Menu Berbuka Puasa Favorit

20 comments

Puasa Ramadan merupakan ibadah wajib bagi umat Islam di seluruh dunia begitu pun bagi umat Islam di Indonesia. Salah satu hal menarik dari bulan Ramadan adalah menyiapkan menu berbuka puasa. 


Menu berbuka favorit tiap orang pastilah berbeda. Menjadi favorit bukan hanya sekedar suka saja, tapi terkadang ada memorable di menu tersebut.

 

Menu Berbuka Puasa Favorit


Jadi sebuah tantangan tersendiri agar buka puasa terasa lebih nikmat dan tidak membosankan. Menikah bukan hanya menyatukan dua pemikiran berbeda tetapi urusan selera makan. Suami adalah tipe yang paling tidak bisa makan dengan menu sama. Saya termasuk kategori yang bisa makan makanan dengan jenis sama secara rutin dan tiap hari. Orang terdekat paham ketika saya lagi menyukai menu tertentu pasti akan makan/minum itu terus.

 

Untuk urusan berbuka puasa, kami termasuk yang sama urusan selera. Menu berbuka favorit kami yaitu dibatalkan dengan kurma dan air putih/teh hangat lalu dilanjutkan dengan es sirup campur nata de coco dan gorengan. Herannya untuk gorengan, tidak protes walau disajikan terus menerus, yang penting ada teh panas hangat dan kurma, sirop buat menyegarkan saja. Tetapi untuk gorengan, saya sedikit harus mengalah tidak bisa masak/beli gorengan jenis yang sama secara berturut-turut. Bagaimana supaya menu gorengannya tidak sama?

 

Kalau hari ini bakwan/bala-bala, berarti besok masak tempe mendoan, risol, gehu/tahu. Terkadang dalam disajikan dengan dua jenis gorengan, tapi ya adonannya tepungnya satu 😂. Adonan tepung tidak olah yang ribet karena pakai tepung instan lah tentunya. Kalau bisa simpel kenapa harus ribet, ya gak. Ini menu berbuka puasa selama dua hari kemarin, hari pertama lupa difoto. Berbicara tentang gorengan yang menjadi menu buka puasa ketika takjil, apakah bulan puasa identik dengan gorengan?

 

Nikmat Gorengan Mana Lagi Yang Kau Dustakan

Bulan Ramadhan identik dengan buka puasa dan sahur. Sehingga tak jarang beberapa orang pada siang hingga sore hari sibuk mempersiapkan aneka hidangan untuk momen yang paling ditunggu-tunggu. Umumnya, seseorang akan membatalkan puasanya ktika waktu berbuka dengan minum air putih atau segelas teh. Bahkan dilengkapi dengan kesegaran segarnya aneka variasi es buah, sirup ataupun kolak. Lalu setelahnya akan disusul oleh berbagai jenis makanan, salah satunya gorengan.

 

Menu Bebuka Puasa : Gorengan


Gorengan memang selalu mendominasi isi takjil setiap rumah. Pada umumnya, gorengan tersebut akan dilengkapi dengan rawit atau bumbu kacang agar lebih nikmat dimakan. Khas dari sepotong gorengan yaitu renyah, gurih, dan rasanya nikmat. Tiga dari sekian alasan yang membuat kamu tergila-gila dengan jejeran gorengan kuning keemasan. Baik yang beli di gerobak pinggir jalan maupun bikin sendiri.

 

Walaupun dari beberapa artikel yang kubaca, puasa tidak identik dengan gorengan. Sebetulnya, dalam bulan puasa, kolak dan kurma jauh lebih identik daripada gorengan. Ada baiknya yang sedang menunaikan ibadah puasa, jangan langsung makan, sebelum minum air manis atau mencicipi kurma. Sebab, usai berpuasa berjam-jam, tiba-tiba dijejali makanan, produksi asam lambung akan naik berlebihan. Kita tidak boleh membantah bahwa gorengan kurang baik untuk kesehatan.

 

Sekalipun sudah paham, banyak orang memilih 'tutup mata' dan tetap menikmati kelezatan gorengan sebagai menu takjil. Jenis gorengan khas Indonesia sangat beraneka beragam. Nikmat gorengan mana lagi yang kau dustakan? Apalagi kalau gorengan sudah ada di depan mata, bersyukurlah yang masih kuat menahan diri untuk tidak mengkonsumsi gorengan. Hari ini buka puasa pakai gorengan tidak? Gorengan favoritmu apa sobat?

 

Setelah panjang lebar dengan persoalan gorengan, Jelajah Mia mau berbagi resep kreasi es sirup ala Jelajah Mia.


Aneka Kreasi Es Sirup 

Ramadhan sudah berjalan berapa hari nih sobat? Sudah pusing dengan apalagi yang ingin disajikan saat berbuka puasa. Kreasi sirup  menjadi salah satu sajian minuman yang tidak boleh terlewatkan. Segar, dilengkapi sensasi dingin dari es batu menjadi ciri khasnya. Apalagi diminum setelah seharian berpuasa, kebayang segarnya bukan?

