Kelulusan ODOP Angkatan X

Post a Comment

Dalam komunitas perlu adanya Oprec atau Open Recruitment. Komunitas One Day One Post (ODOP) menyelenggarakan rangkaian kegiatan merekrut anggota baru atau yang dikenal dengan Oprek ODOP Angkatan X. Perlukah Oprek dalam sebuah komunitas hingga kelulusan?

 

Kelulusan ODOP Angkatan X

One Day One Post

One Day One Post (ODOP) adalah sebuah komunitas yang mengusung satu hari satu kirim tulisan. ODOP pertama kali diprakarsai oleh Bang Syaiha atau memiliki nama asli Syaiful Hadi, yaitu seorang guru, bloger, pebisnis online, dan pengasuh di sekolah sosial Rumah Muda Indonesia, sekaligus peraih juara kedua lomba menulis novel tingkat nasional.

 

Untuk menjadi anggota ODOP, kita harus melewati dan dinyatakan lulus dari masa Oprec. Masa Oprec menjadi uji coba para peserta untuk melatih dan mengembangkan diri dalam menulis.

 

Biasanya, ODOP setiap tahun menggelar Oprec ODOP. Namun, sebelum membahas Oprec ODOP lebih lanjut, sudahkah sobat Jelajah Mia tahu apa itu Oprec 2022?

 

Oprek One Day One Post

Oprec atau Open Recruitment merupakan kegiatan ODOP dalam merekrut anggota baru yang siap berkiprah dan mengepakkan sayap sebagai penulis melalui Komunitas ODOP.

 

Keistimewaan kegiatan Oprec ini tidak semata-mata adu kebolehan antarcalon anggota, tetapi juga ada proses transfer ilmu melalui kuliah di grup WhatsApp yang terstruktur selama kurang lebih 2 bulan asal calon anggota tidak tereliminasi.

 

Kegiatan ini tidak dikenai biaya pendaftaran apapun. Hanya butuh niat dan semangat para calon anggota. Selama dua bulan dipastikan bahwa peserta Oprek harus mengisi blognya dengan tulisan yang dipastikan tidak berhenti dengan sesuai syarat dan ketentuan panitia.

 

Jelajah Mia dan Oprek ODOP X

Jelajah Mia sebagai anggota ODOP angkatan IX dan ceritanya sudah pernah ada di tulisan sebelumnya. Lalu ada pengumuman untuk kepanitiaan ODOP angkatan X maka tetiba daftar dan masuk kepanitiaan.

 

Di oprek ODOP X, Jelajah Mia berperan sebagai humas. Memang sedikit agak nekat, dimana harusnya lagi hamil itu bukannya diam untuk persiapan lahiran malah ikutan jadi panitia. Semoga nanti anaknya kalau udah besar jadi anak yang aktif dan sehat deh.

 

Kerja sebagai panitia online buatku tidak terlalu berat karena secara fisik tidaklah capek. Tapi banyak hal pembelajaran  yang didapat selama menjadi kepanitiaan. Setiap tahap kegiatannya selalu ada cerita di dalamnya.

 

Setelah peserta sudah memenuhi rangkaian oprek maka tentunya akan mendapatkan haknya yaitu kelulusan. Bagaimana kelulusan di oprek ODOP?

 

Kelulusan ODOP Angkatan X

Setiap orang memiliki tujuan setelah lulus dari setiap tahapan. Entah itu bekerja, memulai usaha, atau melanjutkan studi yang lebih tinggi. Hal-hal yang kamu inginkan dalam hidup semuanya layak diperjuangkan. Terkadang ada begitu banyak rintangan dalam hidup sehingga hal-hal yang diinginkan sulit didapat dan dipertahankan.

 

Kelulusan adalah masa paling membahagiakan dimana kamu akan terlepas dari semua peraturan yang harus kamu jalani semasa oprek. Lulus juga berati kamu sudah siap untuk benar-benar menghadapi bagaimana kehidupan ODOP dan kehidupan literasi yang sesungguhnya di luar. Lebih dewasa untuk bisa menentukan kemana jalanmu nanti atau apa yang akan kamu capai di masa depan.

 

Kelulusan juga adalah kebanggaan pada diri sendiri karena telah berhasil menyelesaikan tanggung jawab dan membuktikan pada diri sendiri bahwa kamu telah melakukan yang terbaik selama oprek.

 

Kelulusan kali ini berbeda dari angkatan sebelumnya, dimana biasanya dilakukan di WAG sekarang melalui virtual meeting dengan zoom. Rangkaian kegiatannya apa saja sih?

Secara keseluruhan rangkaian dari acara Upacara Kelulusan ODOP X, yaitu:

1. Registrasi peserta

2. Pembukaan MC

3. Pemutaran Video (Youtube)

4. Pemaparan Materi oleh Darmawati Majid dengan judul materi : Perempuan di Dunia Literasi

Secara umum yang disampaikan oleh Mbak Darmawati Majid, yaitu :

Kendala terbesar penulis pemula adalah ingin menulis besar dan kejauhan berpikir jadi yang terdekat tidak tertangkap

Mulailah dari yang menjadi kegelisahan di sekitar kita. Seperti halnya mbak darmayati menulis tentang budaya Bugis makassar dalam fiksi, karena banyak ketidakadilan yang dialami oleh perempuan.

Salah satu cara agar tulisan kita baik yaitu dengan mengendapkan tulisan adalah cara mbak darma agar tulisan lebih baik dan terkoreksi saat membaca ulang.

Tips menulis : latihan setiap hari minimal 15 menit

5. Tanya Jawab

6. Closing Materi.

7. Game

8. Play Video Pembukaan

9. Sambutan Ketua Oprec: Kak Flo

10. Pengumuman Wisuda

11. Speech Perwakilan Peserta

12. Penutupan

Bagi yang ingin menyaksikan acaranya bisa kunjungi  Kelulusan ODOP Angkatan X

 

Penutup

Harapan Jelajah Mia terhadap ODOP ini sangat sederhana cuma kepengen ODOP ini terus konsisten, terus menjadi rumah terbaik bagi para pejuang baru di dunia literasi. Selamat bergabung para anggota baru Angkatan ODOP X dan semoga Angkatan lamapun masih terus dan akan selalu menebar literasi dimanapun berada.


Related Posts

Post a Comment