Ide Kegiatan Saat Puasa

Post a Comment

Pernah merasa waktu menjelang buka berasa lambat? Melihat kunciran rambut warna hijau berasa putu ayu? Bahkan lihat kecoa udah berasa lihat kurma? Sudahkah mengisi waktu selama Ramadan dengan kegiatan-kegiatan yang membuat waktu puasa menjadi tidak terasa?


Ide Kegiatan Saat Puasa

 

Kegiatan Ramadan selama melaksanakan puasa bisa menjadi hal yang paling bisa membantu meningkatkan pahala dalam menjalankan puasa terlebih supaya lebih produktif dan tidak keseringan tidur-tiduran saja. Apalagi Ramadan tahun ini tidak seperti Ramadan 2020 dan 2021 yang memang mengharuskan kita untuk banyak melakukan aktivitas dirumah saja. Banyak yang bisa kita lakukan walau masih dengan prokesnya

 

Menjalankan ibadah puasa akan terasa lebih lama jika tidak memiliki kegiatan untuk mengisi waktu. Agar tidak selalu berhadapan dengan layar laptop maupun smartphone banyak cara yang bisa dilakukan. Beberapa ide kegiatan yang Jelajah Mia lalui ini  semoga bisa membantu mencerahkan dan memberikan ide yang bisa jadi inspirasi supaya selama puasa ini bisa memberikan dampak positif dan tidak terasa dijalani.


Daftar Kegiatan Selama Bulan Puasa


 

1. Bermain Monopoli

Hidup bergelimang harta. Mungkin itulah tujuan sebagian besar manusia saat hidup di dunia. Siapa yang menolak untuk memiliki sebidang tanah, bangunan rumah, dan segedung hotel. Apalagi dengan sedikit usaha. Tak ada satupun sepertinya. Meski terdengar mustahil, namun bukan berarti hal tersebut tak bisa diwujudkan.

 

Salah satu cara untuk mendapatkan itu semua yakni dengan bermain. Monopoli merupakan salah satu permainan yang membuatmu bisa kaya raya tanpa banyak usaha. Seperti yang kita ketahui, mainan yang hits di era 90-an itu memungkinkan orang-orang, siapapun untuk memiliki rumah, hotel, dan uang sebanyak mungkin di usia dini. Waw banget, bukan? Ya meski hanya sebuah permainan, namun permainan ini bisa bikin bahagia saat lagi bokek. Permainan di bulan Ramadhan yang selalu ada untuk mengisi waktu luang, hingga puasa jadi tidak terasa.

 

Berdurasi panjang dan nggak menghabiskan banyak tenaga. Monopoli juga jadi salah satu permainan yang banyak dipilih oleh anak-anak generasi 90-an untuk menghabiskan waktu sambil nunggu buka puasa. Buat yang menang, sambil menunggu adzan Magrib berkumandang. Sudah bisa mengumpulkan beberapa rumah, tanah, hotel, dan banyak lembaran uang dolar. Lumayan lah, ya buat beli gorengan sama es buah. Adakah yang melakukan permainan monopoli di bulan Ramadan pada masa kecilnya? Atau ada ide permainan apa di bulan Ramadan yang bisa jadi rekomendasi?

 

2. Tantangan 30 Hari

Bagi yang aktif dalam dunia tantangan tentu biasa di Ramadan tidak akan aneh dengan aneka tantangan yang ditawarkan di bulan Ramadan. Apalagi yang sifatnya literasi baik membaca maupun menulis 30 hari tanpa henti, seperti yang saya ikuti yang dilaksanakan komunitas One Day One Post (ODOP)  yaitu Ramadhan Writing Challenge atau disingkat RWC.

 

Ada juga tantangan yang sifatnya tidak setiap hari tapi bentuknya ada jarak waktu, seperti tantangan menulis di blog selama Ramadan yang sedang saya lakukan sekarang. Masih dengan tantangan di komunitas ODOP, yaitu tantangan dari blogger squad.  

