Wisata Taman Kartini Cimahi

6 comments

 Tempat yang paling cocok buat santai dan jalan-jalan di taman, sepertinya Taman Kartini Cimahi cocok buat warga Cimahi dan sekitarnya, nih!

 

Tempat tidak hanya sekedar taman tapi ini mempunyai banyak sejarah dan konon sudah ada di masa penjajahan Belanda. Mau tau bagaimana kondisi Taman Kartini Cimahi dan apa keunikannya, mari simak sampai akhir ya ceritaku

 

Wisata Taman Kartini Cimahi


Taman Kartini Cimahi Sebagai Sarana Healing

Taman tempat terbaik untuk istirahat sejenak dari segudang aktifitas yang menumpuk. Rimbunnya pohon memberikan kesejukan. Taman memang cocok menjadi tempat liburan atau sekedar untuk nongkrong sejenak bagi semua golongan usia.

 

Semua fasilitas seperti taman bermain bisa dinikmati anak-anak. Lahan yang luas bisa dijadikan tempat berdiskusi bagi para remaja. Kursi-kursi kayu panjang bisa dijadikan ajang bersantai bagi yang ingin menikmati suasana taman dengan duduk. Membayangkan di taman sambil mendengarkan musik dan scroll HP merupakan kenikmatan bagi yang ingin me time.

 

Di Cimahi sendiri ada salah satu taman sejarah yang diminati dan suka disinggahi untuk wisata murah meriah serta merakyat. Taman tersebut bernama Taman Kartini, lokasinya berada di Jl. Baros No.6 Kecamatan Cimahi Tengah.

 

Sejarah Taman Kartini Cimahi

Taman ini telah berdiri sejak jaman Kolonial Belanda. Dan dulunya taman ini bukan bernama Taman Kartini, namun awalnya diberi nama Taman Wilhelmina yang diambil dari nama Ratu Kerajaan Belanda kala jaman itu.

Kartini. Namun setelah Indonesia merdeka, taman itu berganti nama menjadi Taman R. A. Kartini.

 

Saat masuk taman, patung RA Kartini akan menyambut para pengunjungnya. Pemilihan nama taman yang memakai nama pahlawan emansipasi wanita asal Jepara ini Indonesia dibanding Ratu Wilhelmina.

 

Tahun 2019 area Taman Kartini Cimahi mulai direvitalisasi. Hal tersebut berdampak positif, karena merubah kesan angker menjadi sebuah taman yang cocok untuk wisata  di akhir pekan.

 

Kota Cimahi adalah saIah satu kota yang memberi taman dengan nama Kartini karena di beberapa kota di Pulau Jawa terdapat pula Taman Kartini yang lain. Seperti saat diriku browsing ke beberapa artikel, ternyata ada beberapa daerah lain yang memakai nama Taman Kartini.

 

Tahun 2019 area Taman Kartini Cimahi mulai direvitalisasi. Hal tersebut berdampak positif, karena merubah kesan angker dan tidak terawat menjadi sebuah taman yang cocok untuk wisata  di akhir pekan.

 

Keunikan Taman Kartini Cimahi

Walau banyak wisata lain yang menjamur di Cimahi,tapi Taman Kartin Cimahi tetaplah menjadi kebanggaan masyarakat kota Cimahi. Bagi diriku yang lumayan introvert,  berdiam di taman itu dan beberapa saat berjalan pula mengelilinginya

 

Keunikan Taman Kartini Cimahi

Sedikit cerita, lumayan suka berkunjung ke Taman Kartini kala dahulu senang joging. Sekarang masih joging ga? Sejak flek, aktivitas ini salah satu yang kutinggalkan karena tak bisa aktivitas berat. Kangen sih, walau beberapa waktu ke belakang akhirnya menyempatkan kesini dengan pakai aplikasi ojek online 🀣🀣🀣.

 

Tak perlu jauh-jauh pergi ke luar kota atau bahkan terbang ke eropa untuk mengajak buah hati tercinta bermain dan rekreasi. Di Taman Kartini Cimahi bagi yang memiliki anak kecil bisa bermain beberapa permainan seru untuk membuatnya lebih ceria dan bahagia.

 

Harga Tiket Masuk Taman Kartini Cimahi

Berkunjung kesini tidak akan membuat kantong jadi jebol. Bahkan sampai menghutang ke pinjaman online 😝. Sebab Taman di Cimahi satu ini merupakan fasilitas umum yang dinikmati dan kunjungi kapanpun tanpa harus membayar.

 

Harga tiket masuk Taman Kartini Cimahi tidak diberlakukan alias gratis lho, namanya juga tempat umum ya kan. Pengeluaran yang dipersiapkan hanya untuk isi perut dan parkir bagi yang membawa kendaraan.

 

Sobat Jelajah Mia pasti senang banget dengar kata "gratis", ya kan. Yuk, tunggu apalagi, menghabiskan waktu libur dan akhir pekan ke Taman Kartini dijamin tidak perlu mengeluarkan banyak uang.

