Istilah dalam Membaca Buku

17 comments

 

Apakah Sobat Jelajah Mia suka membaca buku? Kegemaran membaca buku merupakan suatu hobi yang sangat positif. Dengan membaca buku, kita bisa menambah pengetahuan dan wawasan kita semakin luas.

 

Istilah dalam Membaca Buku
edited by canva apk

Tahukah Sobat Jelajah Mia, ternyata orang yang suka membaca buku itu ada macam-macam julukannya.  Apa saja, ya? Apa julukan untuk dirimu sobat? Yuk kita cari tahu bersama.

 

1. Bibliophile

Sekilas, bibliophile hampir sama dengan kutu buku. Namun, sebenarnya berbeda, sobat jelajah mia.  Kutu buku mencintai buku tapi tidak mengoleksinya, sedangkan bibliophile mencintai buku sampai mengoleksinya.

 

Koleksi Buku

Seseorang yang menjadi bibliophile bahkan rela mengeluarkan uang untuk membangun mini perpustakaan sendiri ditempat tinggalnya

 

2. Bibliomania

Kalau seorang bibliophile mencintai buku secara wajar, berbeda lagi dengan bibliomania. Seorang bibliomania sangat terobsesi dengan buku. Mereka suka membaca dan mengoleksi buku.

 

Suka Baca Terus Menerus

Namun, mereka terobsesi untuk mengoleksi buku secara terus menerus. Bahkan, karena banyaknya buku yang dibeli, lebih banyak buku yang tidak dibaca daripada yang dibaca.

 

Hayo, ngaku, berapa banyak timbunan buku fisik yang sudah dibeli tapi belum dibaca?

 

3. Tsundoku

Tsundoku itu seperti bahasa Jepang, ya. Yupss, Tsundoku merupakan istilah yang berasal dari bahasa Jepang. Julukan ini diberikan kepada orang-orang yang sangat suka membeli dan mengoleksi buku tapi tidak dibaca.

 

mengoleksi buku tapi tidak dibaca.

Mereka hanya mengumpulkan saja, sobat jelajah mia. Mereka hanya menggunakan buku sebagai pajangan. Tidak dibaca.  Bagaimana pajangan bukumu sobat jelajah mia?

 

4. Book sniffer

Siapa yang suka dengan aroma lembaran buku terutama buku yang baru dibuka segelnya? Banyak orang yang sangat suka membaca dan mengoleksi buku. Namun, pernahkah sobat jelajah mia menemukan orang yang suka mencium aroma buku? Atau jangan-jangan justru sobat jelajah mia yang ternyata suka?

 

Book Sniffer

Ternyata ada, lo, orang yang suka mencium aroma buku. Mereka dijuluki sebagai book sniffer. Book sniffer sendiri dalam bahasa inggris berarti pencium buku.

 

5. Bibliotaph

Bibliotaph merupakan julukan untuk orang yang suka menyembunyikan buku-buku yang dikoleksinya. Tujuannya supaya buku-buku miliknya tidak dipinjam dan diambil orang lain. Mereka takut kalau buku-buku itu dipegang orang lain malah jadi rusak atau bahkan hilang. Mereka sangat menyayangi buku yang ia punya.

 

Suka Menyembunyikan Buku

Sikap ini wajar sih, apalagi yang sudah dengan niat membeli dan punya memori sama buku tersebut eh malah dihilangkan. Sakitnya seperti tidak berdarah bukan? Jadi terkadang lebih baik memilih sikap untuk pelit dengan tidak memberikan pinjaman atau seolah-olah bersikap bukunya sedang tidak bersama dia alias dipinjem orang lain.

 

6. Bibliognost

Buku yang sangat sering kita baca pasti akan sangat kita hafal. Mulai dari gambar depannya sampai isi dari buku itu.  Namun, seorang bibliognost benar-benar mengetahui isi buku yang dibaca dengan sangat baik.

