Momen Lebaran 2024

2 comments

 

Setiap tahunnya, umat muslim di seluruh dunia merayakan keistimewaan Hari Raya Idul Fitri setelah menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan.

 

Sebagian besar Sobat Jelajah Mia pasti sudah cukup familiar menyebut Idul Fitri dengan istilah lebaran. Istilah lebaran memang sudah cukup populer dan identik di Indonesia.

 

Momen Lebaran 2024

Namun, apa makna Idul Fitri yang sesungguhnya? Bagaimana momen lebaran Jelajah Mia di Lebaran 2024? Untuk mengetahui jawabannya, mari sedikit curhat tentang momen lebaran Jelajah Mia

 

Makna Idul Fitri

Idul Fitri bukan sekadar tentang hari perayaan, pakaian baru, dan hal-hal lain yang serba baru. Tidak diwajibkan untuk menggunakan pakaian baru, tetapi secara hakikat, bukan itu makna sesungguhnya dari Hari Raya Idul Fitri. Jelajah Mia termasuk tim yang jarang banget beli dan memakai baju baru di momen lebaran, kalau kalian gimana?

 

Lebih dari itu, Idul Fitri dimaknai sebagai bentuk refleksi diri, bentuk rasa syukur, dan kegembiraan. Dalam hal ini, refleksi diri berarti setiap umat muslim dianjurkan untuk introspeksi diri dan kembali kepada fitrah Islamiyah.

 

Artinya, umat muslim diharapkan dapat kembali suci setelah dibersihkan dengan puasa Ramadan selama 1 bulan penuh, yang kemudian disempurnakan dengan mengeluarkan zakat fitrah sebagai bentuk rasa syukur dan berbagi kepada sesama, serta saling memaafkan atas kesalahan yang pernah terjadi.

 

Jika dilihat dari gabungan katanya, Idul Fitri berasal dari dua kata, yaitu ‘id’ dan ‘al-fitri’. Id secara bahasa berasal dari kata ada - ya’uudu, yang artinya kembali. Sedangkan, kata al-fitri memiliki dua makna, yaitu suci dan berbuka. Suci artinya bersih dari segala dosa, kesalahan, dan keburukan.

 

Lantas, bagaimana dengan makna lebaran? Umat muslim di Indonesia memang identik menyebut Idul Fitri sebagai lebaran. Berdasarkan KBBI atau Kamus Besar Bahasa Indonesia, Lebaran dijelaskan sebagai hari raya para umat Islam pada tanggal 1 Syawal setelah ibadah puasa selesai dijalankan selama bulan Ramadhan.

 

Asal Usul Istilah Lebaran

Terkait asal usul istilah lebaran ini ternyata ada berbagai versi yang sudah ada sejak zaman dahulu. M.A. Salamun, seorang sastrawan di era 1960-an menganggap istilah lebaran berasal dari tradisi Hindu, yang artinya selesai, usai, atau habis. Dalam hal ini menandakan bahwa habisnya masa berpuasa di bulan Ramadan.

 

Ada pula anggapan lebaran yang berasal dari kata ‘lebar’, yang artinya luas atau lapang. Istilah ini merupakan metafora bagi umat muslim untuk saling berlapang dada dan ikhlas sehingga dianjurkan untuk saling memaafkan terhadap sesama.

 

Begitu banyak referensi terkait asal usul istilah lebaran yang bisa juga Sobat Jelajah Mia baca. Yang jelas, istilah lebaran tidak dikenal dalam bahasa Arab. Itulah mengapa istilah ini erat kaitannya dengan pengaruh budaya di Indonesia.

 

Momen Lebaran 2024

Setiap daerah tentu memiliki tradisi khas untuk merayakan Hari Raya Idul Fitri, begitu pula dengan umat muslim di Indonesia. Anda pasti sudah sangat familiar dengan mudik, takbiran, beli baju baru, dan lain sebagainya, bukan? Itu hanya sebagian kecil tradisi yang biasa dilakukan umat muslim di Indonesia. Ada beragam tradisi khas dengan cerita unik di baliknya.

