Pengalaman Bersama Canva

1 comment

 Apakah otak atik desain dengan canva adalah sesuatu yang sulit untuk pemula? Yuk, simak pengalaman bersama canva yang Jelajah Mia lakukan untuk keperluan mempercantik dan mempermanis blog selama ini.

 

Pengalaman Bersama Canva

Membuat desain grafis butuh keahlian khusus agar menarik orang untuk melihat. Banyak aplikasi dapat membantu hal tersebut dengan segala kemudahan yang ditawarkan oleh aplikasi tersebut salah satunya adalah  canva. Namun, hampir sebagian orang masih menganggap bahwa desain adalah pekerjaan yang sangatlah sulit.

 

Pengalaman Bersama Canva

Aplikasi Canva dapat menjadi solusi untuk membuat konten visual. Canva adalah satu aplikasi yang banyak digunakan untuk keperluan desain grafis, seperti poster, banner, pamflet, dan  keperluan desain lainnya

 

Sobat Jelajah Mia dapat memakai aplikasi itu untuk mendapatkan desain grafis dengan cepat dan hasilnya memuaskan. Di dalamnya  juga terdapat banyak contoh atau template untuk inspirasi, jadi tidak perlu memikirkan dari 0 apabila kesulitan dalam mendesain.

 

Apa Itu Canva?

Canva adalah aplikasi desain grafis online yang mudah untuk digunakan, bahkan bagi pemula. Tak hanya itu, Canva juga dapat diakses melalui genggaman, tentu inilah yang dicari para blogger dengan segala aktivitas yang tidak mungkin di depan laptop saja. Sambil belajar, bekerja bahkan memasak sekalipun bisa dilakukan dalam otak atik desain canva.

 

Aplikasi canva ini sebenarnya memiliki dua versi berbayar dan satu versi gratis. Akan tetapi tenang saja, Jelajah Mia akan paparkan bagaimama menikmati berbagai fitur tanpa membeli versi premiumnya.

 

Seperti yang dijelaskan Mbak Hanim pada sharing materi, bukan masalah berbayar dan gratis, yang penting mampu memaksimalkan yang bisa kita miliki. Yang penting sekalipun gratis, haruslah legal! Jangan tergiur berbayar yang murah, padahal itu ilegal.

 

Manfaat Canva

Sebelumnya telah disebutkan bahwa Canva dikenal sebagai aplikasi desain grafis yang dikenal dengan kemudahan penggunaannya. Namun, keunggulan Canva dibandingkan aplikasi lainnya tak hanya itu.

 

Berbagai Macam Desain Yang Bisa Digunakan

Ada berbagai macam desain yang bisa sobat Jelajah Mia ciptakan dengannya berdasarkan pengalaman bersama canva, termasuk:

 

1.  Logo

Branding adalah salah satu hal terpenting dalam pembangunan aktualisasi diri kita dalam blog atau landing page bisnis. Nah, logo adalah salah satu sarana untuk melakukan branding.

 

2.  Poster

Ingin membuat informasi yang disampaikan pada inti artikel kita? Poster adalah salah satu cara yang tepat untuk melakukannya.

 

3.  Featured Image Blog

Keberadaan featured image dalam sebuah artikel dapat mempercantik desain blog dan membuat pengunjung lebih betah membaca. Untuk membuatnya secara instan, ada banyak pilihan yang bisa kita buat bila terbatas dalam ide desain.

 

4.  Infografik

Agar konten blog lebih variatif, Kita dapat menyelingi artikel dengan infografik. Canva menyulap proses pembuatan infografik menjadi sangat mudah, mengingat salah satu seo on page dalam sebuah artikel salah satunya adalah infografik

 

5.  Konten Media Sosial

Konten Instagram, Facebook atau bahkan update status di story sekalipun. Apabila menampilkan image yang menarik, akan lebih efektif untuk menarik perhatian netizen.

 

6.  Thumbnail Youtube

Thumbnail atau gambar yang mewakili video youtube kita tidak harus berupa cuplikan dari video tersebut. Ada banyak pilihan template yang bisa kita pilih dan di-edit sesuai kreasi kita.

 

7.  Banner Promo

Ingin membuat banner untuk iklan blog/artikel kita tanpa keahlian desain grafis? Hal tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan template yang ada di canva.