 

Hapal Isi Buku diluar Kepala

Bahkan, mereka hafal mulai dari daftar isi sampai kalimat-kalimat yang ada di setiap halaman. Bahkan yang di level tertinggi bisa sampai hapal kalimat tersebut ada di halaman sekian dan sebelah kanan/kiri buku

 

7. Librocubicularist

Julukan librocubicularist ini diberikan kepada seseorang yang suka membaca buku di tempat tidur. Tempat tidur memang salah satu tempat paling nyaman untuk membaca buku di rumah.

 

Baca Buku di Tempat Tidur

Apa yang tidak nikmat ketika menikmati aktivitas yang kita suka sambil rebahan. Apalagi membaca buku sebelum tidur memiliki segudang manfaat.

 

8. Book-bosomed

Kalau librocubicularist membaca di tempat tidur, book-bosomed ini kebalikannya. Sering kita lihat orang-orang yang membaca buku saat berdiri dalam kereta ataupun bis kota. Bagi orang yang selalu membawa buku kemana-mana, ia disebut book-bosomed.

 

Baca Buku kemana-mana

Jadi, jika ada waktu luang, mereka bisa membacanya dimanapun. Mereka bahkan bisa membaca buku di tengah keramaian. Bahkan sampai ada yang bilang, dalam keramaian, ku punya dunia dan imajinasi tersendiri

 

9. Bookarazi

Pecinta buku pasti sering lihat atau bahkan mengikuti akun media sosial yang sering memotret buku dengan gaya aesthetic. Biasanya dilengkapi properti bunga, secangkir kopi, kacamata, atau benda lainnya dengan warna selaras.

 

Update Status Baca Buku

Bookarazi adalah seseorang yang suka memotret buku yang tengah mereka baca dan membagikannya ke media sosial.

 

10. Annotate

Annotate dalam kamus artinya membubuhi keterangan. Namun dalam dunia buku dan membaca, annotate atau yang dikenal dengan anotasi merupakan sebuah cara agar kita para pembaca bisa mengingat banyak hal yang terdapat di dalam buku, juga menuliskan kesan ketika kita sedang membaca suatu bagian.

 

Menandai pada Buku

Biasa kita temukan para pembaca melakukan banyak cara dalam melakukan anotasi, seperti menggaris bawahi kalimat penting menggunakan spidol atau stabilo dan menempelkan sticky note atau post it lalu menuliskan kesan mereka ketika membaca adegan tertentu atau menemukan kalimat istimewa.

 

Siapa nih yang bukunya penuh dengan coretan dan tempelan sticky note/post it?

 

11. Book Hangover

Book hangover adalah keadaan dimana pembaca masih terjebak dalam dunia buku fiksi yang baru selesai dibaca sehingga mereka tidak bisa membaca buku yang lain. Atau bahasa gampangnya gagal move on. Orang-orang yang menderita book hangover terkadang tidak bisa membedakan mana yang dunia nyata dan dunia fiksi. Biasanya mereka suka menghalu secara berlebihan.

 

Tidak Bisa Move On Dari Tokoh Buku

Berasa masih terjebak dalam tokoh dan alur cerita dalam buku tersebut. Hayoo siapa disini yang pernah terjebak dalam keadaan seperti ini?? Ngaku, punya tokoh bias siapa yang ga bisa banget gagal move on hingga sekarang?

 

Penutup

Nah, itulah beberapa julukan bagi pecinta buku. Sobat Jelajah Mia yang mana?

 

Related Posts

17 comments

  1. Kalau saya termasuk kelompok Bibliophile. Buku yang sudah selesai dibaca, langsung disimpan menumpuk di lemari. Sayang dibuang. Akibatnya tumpukan semakin tinggi dan tempatnya nggak muat lagi. Akhirnya, sebagian buku terpaksa diloakkan.

    ReplyDelete
  2. kak istilah yang baru banget nih buat aku, jadi tahu ,... tertohok nih dengan beberapa istilahnya yang kog aku banget hihihi

    ReplyDelete
  3. Wah, ternyata ada banyak istilahnya ya. Saya kayaknya mendekati Bibliotaph deh, Kak. Nggak sampe ngumpetin buku, sih, cuma suka pilih-pilih kalau mau kasih pinjem. Soalnya kesel kalau bukunya balik jadi lecek. Hehe.

