BATAGOR JAJANAN TRADISIONAL TERBAIK

1 comment

Adakah sobat Jelajah Mia yang tak kenal dengan jajanan batagor? Salah satu kuliner tradisional khas Jawa Barat khusunya Bandung. Kepanjangan dari bakso tahu goreng dengan saus kacang yang membuat semakin menggugah selera. Tahu tidak kalau batagor itu tercipta karena ketidaksengajaan?

 

Yuk, Jelajah Mia kali ini akan bahas tentang kuliner tradisional yang diciptakan dari ketidaksengajaan.

Batagor Jajanan Tradisional terbaik



Batagor Tercipta dari Ketidaksengajaan

Batagor (akronim dari baso tahu gorΓ©ng) merupakan jajanan khas Bandung yang mengadaptasi gaya Tionghoa-Indonesia dan kini sudah dikenal hampir di seluruh wilayah Indonesia. Secara umum, batagor dibuat dari tahu yang dilembutkan dan diisi dengan adonan berbahan ikan tenggiri dan tepung tapioka lalu dibentuk menyerupai bola yang digoreng dalam minyak panas selama beberapa menit hingga matang. Variasi lainnya yaitu siomay, digoreng dan dihidangkan bersama batagor dan dikombinasikan dengan bumbu kacang, kecap manis, sambal, dan air perasan jeruk nipis sebagai pelengkap.

Sumber : Batagor  

 

Beberapa aqrtikel yang kubaca, semua hampir mirip kisahnya bahwa batagor adalah kuliner yang secara tidak sengaja dibuat oleh perantau asal Jawa Tengah yaitu kang Isan, seorang penjual tahu bakso kukus keliling di daerah tempat tinggalnya di Bandung di seputaran Jalan Kopo.

 

Karena jualan tahu bakso jualannya tidak setiap hari laku dan ludes, untuk menyiasatinya ia membagi-bagikan sisa tahu baksonya ke para tetangganya. Suatu hari, tahu baksonya sisa banyak dan mencoba menggoreng tahu baksonya sebelum diberikan ke para tetangga karena takut basi.

 

Ternyata, para tetangganya sangat suka dan mulai memesan tahu bakso goreng buatannya. Mulai saat itulah, kang Isan membuat kuliner yang kini disebut sebagai batagor. Kalau orang Bandung dan sekitarnya atau para wisatawan yang suka berlibur ke Bandung tentu tidak asing dengan Batagor Ihsan, hingga kini cabangnya tersebar luas tidak hanya di wilayah Bandung saja.

 

Sayangnya, bapak Isan sendiri sudah meninggal dunia. Tapi, jasanya menciptakan batagor telah menginspirasi banyak orang dan patut dikenang. Bapak Isan juga dikenal sebagai Bapak Batagor Indonesia.

 

Batagor Jajanan Tradisional Terbaik

Batagor merupakan jajanan pinggir jalan bukan sebagai makanan utama. Selain rasa dari batagor yang khas, lezat dan gurih, harga dari batagor sendiri tergolong dan dapat dijangkau secara harga oleh semua kalangan.  Pada zaman sekarang jajanan batagor ini tidak hanya bisa dijual dengan cara berkeliling atau membuka warung di pinggir jalan. Namun jajanan satu ini juga banyak di jual, cafe bahkan di Restaurant terkenal sekalipun, bahkan tersedia di berbagai aplikasi layanan pesan antar makanan online.

 

Meski garing, tekstur dalamnya tetap empuk. Dan walaupun hanya terdiri dari bakso dan tahu, batagor selalu sukses membuat penikmatnya ketagihan. Biasanya, batagor dimakan sebagai camilan atau pengganjal perut. Penganan ini juga banyak diburu pelancong untuk dijadikan oleh-oleh. Ngemil santai bisa dengan ditemani sepiring batagor dan teh hangat panas, bisa sambil nonton drakor ataupun sekedar scrolling social media. Kalau bosan dengan beli dan mau mencoba membuat batagor, Jelajah Mia akan share resep yang pernah dicoba dan lumayan berhasil.

 

 

Resep Batagor Ala Jelajah Mia

 

Resep Batagor ala Jelajah Mia

Bahan-bahan

200 gram tahu putih, hancurkan

 100 gram ikan tenggiri, haluskan (bisa diganti dengan daging ayam cincang bila tidak terlalu suka dengan ikan)

200 gram tepung sagu

75 ml air (bisa ditambah atau dikurangi, sesuai dengan kalisnya adonan)

1 batang daun bawang, iris halus

5 siung bawang putih, haluskan (kalau malas bisa pakai tepung bawang putih)

1/2 sdt penyedap rasa (opsional)

1 sdt merica bubuk

2 sdm kecap ikan

1 sdm kecap asin

1 butir telur, kocok bersama 25 ml air dan 1/4 sdt garam

4 buah tahu putih besar, belah 4, buat lubang di tengahnya

Garam secukupnya

Minyak goreng secukupnya

 

Saus Kacang:

200 gram kacang tanah goreng

5 buah cabai merah

2 sdm saus tomat

2 siung bawang putih

1 sdt air asam jawa

1 sdm gula pasir

1 sdm kecap manis

400 ml air Garam

Garam secukupnya

 

Pelengkap:

Saus sambal

Saus tomat

Kecap manis

Jeruk limau

Timun (biar seperti di tukang dagang)

 

Langkah-langkah

1.  Siapkan bahan-bahan. Setelah itu, siapkan wadah. Campurkan tahu bersama ikan tenggiri, tepung sagu, daun bawang, bawang putih, merica, kecap ikan, kecap asin, garam, penyedap rasa, dan air ke dalamnya. Aduk hingga semua tercampur dengan rata.

2. Lalu, ambil 1 buah tahu, isi dengan adonan batagor. Kemudian, ratakan isinya. Lakukan hingga semua adonan dan tahu habis. Jika sudah, kukus selama 20 menit. Angkat dan biarkan dingin terlebih dahulu.

3. Setelah itu, celupkan adonan batagor ke dalam telur yang sudah dikocok. Siapkan wajan dan tuangkan minyak ke dalamnya. Panaskan minyak. Lalu, goreng adonan batagor di dalam minyak panas hingga warna berubah menjadi kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

4. Kemudian, buat saus kacang. Siapkan blender. Masukkan kacang tanah, cabai merah, dan bawang putih ke dalamnya. Lalu, proses sampai halus. Setelah itu, campurkan dengan saus tomat, ebi, air asam jawa, gula pasir, kecap manis, air, dan garam.

5. Jika sudah tercampur, masak saus kacang dengan api kecil sambil diaduk hingga mengental dan sedikit berminyak. Setelah itu, matikan kompor dan biarkan dingin terlebih dahulu.

6. Siapkan piring saji. Kemudian, potong-potong batagor sesuai dengan selera. Tuangkan saus kacang di atasnya dan sajikan bersama pelengkap lainnya. Batagor tahu siap untuk dihidangkan.

 

Penutup

Berbahagialah bisa menikmati jajanan tradisional yang diciptakan dengan ketidaksengajaan, hingga sekarang masih bisa kita temui dengan mudah. Berikutnya mau dibahas tentang apa lagi, nih?

Related Posts

1 comment

  1. otw mau coba buat batagor sendiri ngikutin Resep Batagor Ala Jelajah Mia..

    ReplyDelete

Post a Comment