Nostalgia Iklan TV Jadul

31 comments

 Generasi 80an, 90an dan 2000an, siapa yang tak kenal dengan iklan? Terutama iklan yang lewat di TV. Masih ingat dengan iklan tahun 2000an? Iklan-iklan dengan jargon yang gampang diingat, yang membuat terngiang-ngiang di kepala hingga sekarang?

 

Nostalgia Iklan TV Jadul

Iklan merupakan salah satu cara untuk mengenalkan produk terbaru atau strategi untuk mudah dikenali masyarakat. Umumnya setiap tahun iklan produk yang ada setiap tahun berbeda-beda, dengan perubahan bintang iklan atau konsep yang dibuat sesuai dengan perkembangan zaman.

 

Membuat iklan yang mudah diingat dan ikonik, memang menjadi salah satu upaya agar produk atau brand-nya terkenal dan dikenal oleh masyarakat. Namun ada juga yang membuat iklan dengan tema dan konsep tidak biasa. Ketika sekarang bahkan saat nonton aplikasi video kita akan merasa kesal dengan iklan yang muncul dan di-skip, ketika tahun 2000an bisa dibilang antara iklan dan tayangan yang sedang ditonton memang benar-benar ditonton hingga selesai, bahkan dinantikan kehadiran iklan tersebut.

 

Berikut adalah kumpulan iklan jadul yang pernah tayang di TV sekitar tahun 90an hingga 2000an yang bisa membuat terngiang-ngiang. Mungkin beberapa dari sobat Jelajah Mia yang baca, pasti ada yang pernah melihat iklan berikut.

 

Perlu diperhatikan bahwa tulisan ini bersifat subjektif, sehingga bisa jadi beberapa orang, iklan yang Jelajah Mia sampaikan terkesan biasa saja bagi orang lain.

 

1.   Iklan Nutrisari – Jeruk Minum Jeruk

NutriSari menggandeng Joshua yang merupakan artis cilik terkenal dimasanya. Dulu, hampir semua anak-anak didaerah tempat tinggal saya mengenalnya. Bukan tidak beralasan, tapi karena dia sudah menjadi tokoh idola anak-anak. Meski untuk menonton filemnya saja, kami harus berjalan kaki sekitar 1 KM, karena masih jarang ditumakn TV. Sekarang, ketika Joshua sudah gaul abis, juga demikian. Dia masih menjadi idola remaja, terutama remaja perempuan. Strategi yang apik untuk menarik perhatian konsumen.

 

Iklan Nutrisari Jeruk Minum Jeruk

Kedua, karakter jeruk yang bisa berbicara. Ini juga menjadi bagian menarik dalam iklan NutriSari. Disetiap iklannya, jeruk ini selalu tampil lucu dan menggelitik. Dia ditokohkan 'berharap' bisa menikmati kesegaran NutriSari dengan tingkah polahnya yang lucu. Dan sudah pasti disetiap iklan, jeruk ini akan diolok-olok dan di PHP-in oleh Joshua, "jeruk kok minum jeruk!".

 

Link video iklan : https://www.youtube.com/watch?v=c1HhkGcC0OA

 

2.   Iklan Aqua -  Orkestra

Terlepas brand yang sangat melekat pada merk air minum kemasan ini, beli merk apapun masih kita selalu menyebutkan nama brand ini. Tentu tidak hanya produknya yang memang ikonik, tapi didukung dengan iklannya juga.

 

Iklan Aqua Orkestra

Masih ingat dengan iklan air mineral dalam kemasan, Aqua yang melibatkan orchestra? Mewah banget untuk ukuran zaman dulu!  Termasuk iklan air minum yang kreatif di masa itu. Iklan yang menampilkan botol aqua yang dibuat sebagai orkresta, mulai dari botol beling hingga galon, bisa dipadukan menjadi suatu irama / musik yang enak, dan bernilai.Kreatifitas dari aqua memang tidak ada habisnya.

 

Link video iklan : https://www.youtube.com/watch?v=aLSMpKszdq0

 

3.   Iklan Orea – Diputar, Dijilat, Dicelupin

Ketika mendengar kata-kata “diputar, dijilat, dicelupin” pasti langsung teringat pada satu cemilan yang selalu kita ingat cara makannya, efek dari jargon iklan yaitu Oreo. Cemilan biskuit yang identik dengan bungkus berwarna biru ini selain terkenal dengan isian krim vanilla, walaupun sekarang sudah dengan berbagai variasi lainnya. Bahkan saat pandemi, kita sempat dihebohkan dengan harga orea yang bekerja sama dengan brand fashion ternama sehingga harganya bukan seperti biasa kita beli.

