TIPS POLA HIDUP SEHAT DAN BAHAGIA

Post a Comment


Usia terus bertambah dan fisik pun mulai berasa dengan berbagai aneka keluhan. Pola hidup sehat dan awet muda menjadi penting terutama di situasi pandemi saat ini, yang menguras tenaga dan pikiran.




Tips Sehat dan Awet Muda
Mengutip dari salah satu artikel dari Hello Sehat, ada beberapa cara yang dapat sobat Jelajah Mia lakukan agar bisa awet muda. Berikut adalah beberapa tips yang bisa kita lakukan.


1. Jangan Merokok
Jika Anda tidak ingin memiliki keriput lebih cepat, maka, jangan merokok! Merokok dapat mempercepat proses penuaan normal kulit. Biasanya, perubahan kulit ini terjadi tidak secara langsung tapi berasa setelah seseorang merokok 10 tahun.


2. Rajin Makan Makanan yang Mengandung Antioksidan
Antioksidan merupakan molekul yang mampu melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat merusak kulit. Antioksidan memiliki kemampuan dalam merangsang produksi kolagen kulit.

Apa saja makanannya? Yaitu buah, sayur, kacang-kacangan, biji-bijian termasuk kacang merah, blueberry, minyak nabati, ikan, dan lain-lain. Lihat dari yang dipaparkan, masih bisa dijangkau sesuai dengan budget kita juga ya kan.


3. Perbanyak Protein
Selain antioksidan, konsumsi protein juga dapat membantu tubuh  membangun dan mempertahankan massa otot. Beberapa makanan yang mengandung protein tinggi di antaranya adalah salmon, telur, tahu, dan lain-lain.


4. Selalu cuci muka sebelum tidur
Meskipun sepele dan bahkan terlupakan terutama ketika kantuk sudah menyerang. Kebiasaan ini dapat membantu kulit Anda beregenerasi saat tidur.


5. Pakai Tabir Surya
Siapa yang suka malas pakai tabir surya? Aktivitas kita pasti terkena paparan sinar matahari. Bila aktivitas luar cenderung seolah wajib memakai tabir surya sementara yang dirumah tidak. Padahal didalam ruangan, paparan sinar mataharipun akan tetap mengenai tubuh kita. Jadi, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya, ya!


6. Perbanyak Minum Air Putih
Begitu banyak tagline yang menghimbau kita untuk minum minimal 8 gelas sehari. Seolah hanya himbauan,padahal bila kita cari tahu lebih dalam, konsumsi air yang cukup dapat menjaga kulit Anda tetap terhidrasi. Air dapat memberikan nutrisi penting ke sel kulit tubuh.


7. Tidur Cukup (tidak kurang, tidak berlebihan)
Untuk tidur cukup, kita dianjurkan untuk tidur 6 jam per hari agar dapat memudahkan melakukan tugasnya dalam meregenerasi kulit. Tidur cukup juga dapat mencegah munculya lingkaran hitam di bawah mata.


Dari 7 hal diatas adalah cara agar hidup sehat dan awet muda secara fisik tapi ada hal lainnya yang penting juga yang bersifat batin yaitu kelola stres.


Kelola Stres
Jadi, jika ingin mencegah penuaan dini, maka kita harus dapat mengelola stres. Beberapa cara yang dapat lakukan diantaranya adalah dengan berjalan-jalan, belanja, yoga, olahraga, bernyanyi, atau melakukan hal yang membuat kita senang.

Setiap orang pasti punya permasalahan yang harus dihadapi. Kita bisa keluar dari sebuah permasalahan yang dalam dengan terus berjuang. Caranya yaitu bahagia. Pada saat ada permasalahan, ingatlah akan hal sederhana tentang kebahagiaan, yaitu:
1. Bebaskan dirimu dari kebencian
2. Bebaskanlah pikiranmu dari kecemasan
3. Hiduplah sederhana
4. Berilah lebih banyak
5. Berharaplah lebih sedikit
6. Tersenyumlah

Jangan pernah larut dalam sebuah kesedihan dan terperangkap di kubangan kesedihan. Ada hal yang sering kita lupakan, yaitu kita terlalu sibuk buat membahagiakan orang lain tapi lupa untuk membahagiakan diri sendiri.


Penutup
Itulah beberapa tips cara hidup sehat dan awet muda yang bisa sama-sama kita coba. Memiliki pola hidup sehat dan awet muda  sudah pasti pasti menjadi impian semua orang. Adakah tips lainnya dari sobat Jelajah Mia yang mau dibagikan kesini?


Referensi
https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/penyakit-kulit/gaya-hidup-yang-bikin-awet-muda/%3famp=1

Related Posts

Post a Comment