    ReplyDelete
  4. aduh kalo aku jarang beli buku tapi pinjem di perpustakaan namanya spa yak wkwk

    ReplyDelete
  5. Malu akutu..
    Akhir-akhir ini uda beralih ke ebook siih.. tapiii kalau ke toko buku, masi laper mata banget, meski uda baca versi digitalnya. Mungkin aku termasuk Tsundoku. Huhu... walau beberapa habit membaca buku diatas juga beberapa aku lakukan. Seperti nempelin banyak sticky note. Kayak gak puas kalo baca buku tuh cuma baca. Kudu ditulis biar jadi habit yang baik kalo itu bukunya self-improvement atau buku-buku psikologi lainnya.

    ReplyDelete
  6. Dulu banget saya sama suami cocok di antaranya karena kami adalah bibliophile...Makin ke sini mentang-mentang sudah mampu beli, berubah jadi tsundoku huhuhu
    Akhirnya kalau pas ke toko buku sering saling ngingetin ini bakalan dibaca enggak, jadi lebih selektif lagi hihi

    ReplyDelete
  7. Aaah, kerennya. Saya jadi belajar banyak Mbak tentang istilah-istilah baru ini. Saya sepertinya kadang termasuk dalam aliran Tsundoku nih. Huhuhu. Niat membaca buku banyak dan membuncah, tapi eksekusinya, duh kadang lamaaa sekali baru terlaksana. Saya juga sering masuk dalam aliran Librocubicularist, tapi sekarang mulai membiasakan diri untuk baca dalam posisi duduk dan ruangan yang terang demi kesehatan mata.

    ReplyDelete
  8. Wow ternyata kutu buku ada banyak istilahnya, dan baru tahu kalau aku termasuk book sniffer soalnya suka banget mencium aroma buku yang baru dibuka dari sampul plastiknya makanya sekarang agak tersiksa karena jarang beli buku lagi wkwkwk selain itu, aku juga suka gagal move on kalau baca satu buku yang menarik, pasti muncul keinginan ingin baca dan terus baca buku yang sama.

    ReplyDelete
  9. Kayaknya aku pernah jadi Tsundoku deh wkwmwk, suka banget pengen beli buku, tapi kebacanya bakal lamaaaaaaa banget

    ReplyDelete
  10. masyaallah ternyata banyak banget ya istilahnya, saya sempat nih book hangover saat membaca komik candy, buku petualangn STOP saat masih SD dan buku Harry Potter, wkwkwk lucu juga kalau ingat masa itu

    ReplyDelete
  11. Wah... Ilmu baru nih.. ternyata banyak sekali ya.. baru tahu saya.. Thanks ya..

    ReplyDelete
  12. Aku termasuk tsundoku, baca buku di tempat tidur, kemana-mana bawa buku, dan beberapa lainnya. Tapi klo yg nulis2 catatan diselipin di buku, enggak. Sukanya buku bersih dari coretan ataupun ada sticky notesnya. Trus suka bangeeet nyiumi aroma buku, enaaakk gitu loh.

    ReplyDelete
  13. Separo dari istilah yang disebutkan aku merasa ada padaku hahahaa. Apalagi yang beli buku tapi banyakan g dibacanya hhahahaa aduh malu.

    ReplyDelete
  14. Ada banyak istilah bagi penyuka buku ternyata. Aku yang tipe suka beli tapi jarang baca.. Hehe

    ReplyDelete
  15. Duh beberapa ada yg aku banget kak Mia. Aku suka cium aroma buku, baca buku sambil tiduran, upload ke sosmed, nandain quotenya. Sama kadang suka terjebak dalam buku kalau udah seru bgt ceritanya, hehe.

    ReplyDelete
  16. Aku banget nih librocubicularist suka banget sih baca sambil rebahan. Ga tau kenapa ya. Asik aja buat nyari ngantuk hahaha

    ReplyDelete
  17. Dalam membaca buku ternyata ada banyak istilah ya, dan saya benar-benar baru tahu saat membaca tulisan ini.

    ReplyDelete

Post a Comment