Mengatasi Masalah Setoran Tunai ATM BNI

30 comments

 

Sobat Jelajah Mia punya pengalaman bermasalah dengan ATM Setoran Tunai BNI? Uang sudah masuk mesin tapi tidak masuk rekening?

 

Mengatasi Masalah Setoran Tunai ATM BNI

Bermasalah Dengan Setoran Tunai ATM BNI?

Pada cerita kali ini, saya mau membagikan pengalaman ketika bermasalah dengan ATM Setoran Tunai BNI yaitu saat uang yang kita setorkan malah tidak masuk rekening dan ATM mendadak eror. Sebelumnya, saya mengakui ATM setoran tunai BNI sangat membantu dalam transaksi. Menghemat waktu sekedar hanya untuk deposit/menabung uang cash, terkadang antrian di Bank tidak pernah kita duga, kadang ramai, kadang pula sepi antrian.

 

Sayangnya, kejadian seperti uang yang kita setorkan tidak masuk ke rekening, ATM yang mendadak eror dan masalah lainnya membuat kita akan berpikir dua kali terhadap hal ini. Terutama bagi mereka yang pernah mengalami kejadian serupa, seperti saya. Berapapun nominalnya, uang tetaplah uang tentu dibutuhkan oleh kita.  

 

Kronologi Peristiwa

Kejadian ini tepat di bulan Ramadan tanggal 20 April 2022, saya melakukan transaksi dengan ATM Setor Tunai di Galeri ATM BNI KCP Setrasari Kota Bandung sekitar pukul 20.20 WIB. Seperti biasa,  bareng sama paksu, setelah kami lelah mempersiapkan ujian untuk kelas XII. Berbekal kartu ATM dan uang cash yang rencananya akan didepositkan ke tabungan BNI.

 

Saat itu kondisi ATM cukup sepi. Tanpa pikir panjang, saya segera melakukan transaksi di ATM Setoran Tunai BNI. Bagian deposit uang terbuka, saya memasukkan sejumlah uang pecahan 100ribuan. Saya pikir kondisi uang saya baik-baik saja tanpa ada yang terlipat.

 

Mesin melakukan proses penghitungan uang. Jumlahnya sesuai dengan yang saya masukkan. Saya proses transaksi. Mesin memproses. Namun, tidak seperti biasanya setelah transaksi tersebut mesin akan menanyakan kembali perintah ingin melanjutkan transaksi atau tidak, melainkan mesin mengeluarkan kartu ATM saya. Dan keluar bukti yang bertuliskan bahwa terjadi masalah hardware pada transaksi setor tunai anda.

 

Setoran Tunai ATM BNI Bermasalah

Mencoba untuk tenang dan saya kembali memasukkan ATM dan mengecek saldo terlebih dahulu. Ternyata  transaksi saya sebelumnya belum tercatatkan di  rekening. Saya coba lakukan setoran tunai, ternyata tempat deposit uang tidak juga terbuka. Mesin malah menampilkan pesan eror.

 

Mesin Tidak Berfungsi

Saya cukup panik saat itu dan memanggil satpam yang sedang berjaga. Paksu yang awalnya menunggu di tempat parkir sepertinya paham istrinya sedang ada sesuatu jadi langsung menghampiri. Lalu paksu menyuruh saya untuk segera telepon BNI Call di 500046. Sembari melihat kondisi ATM. Dari luar sekilas tampak normal ATM Setoran Tunainya tanpa terlihat eror. Ada orang lain yang mencobanya, ternyata muncul pesan eror juga.

 

Karena tidak punya pulsa telepon, langsung isi pulsa dengan aplikasi, tentu telepon BNI itu membutuhkan pulsa yang tidak sedikit. Sempat bukti transaksi yang keluar dan mesin ATMnya yang ada nomor seri ATM. Posisi telepon masih di ATM BNI tersebut, bahkan sempat nanya nama bapak satpam (walau sekarang lupa lagi namanya), siapa tahu dibutuhkan untuk keperluan laporan.

 

Nomor Seri ATM BNI Setrasari

Saya menelepon BNI Call. Sesuai saran Paksu dan didukung oleh Satpam yang sedang berjaga agar segera dilaporkan, setelah tekan 01 untuk dialihkan berbicara dengan CS. Tak berapa lama seorang CS melayani. Saya menceritakan kejadian detailnya, apa yang saya alami, memberitahukan waktu kejadian, nilai yang saya depositkan, pecahan uangnya, lokasi ATM yang digunakan, nomor ATM hingga nomer rekening yang saya gunakan. Saya pun memberikan informasi kalau ATM menjadi eror setelah kejadian yang saya alami tersebut.