 

Berikut adalah momen lebaran di Indonesia yang dilakukan oleh Jelajah Mia ketika Lebaran 2024

Mudik

Pulang kampung atau mudik menjadi tradisi lebaran orang Indonesia. Berangkat mudiknya bukan sebelum lebaran tapi pas hari H nya, biar Atala merasakan momen lebaran di Cimahi dulu, baru beberapa hari mudik ke Sumedang, tempat keluarga ayahnya.

 

Tradisi ini jadi momen untuk saling bersilaturahmi antara keluarga. Apalagi momen lebaran di tempat keluarga ayahnya masih kental

 

Ketupat

Perayaan Hari Raya Idul Fitri rasanya kurang lengkap tanpa kehadiran ketupat dan lauk pauk lainnya. Dari tahun ke tahun Jelajah Mia tidak pernah bikin ketupat ataupun lontong.

 

Kalau pas di Cimahi ya minta sama tante yang dekat rumah, kalau lagi di Sumedang gimana dibuat sama mertua. Mungkin sesekali perlu untuk keluar dari zona nyaman dan membuat ketupat sepertinya.

 

Ketupat menjadi salah satu makanan khas orang Indonesia saat lebaran tiba. Walau tidak membuat ketupat, Jelajah Mia tetap membuat lauk pauknya. 


Telur pindang selalu menjadi makanan khas yang dibuat dan dikirim ke keluarga. Tahun ini tambahannya membuat sayur cabe, sedihnya lupa foto hasil makanannya, padahal niat banget buat bikin tulisannya, ah sudahlah nanti lebaran kurban buat lagi deh dan tidak lupa foto.

 

Parcel atau Hampers Lebaran

Parcel atau hampers juga jadi salah satu tradisi Idul Fitri yang cukup populer di Indonesia. Biasanya orang-orang akan saling mengirimkan parcel atau hampers, baik untuk keluarga, sahabat, atau rekan kerja yang merayakan Idul Fitri. 


Belum buat parsel yang gimana-gimana, tapi yang penting bisa berbagi dan saling kirim ke keluarga dan kenalan terdekat. Ga dibuat hiasan yang gimana juga, masukkan ke totebag dan selesai, sesimpel itu anaknya.

 

THR

Tradisi lebaran lainnya yang identik di Indonesia yaitu salam tempel atau pembagian THR. Biasanya tradisi ini dilakukan oleh anggota keluarga yang telah dewasa dan berpenghasilan, nantinya mereka akan membagikan amplop berisi sejumlah uang kepada saudara yang masih kecil.

 

Setelah menikah ya terima THR dari suami, setelah punya Atala merasakan lagi Indahnya dapat THR. THR yang diterima Atala selalu diupayakan untuk kebutuhan Atala, bukan beli susu dan popok karena itu memang kewajiban Bapak dan Ibunya, biar ga disebut investasi bodong hihihi. Kalau memang akhirnya THR anak jadi buat menutup kebutuhan orang tuanya juga itu

 

Penutup

Itulah beberapa tradisi lebaran yang identik dilakukan oleh sebagian besar umat muslim di Indonesia. Melakukan beragam tradisi tersebut memang butuh persiapan yang matang sejak jauh-jauh hari, termasuk saat membeli kebutuhan menjelang Idul Fitri, seperti beli baju baru, kebutuhan makanan pokok, THR, dan lain sebagainya.

 

Apapun yang dilakukan dan dijalankan selama lebaran tidak mengurangi momen lebaran, apalagi setelah sebelummya terhalang oleh pandemi. Bagaimana momen lebaran kalian?

 


Related Posts

2 comments

  1. Wah, ternyata asal muasal lebaran masih ada kaitannya dengan tradisi Hindu ya. Baru tahu.. Tapi yg paling aku suka momen lebaran adalah kumpul keluarga mb, dari yg setahun ketemu sekali dari yg jarak terpisah beratus-ratus kilometer, semua kumpul jadi satu.

    ReplyDelete
  2. Ramadan dan Lebaran 2024 punya cerita tersendiri, ya. Yang fenomenal tentu saja takjil war dan baju shimmer-shimmer.. wkwk. Hal-hal receh kaya gitu bener-bener bikin ramadan dan Idulfitri jadi lebih berwarna

    ReplyDelete

Post a Comment