Personal Branding Untuk Blogger

3 comments

 Personal branding untuk blogger ini adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh blogger. Bagaimana  tidak dibutuhkan oleh blogger, personal branding membuat orang lain/pembaca yang mampir ke blog kita jadi tahu siapa diri kita dan menyadari keberadaan blog kita

Personal Branding untuk Blogger

 

Untuk personal branding, semua yang Jelajah Mia tulis berdasarkan dari sharing saat coaching bersama para coach di blogspedia terutama mas sugianto sebagai coaching tamu di materi personal branding. Sebuah tanya  besar pada diriku, personal branding seperti apa yang ingin ku tampilkan?

 

Bagaimana Menentukan Personal Branding Untuk Blogger

Sebelum menjawab sebuah tanya, baiknya kita bahas dulu bagaimana menentukan personal branding untuk blogger.

 

Menentukan Personal Branding Untuk Blogger

1. Siapa Saya?

Blog menentukan siapa jati diri kita. Dengan membaca blog, orang lain akan tahu kita  seperti apa dari tulisan yang kita buat. Perlu untuk mengenali diri sendiri dan menggali diri sendiri ingin menampilkan sebagai siapa dalam blog kita.

 

Bukan bersifat untuk manipulasi diri di kehidupan dunia maya. Ini salah satu cara untuk membangun jati diri dalam dunia blogger. Apa yang ingin dibagi dengan orang lain? Dan banyak hal lainnya.

 

Apakah salah bila dalam perjalanan nanti siapa saya akan berubah? Tiada yang salah dalam personal branding. Tentu dalam perjalanan akan ada namanya perkembangan, dimana ingin memperbaiki diri. Contohnya Jelajah Mia hari ini adalah proses perubahan dari awal menulis di blog ini.

 

2. Miliki Gayamu seutuhnya

Blogger bukan hanya kita saja, tentu banyak juga yang memiliki blogger dan lebih baik dari kita. Dari sekian banyak blog yang ada, harus menampilkan gaya yang berbeda dan sesuai yang kita nyaman.

 

Blog yang gaya berbeda atau bisa dikatakan unik, akan meninggalkan kesan bagi pembaca. Bisa jadi pembaca akan teringat untuk mengunjungi blog kita jika dia mencari sumber tulisan. Bahkan tidak mungkin akan menjadi pembaca organik kita.

 

3. Jangan Salah Pilih Guru

Sekarang ini banyak kelas online tentang blog baik gratis maupun berbayar. Salah satunya kelasnya Mbak Marita dengan blogspedia dan banyak kelas lainnya

 

Belajar ngeblog itu jangan sampai salah guru dan namanya guru paling tidak memiliki keahliannya masing-masing. Guru dalam blogger sangat membantu kita mengetahui cara-cara agar branding kita bisa dikenal secara luas.

 

4. Up Date Blog

Ingin dikenal blogger tapi tidak pernah posting dan hanya sekedar punya website. Bahkan sebulan sekali tidak pernah ada tulisan terbaru.  Jangankan orang bahkan google pun tidak akan mengenal kita sebagai blogger. Apa lagi blogger seperti apa? Jadi up date blog akan membuat kita semakin pede saat memperkenalkan diri sebagai blogger

 

Salah satu cara agar kita bisa sering up date dengan mengikuti komunitas atau tantangan. Hal ini akan memicu kita untuk mau tidak mau menulis dan membuat blog kita tidak akan seperti sarang laba-laba.

 

5. Optimalisasi Sosial Media

Sebagai blogger pemula tentu tidak semua orang akan menuju ke blog untuk mencari informasi. Untuk kita sering berinteraksi dengan orang lain biasanya menggunakan media sosial. Ada beberapa macam media sosial yang bisa kita gunakan. Jangan lupa setelah menulis, brandingkan pada media sosial kita miliki.

 

6. Masuk ke Berbagai Komunitas Blogger

Mulailah dengan berteman dengan yang satu frekuensi agar memiliki habit yang baik pada produktivitas blog kita. Dengan mengikuti komunitas blogger kita berbagi info dengan blogger lainnya. Jadi manfaatkan dengan baik dari koneksi yang ada.

