Mengubah Tampilan Blog

1 comment

 Semakin dipelajari dengan lebih serius, ternyata aktivitas blogging itu semakin menyenangkan. Apalagi ketika sudah dihadapkan pada materi mengubah tampilan blog. Kalau kamu adalah orang yang suka belajar dan suka ngulik, otak atik template jadi salah satu sulit-sulit mudah. 

Berikut Jelajah Mia akan mengajak untuk berbagi pengalaman tentang bagaimana serunya mengubah tampilan blog makin ciamik dan seo on page.

 

Mengubah Tampilan Blog

Meski terbilang telat, setidaknya lebih baik daripada tidak pernah belajar sembari mencoba sama sekali, kan?. Ada banyak hal baru yang ditemukan dan mulai diterapkan untuk mendapatkan hasil blog yang semakin indah di pandang dan sesuai seo on page.

 

Pentingnya Mengubah Tampilan Blog

Perjalanan membuat blog bagi Jelajah Mia adalah seperti sedang membangun rumah, ya karena blog adalah rumah online kita bukan? Maka sambil membangun rumah, sudah selayaknya harus sekaligus menata tampilan rumah untuk bisa menarik seseorang menjadi tamu yang nyaman dan betah berkunjung ke rumah online kita.

 

Begitu pula dengan tujuan mengubah tampilan blog ini. Selain untuk menjadi lebih menarik dan rapi, tujuan utamanya adalah biar blog kita dikenali oleh Google sesuai dengan kaidah Search Engine Optimization(SEO).

 

Saat blog kita diterima Google karena sudah memenuhi standarnya, maka akan banyak yang mengunjungi blog kita. Tentunya, tulisan kita akan semakin banyak dibaca dan diambil manfaatnya oleh pembaca terutama para sobat Jelajah Mia yang berkunjung dan mampir ke blog ini.

 

Mengapa Memilih Fiksioner

Download template fiksioner ini sudah sejak awal tahun, tapi pada saat itu belum semua teroprek sehingga tampilan blog belum maksimal. Membayangkan betapa ruwetnya memasang dan membenahi template unduhan, mungkin kalian sempat bertanya-tanya dalam hati, "kenapa juga harus ganti template fiksioner?"

 

Fiksioner adalah tema Blogspot gratis yang cocok untuk digunakan oleh blog dengan semua tema seperti personal, berita, pendidikan, kesehatan, tutorial, dan lainnya. Dioptimalkan dari segi kecepatan loading halaman, SEO, dan posisi penempatan iklan yang strategis.

 

Gimana menurut sobat Jelajah Mia? Nyambung tidak alasanku?

 

Cara Mengubah Tampilan Blog SEO Friendly

Ada dua cara untuk mengubah tampilan blog kita agar SEO Friendly

1. Mengoptimalkan template bawaan Blogspot

Beberapa template bawaan yang disediakan oleh Blogspot juga ringan dan loading cepat. Namun, pilihan templatenya hanya terbatas. Jadi kita bisa memainkan warna, dan beberapa penataan lainnya seperti yang sudah tercantum pada tutorial Blogspedia.

 

2. Memanfaatkan template gratis pihak ketiga

Sayangnya, pada template bawaan Blogspot, struktur headingnya kurang SEO friendly. Oleh karena itu, kita bisa menggunakan cara kedua ini, memanfaatkan template pihak ketiga. Selain itu pilihan template ketiga ini lebih banyak.



Langkah Mengubah Tampilan Blog Menggunakan Pihak Ketiga

Jelajah Mia setelah pusing mengubah tampilan blog dengan template bawaan Blogspot akhirnya memutuskan menyerah dan memanfaatkan template gratisan sajalah daripada mumet. Tapi kalau sobat Jelajah Mia mau pakai bawaan template dan sabar dalam mengubah tampilan blog juga tak apa. 

Walaupun jadi agak lupa untuk screenshoot beberapa yang dicek ulang dan diubah lagi tampilan blognya. Jelajah Mia akan berbagi sedikit pengalaman saat menganti tatanan Blog menggunakan pihak ketiga yaitu jatuh ke template ignel , adapun yang perlu dipersiapkan, yaitu :

a. Siapkan alat pembantu

Ada 3 tools yang kita butuhkan dalam membantu mengubah tampilan blog SEO friendly antara lain:

Meta SEO inspector

Meta SEO inspector ini berupa ekstensi yang bisa dipasang pada google chrome dan berguna untuk mengecek struktur heading blog kalian, apakah sudah sesuai SEO atau belum.

Link : Meta SEO inspector

 

Seoptimer

Laman ini berguna untuk mengecek template blog sudah optimal atau belum. Bisa dipakai juga untuk optimalisasi blog kamu sendiri. Nanti ada penilaian blog kalian dan beberapa rekomendasi yang muncul.

