Manfaat Mengenalkan Alam pada Anak

19 comments

 

Alam sekitar menyajikan stimulus berupa visual, suara, bau, serta tekstur yang dapat merangsang perkembangan sensorik dan motorik anak. Di sisi lain, alam juga menyimpan potensi bahaya yang membuat sebagian orang tua merasa khawatir untuk membawa anak-anak mereka main di luar rumah.

 

Manfaat Mengenal Alam Pada Anak
Edited by canva apk

Atala dan Perkenalannya dengan Alam

Awal memiliki Atala, ada perasaan was-was, apakah dia aman untuk dibawa ke outdoor. Namanya juga anak pertama, mana nungguinnya aja lima tahun pasti banyak pikiran negatif terhadap hal yang baru.

 

Namun, bukankah sayang sekali apabila segala kemewahan alam harus terlewatkan begitu saja? Apalagi ayah bundanya juga ketemu karena cinlok saat jadi anggota pramuka kampus. Masa iya tidak diperkenalkan alam dan apalagi rumah nenek kakeknya baik dari pihak ayahnya sangat alam sekali rumahnya. Maka diputuskan untuk tahap awal setiap minggu untuk membawa ke lingkungan outdoor.

 

Lagipula, setelah baca-baca beberapa artikel, mengenalkan alam pada sejak usia dini lebih besar dampak positifnya daripada dampak negatifnya. Tidak percaya? Mari kita telaah bersama-sama.

 

Manfaat Mengenalkan Alam pada Anak

Berikut ini 10 manfaat mengenalkan alam pada anak sejak usia dini:

 

1.  Mengenali asal-muasal kehidupan

Dengan merasakan fitrah dirinya sebagai bagian dari alam semesta, serta makhluk ciptaan Tuhan.

 

2.  Merangsang sensorik dan motorik

Melalui kegiatan eksplorasi pada berbagai bentang alam dengan stimulus yang dapat mengaktifkan indera penglihatan, pendengaran, penciuman, dan sentuhan, seperti angin, air, tanaman, tanah, hewan, interaksi sosial, dan sebagainya.

 

3.  Mengembangkan rasa ingin tahu

Melihat variasi bentuk, suara, warna, makhluk, dan segala komponen alam yang berbeda-beda, sehingga memicu proses berpikir dan pencarian informasi.

 

4.  Meningkatkan kepercayaan diri

Memilih kegiatan yang mereka sukai, bereksplorasi secara mandiri, dan mengekspresikan diri melalui beragam media yang tersedia di alam sekitar.

 

5.  Melatih kemampuan sosialisasi

Melalui kegiatan bermain dengan teman sebaya, mengamati proses interaksi sosial, dan merespon pembicaraan.

 

6.  Memperbaiki interaksi dalam keluarga

Keindahan alam dapat membuat Ayah dan Bunda merasa lebih rileks, melepas penat, serta sejenak mengesampingkan pekerjaan, sehingga dapat menjadi kesempatan emas untuk berbincang, bermain, dan bersenang-senang dengan anak, sekaligus membangun komunikasi yang harmonis dalam keluarga.

 

7.  Merangsang kreativitas

Memanfaatkan berbagai media dan komponen alam sebagai sarana bermain. Misalnya, membangun istana pasir, membuat mobil-mobilan dari batang pisang, atau membuat mahkota dari daun-daun kering.

 

8.  Meningkatkan kesehatan fisik dan mental

Terpacu untuk bergerak, menghirup udara segar, menyaksikan keindahan alam, serta berinteraksi dengan orang lain, yang dapat membuat anak merasa lebih hidup dan bahagia.

 

9.  Melatih kepekaan terhadap ekosistem

Dengan mengenali hubungan timbal-balik seluruh makhluk hidup dan komponen alam, sehingga lebih peka untuk menjaga dan melestarikan keseimbangan lingkungan.

 

10.    Meraih kebijaksanaan diri

Melalui perenungan pribadi dan proses berpikir yang mendalam, setelah merasakan atmosfer alam secara langsung.

 

Bagaimana? Begitu besar manfaat mengenalkan alam pada anak, bukan?

 

Penutup

Apabila masih mengkhawatirkan potensi bahaya ketika bermain di luar rumah, dapat melakukan tindakan antisipatif untuk meminimalisir risikonya. Pilih waktu yang tepat, siapkan perlengkapan, dan curahkan perhatian dengan penuh kesadaran

Related Posts

19 comments

  1. Setuju sekali untuk mengenalkan alam pada anak-anak sedini mungkin agar mereka terdidik dari awal bahwa kita harus bersimbiosis mutualisme dengan alam agar bumi ini tetap lestari dan kita dapat memanfaatkannya secara bijak pula

    ReplyDelete
  2. Bahkan anak alergi juga disuruh lebih banyak grounding ke alam, kemarin dapat saran dari temen yg enthusiast sama permasalah alergi :') untungnya sekarang move ke Jateng. Lebih mudah lihat yang ijo-ijo :) manfaatnya emang keren ya alam itu, harus dijaga baik-baik.