 

Langkah-langkah inilah yang bisa kita gunakan untuk membuat branding blog. Menjadi unik dan dikenal orang tidaklah terjadi dalam semalam. Kita harus terus menerus mengembangkan diri. Agar semakin jelas apa yang kita inginkan.

 

Personal Branding Jelajah Mia

Bagaimana Jelajah Mia membuat personal branding? Ternyata bukanlah hal mudah yang untuk dituliskan. Secara personal tipe orang yang tidak suka menuliskan mendetail tentang kehidupan yang bersifat pribadi.

 

Sesuai yang pernah dituliskan sebelumnya, blog ini sebagai salah satu cara healing dari masalah tanpa menceritakan masalah tersebut secara mendalam. Hanya tergelitik saat pembahasan materi, kalau kita tidak memiliki percaya diri, bagaimana bisa menampilkan personal branding untuk blogger

 

Dari setahun bersama blog ini, karena kebetulan yang tak terduga, blog ini ada sejak Agustus 2021. Dari setahun bersama Jelajah Mia ini ingin dikenal sebagai :

 

Blogger dengan blog lifestyle sesuai dengan tagline yang aku buat Latih – Pelajari - Lakukan. Berisikan tentang hobiku yaitu mengulas/review hal yang kusuka, kuliner (siapa yang tidak doyan makan), memberikan tips dan trik sederhana seputar sehari-hari,  sharing pengalaman yang bisa dijadikan sebagai pelajaran hidup dan menuliskan beberapa ide gagasan seputar tulisan fiksi.

 

Tulisan Sebagai Personal Branding

Hobiku tentang mengulas tidak hanya urusan membaca buku, tapi bisa dengan ulasan produk atau yang bersifat hiburan. Jelajah Mia ingin menyebarkan dengan ulasan yang mengajak orang lain untuk mencoba yang sudah Jelajah Mia gunakan.

 

Kuliner, siapa sih yang tidak suka makanan? Besyukur banget tidak hanya doyan jajan saja tapi setidaknya bisa juga berbagi resep makana yang berhasil dibuat dan enak dilidah. Maka dari itu Jelajah Mia ingin berbagi tentang kuliner ini.

 

Memberikan tips dan trik sederhana seputar sehari-hari dan sharing pengalaman yang bisa dijadikan sebagai pelajaran hidup.  Hal-hal yang terjadi di lingkunganku kadang membuatku merasa senang, sedih, kesal maupun rasa emosi lainnya. Kita bisa mengemas hal tersebut menjadi sebuah sharing tulisan yang baik tanpa menyinggung banyak pihak.

 

Terkadang sesekali memiliki ide liar dalam gagasan fiksi, jadi tiada salahnya menuliskannya dalam blog, siapa tau bisa dilirik dan dijadikan sebuah karya oleh yang mampir gitu hahahaha.

 

Inilah Jelajah Mia sebagai blogger lifestyle. Personal branding untuk blogger sangat membantuku untuk berkomunikasi dengan orang lain. Nah,  Jelajah Mia pun membuat kartu nama yang simpel seperti ini :

Kartu Nama Jelajah Mia


 

Penutup

Akhir kata, langkah untuk membangun personal branding untuk blogger memang tidak instan dan butuh waktu yang cukup lama. Dalam perjalanannya selalu ada proses pembelajaran dan memperbaiki. Percaya diri menjadi kunci saat membangun personal branding untuk blogger. Mari mulai sama-sama membangun personal branding, yukkk sobat Jelajah Mia.

 

Related Posts

3 comments

  1. Kak,, aku melow pas baca part ini "Miliki Gayamu seutuhnya",, kenapa yah, kek baca Miliki diriku seutuhnya, gitu, Kak,, heuheu..

    ReplyDelete
  2. Membangun percaya diri ini yang masih jadi PR besar buatku. Ada tips supaya bisa PD full buat bangun personal branding mba Mia?

    ReplyDelete

Post a Comment