 

Iklan Oreo Diputar Dijilat Dicelupin

Bahkan dalam iklannya, terdapat juga penggunaan kata-kata yang seperti menjadi jargon dari Oreo. Kata-kata tersebut menggambarkan cara menikmati Oreo agar semakin terasa lebih nikmat. Menikmati Oreo dengan cara sendiri memang tidak masalah, tetapi metode "diputar, dijilat, dicelupin" dapat memberikan pengalaman terbaik serta mendapat kombinasi rasa yang berbeda.

 

Walau sedikit kesulitan mencari video iklan yang diperankan oleh Muhammad Dwiki Riza, tapi dapat juga cuplikannya. Ada versi bintang iklan yang iklan ikonik lainnya yaitu Afikah tapi bagi saya pribadi lebih melekat bintang iklan sebelumnya.

 

Link video iklan : https://www.youtube.com/watch?v=yKVN3buYrM8

 

Melihat iklan-iklan di atas ini seakan mengajak kita throwback pada masa lalu ya kan?

 

Penutup

Nah, itulah tiga iklan jadul yang bikin terngiang-ngiang yang tayang di era 90an hingga 2000an. Dari ketiga iklan tersebut, mana yang paling terngiang-ngiang menurut kalian? Atau Sobat Jelajah Mia punya iklan lain yang lebih bikin terngiang-ngiang?

 

Related Posts

31 comments

  1. iklan zaman dulu emang terngiang2 yah jargon jeruk kok makan jeruk masih sampe skrg kedengeran kalau lagi kumpul2 atau dijlat diputar juga masih terngiang sampe kini..

    ReplyDelete
  2. hahaha iklan jaman baheula yang selalu terngiang2 jeruk ko makan jeruk 🤣🤣

    ReplyDelete
  3. Ahaaa, iklan yg nempel banget sampe sekarang. Terutama iklan Oreo yg hits pada jamannya, kebetulan aku waktu itu kerja di Principal PT yg sekarang diambil sama PT Kraft Indonesia , wah rasanya bangga stok Oreo menipis dan booming gara2 iklan diputer, dijilat , dicelupin. Semua sampe nyampe target gara2 iklan ini

    ReplyDelete
  4. Iya iklan jadul itu penuh dengan jargon yang gampang diingat. Jargon iklan Orea selalu gampang diingat sekali sampai sekarang.

    ReplyDelete
  5. Iklan jaman dulu yang bikin saya terngiang-ngiang sampai sekarang adalah iklan cincin berlian dari perusahaan DeBeers.

    Itu seingat saya dibikin oleh perusahaan studio Filipina, tapi dimainkan juga di Indonesia. Lagunya itu lho yang bikin saya inget sampai sekarang.

    ReplyDelete
  6. 3 iklan ini memang iklan lejen, bahkan sampai sekarang masih ingat. Bintang iklannya pun sekarang pasti sudah dewasa.

    ReplyDelete
  7. Wah legend banget iklannya itu. Tidak pernah lupa saya nih. Inget iklan tersebut ketika nonton kartun di hari minggu ke ruma teman dan kumpul di sana semua untuk nonton Ninja Hatori, Doaremon, Ranma, Xena, dan Wiro Sableng. haha

    ReplyDelete
  8. Seru seruuu dan super legendaris yaa iklan jadul ituuu
    saya suka bangeett!
    apalagi yg iklan AQUA ituuu

    nurul - https://bukanbocahbiasa(dot)com/

    ReplyDelete
  9. Iklan Oreo, Nutrisari dan Aqua memang ya legend banget ya. Sampai kini masih terngiang-ngiang rasanya. Berasa banget karena waktu itu belum banyak channel TV jadi melekat iklan yang lewat

    ReplyDelete
  10. hahaha, iklan yang paling membekas adalah iklan oreo dan nutrisari, sepertinya kita seumuran ya mbak, iklan ini paling sering muncul, pinter lo content creatornya
    terima kasih ya sudah mengingatkan masa lalu

    ReplyDelete
  11. Hi3.. langsung ngebayangin adegan iklan-iklan terkenal jaman lawas ini. Hebat ya mereka, semua tagline-nya bahkan masih bisa kita ingat sampai sekarang..