 

Tidak hanya literasi saja, banyak juga tantangan lain misal dalam kuliner ataupun tantangan yang sifatnya mendukung spiritual kita. Beberapa contoh tantangan tersebut untuk berkegiatan yang ditarget. Ramadan kali ini, ikut tantangan apa saja nih?

 

3. Ikut Webinar Bermanfaat

Walaupun sudah mulai beraktivitas normal Kembali, tetapi tidak menutup kemungkinan masih ada yang bekerja dan melakukan aktivitas dirumah. Meskipun mungkin kamu hanya di rumah saja, tapi momen ini bisa jadi peluang bagus untuk memperkaya ilmu, lho! Berkat teknologi dan akses webinar yang kini sangat mudah didapatkan, siapa pun bisa belajar dan mendapatkan banyak pengetahuan dari segala bidang. Mulai dari parenting, finansial, digital, bincang-bincang positif, hingga tema religi, semua bisa jadi kegiatan Ramadan yang super produktif.

 

4. Buka Puasa Bersama (Bukber)

Ada kebiasan unik yang dilakukan saat Ramadan yaitu buka puasa bersama atau sebutan populernya dengan bukber. Berbuka merupakan momen yang ditunggu umat Islam setelah menjalankan ibadah puasa. Momen buka puasa tentu akan menjadi lebih menyenangkan jika dilakukan bersama. Seolah tak lengkap pelaksanaan Ramadan bila tak ada momen bukber. Tradisi bukber menjadi sarana kumpul atau reuni

 

Meskipun di Ramadan tahun ini seolah ada pembolehan buka puasa dengan segala prokesnya. Tentu momen Ramadan 2019 & tahun sebelum-sebelumnya tetap dirindukan suasananya oleh kita. Ada rasa rindu untuk menikmati secara bersama-sama makanan yang tersedia. Ada rasa kangen menyediakan makanan untuk berbuka bersama warga. Rasa rindu pun menyeruak karena kini tiada lagi canda dan tawa sembari menikmati hidangan yang tersedia saat buka puasa bersama.

 

Di tahun 2020, benar merasakan momen Ramadan hanya dengan suami saja. Mulai dari sahur, buka puasa bersama dan aktivitas ibadah lainnya, hingga ke lebaran. 2021, dikarenakan mulai aktivitas jadi secara tidak langsung ada aktivitas bukber. Tapi khasnya aktivitas bukber di 2021, akan berpikir panjang untuk update status yang sifatnya kumpul dan kerumunan. Salah satu ciri khas dari bukber, selain ajang silaturahmi, tentulah jadi ajang aktualisasi diri (eksis), betul tidak?

 

Bagimanapun aktivitas dan tujuan bukber yang penting ketika bukber jangan lupa shalatnya tetap dilaksanakan. Apakah Ramadan tahun ini sudah melaksanakan bukberkah kalian?

 

5. Jalani Hobi Baru atau Balik ke Hobi Lama?

Kegiatan Ramadan yang seru dan menyenangkan bisa dengan mencari hobi baru yang belum pernah dijalani. Misal Jelajah Mia memanfaatkan momen Ramadan dengan membaca buku yang menjadi tumpukan dan masak, karena dedek dalam perutnya udah mulai bisa diajak untuk aktivitas domestik.

 

Sobat Jelajah Mia bukan tipe orang yang suka mencari hobi baru? Kalau begitu, coba ingat-ingat hobi lama apa yang sudah kamu ditinggalkan. Membaca buku, mempraktikkan resep baking, hingga bermain alat musik, semuanya adalah hobi yang layak dilakukan kembali untuk mengisi kegiatan Ramadan yang menyenangkan. Siapa tahu kamu jadi ada minat untuk menekuni kembali hobi tersebut?

 

Penutup

Selain 5 contoh ide kegiatan ramadan diatas, sebenarnya masih banyak lagi loh yang bisa kita lakukan. Semoga dengan mengadakan kegiatan diatas bisa membuat kita semakin dekat dengan Allah SWT. Adakah rekomendasi ide kegiatan saat puasa yang biasa sobat Jelajah Mia lakukan? Coba tulis di kolom komentar,ya!

Related Posts

Post a Comment