Lebih Dekat Dengan Sobat Jelajah Mia

17 comments

Sudah berjalan hampir 10 bulan dengan blog Jelajah Mia. Blog yang bermula jadi sarana self healing dan pembelajaran blog mulai dari 0 . Sampai sekarang ga nyangka, ketika sudah diniatkan belajar selalu saja dapat informasi kelas dan workshop gratis yang dulu kupikir susah banget, tapi kalau mau menjalani dan tanya ketika kesulitan selalu ada jalan, walau sampai sekarang blogku masih dalam proses tumbuh dan berkembang. Mulanya pesimis takut ga ada yang mau kunjung dan jauh dari jangkauan pembaca, sampai akhirnya banyak juga yang sudi bukan hanya berkomentar, kadang menyoroti perkembangan  blogku, apalagi beberapa tahu blog lamaku yang kaya toko kelontong itu.

 

Lebih Dekat Dengan Sobat Jelajah Mia

Siapa yang suka hadir ke blog Jelajah Mia, sebelum membahas tentang siapa, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan dalam memvisualikasikan pembaca dalam sebuah blog.  

 

4 Pertimbangan dalam Memvisualisasikan Pembaca

 

Data-data yang terkumpul di antaranya dari:

1. Postingan Terpopular

a. Label

Pertama kali berkunjung di blog ini, di bagian paling bawah terdapat 3 postingan terpopular. Dari 3 postingan tersebut, dari hari ke hari stabil pada label Jelajah Hidup, Ulasan dan Kuliner.

 

Label ini memuat tentang hal-hal yang berkaitan dengan proses menulis blog, referensi yang bagi para penggemar buku/bookstagram yang kadang suka reading slump butuh inspirasi buku apa yang akan dibaca dan tentu saja tentang makanan, siapa yang tidak doyan makan bukan.

 

b. Topik

Kalau lihat secara topik yang ada di deretan postingan popular, maka tentang alasan ngeblog jadi teratas, bisa jadi ini dicari para pembaca yang butuh referensi saat mengikuti kelas dasar ngeblog. Setiap orang memiliki sebuah alasan memilih tapi butuh mempertegas untuk menggambarkan kalimat yang tepat saat menuliskan, seperti itulah kira-kira bayanganku mengapa artikel tersebut menjadi artikel dengan topik yang popular.

 

Adapun topik kedua yaitu tentang hal yang sejalan dengan hobiku yaitu membaca buku, pada artikel review buku Your Name dengan genre romantis terjemahan dari Jepang dan diadaptasi juga dari sebuah komik. Sebagai penggemar buku, saya sudah bisa menjelaskan mengapa artikel ini popular juga, dikarenakan bila ingin membeli buku terkadang kita suka hunting review dan bahkan mencari spoiler isi cerita bukunya, walau penggemar buku yang baik itu tidak menceritakan spoiler pada buku tersebut.

 

Lalu topik ketiga yang popular yaitu tentang kuliner ternyata Jajanan nostalgia zaman sekolah hahaha, sempat tertawa saat artikel tersebut menjadi tiga teratas dan sepertinya semua orang memang doyan makan. Saat masih di Instagram sekalipun postingan tentang makanan tetap menjadi terbanyak like dan komentar. Siapa yang tidak tergoda coba dengan gambaran makanan yang ada dalam tulisan ya ga sobat Jelajah Mia.

 

2. Sapaan Untuk Para User Pesona

Sebutan para user pesona blog saya ini adalah Sobat Jelajah Mia, inipun sudah beberapa kali saya singgung dalam 6 bulan terakhir di artikel yang saya tulis, jadi setuju tidak nih kalau jadi Sobatnya Jelajah Mia? Apa mau dipanggil sayang atau bestie aja gitu hihihi?

 

Kunjungan Blog Jelajah Mia


3. Pengunjung Jelajah Mia

a. Blogwalking Blogspedia

Di 3 artikel terakhir yang saya tulis jadi punya pengunjung barunya ya dari teman-teman blogspedia dan mudah-mudahan bisa sampai lolos jadi bisa jadi Sobat Jelajah Mia yang organik. Terkadang dalam panggilan kembali saya memutuskan mencari aman dalam memanggil balik seseorang seperti saat di WA dan komentar yaitu dengan panggilan kakak, kecuali memang sudah agak dekat jadi berani sapa dengan nama atau panggilan yang lebih spesifik seperti Mbak, Mas, Teh atau nama sekalipun.

 

b. Blogwalking Komunitas

Saya di beberapa bulan ini mencoba menaikkan trafik blog ini agak bisa memahami bagaimana pendapat pengunjung secara umum dengan mengikuti beberapa blogwalking yang terdapat di beberapa komunitas. Sempat tersentak saat Mbak Marita menyampaikan saat statistik blog kita utamanya bukan dari pencarian berarti belum organik. Semoga makin berjalannya waktu artikel dalam blog ini lebih organik dari hasil pencarian google.

 

4. Insight Dari Google Analisis

Setelah buka youtube dari Mbak Marita, jadi tersadar buat kunjung ke google analisis (walau belum ku update supaya bisa membaca GA4, ditunggu materinya ya coach), jadi terbaca kalau pengunjung Jelajah Mia itu,


Asal  Kota Pengunjung Blog



a. Domisili

Di sana tercantum negara Indonesia yang teratas, dan Jakarta. Kukira, akan orang Bandung teratas ternyata dia menempati urutan kedua dan ketiga itu dari Semarang, mungkin karena teman di beberapa komunitas memang kebanyakan dari daerah Semarang jadi mempengaruhi urutan ketiga adalah dari Semarang. Duh kapan yang punya blog main lagi ke Semarang, ya.