 

Jelajah Mia punya beberapa usulan untuk kreasi es sirup yang bisa jadi bahan pertimbangan menu berbuka puasa sobat. Es sirup manis dan segar menjadi minuman yang cocok untuk disantap, walau Jelajah Mia pakai satu merk sirup dengan dua varian rasa, tahulah kira-kira merk populer kalau bikin sirup itu apa, hihihihi. Varian resep ini dibuat dengan kreasi sendiri, jadi bisa divariasikan sesuai selera.


Resep Kreasi Es Sirup

Variasi Bahan :

Nata de coco

Selasih

Manisan lidah buaya

Aneka buah (tergantung buah yang ditemui ketika belanja)

Secukupnya selasih, rendam air hangat


Bahan

Secukupnya es batu

Secukupnya air matang

Secukupnya sirup rasa cocopandan dan atau melon (biasanya Jelajah Mia, pakai dua varian rasa tersebut)


 

Menu Berbuka Puasa : Kreasi Es Sirup


Langkah Pembuatan:

1.    Dalam wadah yang agak besar, masukan bahan, biasanya dari varian bahan, Jelajah Mia menjadikannya jadi kreasi :

Es Sirup Nata de Coco Selasih

Es Sirup Lidah Buaya

Es Sirup Buah Selasih

Lumayan kan jadi tidak membuat bosan bila diminun sehari-hari


2.    Masukan sirup yang sudah dingin, koreksi rasa. Sajikan dingin.

 

Bubur Kacang Hijau

Segar bukan buat buka puasa? Yuk, jadikan sebagai menu buka puasanya, ya.  Apakah Jelajah Mia tidak suka membuat kolak dalam berbuka puasa? Umumnya kalau kolak pasti sebagian besar beli atau pas kebetulan lagi buka puasa diluar rumah. Kalau buat, Jelajah Mia pasti membuat bubur kacang hijau, itupun tidak terlalu sering, sesekali pasti buat.

 

Resep Bubur Kacang Hijau

Bahan

250 gr Kacang Hijau

Gula Pasir 75 gram

2 Gula Merah (kalau lebih suka manis dari gula merah, tambahkan gula merahnya lagi dan kurangi takaran gula pasirnya)

2 cm jahe, geprek dan iris tipis-tipis

1 sdt Garam

4 helai daun pandan

200 ml santan/ 2 bungkus santan instan kecil

Air bersih secukupnya

1 sdt vanili bubuk

2 sdm tepung kanji (untuk mengentalkan, kalau tidak suka kuah kental, skip saja)

 

Menu Berbuka Puasa : Bubur Kacang Hijau


Langkah Pembuatan Bubur Kacang Hijau

  1. Beberapa jam sebelum kacang hijau dipergunakan, baiknya direndam dulu dengan air matang bersih
  2. Rebus kacang hijau sampai empuk, lalu tambahkan gula jawa beserta jahe
  3. Tambahkan daun pandan dan gula pasir, lalu aduk-aduk sebentar
  4. Rasakan sedikit jika kurang manis maka tambahkan gula. Jika sudah pas maka tidak perlu lagi. Masukkan tepung kanji yang sudah dilarutkan dalam air.
  5. Selanjutkan masukkan santan, aduk-aduk perlahan agar tidak pecah sampai mendidih dan matang.
  6. Bila ingin santannya dipisah, masak santan tersebut terpisah dengan kacang hijau
  7. Bubur kacang hijau siap disantap, kalau Jelajah Mia lebih suka bubur kacang hijau yang dingin jadi biasanya disimpan dulu ke kulkas baru disantap

 

Ukuran porsi : 6-8 orang

 

Btw bubur kacang hijau ini bisa dikatakan berhasil, karena salah satu menu yang pernah dibuat buat kegiatan UKM saat masih kuliah dahulu, Alhamdulillah masih pada hidup dan tidak protes, jadi bisa dibilang berhasil lah, ya

 

Penutup

30 hari menjalankan ibadah puasa tentunya bukan waktu yang sebentar, kita harus kreatif mix and match menu agar keluarga tidak bosan.  Bukan hanya bagi yang sudah berkeluarga saja, bahkan sebagai anak kosan sekalipun, buka puasanya harus dengan menu variatif biar tidak bosan di perantauan. 


Semoga tulisan ini menjadi inspirasi menu Ramadhan tahun 2022 ini. Tak hanya segar, lezat dan nikmat, tentunya praktis dibuat dan mudah untuk direcook di rumah. Boleh dong berbagi, menu berbuka puasa favoritnya apa?

