POSISI PALING NYAMAN UNTUK MEMBACA

6 comments

 

Buat yang hobi baca buku, mereka pasti punya posisi tertentu yang favorit untuk baca. Ada banyak tipe pembaca buku, sebagian dari mereka mungkin tidak mempersoalkan soal dimana mereka membaca. Sebagian lainnya mungkin sangat mempertimbangkan tempat untuk membaca tersebut supaya bisa mendapatkan suasana membaca yang lebih kondusif, nyaman, dan aman, huehehe. Saya pribadi bisa jadi keduanya. Di tempat yang ramai pun saya bisa membaca dan membangun dunia sendiri, tapi hanya untuk membaca novel yang dimana sudah tak sabar untuk segera ditamatkan.

 

Hampir sebagian besar koleksi buku yang saya miliki habis dibaca di kamar tidur, tepatnya di atas kasur. Di situlah saya bisa menikmati hampir semua cerita dalam buku yang saya baca. Meski membaca sambil tiduran itu tidak baik secara kesehatan dan hal ini pula yang menjadikan saya memiliki mata minus. Tetapi tak ada yang lebih menyenangkan membaca sampai mata terkantuk-kantuk lalu terlelap dengan buku tergeletak di dada atau terjatuh depan muka hingga tersadar bahwa harus segera tidur dan menyimpan kembali buku bacaan dengan benar. Kasur selalu menjadi lokasi favorit saya untuk membaca buku hingga kini.

 

Designed using canva

Itu sedikit Tips dan bisa menjadi masukan untuk kamu yang hobi membaca sambil tiduran yang biasa saya lakukan

 

1.   Posisi Saat Membaca

Sebaiknya duduklah pada saat ketika membaca. bahan bacaan harus berada 60 derajat dari posisi horizontal dan posisi mata pada saat membaca mata melihat lurus kebawah (bukan lurus kedepan ) dengan jarak yang ideal 15-25 cm, namun jarak ini bukanlah patokan buat kita, carilah jarak yang menurut kita yang enak dan tidak menyebabkan kelelahan pada mata kita namun jaraknya tidak kurang dari jarak ideal.

 

2.   Lama Membaca

Sebaiknya tidak membaca selama 1 jam secara terus menerus. Selingi dengan istirahat berupa mengarahkan pandangan ke arah yang jauh, atau memejamkan mata sehingga otot mata rileks. Saat beristirahat setelah membaca, disarankan mengalihkan penglihatan ke objek alami yang hijau atau biru seperti tanaman atau langit. Ini akan mengembalikan fungsi warna pada mata menjadi normal kembali setelah menatap bacaan.

 

3.   Pencahayaan

Ketika membaca sebaiknya dilakukan di tempat yang terang dan gunakan lampu dengan cahaya yang berwarna putih.

 

4.   Objek Bacaan

Alangkah baiknya jika memilih bahan bacaan yang memiliki ukuran huruf yang nyaman di mata, tidak terlalu kecil dan terlalu rapat. Ini terutama penting untuk bacaan anak-anak.

 

Apa tempat dan posisi favorit membacamu?

Related Posts

6 comments

  1. Paling pewe sambil rebahan sih, tapi gak baik untuk mata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling pewe tapi sensasi baca sambil duduk sama rebahan tuh beda ya hahahaha

      Delete
  2. Pastinya pewe banget sambil rebahan. Dari dulu kalau masih anak-anak. Dan aku baru minus ketika usia 35 tahun.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku sudah minus bahkan ketika SMA
      Pewe banget emang, baca buku sambil rebahan

      Delete
  3. Nyender di tembok, sambil bikin teh hangat kak

    ReplyDelete

Post a Comment