 

Eh tapi,tapi, meski gratis, ada baiknya pada saat berkunjung untuk tetap selalu menjaga kelestarian alam dan keasrian lingkungan sekitar. Buang sampah pada tempatnya, tidak mencoret-coret area dan tidak melakukan tindakan yang berbahaya/merugikan.

 

Jajanan Taman Kartini Cimahi

Kecuali bagi yang ingin wahana anak kecil seperti memancing, naik mobil-mobilan terutama kuliner. Itu tidak gratis, ya, jadi kalau hanya sekedar diam dan bahkan bawa bekal sendiri, semuanya gratis.

 

 

Rute Lokasi Taman Kartini Cimahi

Lokasi Taman Kartini Cimahi berada di tengah kota dan selalu dipadati pengunjung khususnya pada saat akhir pekan. Mulai dari keluarga hingga anak-anak muda bersama komunitasnya untuk berkumpul dan melakukan kegiatan yang seru.

 

Seperti yang disebutkan sebelumnya dan kusampaikan kembali, untuk alamat Taman Kartini Cimahi berada di Jl. Raya Baros No.6, Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat. Akses jalan untuk menuju taman Cimahi ini sangatlah baik dan mudah untuk dilalui dari berbagai arah.

 

Bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil ataupun menggunakan jasa angkutan umum. Bahkan bisa dengan menggunakan aplikasi taksi dan ojek online, karena titik lokasi sudah banyak juga dikunjungi para pengunjung online lainnya patokan Taman Kartini Cimahi tak jauh dari Pusat Pendidikan Artileri Medan (Pusdik Armed).

 

Fasilitas Taman Kartini Cimahi

Setelah revitaslisasi di tahun 2019, Taman Kartini Cimahi tempat yang menyenangkan. Lampu-lampu kota menjadi penerang sekaligus penghias dan membuat nuansa disini semakin nampak romantis.

Fasilitas Taman Kartini Cimahi

 


Apalagi telah di lengkapi dengan fasilitas fasilitas pendukung guna menunjang berbagai aktivitas yang wisatawan lakukan disini.

 

Fasilitas Taman Kartini Cimahi di antaranya adalah :

  1. Tempat parkir memadai
  2. Kamar mandi
  3. Taman bunga
  4. Area sejuk dan nyaman
  5. Perosotan bunga
  6. Kursi-kursi taman
  7. Aneka Kuliner
  8. Arena main skate
  9. Spot foto menarik

 

Berlibur dan rekreasi akan semakin lebih berarti dengan jalan-jalan, duduk santai, berinteraksi di Taman Kartini Cimahi. Nikmati berbagai keseruan yang taman ini tawarkan untuk ciptakan liburan berkesan dan pastinya tak akan terlupakan.

 

Tips Berkunjung ke Taman Kartini Cimahi

Berikut ini beberapa tips bagi yang ingin berkunjung ke Taman Kartini dengan nyaman :

  1. Berkunjung ke taman idealnya adalah saat hari masih cerah.
  2. Jika dirasa akan turun hujan, segeralah kembali pulang / mencari tempat berteduh.
  3. Dilarang keras mengotori atau bahkan merusak area taman.
  4. Selalu hati-hati dan tetap waspada dengan keadaan di sekitar kita.

 

Penutup

Semoga dengan segala perubahan Taman Kartini Cimahi selalu menjadi pilihan dan tetap dikunjungi saat akhir pekan dan musim liburan. Kita sudah diberikan fasilitas publik yang nyaman, maka baiknya saling menjaga fasilitas tersebut. Adakah sobat Jelajah Mia yang sudah pernah ke Taman Kartini Cimahi? Atau pernah ke Taman Kartini lainnya di beda kota? Yuk, share di kolom komentar, ya 😘

Related Posts

6 comments

  1. Taman Kartini yang di Jepara tapi hanya lewat. Waktu baca artikel lampuku pas mati. Pas lihat picture kok lumayan serem . Tapi mudah"an taman KartΔ±nΔ± dan taman lainya di Indonesia semakin bagus.

    ReplyDelete
  2. Kalau mendengar yang gratis-gratis radar ini langsung aktif. Apalagi tempatnya bersih seperti ini, bikin betah.

    ReplyDelete
  3. Mau mampir ah kalau ke cimahi, hehe

    ReplyDelete
  4. Saya baru ngeh kalau ini namanya Taman Kartini padahal sering lewat sini kalau jalan-jalan sama Zauji, salam kenal dari orang Cimindi ya teh

    ReplyDelete
  5. Bisa, nih kapan-kapan disempetin ke taman karrini Cimahi, sudah pasti tempatnya nyaman Yaa, apalagi Cimahi, mha maauknya daerah dingiin. Hhmm syegeer.

    ReplyDelete
  6. Main di taman emang sangat menyenangkan mbk, sekalian bisa menikmati pemandangan indahπŸ₯Ί

    ReplyDelete

Post a Comment