KATANYA : APALAH ARTI SEBUAH NAMA?

6 comments

 

 

edited by canva.apk


“What's in a name? That which we call a rose, by any other name would smell as sweet.”

(William Shakespeare)

 

Apalah arti sebuah nama seperti Shakespeare berkata. Tapi bagi orang tua nama bukanlah sekedar nama, nama yang akhirnya tersematkan sebagai pembeda dengan lain. Merupakan hasil dari pemikiran mendalam atau terinsipirasi dari tokoh yang dikagumi. Bahkan di beberapa kasus, nama bisa tersematkan setelah dengan upacara tradisi tertentu.

 

Cobalah bertanya pada setiap orang yang dikenal dan ditemui, belum tentu tahu apa arti nama yang tersemat pada diri sendiri. Nama yang kadang suka jadi bahan olokan karena unik, justru terkandung arti dan makna dahsyat di dalamnya, inipun yang terjadi pada kisah sebuah nama.

 

doc.pribadi

Sebuah kisah dimana seorang perempuan memiliki dua nama dalam satu tubuh, walaupun secara administrasi akhirnya hanya satu nama yang dipakai secara administratif hingga saat ini. Perempuan ini terlahir dari darah Cirebon dan Cimahi pun bila dirunut ada darah Jawa Tengah di dalam tubuhnya.

 

Konon kabarnya bapak dari perempuan tersebut memiliki nama asli yang panjang hingga akhirnya nama tersebut disingkat menjadi satu kata. Mungkin itu menjadi salah satu alasan terdapat dua nama, atau bila menuliskan nama di ujian tidak terlalu panjang. Padahal hampir di setiap penulisan nama tetap saja panjang sampai batas maksimal nama pada kolom nama ujian (masih tim Ujian Nasional yang menulis nama di lembar ujian, bukan klik-klik pada layar komputer). Dan nama ini tidak hanya pada dia tetapi terjadi kepada kakak prempuannya dengan lebih panjang dan akhirnya tetap disingkat.

 

Perempuan yang bila secara nama aslinya memiliki arti nama Perempuan pembawa kurnia yang lahir di bulan Juli hasil buah cinta dua insan yang menyematkan nama belakang agar bila nanti garis keturunan berikutnya mengikuti suami akan ada kenangan di namanya, karena nama belakang perempuan tersebut sama dengan kakaknya, suka ada lelucon nama tersebut adalah klan/trah, seperti dalam sebuah kerajaan tertentu.

 

 

 

Sekalipun namanya panjang bagikan kereta api, tetapi dipanggil dengan nama yang disematkan dari mbah putrinya, apabila di cari arti namanya yaitu milikku, bintang di laut. Nama panggilan yang tersematkan hingga sekarang merupakan hadiah dari mbah putrinya yang hingga sekarang yang memiliki nama tidak pernah mengetahui mengapa nama panggilannya adalah itu dan orang tuanya tidak mengetahui secara jelas. Pun, bila ingin menanyakan mbah putrinya sudah berada di sisiNya, apapun artinya sebuah nama adalah doa bagi yang menerima.

 

 

Anak kedua dari tiga bersaudara, anak yang selama 18 tahun dan diperpanjang ketika ia berlanjut kuliah dapat tunjangan dari negara. Berdasarkan cerita dari keluarga, momen dilahirkan pada saat mbah kakung dan mbah putrinya sedang naik haji yang akhirnya kelahiran perempuan tsb,  ditunggu eyang putri dan kakak perempuan mbah kakungnya.

 

 

Perempuan tersebut lahir di hari Selasa pukul 20.30 tanggal 25 Juli 1990 di RSU Cibabat Cimahi. Perempuan bernama Siti Rokhmah Yulianti Nurwakhidin yang disingkat Simiati Nurwakhidin dengan panggilan dari lahir mia

 

doc.pribadi

Perempuan tersebut adalah saya

Sudahkah kalian tahu sejarah dan arti nama kalian? Bisikin kesini dong, apa arti nama kalian hehehe

 

Related Posts

6 comments

  1. Saya sudah kak. Akte lahir saya diganti gara-gara satu huruf yg dicoret-coret oleh kakak saya waktu kakak saya masih kecil😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadikan cerita di blog bisa tuh kak, bisa jadi beberapa part itu beserta kisah akte yang dicoret juga

      Delete
  2. Syuudah kakak.

    Kita harus bangga nih dengan nama pemberian orang tua. Nama yang baik adalah bagian dari doa.

    ReplyDelete
  3. kata mama saya, nama saya itu singkatan. saya lahir pas hari TNI. tapi saya gak pernah bilang2 ke orang kalau nama saya artinya demikian hehe

    ReplyDelete

Post a Comment