NASIHAT BAIK DALAM KALIMAT BIJAK

Post a Comment

 Siapa yang tidak pernah mengalami hal-hal sulit dalam hidupnya? Tentu setiap orang mengalami naik turun dalam kehidupan  bukan?

 

Terkadang, berbagai halangan muncul bertubi-tubi membuat hidup terasa berat untuk dijalani dan menyalahkan segala hal atas kesulitan yang kita alami . Ketika ada dalam situasi tersebut, sobat Jelajah Mia tentu memerlukan nasihat bijak yang mengingatkannya untuk tetap bisa bersikap bijaksana.

 

Nasihat Baik dalam Kalimat Bijak


Kata-kata bijak untuk diri sendiri bisa jadi salah satu sumber untuk memperoleh nasihat-nasihat bijak.

 

Kalimat Bijak

Beberapa kalimat bijak yang Jelajah Mia suka yaitu :

1.         Bermanfaat Untuk Orang Lain

“Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang paling bermanfaat bagi orang lain.”

(HR. Qudhi dari Jabir)

 

Cara bahagia sederhana yang bisa kita lakukan adalah dengan memberi manfaat kepada orang lain. Mari  berbuat baik untuk orang lain. Niscaya hidupmu akan selalu bahagia.

 

2.         Keteladanan

“Ing ngarsa sung tulada, Ing madya mangun karsa, Tut wuri handayani.”

(Ki Hajar Dewantara)

 

Semboyan dalam dunia pendidikan yang paling populer adalah semboyan Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani yang menjadi pedoman pendidik menjalankan bimbingan kepada peserta didiknya.

 

Meski semboyan Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani dikenal luas sebagai semboyan pendidikan, namun sejatinya semboyan ini mencakup aspek yang lebih luas yakni mengenai hakikat tentang keteladanan.

 

Dalam konteks keteladanan maka semboyan ini akan menciptakan sosok pemimpin yang disegani dan berwibawa serta mampu menempatkan diri dimanapun ia berada.

 

3.         Selesaikanlah Masalah

“Tiada kata terlambat untuk mengakhiri dengan cara benar dan terhormat  selayaknya petarung sejati”

(SRYN 2016)

 

Kalimat diatas tercipta pada saat mengalami kebuntuan dalam mengerjakan skripsi. Bisa dikatakan saya adalah orang yang bukan tepat waktu dalam urusan kuliah, tapi lulus tepat pada waktunya. Sempat ingin menyerah, lalu ingat bahwa akan ada persoalan berikutnya kalau tidak diselesaikan skripsi ini, maka seolah sedang bertarung, menyelesaikan skripsi seperi layaknya petarung sejati

 

Masalah adalah sesuatu hal yang tidak akan terpisahkan dari kehidupan seseorang. Bisa dikatakan bahwa hal ini akan selalu menjadi bagian dari kehidupan kita. Sebenarnya masalah timbul karena dari dalam dirinya sendiri.

 

Untuk tiga kalimat bijak diatas, pernah menjadi nasihat baik dan terdokumentasikan dalam skripsi.

Kalimat bijak di Skripsi


 

4.         Self Love

“Loving yourself starts with liking yourself, which starts with respecting yourself, which starts with thinking of yourself in positive ways.”

(Mencintai diri sendiri dimulai dengan menyukai diri sendiri, yang dimulai dengan menghargai diri sendiri, yang dimulai dengan memikirkan diri sendiri secara positif)

 

Juli 2021 bisa dikatakan masa dimana benar-benar drop ketika pasca keguguran, banyak yang menyarankan untuk healing agar bisa menyenangkan diri sendiri dan tidak sedih lagi. Akhirnya setelah melewati beberapa tahapan dalam menyelesaikan masalah, ada di titik bahwa untuk bisa berdamai dengan masalah yaitu dengan melihat diri secara positif. Apalagi secara tak sengaja menemukan kalimat ini dan pas dengan suasana hati kala itu.

 

Susahnya untuk self love ini, membuat kita tidak bisa melihat kelebihan diri secara positif. Mencintai diri sendiri bukan sekedar merasa bahagia, melainkan sebuah tindakan. Cinta diri adalah sebuah pilihan.

 

Kalimat bijak, yang bisa sobat Jelajah Mia lihat, kalau lihat tentang Jelajah Mia

 

Penutup

Selama ini, kata-kata bijak memang tak pernah gagal dalam memberi inspirasi. Pesan-pesan bijaksana di dalamnya, mampu menuntun seseorang untuk berpikir lebih terbuka. Jadi tak heran, jika kata-kata bijak untuk diri sendiri sering jadi kalimat penyemangat yang banyak dicari. Apa kalimat bijak yang sobat Jelajah Mia suka?

Related Posts

Post a Comment