    ReplyDelete
  12. Yang jeruk makan jeruk tuh sampai sekarang masih aja jadi jargon ya. Hehehe... Padahal Jojo nya aja udah menikah. Iklannya emang melekat di hati

    ReplyDelete
  13. Oreo sih pasti. Sampai sekarang 'diputar, dijilat, dicelupin', itu kadang masih jadi bahan candaan bersama teman-teman. Sukses Oreo bikin jargon yang tak lekang oleh waktu.

    ReplyDelete
  14. Aku pernah nonton ini semuaa, haha. Legend banget emang tiga iklan ini. Beneran terngiang-ngiang di telinga deh.
    Ampe sekarang pun masih inget banget nada iklanya, haha.

    ReplyDelete
  15. iklan jaman dulu emang legend legend sih menurut saya, apalagi iklan nutrisarinya joshua dan oreo. melekat banget di memori semua orang, sampai banyak meme nya, hehehe

    ReplyDelete
  16. wkwkwkwkw yg paling epic menurutku yang oreo tuh beneran wkaakkaa, aslii jadi praktekin soalnya aku duluuu. nutrisasi juga masih kebayang sampai sekarang

    ReplyDelete
  17. Nutrisari sama oreo sih, iconic banget soalnya. Joshua sama siapa si Reza oreo ya kalo ga salah

    ReplyDelete
  18. Long lasting banget iklannya, mbak. Yang paling berkesan sampai sekarang iklan Oreo soalnya sambil dipraktekkin.

    ReplyDelete
  19. Iklan jadul yg masih berputar2 di kepala saya sampai saat ini adalah iklan SKM cap ENAK, Era awal munculnya TV swasta, lgi norak2nya sialnya waktu itu...🤭😀

    ReplyDelete
  20. Iconic banget ketiga iklan itu. Sama Wafer Tango dengan tagline, "Berapa lapis? Ratusan!" Dan masih banyak lagi.

    ReplyDelete
  21. jeruk kok makan jeruk? ya ampun jadul banget sekarang si josua nya udah nikah noh. ini minuman kesukaan saya banget lho dari kecil sampai sekarang soalnya gak bikin batuk.

    ReplyDelete
  22. Wah iya, membaca ini jadi ikutan nostalgia ke era 90an
    Paling memorable tu iklan Oreo

    ReplyDelete
  23. Banyak iklan yang memberikan spirit tersendiri ya di masa lalu
    Apalagi iklan jadul 90an
    Saya masih ingat iklan bahasa cinta Johnson & Johnson

    ReplyDelete
  24. kok saya lupa yg iklan aqua yaa hehehe... kalo nutrisari dan oreo sih inget banget

    ReplyDelete
  25. Wkwkw iklan joshua yang paling terkenang nih bagi aku. Suka sama taglinenya jeruk kok makan jeruk hihi

    ReplyDelete
  26. Iklan jaman dulu memang menaeik dan menempel diingatan. iklan nutrisari apalagi membekas banget hihihi

    ReplyDelete
  27. Waah ketiga iklan ini nancep banget looh brandingnya. Dari sejak pertama ditayangkan sampai sekarang rasanya tak terlupakan.

    Beberapa iklan jadul yang kece tuh ada juga yang iklan rokok. Meskipun produknya diklaim tidak bagus untuk kesehatan oleh para ahli, tetap saja budgeting iklannya gila-gilaan. Selalu maksimal kualitas iklannya. Ngebrandingnya bukan ke produknya, tapi ke image yang tercipta dari iklannya itu.

    ReplyDelete
  28. Oh My God pikiranku jadi travelling ke masa lalu nih Mba. Jadi kangen banget suasana zaman dulu ya, iklannya, tayangan televisinya, suasananya huhuu. Iklan yang paling ngangenin di antara 3 iklan ini pas aqua sih, apalagi iklan aqua yang ada rasa strawberry jeruknya itu.

    ReplyDelete
  29. Ketawan umurnya deh kalo tau semua iklan jadul ini 🤣 oiya ada loh kak musisi Eka Gustiwana yg bikin medley jingle2 iklan jadul gitu sampe 2 versi di YouTube-nya. Coba cek deh bagus bgt hasilnyaaa

    ReplyDelete
  30. Oreo sama nutrisari. Soalnya kalau lihat tuh iklan, jadi minta pengen buka puasa pakai itu juga, Hahah. Maklum masih bocah 🤫

    ReplyDelete
  31. Aku ingat semuaa ketiga iklan itu, emang dulu tuh dibuat seniat itu, nggak sekadar viral... coba kalau sekarang ingetnya iklan goyang Shopee atau Sosis So Nice :))

    ReplyDelete

Post a Comment