Link : Seoptimer 


Speed Insight

Dengan laman ini kalian bisa cek kecepatan blog. Pada laman ini, ada dua kecepatan yang dites, yaitu blog dalam tampilan mobile dan dekstop. Ketika demo template blog pihak ketiga fast loading-nya baik, namun ketika dipasang di blog kalian jadi menurun, tidak usah khawatir ya.

 

Speed Insight Jelajah Mia

Hal ini wajar karena demo dari blog kan hanya contoh, jadi tulisan tidak banyak, sementara blog kita kan pasti ada banyak tulisan, gambar yang sangat mempengaruhi kecepatan blog kita. Jelajah Mia lupa cek sebelum pasang template jadi adanya tampilan setelah artikel ini ditulis.

 

Link : Speed Insight

 

b. Cek template

Sebelum memilih template, sebaiknya template harus dicek dengan ketiga tools tadi. Cek struktur heading, tingkat keoptimalan blog, dan kecepatan blog.

 

c. Unduh template

Setelah siap, masuk ke website tempat mengunduh template, lanjut mengunduhnya.

 

d. Pasang dan sesuaikan dengan blog impian

Disini mulai ada sedikit drama deh. Sepertinya proses mengubah tampilan blog SEO friendly tanpa drama tidak akan seru, tapi memang tidak se-drama pasang domain sendiri sih. Hiduppun sudah penuh dengan drama dan perjuangan ya tidak hehehe

 

Setelah kita mengunduh template pihak ketiga, mulai pasang! Sebelumnya, jangan lupa back up dulu template blog kita sebelumnya dan berdoa, hehe. Jadi kalau memang eror atau terjadi apa-apa kitab isa kembali ke tampilan awal. Nah, yuk coba!

 

Buka file template unduhan, ekstrak!

Karena file download berupa file .rar maka perlu diekstraksi dulu. Lalu buka file .xml dengan notepad (open with).

 

Hati-hati Dengan Aneka Kode!

Pas dibuka dengan notepad, jangan harapkan yang muncul adalah tulisan yang bisa dibaca, haha. Isinya penuh dengan kode-kode yang mendadak bikin mual. Fokus, salin semua kode jangan ada yang tertinggal. Ingat, salah spasi aja bisa berbahaya, nah di posisi ini jangan sungkan tanya-tanya dan browsing biar ga tersesat. Contohnya ini, pada saat Jelajah Mia mau coba hilangkan H2 agar tidak muncul diawal saat di cek seo parameter. Salah hapus, nanti malah makin kacau urutan headernya. 

 

Contoh kode HTML Blog

Masuk dashboard blogger, menu theme/tema, customize/sesuaikan

Saat di sini lah yang paling menentukan untuk mengatur dan menyesuaikan tampilan blog sesuai keinginan kita. Pada pilihan Edit HTML merupakan tempat untuk menempelkan kode template tadi, hapus semua kode yang ada di tempat ini, lalu tempel(paste) kode dari template unduhan tadi. Selanjutnya sesuaikan warna, font dan widget lainnya sesuai blog impian kita.

 

Simpan

Jangan lupa klik simpan di pojok kanan bawah. Setiap kali usai mengatur tatanan blog, klik simpan.

 

e. Cek ulang

Setelah selesai pasang template pihak ketiga, jangan senang dulu. Cek yang perlu diganti dengan link milik kita, dan segala yang perlu diedit. Setelah dirasa cukup, cek ulang dengan alat pembantu tadi.

 

Perbandingan Seoptimer Blog sebelum dan sesudah dipermak

Senangnya dalam hati saat melihat peningkatan saat dicek dengan seoptimer. Akan tetapi, drama itu muncul saat dicek dengan Meta SEO Inspector. Muncul warning tanda merah, hehe. Tapi Ga usah panik, masih bisa untuk diperbaiki berjalannya waktu.

 

Cek ulang

Setelah baca kembali seluruh panduan dari Blogspedia, akhirnya tahu salahnya ada di mana. Kebanyakan menghapus bagian kode HTML dan tidak teliti ketika mengubah tampilan blog.

 

Kuncinya jangan panik dan kerjakan dengan kepala dingin. Kalau merasa tidak nyaman dengan tampilan blog terbaru bisa pakai yang lama kok, asal tak lupa di-back up, yak


Jangan Lupa Back Up Template



Penutup

Akhirnya kita ada di fase untuk  mengubah tampilan blog sesuai SEO itu perlu dilakukan. Selain untuk keindahan tampilan, juga menjadikan pencitraan blog kita tampak lebih profesional. Tentunya akan membuat betah dan nyaman pengunjung rumah kita. Mudah-mudahan terlihat berbeda ya sekarang penampilannya. Boleh berbagi dong sobat Jelajah Mia pakai template apa dan pengalamannya bagaimana?

Related Posts

1 comment

  1. gemes-gemes gitu ya mba pasang template itu 😄 sekali dicoba jadi pengen ngulik terus

    ReplyDelete

Post a Comment