KISAH ADALAH BUNGA

14 comments

 

“Kisah adalah bunga. Ketika satu tangkai patah dan mati, serbuk sari pelajarannya akan berkelana, menumbuhkan kisah baru yang jauh lebih indah.”

(Fiersa Besari)

 

sumber : kompas.com

Jiwa manusia adalah juga seperti bunga mawar, di dalam setiap jiwa selalu ada "mawar" yang tertanam. Allah yang menitipkan kepada kita untuk dirawat. Allah yang meletakkan kemuliaan itu di setiap kalbi kita. Layaknya taman-taman berbunga, sesungguhnya di dalam jiwa kita juga ada tunas kawar dan duri yang akan merekah.

 

Sayang, banyak dari kita yang hanya melihat duri yang tumbuh. Banyak dari kita yang hanya melihat sisi buruk dari kita yang akan berkembang. Kita sering menolak keberadaa diri ini, kekecewaan juga rasa tak mau menerima hadir terhadap diri.

 

Kita berpikir bahwa hanya hal-hal buruk yang akan tumbuh dari diri kita menolak untuk"menyirami" hal-hal baik yang sebenarnya telah ada. Dan akhirnya, kita kembali kecewa, kita tak pernah memahami potensi yang dimiliki.

 

Banyak orang yang tak menyangka, mereka sebenarnya memiliki mawar yang indah di dalam jiwa. Banyak orang yang tak menyadari adakah mawar itu, kita kerap disibukkan dengan duri-duri kelemahan diri dan onak-onak kepesimisan dalam hati ini. Orang inilah yang kadang harus menunjukkannya.

 

Andai kita bisa menemukan "mawar-mawar" indah yang tumbuh. Kita akan terpacu untuk membuatnya selalu merekah hingga berpuluh-puluh tunas baru akan tumbuh. Pada setiap tunas itu akan berbuah tunas-tunas kebahagiaan, ketenangan, kedamaian, yang akan memenuhi taman-taman jiwa kita. Kenikmatan terindah adalah saat kita berhasil menunjukkan diri tentang mawar-mawar itu dan mengabaikan duri-duri yang ada.

 

Benarkah kisah pada mawar sesuai dengan kehidupan yang dijalani? Tentu tergantung orang memaknai kisah yang dibaca. Jika dapat mengambil hikmah atau pelajaran dari setiap kisah maka itu akan baik untuk masa yang akan datang.

 

Baiknya kita menanamkan keyakinan dalam jiwa bahwa setiap kisah yang kita lalui itu adalah sesuatu yang indah, layaknya taman yang berbunga, dalam artian seluruhnya memiliki manfaat tidak terkecuali.

 

Ketika kita menjadi seseorang yang mampu mengambil hikmah dan pelajaran dari sebuah kisah, sudah dipastikan kita akan menjadi seorang yang beruntung. Belajarlah menjadi seorang yang mampu melihat jauh ke depan, melihat yang sebenarnya belum terlihat, padahal itu ada dan nyata.

Related Posts

14 comments

  1. Ga banyak orang yang bisa langsung melihat kelebihanno lain dalam satu kali pandangan kecuali memang menonjolk,
    Padahal setiap orang punya kelebihan masing-masing yang ga langsung bisa terlihat

    ReplyDelete
  2. In the sea of no, seeingkali melihat yang buruk yang ada dipermukaan, padahal in the sea of yes, hal baik ada begitu banyak dan tidka mau dicari. Sehingga hanya melihat kelebihan diri

    ReplyDelete
    Replies
    1. betu sekali, kak. Banyak yang kadang abai sama hal yang positif dr sebuah hal negatif

      Delete
  3. "Melihat yang belum terlihat" meski itu ada dan nyataa... Ah suka sekali ini quotenya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pas nulis kadang ga sadar bikin sesuatu yang quotable hihihihi

      Delete
  4. Dalem banget sih makna dibalik kata-kata yang puitis ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipaksa nulis tiap hari, suka ada aja idenya, yang penting setor biar aman dr eliminasi

      Delete
  5. Aku juga kadang suka melihat duri itu padahal banyak keindahan yang Allah titipkan pada diri kita ya kak

    ReplyDelete

Post a Comment