 

Cara Mudah Membuat Design Gratis di Canva

Bagi Kita yang ingin menggunakan aplikasi Canva, berikut beberapa caranya:


Cara Mudah Membuat Desain Gratis di Canva

1. Buat Akun Canva

Langkah pertama buat akun Canva. Caranya, buka situs atau aplikasi Canva kemudian klik opsi “sign up”. Kita dapat membuatnya  melalui akun Google, Facebook, atau alamat surat elektronik atau email.

 

2. Membuat Desain

Langkah selanjutnya, Kita dapat langsung membuat desain grafis di aplikasi Canva dengan cara klik menu “create a design”. Pilih jenis konten yang ingin dibuat.

 

3. Pilih Background

Cara membuat design gratis di Canva selanjutnya yaitu memilih latar atau background yang paling sesuai dengan desain yang akan Kita buat. Latar ini tersedia pada halaman editor. Di dalamnya terdapat beberapa template yang sudah tersedia secara gratis. Kita juga bisa menambahkan foto untuk desain tersebut. Di aplikasi Canva terdapat menu “photos” yang berisi beberapa foto dan menu “background” yang berisi berbagai warna dan gambar.

 

4. Edit Background

Meskipun sudah ada template yang tersedia, namun Kita masih bisa berkreasi sesuai dengan keinginan. Cara untuk mengedit background adalah klik opsi “adjust”, lalu muncul beberapa slide yang bisa Kita pilih.

 

5. Menambahkan Teks Pada Desain

Biasanya sebuah desain grafis tidak hanya berisi gambar-gambar saja. Pembuatnya juga menambahkan beberapa tulisan agar informasi yang disampaikan lebih mudah dipahami. Di Canva,  caranya dengan memilih "text”, kemudian klik template yang ada atau dengan cara menambahkan secara manual. Cukup klik salah satu dari model tulisan yang terdapat di daftar dan ubah ukuran, warna, dan gaya tulisan dengan klik teks yang akan diubah.

 

Tidak hanya menambahkan teks, Kita juga memindah posisinya  sesuai dengan keinginan. Cara untuk memindahkann teks, klik garis yang ada di luar kotak teks, kemudian geser  dan letakkan di tempat yang sesuai.

 

6. Save dan Unduh Desain

Tahap terakhir adalah menyimpan dan mengunduh desain tersebut. Kita dapat memilih fitur auto save dan  secara otomatis tersimpan di folder penyimpanan. Kita juga dapat membagikan atau share hasil desain ke media sosial atau menyimpannya dalam folder penyimpanan online.

 

Caranya sangat mudah, cukup klik opsi “download” yang terdapat di kanan atas atau klik simbol tkita panah ke bawah. Kemudian, pilih format, seperti PNG, JPG, atau PDF. Lanjutkan dengan klik tombol unduh atau download yang berwarna biru. Desain yang Kita buat otomatis tersimpan di folder penyimpanan.

 

Pengalaman Bersama Canva Yang Jelajah Mia Lakukan

Demikian cara membuat desain gratis di Canva dengan mudah dan cepat. Canva dapat diakses menggunakan komputer atau laptop serta telepon selular Kita. Namun, jika  menggunakan Canva pada ponsel, maka Kita lebih baik mengunduh aplikasinya agar proses pengerjaannya lebih mudah.

 

Berikut beberapa desain terakhir yang Jelajah Mia buat untuk keperluan desain ala-ala dan keyword yang suka digunakan ketika membuat desain.

 

Desain Terakhir Jelajah Mia

Pastikan perangkat yang digunakan terhubung ke internet agar Kita dapat menikmati fitur di aplikasi tanpa hambatan. Kita juga bisa mendaftar akun Canva Premium yang fiturnya jauh lebih lengkap.

 

Keyword Yang Suka Digunakan

Semoga kedepannya bisa bergabung dengan tim pro dengan berkembangnya blog Jelajah Mia (doakan ya sobat Jelajah Mia)

 

Penutup

Bagaimana setelah baca pengalaman bersama canva yang  Jelajah Mia lakukan? Masih terasa sulitkah untuk desain menggunakan canva? Atau yang baca artikel ini sudah memakai canva dalam keseharian desain, sharing yuk! Atau pakai aplikasi desain lainnya? Bisa berbagi nanti Jelajah Mia coba belajar juga.  

 

 

Referensi

https://www.hamimeha.com/2021/10/belajar-desain-dengan-canva-mudah.html

https://www.niagahoster.co.id/blog/cara-menggunakan-canva/

Related Posts

1 comment

  1. aku juga suka pakai canva, mudah dan praktis, bisa di web ataupun hp jd bisa rebahan smbil desain wkwkwkwk

    ReplyDelete

Post a Comment