Review Novel Your Name Karya Makato Shinkai

22 comments

"Aku benci kota ini! Aku benci hidup ini! Jadikan aku cowok tampan di kehidupan berikutnya!"

(Hal. 56)

 

Hati-hati kalau mengucapkan permohonan, apalagi diteriakkan saat tengah malam kepada gunung, pada waktu yang sakral. Horor banget kan ketika kita bertukar tubuh dengan orang lain dan lawan jenis pula. Dimana kehidupan saat bertukar tubuh sangatlah bertolak belakang.

 

Novel yang mengusung genre fantasi drama, kita akan diajak berimajinasi bagaimana ketika sedang bertukar tubuh dengan latar belakang yang sangatlah berbeda. Bagi pecinta anime pasti tidak asing lagi dengan kisah yang melegenda ini (Saya belum nonton filmnya secara utuh, baru sekilas aja). Sekarang akan sedikit ku bahas dari sisi novelnya.

 

Novel yang saya dapatkan langsung dari  Penerbit Haru, karena pernah mewakili komunitas mengisi acara Festival Asia 2021 yang dilaksanakan oleh penerbitnya, pernah juga saya ceritakan di Festival Asia 2021


Ulasan Buku

Apakah buku ini hanya untuk pecinta anime saja? Yuk, mari intip-intip review dari jelajah mia, karena yang bikin reviewnya juga ga pecinta anime banget, malah taunya kalau anime itu seputar doraemon, conan, dkk (Ampun jangan diketok ya hahahaha). Jangan lupa siapkan cemilannya, ya!

 

Mari kita mulai dengan baca blurbnya,

 

Blurb

Mitsuha, seorang gadis SMA yang tinggal di sebuah desa di pegunungan, bermimpi dia menjadi seorang laki-laki. Dia bangun di sebuah kamar yang asing, berteman dengan orang asing, melihat kota Tokyo tepat di depan matanya.

 

Di lain pihak, Taki, seorang pemuda SMA yang tinggal di Tokyo, juga bermimpi dirinya menjadi seorang gadis SMA yang tinggal di sebuah desa yang di kelilingi pegunungan.

 

Akhirnya, keduanya pun sadar bahwa mereka bertukar tubuh dalam mimpi masing-masing. Takdir yang mempertemukan mereka itu mulai menggerakkan roda-roda nasib.

 

Inilah novel yang ditulis sendiri oleh sutrada Shinkai Makoto berdasarkan film animasi 'your name'

 

Setelah baca-baca blurbnya, bagaimana sudah ada bayangan dengan kisah dalam novelnya? Nah sebelum lanjut, ku bagikan identitas bukunya. Bacalah buku secara legal ya sobat, baik beli buku ori ataupun baca buku secara digital.

 

Identitas Novel Your Name

Judul Buku      : Your Name

Penulis            : Makato Shinkai

Penerjemah      : Andry Setiawan

Penerbit           :  Haru

Tahun Terbit    : Cetakan keenam, Juni 2021

Tebal                : 336 hlm ; 19 cm

ISBN                : 978-623-7351-20-7

 

Adakah yang sudah baca novelnya tapi agak-agak lupa ingat? Atau malah baru tahu sejenis judul ini setelah jelajah mia bahas? Yuk, mari intip gambaran singkat isi novelnya !

 

Review Novel Your Name

Gambaran Singkat Isi Novel

Diceritakan lewat dua sudut pandang dari kedua tokoh utamanya yaitu Mitsuha dan Taki, your name. Menawarkan kisah yang tidak biasa.

 

Berlatarkan di Tokyo dan sebuah desa fiktif di Jepang bernama Itomori. Tachibana Taki, anak laki-laki yg tinggal di Tokyo dan Miyamizu Mitsuha, siswi SMA yg tinggal di pegunungan- bertukar tubuh dua atau tiga kali seminggu. Pemicunya adalah tidur. Penyebabnya tidak diketahui.

 

Disini kita juga diajak mengikuti perjalanan Taki dan Mitsuha mencari tahu apa yang terjadi pada mereka. Tema pertukaran tubuh dan time travel yang diangkat bikin aku takjub dan tertarik banget untuk tahu apa yang sebenarnya terjadi dan menyebabkan pertukaran tubuh ini.

 

Celoteh Tentang Novel Your Name

Penulisnya menggunakan berbagai referensi ‘tradisi dan kearifan lokal’ Jepang untuk mendukung plot cerita seperti tentang kekuatan ritual kuchikamizake (pembuatan sake kuno untuk persembahan) yang memerankan kunci penting pada cerita ini dan kemampuan supranatural yang turun temurun yang menghubungkan Mitsuha dan Taki. Detil yang sangat menarik perhatianku adalah ‘musubi’

 

Tenang, jelajah mia tidak akan menceritakan secara detail apa istilah itu, selain bisa di googling, siapa tau jadi tertarik memiliki bukunya juga. Paling suka sama gaya khas terjemahan dari penerbit haru itu, selalu menyelipkan catatan kaki dari arti setiap istilah atau penjelasan agar kita sebagai pembaca bisa membayangkan seperti apa.