 

Rentang Usia dan Jenis Kelamin Pengunjung


b. Rentang Usia

Rentang usia yang paling atas (paling banyak) ialah 18-24 tahun sebanyak 38,81 %. Duh dedek-dedek gemes sini mendekat ke kakak gemes ini hahahaha. Kukira awalnya ya sesuai denganku yaitu 25-34 tahun (pamali tanya-tanya umur loh,ya) yaitu 29,85 %.

 

c. Jenis Kelamin

Perempuan ialah dominasi pengikutku sebanyak 61 %, apakah akan berubah? Saya tidak tahu, tapi dalam tulisan yang kubuat selalu kubuat untuk semua kalangan atau mungkin ketikanku udah kaya buibu lagi marah-marah gitu, ya. Bisa jadi karena bergabung ke komunitas yang dominan perempuanpun jadi faktor pendukung angka statistik ini. Nah, benar kan panggilannya jadi Sobat Jelajah Mia aja,ya, nanti kalau panggil sayang kan bahaya untuk para pembaca bapak-bapak.

 

Visualisasi Sobat Jelajah Mia!

Berdasarkan 4 poin di atas, pengunjung blog Jelajah Mia ialah rekan seperjuangan di berbagai kelas, komunitas, Blogwalking Grup WA dan challenge yang kuikuti. Ke depannya, jadi PR untuk lebih luas lagi jangkuan pembacanya dengan mengoptimalkan sosial media yang kupunya. Kalau kata Mbak Marita carilah “pembaca organik/pengunjung organik.

 

Walaupun di secara data,  usia pengikut 18-24, tetapi di dalam kelas dan komunitas kukira sangat beragam usianya dan orang yang siap jadi pembelajar dan mau mengamati perkembangan tulisan dari Jelajah Mia dan semoga jadi tulisan general bagi seluruh kalangan.

 

Apalah arti panggilan tapi panggilan tetap akan menjadi sebuah sapaan sayang yang mendekatkan secara online

-Jelajahmia

 

Dan akhirnya saya akan tetap memanggil dengan sapaan Sobat Jelajah Mia sebagai sapaan sayang buat para pengunjung blogku.

 

Akan Bertahan Sampai Kapan?

Tentu dalam jangka waktu panjang akan bertahan dengan panggilan tersebut karena dirasa paling aman dan nyaman juga. Oke, itulah bocoran visualisasi Sobat Jelajah Mia di  blog Jelajah Mia, semoga kedepannya tidak akan kaget apabila dipanggil Sobat Jelajah Mia, biar berasa sahabatan yang lagi diajak ngobrol online gitu lohhh.

Related Posts

17 comments

  1. Aku sobat jelajah, mewakili kakak-kakak gemees (eh atau emak-emak gemes yaaa. Hehe). Salam kenal dari pembaca di Jawa Tengah ya Mbak Mia...

    ReplyDelete
  2. Sobat jelajah Mia Depok hadiiir!! Hehe...salam kenal ya mb MiaπŸ˜ƒ

    ReplyDelete
  3. salam kenal mbak mia, kayaknya saya baru mampir nih, siap jadi sobat jelajah mia :)

    ReplyDelete
  4. Wah sudah lumayan banyak dan beragam pengunjungnya. Semoga blog ini bertahan lama. Salam sobat jelajah Mia dari Batam.

    ReplyDelete
  5. Selamat untuk pencapaiannya Mba...Makin semangat ngeblognya ya, semoga tambah sukses.
    Senangnya jika mau terus belajar dan berkomunitas membuat blog makin keren deh pasti

    ReplyDelete
  6. Sobat Jelajah Mia juga lo aku mbak
    pengunjungnya beragam ya mbak
    semangat ngeblog mbak

    ReplyDelete
  7. Wah seru banget blog sendiri di unboxing. Semangat ngeblognya ya mbak Mia, semoga berkah dan bermanfaat

    ReplyDelete
  8. Semangat terus ngeblognnya. Semoga konsisten menghadirkan informasi bermanfaat. Yang saya rasa yg kita cari itu artikel yang berkaitan dengan kebutuhan sehari-hari. Nah itu mungkin bisa jadi kata kunci supaya mendatangkan pengunjung organik ya

    ReplyDelete
  9. Mau dong jadi sobat Jelajah Mia, masukkin ke kawanan dedek gemes yaahh wwkwkwk. Semoga bisa terus menebar manjaaf lewat blog ini kak..

    ReplyDelete
  10. Sukses terus buat ngeblognya, Mbak. Semoga blognya bisa terus berkembang, menebar kebaikan untuk para sobat jelajah di seluruh dunia..

    ReplyDelete
  11. Wah serunya, diteliti dan disampaikan berasa dekat deh disini.

    ReplyDelete
  12. Sobat jelajah Mia Surabaya hadir nih. Semoga langgeng ya sama blog nya

    ReplyDelete
  13. Sobat Jelajah Mia Bandung hadir nih. Semangat terus ya mbaa ngeblognya. Salam dari yg baru mulai ngeblog juga

    ReplyDelete
  14. Semangat selalu ya, Mbak. Berarti usia blog kita juga tak jauh beda. Salam kenal dari Yogjakarta.

    ReplyDelete
  15. Mau tanya mba, blogspedia itu kayak komunitas blog gitu bukan?

    ReplyDelete
  16. Semangat ngeblog nya ya mba, semoga bisa saling menginspirasi dan memberikan manfaat

    ReplyDelete

Post a Comment