Pertimbangan Saat Memilih TLD Blogspot

1 comment

 Blogger sudah terlalu banyak tersebar di jagad maya ini. Kebanyakan menggunakan blog gratis, yang artinya blog yang disediakan secara gratis, tinggal mendaftar dan mulai mengembangkannya dengan fitur yang tersedia. Banyak pertimbangan saat memilih TLD Blogspot. 

 

Pertimbangan Saat Memilih TLD Blogspot



Blog yang kita miliki merupakan sepotong bagian dari identitas kita yang ada di dunia internet yang sangat luas ini. Ada banyak hal yang bisa Anda bagikan untuk kemudian dibaca oleh pengguna internet. Untuk itu perlu membuat sebuah blog dengan Personal Branding sebagai alamatnya.

 

Bagaimana perjalanan Jelajah Mia dalam beberapa bulan ke belakang menggunakan TLD dan tips saat memilih TLD Blogspost

 

Awal Mula Pasang TLD

Begitu banyak pertimbangan dalam mengembangkan blog terutama menentukan penyedia TLD Blogspot, sampai akhirnya memutuskan untuk beli. Bagaimana pengalaman pergolakan yang terjadi menuju membeli TLD Blogspot? Pernah kuceritakan sebelumnya di belajar domain tapi tak ada salahnya ku bagikan lagi ceritanya.

 

Kurang lebih selama 7 bulan dengan segala perjuangan untuk memikirkan nama apa yang akan digunakan pada saat membeli domain maka jadilah dari jelajahmia.blogspot.com menjadi jejalahmia.com

 

Dahulu beli TLD Blogspot karena masih mau bertahan di kelas lanjutan di ODOP dengan bergabung di blogger squad. Tugas pertamanya yaitu memikirkan nama domain dan membelinya.

 

Kalau dulu akhirnya beli hosting tentu tidak merasakan nikmatnya belajar blog dari nol di blogspedia dengan segala keseruannya selama materi dan tugasnya.

 

Bagi sobat jelajah mia yang binggung cara pasang TLD bagaimana, bisa cek-cek di cara memasang TLD

 

Alasan Memilih Niagahoster Sebagai Penyedia TLD

Saya membeli TLD Blogspot dengan akun .com di niagahoster  , selain namanya sudah tidak asing bagi para blogger. Bulan Desember bisa dibilang lumayan agak mistis bagi sebagian blogger dimana hampir sebagian penyedia web susah akses karena kebakaran di data server, niagahoster salah satu yang mudah diakses.

 

Tutorial yang disampaikanpun sangatlah detail, bila kita menemui kesulitan bisa menghubungi cs-nya dan akan dipandu hingga masalah yang kita alami terselesaikan. Lalu bagaimana tips memilih TLD Blogspot

 

5 Tips Saat Memilih TLD Blogspot

Apa saja sih yang dipertimbangkan saat memilih TLD Blogspot yang membuat kita yakin dan tidak menyesal di kemudian hari.

 

5 Tips Saat Memilih TLD



1.  Harganya Terjangkau

Sebuah domain TLD (Top Level Domain) Blogspot tidaklah mahal untuk dimiliki. Untuk domain jelajahmia  ini dulu saya membelinya di Niagahoster . Sebuah layanan penyedia domain murah dari Indonesia, yang ketika itu berharga kurang dari Rp.150.000,00  untuk satu tahun sudah termasuk pajak, variatif untuk setiap provider nama domain.

 

Masih banyak penyedia domain murah di luar sana, baik lokal maupun luar negeri. Semuanya menawarkan harga yang berbeda-beda, apalagi untuk kepentingan bisnis dan hal-hal penting lainnya yang mengharuskan untuk memiliki sebuah domain TLD Blogspot, kenapa tidak? Mumpung masih terjangkau dan terhitung penting untuk aktivitas blogging kita, maka memiliki sebuah domain TLD Blogspot sangat perlu sebelum kita sukses membangun sebuah blog sukses.