 

Cover Novel Your Name

Keunggulan Novel Your Name

Ilustrasi pada sampul buku terdapat gambar kometnya dan dua karakter pada novel. Bisa dikatakan kisah dalam novel ini tentang hubungan takdir dan roda nasib. Taki yang orang kota. Mitsuha yang orang desa. Walaupun mereka saling mencatat nomor telepon tetapi tidak dapat saling menghubungi.

 

Ceritanya sangat seru, konyol, lucu, sekaligus mengharukan. Beberapa adegan tak patut dicontoh. Jadi memang baiknya buku ini dibaca oleh orang yang umurnya remaja dan sesuai peringatan di bagian belakang buku ditulis U 15+.

 

Dalam novel your name, penulis mampu meramu peristiwa astronomis dan tradisi Jepang sebagai plot device sebuah kisah cinta fantasi. Ada sedikit unsur time travel, sebuah unsur yang agak berisiko melanggar logika bila tidak hati-hati, namun Shinkai berhasil mengatasinya dengan baik, sembari masih menyisakan misteri “what if”.

 

Penutup

Saya suka bagaimana cerita dalam nove ini di eksekusi dengan baik, mengalir dan mudah dipahami. Tidak hanya untuk para pecinta anime saja novel ini, secara isi cerita sama halnya seperti sedang baca novel pada umumnya, kok. Bagi yang suka baca novel fantasi romance tentang pertukaran tubuh dan time trevel, saya rekomendasikan novel ini untuk dibaca.

Related Posts

22 comments

  1. Pernah lihat cover bukunya dan pernah baca judulny, tapi belum pernah baca/nonton. Malah udah ada filmnya ya?
    Kayaknya ceritanya menarik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malah filmnya lebih dahulu daripada novelnya, kak

      Delete
  2. Wah spoilernya bikin penasaran. Jadi ngebayangin awal mereka mengetahui kalau dirinya bernasib yang kontras. Mereka mengalami depresi nggak tuh?

    Kan emak-emak macam aju nih, kalau tiba-tiba pindah rumah tanpa bisa milih juga depresi dulu baru nanti, yo wislah apa mau dikata, life must goon gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diawal depresi karena adaptasi suasana dan harus terkoneksi dengan aktivitas tubuh yang tertukar

      Saya juga suka sekejap mikir gitu
      Enak kali ya bisa kemana/tuker posisi walau sebentar
      Tapi kayanya itu cuma fantasi doang hahahahah

      Delete
  3. Pernah nonton animenya dan keren sih, karena ada timetravel.y jd sdikit bikin senam otak hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya malah belum nonton animenya, kak
      Cuma ngintip tipis-tipis di youtube aja

      Delete
  4. belum pernah lihat animenya sih, tapi jadi penasaran bagaimana ceritanya saat mereka bertukar tubuh, beda jenis kelamin pula, langsung ngebayangin, sepertinya seru ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru, kak
      Bacaan yang lumayan buat penyegaran dr aktivitas

      Delete
  5. awal baca judulnya aku kirain tu novel biasa mbaak. ternyata novel anime 😁 aku lebih familiar sama komik kalo berhubungan sama anime. tapi tulisan nya mba mia bisa jadi refernsi buat beralih genre novel bacaan nii.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hayo explorasi segala jenis genre bacaan, kak
      Ini juga tumben agak betah baca buku genre fantasi hihihi

      Delete
  6. Dari covernya udah ngira kalau ini tentang anime, kirain ini komik eh taunya novel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pikir juga gitu, kak
      Malah mikir mungkin ini novel grafis, tapi beneran murni novel hahahahah

      Delete
  7. Ini udah ada movie nya yang Kimi no Nawa ya? Waah ada novelnya juga ya ternyata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kak
      Pasti sudah nonton animenya, ya, kalau saya baru baca novelnya aja

      Delete
  8. Aku udah nonton movi nya baru tahu ada novelnya .makasih infonya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayu baca novelnya, kak
      Biar bisa liat versi novelnya

      Delete
  9. Kimi no nawa ... Aku baru nonton filmnya. Belum baca bukunya. Aku lebih dulu nonton ini, terus nggak lama nonton Lake House. Perjalanan lintas waktunya bikin berasa deja vu

    ReplyDelete
  10. beberapa tean mereview juga ini dan kesanku setiap baca reviewnya adalah cukup memusakan ceritanya aku pensaran deh,meski sejujurnya beberpa kali pernah menonton film dengan tema yang sama yakni bertukar kepribadian tapi tampaknya novel ini lebih epic

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kata yang nonton dan baca novelnya, versi novel memang lebih seru, kak
      Epic banget emang, saya yang jarang banget baca novel fantasi aja bisa betah baca novel ini hahaha

      Delete
  11. Salah satu teman pernah mereview buku ini dan aku tertarik banget sebenernya. Cuma belum Nemu bukunya aja. Mau cari yg fisik kalo memang masih ada.

    Udah lama banget ga baca buku dari penulis Jepang. Dan jadi penasaran banget baca yg ini. Terakhir baca novel Jepang, ttg misteri pembunuhan mutilasi, dan seru banget . Makanya aku sering tertarik dengan novel2 Jepang yang sekarang ini.

    ReplyDelete
  12. wah baca novel fantasi drama cucok banget buat refreshing mbaaa..... apalagi kalo fantasinya Jepang biasanya beyond banget daaah ya. jadi pingin punya juga nih bukunya buat dibaca pas weekend yaaa

    ReplyDelete

Post a Comment