelaparan. Dan masih banyak kisah lainnya yang tidak hanya terpublikasi melalui media, bisa jadi ada ribuan kisah lainnya yang tidak pernah kita tahu ternyata lebih luar biasa inspirasinya bagi kita.


Lakukan kebaikan dengan ketulusan ingin membantu, bahkan memberikan lebih dari yang orang tersebut inginkan, bahkan tidak mungkin bila kebaikan itu akan kembali menjadi sesuatu yang baik kepada kita dengan cara dan jalan yang tak pernah kita duga


Penutup

Ketika ingat pada seseorang yang pernah menolong sesuatu sekecil apapun, namun dampaknya terasa jangka panjang. Yuk, mari kita lakukan hal kebaikan kecil apapun yang ada didepan mata. Kita tidak pernah tahu dan bisa meramal kedepannya, bila ternyata hal kecil yang kita lakukan bisa berdampak jangka panjang dan bermanfaat bagi orang lain.

 

Related Posts

15 comments

  1. Aku punya kisah yang hampir sama, tapi penolong itu telah pergi menghadapNya. Semoga beliau mendapat tempat terbaik disisiNya. Terima kasih sharingnya mbak...

    ReplyDelete
  2. Baguuusss banget yaaa
    Menginspirasi kita utk senantiasa membalas kebaikan dgn kebaikan, bahkan bisa juga pay it forward kita terapkan dalam hal kebaikan ini.
    Setuju banget nih.
    ( nurul https://bukanbocahbiasa(dot)com )

    ReplyDelete
  3. Ini cerita ngena banget. Walau tak sama tapi serupa, cerita di iklan thailand tentunya. Obat ditukar dengan operasi. Kebaikan memang hanya Allah yang tahu harga tepatnya.

    ReplyDelete
  4. Jadi merinding dan terharu dengan kisahnya

    ReplyDelete
  5. Ternyata cerita yang sering aku baca ini kisa nyata ya? Bahkan cerita ini kuga sepertinya banyak diadaptasi jadi ide cerita seperti iklan thailand di YouTube itu hehe. MasyaAllah makin terharu dan termotivasi

    ReplyDelete
  6. Pernah seliweran nih cerita Howard Kelly ini, kisahnya memang inspiratif. Saya juga kerap mengalami kebaikan-kebaikan bahkan dari orang asing yang enggak pernah kenal. Saya terapkan pay it forward jadinya.

    ReplyDelete
  7. inspiratif banget mbak, jangan ragu untuk selalu berbuat baik, itu yang ditanamkan orang tua saya dan saya pun sering mendapat bantuan-bantuan yang tak terduga dari sekitar saya

    ReplyDelete
  8. betullll aku sering mendengar kisah segelas susu ini, masya allah ya. ini motivasi kita untuk terus berbuat baik

    ReplyDelete
  9. MasyaAllah bener bangett dah analoginya, reminder buatku juga nih mbaa. Kebaikan dibalas dengan kebaikan terus ngga ada salahnya kok, insyaAllah buahnya jg manis yah

    ReplyDelete
  10. kebaikan itu memang bisa memberikan dampak yang besar ya buat orang yang menerimanya. bahkan jika kebaikan itu mungkin sangat kecil nilainya bagi orang tersebut

    ReplyDelete
  11. Ketika orang berbuat baik dan tidak berharap balasan, kadang malah dapat balasan yang luar biasa dari Tuhan.

    ReplyDelete
  12. Cerita ini nggak pernah gagal bikin terharu. Terima kasih remindernya, Mbak Mia. Di masa seperti ini kebaikan-kebaikan kecil itu sangat berharga.

    ReplyDelete
  13. berbuat baik adalah teladan yang diajarkan sejak kecil oleh nenek dan ibu saya
    akhirnya sampe sekarang menjadi sebuah kewajiban saya untuk diteruskan ke anak.
    kata nenek saya, saat kamu berbuat baik berharaplah hanya Allah yang membalas dan percayalah kebaikan lain akan muncul melalui tangan tangan orang lain yg dipilih Allah

    ReplyDelete
  14. Ya Allah~
    Terharu sekali membaca kisah-kisah saling memberi sampai menjadi penyebab terselamatkannya nyawa seseorang.

    Wallahu...cara Allah membantu hambaNya bisa melalui berbagai perpanjangan tangan yaa..
    Dan sebenarnya memang kebaikan ini tidak berhenti , tapi terus dilakukan kepada orang lain dan keberkahan akan semakin menyebar.

    ReplyDelete
  15. MasyaAllah.. Jadi diingatkan kembali untuk selalu melakukan kebaikan..

    ReplyDelete

Post a Comment