 

2.  Beli Nama Domain Sebelum Orang Lain Membelinya

Perlu tahu bahwa persaingan mendapatkan nama domain sangatlah ketat, karena nama domain merupakan sebuah trademark, apalagi di dalam dunia bisnis, yang menjadi cermin sebuah merk komersil bagi kemajuan suatu bisnis. Jika kita udah membayangkan nama apa yang kita inginkan untuk memulai sebuah blog profesional/bisnis, kenapa tidak segera membelinya?

 

Karena persaingan yang begitu ketat, maka tentu siapa cepat dialah yang dapat. Segera beli nama domain untuk Personal Branding sebelum orang lain membelinya. Cek selalu ketersediaan nama domain yang diinginkan di penyedia domain dan segeralah membelinya sebelum orang lain mendahului, nyesel kan nantinya kalau ternyata nama kita sudah dimiliki orang lain #eaaa.

 

3.  Perketat Personal Branding

Sama seperti blog, email juga bisa didapatkan dengan gratis. Gmail, Yahoo, Outlook, dan lainnya merupakan penyedia email gratis yang senantiasa dapat kita manfaatkan. Namun, ada kelebihan tersendiri jika memiliki alamat email dengan nama Personal Branding.

 

Email seperti: nama@gmail.com atau nama@yahoo.com sudah sangat biasa. Orang-orang juga sudah banyak yang memiliki alamat email @gmail.com maupun @yahoo.com. Kenapa tidak coba nama@namablogkita.com? Bukankah terlihat lebih professional saat branding?

 

Dengan blog berdomain sendiri, memiliki email dengan alamat domain menjadi sangat mungkin kita dapatkan. Hal ini akan meningkatkan popularitas Personal Branding dan profesionalitas  sebagai blogger.

 

4.  Dari Blog Dengan Custom Domain

Ya, lagi-lagi Personal Branding. Hal ini tentu menjadi tujuan setiap blogger yang ingin menjadi blogger sukses. Menghasilkan uang dengan blog pribadi mereka dan menjual popularitas Personal Branding yang telah dibangun oleh blog mereka, yang pada akhirnya menggunakan nama domain sendiri. Domain sendiri akan mempermudah langkah kita untuk mencapai hal tersebut.

 

5.   Bisa Digunakan di Platform Blog Gratis

Penyedia blog gratis seperti blogspot, wordpress.com, dan tumblr sudah memberikan pelayanan untuk mendaftarkan nama domain sendiri apabila kita sudah lebih dulu membuat blog dengan platform gratis. Maksudnya disini, kita sebelumnya memiliki blog dengan URL namablog.blogspot.com. Ketika membeli domain bernama namablog.com, kita bisa mengubah namablog.blogspot.com menjadi namablog.com dengan blog dan isi yang tetap sama.

 

Hebat, kan? Tinggal ikutan banyak kelas dan perluas silaturahmi di komunitas blogger biar bisa belajar bagaimana blogger lain menjadi sukses dengan blog TLD-nya.

 

Penutup

Blogger sudah terlalu banyak tersebar di jagad maya ini. Bukan berarti kita tidak bisa ada didalam banyak tersebut dan untuk menjadi unik/pembeda dari Kebanyakan maka mulailah dengan membuat blog kita dengan TLD Blogspot.

 

Blog yang kita miliki merupakan sepotong bagian dari identitas kita yang ada di dunia internet yang sangat luas ini. Maka dari itu dari sebuah nama jadi awal mula personal branding bagi kita. Setiap nama adalah sebuah doa, lalu sobat jelajah Mia apa alasan memilih nama blog sekarang? Sudah TLD belum blognya?

 

Related Posts

1 comment

  1. Aku juga pasang di niaga hoster mba. Dibantu sama cs nyaa jadi lebih tenang hoho

    ReplyDelete

Post a Comment