5 TAHUN BERGABUNG DI KOMUNITAS SATU MINGGU SATU CERITA (SEBUAH KECONGKAKKAN ATAU NASIB?)

3 comments

 



Saya lupa, kapan persisnya tanggal join sama komunitas 1 Minggu 1 Cerita, ingatnya bergabung di September 2018, saya bergabung dimasa pendaftaran membernya melalui gfrom dan lalu diinvite masuk ke grup whatsapp. Karena nama belakangku sama seperti nama salah satu foundernya, otomatis tak perlu banyak branding diri, semua orang sudah tahu bahwa saya adik kandung dari seorang perempuan bernama Anita Triyuni Bella Rahmawati Nurwakhidin alias Anilawati Nurwakhidin, tapi masukpun bukan karena disuruh dia juga, murni kala itu jeda setelah sidang skripsi menuju wisuda, perlu banyak aktivitas baru dan biar blog tidak mati suri.

 

Tidak berapa lama gabung di grup whatsapp, jadi familiar sama kata 'congkak', congkak dalam definisi 1m1c, aktivitas saling sharing tulisan yang sudah ditulis, sebagai cara agar kita dikunjungi sama yang lain dan ajang pamer, “udah nulis nih”, siapa tau yang lain jadi semangat buat nulis juga. Tenyata kata congkak itu ada juga di KBBI,  

“Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata congkak adalah merasa dan bertindak dengan memperlihatkan diri sangat mulia (pandai, kaya dan sebagainya). Arti lainnya dari congkak adalah sombong.”

 


Awal masuk grup whatsapp, agak sedikit kaget, ini orang-orang pada senang amat congkak, seperti tak ada bahasan lain. Maklum masih agak Shock therapy dengan suasana kalau bloger pada kumpul di grup WA, akhirnya coba ikut pembicaraan kalau lagi online, kalau engga ya sudah skip aja, toh tidak wajib juga buat selalu meladeni setiap obrolan dalam grup.

 

Seperti tagline dari komunitas 'menulislah walaupun seminggu sekali'. Salah satu rule komunitas ini adalah memposting di blog setidaknya seminggu sekali, atau lebih tepatnya submit tulisan blog di website 1M1C. Saya mungkin salah satu member yang turut dalam perjalanan 1m1c, mulai dari submit di gfrom sampai dengan website 1m1c. Dari segala obrolan gosip artis hingga obrolan seputar websitepun tetap menjadi menarik bagi semua member, satu hal yang bisa paling ku congkakkan yaitu :  Masih bisa mempertahankan nomor dua digit member hingga saat ini yaitu “14”

 


Setiap habis submit, biasanya dishare juga di grup whatsaap dengan caption 'congkak'. Tapi sebagian besar tulisan tak pernah di congkak, suka insecure sama tulisan dan tampilan blog lain, bagikan remehan renginang banget.

 

Rule itu sebenernya cukup mendisiplinkan buat posting, apalagi untuk submit harus input manual, tidak bisa dijadwal seperti posting di blog. Jadi mau gak mau harus online di blog dulu, baru bisa menuhin rule. Apakah saya selama hampir 4 tahun lebih, posting seminggu sekali? NO, bisa dilihat ya dari persen yang ku SS dari website.

 

Walau hingga saat ini belum pernah menjadi nominasi tulisan favorit, tak pernah terpikir juga, tulisan masih kalah jauh dari temen-temen yang lain, paling tidak dari 1m1c bisa kenal dengan dunia bloger lain, nulis itu sekalipun suka-suka tapi tetap harus dapat dipertanggungjawabkan isinya dan ternyata luas sekali, tidak sekedar posting, ada ilmu-ilmu lain yang harus dipelajari dan dipraktekan, semoga kedepannya lebih berani dan yakin untuk monetisasi blog, doakan saja,ya.





Bahkan sekarang sedang dalam proses untuk konsisten menulis minimal satu tulisan dalam satu minggu, setidaknya mau membuktikan, setelah 5 tahun bergabung di 1m1c, masa tidak bisa full nulis tanpa bolos dalam setahun. Hijrah dari blog lama http://simiati257.blogspot.com/ ke blog sekarang juga salah satu cara, agar lebih serius dan membenahi setiap kalimat yang diketik, membedakan mana sekedar posting dan mana yang tulisan sesuka hati. Blog lama tetap aka nada dan tak akan kuhilangkan, biar orang yang lihat jadi saksi perjalanan tulisanku. Mulai berani ikut tantangan menulis tiada henti selama 40 hari, dengan bergabung di komunitas ODOP (semoga lulus biar bisa membentuk habbit baru)

 

Alhamdulillah, masih nyaman buat tetap bertahan di komunitas yang penuh dengan kecongkakan ini. Entah bisa waktunya tepat, bulan September ini, persis bergabung selama 5 tahun di Komunitas Satu Minggu Satu Cerita, luvvvvvvvv

Related Posts

3 comments

  1. Ikut komunitas malah jadi memotivasi untuk nulis juga ya kak

    Dan memang kita butuh motivasi untuk bisa konsisten

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi malu sendiri, kalau udah di dalam komunitas masa cuma ikutan aja dan ikutin regulasi sistem didalamnya hihihi

      Delete
  2. Klo mau ikut komunitas 1 minggu 1 cerita gimana, kak, biar bisa Congkak, hehe

    ReplyDelete

Post a Comment