 

Related Posts

20 comments

  1. Segerr banget dan super nikmat nih menu2 favoritnya
    samaaa, saya juga demen gorengan
    bubur kacang ijo juga yummyyyy

    nurul - https://bukanbocahbiasa(dot)com/

    ReplyDelete
  2. Kenapa ya gorengan itu selalu enaak padahal sebenarnya kuharus meminimalkan makan gorengan :D
    Di kota saya tuh, gorengan jadi primadona saat buka puasa :D

    ReplyDelete
  3. Saya juga tim penyuka gorengan nih, haha...Btw, resep aneka sirup harus dicoba nih, seger bener ya. Makasiih mbak Mia. Selamat berpuasa yaa..🙋‍♀️🤩

    ReplyDelete
  4. 😅😅😅
    Ngekeh aku, mbaa, sama judul ‘nikmat gorengan mana lagi yang kamu dustakan’
    Emang kalo gak kena gorengan, berbuka gak sah ya, mbaa 🤭

    ReplyDelete
  5. Suami dan saya dari era jadoel..jadi sukanya makanan berbuka ala kampung, bubur kacang ijo, bubur sumsum, kolak pisang/campur, ...kalau anak-anak apa aja, tapi lebih ke minuman juga, variasi sirup dengan nata de coco.lidah buaya, atau yoghurt. Kami ga makan gorengan..kalau ada ya makan tapi jarang:)
    Makasih resepnya, Mbak. Bisa nih dicoba

    ReplyDelete
  6. Aku pilih bubur kacang hijau aja ah :) gorengan adalah makanan yang tabu untuk dilupakan.

    ReplyDelete
  7. Aku kangen makan gorengan.
    Huhuu...mau masak sendiri kok rasanya beda gak kaya beli, hahaha...mungkin karena kurang ahli nih.. Tapi kalau beli gorengan, aku malas karena kudu naik kendaraan dulu. Aah, jadinya sering buka puasa seada-adanya aja, hehehe... Anak-anak hobi banget makan pizza, jadi bikinin pizza keju masukin ke fryer.

    Kalo minuman, cenderung yang hangat yaa.. Karena Bandung sekarang lagi hujan pas buka puasa. Rindu juga sama kacang ijo, pasti ayeemm yaa...diminum pas anget.

    ReplyDelete
  8. samaaa mbak, gorengan dengan segala variasinya sellau menggoda ya, abaikan dulu deh minyak yang dipakai goreng wkwkwk
    favorit suami ma anak-anak tuh aneka es, dan harus ada saat buka puasa, ga kaget kan kalau geser ke kanan juga nih timbangan

    ReplyDelete
  9. aku juga suka bikin bubur kacang hijau nih duh jadi mupeng padahal masih siang hahaha dan bener sih gorengan berasa jadi menu wajib pembuka ya hahaha a

    ReplyDelete
  10. Favorit aku kolak pisang dan bubur sumsum, mba. Klo gorengannya martabak mie...sekarang tambah menu baru crolette...hehe. thankyou for sharing mba, nanti campuran selasih sama nata de coconua aku coba deh.

    ReplyDelete
  11. Es sirup! Dulu punya tanaman selasih di halaman rumah. Kalau mau bikin es sirup tinggal metik, dibersihkan, lalu ditambah bahan-bahan lain.

    ReplyDelete
  12. Menu favorit keluarga kami adalah serabi Minang. Enaknya bikin nggak kenal orang sebelah

    ReplyDelete
  13. Segar dan menggoda. Dulu es sirup menjadi hidangan mewah. pakai es serut tambah jos. Kalau sekarang sudah banyak yang melupakan. Terlalu banyak menu tambahan.

    ReplyDelete
  14. Minum es selasih terus makan gorengan, enak banget itu🤤. Tapi jangan lupa buah juga😁

    ReplyDelete
  15. Ah iya
    Setiap orang pasti punya menu buka puasa favoritnya ya mbak
    KLO aku di rumah sih yang penting ada es teh

    ReplyDelete
  16. Saya malah jarang burjo buat buka puasa. Paling sering gorengan sih memang, andalan seluruh rakyat Indonesia kayaknya ya. Haha..

    ReplyDelete
  17. Menu berbuka yang bisa di beli dimana saja adalah gorengan. favorit semua orang nih mah

    ReplyDelete
  18. kalau di tempatku buka puasa itu identik sama kue khas ramadan kayak sari india, bingka, ipau dan kue lainnya yang kadang cuma muncul di bulan ramadan. kalau tahun-tahun dulu aku selalu bikin es buah buat berbuka tapi mulai tahun ini aku sudah bertekad nggak bikin es buah lagi dan menyediakan buah saja buat menu berbuka soalnya kalau bikin es buah itu nggak bisa berhenti minumnya

    ReplyDelete
  19. Sama siih ....

    Ah tapi sekarang minyak mahal nggak bisa sebebas dulu makan gorengan. Lho ho ho ... maklum bukan team cleaning eating, jadi tetep akur sama gorengan meski sekarang LDR dipisahkan oleh harga minyak. Wkwkwk

    ReplyDelete
  20. Kalau kami pas bulan Ramadan yang selalu ada itu cuko. Mau pempek, bakwan, tahu, risol or lainnya tetap cocol cuko. Hehehe.. padahal bahaya bagi yang belum biasa. Perut kosong diisi dengan makanan pedas

    ReplyDelete

Post a Comment