BAHAGIA

2 comments

 

Bahagia tidak dapat diraih dengan cara seperti sedang menangkap buruan dan berlari ke segala penjuru. Konon kabarnya mencari kebahagiaan seperti sedang menangkap kupu-kupu ataupun capung. Sulit, bagi yang tidak bisa mengendalikan nafsu , namu mudah, bagi mereka yang tahu apa yang mereka cari. Kita mungkin dapat mencari dengan terobos sana sini atau nabrak sana sini.

 

Bahagia bukanlah sesuatu yang dapat digenggam atau dapat disimpan. Bahagia adalah udara dan aroma dari udara itu adalah sebuah kebahagiaan. Bahagia ketika semakin dikejar akan semakin menjauh dan pergi dari kita. Cobalah temukan kebahagiaan itu dalam hatimu. Biarkan rasa itu menetap dan abadi dalam hati kita. Temukanlah kebahagiaan itu dalam setiap langkah yang kita lakukan.

 

Designed using canva

Dalam melakukan aktivitas apapun dan suasana hati baik sedih maupun senang, temukanlah bahagia itu dengan perlahan dan tenang, dengan ketulusan hati kita, karena bahagia itu ada dimana-mana. Bahkan bahagia mungkin akan hinggap di hati kita, namun kita tak pernah peduli.

 

Kita bertanggung  jawab atas diri kita sendiri, jika kita tak pernah merasa cukup, tidak pernah punya perasaan minder, selalu percaya diri, kita tidak akan pernah merasa sedih. Sesungguhnya pola pikirlah yang menentukan apakah kita bahagia atau tidak, bukan faktor luar. Bahagia merupakan pilihan.

 

Memang dalam hidup ini, ada banyak hal eksternal yang tidak bisa kita ubah, banyak hal terjadi tidak sesuai ekspektasi dan dihendaki. Namun, kita bisa mengubah pikiran atau sisi internal diri kita sendiri, untuk menjadi bahagia atau tidak bahagia.

 

Jika bahagia atau tidak bahagia diidentikkan dengan nasib baik atau nasib buruk, jadi sebenarnya nasib baik kita tidaklah ditentukan oleh siapa-siapa, melainkan oleh diri kita sendiri.

 

Setiap permasalahn yang kita hadapi merupakan suatu langkah hidup yang kita lalui. Kita biosa keluar dari sebuah permasalahan yang dalam dengan terus berjuang dan ingat hal sederhana tentang kebahagiaan.

1.          Bebaskan dirimu dari kebencian

2.          Bebaskanlah pikiranmu dari kecemasan

3.          Hiduplah sederhana

4.          Berilah lebih banyak

5.          Berharaplah lebih sedikit

6.          Tersenyumlah

Jangan pernah larut dalam sebuah kesedihan dan terperangkap di kubangan kesedihan. Ada hal yang sering kita lupakan, yaitu kita terlalu sibuk buat membahagiakan orang lain tapi lupa untuk membahagiakan diri sendiri.

Selamat mencari kebahagiaan dengan caramu sendiri

Related Posts

2 comments

  1. Nyatanya dari keenam kebahagiaan yg sederhana itu, ga sesederhana juga ngejalaninnya yaa mb...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul kakak dosen, kadang dijalani suka larut sama perasaan sendiri

      Delete

Post a Comment