    ReplyDelete
  3. banyak sekali manfaat mmbawa si kecil untuk bermain alam, yang dewasa refreshing, yg kecil grounding...kondisi skrg juga sdh mendukung untuk ajak bermain d outdor...menghirup udara segar dn nyegerin mata jg hehehe

    ReplyDelete
  4. Setuju sekali mba, alam merupakan alat stimulus yang kaya untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan anak, meski ada juga sisi bahayanya, asal di bawah pengawasan orang tua bisa tetap di bawah kendali. Selain untuk anak ortunya juga bisa sambil refreshing, ga mbak...liat yang seger2...hehe...

    ReplyDelete
  5. Mengenalkan alam pada anak sedini mungkin, memang penting. Setuju banget dengan manfaatnya... Asal keselamatan anak harus tetap nomer satu

    ReplyDelete
  6. Mengenalkan alam pada anak emang penting bgt. Mengajak anak bermain ke alam juga menurutku lebih sehat dan anak bisa lebih bereksplorasi. Memberi ruang gerak yg lebih leluasa pada anak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepakat Kak Eka. Mengenalkan alam pada anak memberinya keleluasaan bereksplorasi dengan leluasa di bawah pengawasan kita, bahkan kita bisa melihat potensi dasar dari setiap aktivitas yang mereka lakukan di luar

      Delete
  7. Aku setuju banget banyak manfaat yang didapat dari kita mengenalkan alam pada anak. Memang harusnya begitu, anak harus dikenalkan dengan alam. Kalau di rumah terus anak juga bisa stress 😅

    ReplyDelete
  8. Ayahnya anak-anak banget, nih, sering banget ngajak main ke sawah. Meskipun khawatir, saya mendukung anak-anak mengeksplor alam. Kalau saya nunggu aja di rumah, hhe.

    ReplyDelete
  9. Aku termasuk orang tua yang menstimulasi tumbuh kembang anak itu melalui alam. Karena lokasi rumah masih dekat dengan alam yang asri, dibanding beli aparatus yang sifatnya buat stimulasi, akhirnya memanfaatkan alam aja deh. Dari sensori play pakai aneka jenis tumbuhan, sampai menguatkan motorik kasarnya pun main bebas di alam... Sekalian ajang healing buat ortunya. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya untuk yang rumahnya dekat dengan akses ke alam memang memberi keuntungan tersendiri untuk stimulasi. Bahkan aparatus aja basednya dari kayu biasanya agar bisa lebih nature ya. Ah jadi pingin healing bareng anak-anak nih ;)

      Delete
  10. Wah ayah bunda ternyata disatukan lewat kegiatan Pramuka alam. Iya, dong, anaknya juga harus didekatkan dengan alam, sudah ada ikatan batiniah kalao gini namanya, hehe.

    ReplyDelete
  11. Wah, nggak nyangka ya ternyata main di alam banyak manfaatnya buat si kecil. Kemarin aku baru banget nemu konten, katanya kalo anak lagi GTM atau bermasalah dengan makannya, bisa diajak main telanjang kaki di luar rumah..

    Menurut konten itu, saraf motorik yang berkaitan dengan indra pengecap anak ada salurannya di telapak kaki. Makanya main tanpa alas kaki tuh bisa merangsang saraf2 ini..

    Kok ya pas banget ini anakku lagi agak nyebelin nih makannya beberapa hari ini. Rencananya mau ajak main pasir2 gitu ke pantai hehe. Terus baca artikel ini, jadi makin yakin buat ajak anak main ke luar hihi. Makasih sharingnya kak Mia...

    ReplyDelete
  12. Bermain di alam tidak akan pernah membosankan, cara terbaik untuk melepaskan anak dari gadget dan mengenalkan alam sekitar.

    ReplyDelete
  13. wah ternyata anak pramuka. Dulu saya juga anak pramuka di kampus, tetapi istriku anak teater. btw membawa anak camping memang menyenangkan. Banyak hal seru yang bisa dilakukan bersama

    ReplyDelete
  14. seru bisa mengenalkan alam pada anak, banyak hal yang bisa dieksplore dan mencakup banyak aspek yang digali. Salah satunya aspek keimanan.

    ReplyDelete
  15. Bermain di alam memang menyenangkan ya Mba, plusnya juga byk banget seperti yg dijelaskan di atas. Jdi kangen tinggal di daerah lagi yg banyak alam dgn cuaca dan udara yg segar. Sedih tinggal di ibukota minim wisata alam, plus cuaca lgi ga kondusif bgt gini

    ReplyDelete
  16. Setuju banget mbak, manfaat mengajak anak kegiatan outdoor emang banyak banget. Saya juga mengamati, anak-anakku klo diajak kegiatan diluar lebih enjoy dan exited.

    ReplyDelete
  17. Kegiatan outdoor bersama anak, mengajak anak ke luar bisa memberikan banyak manfaat mulai bangun bonding, hingga tadabur alam.

    ReplyDelete

Post a Comment