Resep Gulai Ayam Simpel

3 comments

 

Gulai nggak cuma bisa dibuat menggunakan bahan kambing atau sapi, ayam pun begitu lezat dimasak gulai. Sajian gulai ayam juga nggak kalah nikmat. Pada menu lebaran kemarin, Jelajah Mia membuat Gulai Ayam yang ga ribet dan rasa dijamin, lah. Yang penasaran bagaimana Jelajah Mia memasak gulai ayam, yuk simak sampai akhir!

 

Walau lebaran sudah lewat dari sebulan lebih tapi tidak mengurangi untuk berbagi resep masakan yang sudah dicoba dan dijamin nikmat. Bisa jadi referensi juga buat nanti masak lebaran idul adha. Sebelum masuk ke resep, mari kita membaca sejenak tentang gulai sebagai makanan khas Indonesia

 

Resep Gulai Ayam Simpel

Gulai Masakan Khas Indonesia

Menurut wikidpedia, Gulai disebut juga sebagai Gule adalah Masakan Indonesia berbahan baku daging ayam, aneka ikan, kambing, sapi, jeroan, atau sayuran seperti nangka muda dan daun singkong, yang diolah dalam kuah bumbu rempah yang bercita rasa gurih yang berasal dari Sumatera, Indonesia.

 

Ciri khas gulai adalah bumbunya yang kaya rempah antara lain kunyit, ketumbar, lada, lengkuas, jahe, cabai merah, bawang merah, bawang putih, adas, pala, serai, kayu manis dan jintan yang dihaluskan, dicampur, kemudian dimasak dalam santan. Bumbu yang sangat melimpah dan membuat citra rasa pada gulai sangatlah kuat. Bagi yang pernah masak dan makan gulai, tentu tidak asing dengan rempah yang kuat saat suapan gulai masuk ke dalam mulut kita.

 

Masakan ini yang memiliki ciri khas berwarna kuning karena pengaruh sari kunyit. Makanan ini dianggap sebagai bentuk lain dari kari, dan secara internasional sering disebut sebagai kari ala Indonesia, meskipun dalam seni kuliner Indonesia juga ditemukan kari. Padahal tetap saja walau sudah tau gulai, kitapun masih suka masak kare yang sebenarnya tidak jauh beda, hahaha.

 

Gulai Ayam

Gulai tidak selalu identik dengan daging sapi dan daging kambing, apalagi seperti saya dan suami yang tidak terlalu suka daging kambing dan agak mikir beli daging sapi di waktu lebaran (monmaap mamak emang agak perhitungan, hahaha). Gulai ayam merupakan masakan yang populer di Indonesia. Walaupun tersebar di berbagai daerah Indonesia, makanan ini disebut-sebut berasal dari Sumatera.

 

Gulai ayam ini merupakan request dari suami. Memang saya tipenya mending nanya paksu maunya makan apa, secara si saya tipe yang bisa menyesuaikan urusan makanan, lah paksu kalau ga terlalu suka , yakin ga dimakan itu makanan kan malas ya bund. Gulai ayam ini memiliki sensasi rasa pedas dan gurih yang sangat cocok dengan cita rasa orang Indonesia. Sehingga, tak heran, gulai ayam menjadi salah satu menu Idul Fitri favorit dan biasanya dihidangkan bersama ketupat.

 

Bahan Resep Gulai Ayam

1 kg Ayam

3 lembar daun saman

1 batang serai

3 cm lengkuas

1 sdt gula merah

1 sdt asam jawa larutkan dengan 1 sdm air hangat

3 butir cengkeh

3 cm kayu manis

Garam secukupnya

Penyedap rasa secukupnya

150 ml santan kental (saya pakai yang instan karena tidak sempat beli yang santan murni)

400 ml susu cair rendah lemak

2 sdm minyak untuk menumis

1 bungkus bumbu instan gulai

 

Bumbu Halus Resep Gulai Ayam

10 butir bawang merah

5 siung bawang putih

2 kemiri (oseng/goreng dulu sebentar)

12 cabai merah (buang bijinya)

2 cm kunyit

1 sdt jintan bubuk

2 cm jahe

1/2 sdt merica

1/2 sdr ketumbar

1 sdt garam

2 sdt gula merah

(Sedikit minyak ditambahkan saat menghaluskan bumbu agar tidak terlalu kering)

 

Cara Membuat Resep Gulai Ayam

  • Panaskan minyak, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daun jeruk, daun kunyit, serai, lengkuas, dan potongan daging ayam.
  • Aduk rata, masak hingga daging ayam berubah warna.
  • Masukkan garam dan penyedap rasa, aduk rata.
  • Masukkan susu cair dan santan kental, aduk rata.
  • Masukkan gula merah, air asam jawa, cengkih, dan kayu manis. Aduk rata, masak dengan api sedang hingga daging ayam matang.
  • Angkat dan sajikan.


Waktu memasak : 60 menit

Untuk 6-7 orang (bergantung potongan ayam yang digunakan)

 

Dan hasilnya habis Alhamdulillah bahkan sempat dibawa ke rumah mertua untuk silaturahmi.  Karena saya dan suami tipenya doyan makan lebaran ya pas hari lebaran aja, bahkan siang/malam udah sibuk nyari tukang baso atau rebus mi, hihihi

 

Penutup

Jadi , gulai itu tidak melulu identik dengan olahan daging sapi dan daging kambing ya Sobat Jelajah Mia. Apakah Sobat Jelajah Mia pernah masak gulai ayam? Yuk, berbagi resep, apa yang ada dan tidak ada sesuai bahan yang Jelajah Mia buat.

 

Related Posts

3 comments

  1. enakk nih mbak, perlu dicoba dirumah sebagai variasi masakan ayam, karena anak-anak ga ada bosennya makan ayam, tapi ortunya yang bosen hehehe.. jadi perlu variasi menu sekali-sekali

    ReplyDelete
  2. Mbak daun saman itu yang kayak gimana sih? Apakah sama dengan daun salam?

    ReplyDelete
  3. Jadi kangen sama Indonesia, ini gulai cocok sama sambel merah itu. Nanti mau masak lagi ah, mumpung masih ada stock bumbunya. Thank's jelajah mia sudah berbagai resepnya

    ReplyDelete

Post a Comment