 

Dari laporan tersebut, saya diberitahukan bahwa proses penyelesaian selama maksimal 14 hari kerja (sabtu, minggu dan hari libur tidak dihitung), tentu karena kejadian tersebut mendekati cuti bersamanya lebaran jadi libur lebaran pun terpotong. Ya sudah makin pasrah dan mikir positif bahwa uang itu bagaikan tabungan abis lebaran saja. Namanya lebaran mau ada berapa juga pasti boros bukan? Berdoa juga semoga ada yang cair lainnya, karena itu salah satu uang pegangan untuk lebaran (ga mungkin juga narik uang tabungan lahiran dan uang simpanan lainnya). Saya juga diberikan nomer laporan agar bisa dicek kembali apabila masalah tersebut telah selesai. Kabarnya akan ada notifikasi SMS apabila masalah tersebut telah selesai.

 

Penantian Berbuah Manis

Saya juga mencari informasi di dunia maya terkait kejadian yang mungkin orang lain alami. Dari beberapa artikel dan cuitan di twitter saya mendapatkan keyakinan bahwa BNI akan mengembalikan uang tersebut. Biasanya dalam 5 hari kerja. Tapi, ada juga berita dengan kasus serupa tidak kembali uangnya. Bahkan dibeberapa komentar, mengeluhkan mesin setoran tunai terbaru yang kadang suka eror dan bermasalah. Hal ini membuat saya semakin di titik pasrah, kalau memang rezeki tidak akan kemana.

 

Dua hari berikutnya saya mendatangi BNI, walau sudah laporan melalui telepon, ada perasaan yang ingin juga melaporkan ke CS langsung. Antrian ke CS lumayan panjang dan satpam yang berjaga sempat menanyakan semua keperluan nasabah agar bisa diketahui mana yang benar-benar harus CS ataupun menuliskan administrasi yang dibutuhkan sebelum ke CS, agar prosesnya cepat.

 

Setelah satpam tahu keperluan saya, beliau menyarankan untuk menggunakan telepon kantor yang ada di BNI untuk menanyakan progres laporan saya. Setelah tersambung, ternyata laporan saya masih di proses dan saya memastikan batas menunggu saya jatuh di tanggal berapa. Setelah selesai, tak lupa saya ucapkan terima kasih kepada satpam BNI dan beliau menyarankan kalau tanggal maksimal saldo belum masuk ke rekening saya, agar Kembali laporan ke CS secara langsung untuk dibantu laporan lanjut. Tuh kan, satpam BNI juga pelayanannya ramah banget dan membantu sekali keperluan nasabah.

 

Lebaran pun berlalu dan libur Bersama telah usai. Kerjaan saya tiap hari saat siang yaitu bolak balik cek saldo di ebanking saya tapi ya jumlahnya segitu-gitu aja. Saya sudah mengikhlaskan seandainya tidak balik uang yang saya depositkan tersebut. Biarlah menjadi pelajaran ke depan untuk lebih berhati-hati.

 

Hingga di hari keduabelas yaitu tepatnya Selasa, 10 Mei 2022,  setelah saya isi deposit salah satu aplikasi ojek online, tentu sambil cek saldo dan  saya melihat saldo di ATM agak janggal. Akhirnya selesai sudah penantian dan investasi sekian hari ke rekening. Sempat berpikir, kok tidak ada pemberitahuan via sms? Tapi sudahlah, intinya uang sudah kembali dengan jumlah yang sesuai didepositkan

 

Tips Menghindari Masalah Eror Saat Setoran Tunai di ATM

Kapok tidak untuk setoran tunai di ATM BNI? Setelah kejadian tersebutpun saya sempat setoran tunai lagi, kok, tapi sedikit belajar setelah kejadian sebelumnya. Dari kejadian ini, saya ingin berbagi tips bagi Anda yang sering menggunakan ATM Setoran Tunai agar tidak mengalami kejadian yang sama seperti saya, berikut tips nya :

  1. Sebelum melakukan setoran tunai, pastikan bahwa ATM berfungsi dengan baik
  2. Setorkan dalam jumlah kecil terlebih dahulu misalnya Rp 50,000/Rp.100.000. Jangan langsung dalam jumlah besar agar bila terjadi hal yang tidak diinginkan tidak banyak uang yang harus kita tunggu lama kembalinya (apalagi jika uang tersebut sangat kita butuhkan).
  3. Jika terjadi hal seperti yang saya alami, jangan panik. Catat no. seri ATM, segera buat laporan ke BNI Call di 500046. 
  4. Kalau menelepon dengan HP, pastikan pulsa cukup untuk menyelesaikan pembicaraan hingga laporan diterima.
  5. Sembari menunggu selama proses penyelesaian masalah, kita harus sabar dan banyak berdo'a.
  6. Tahan diri untuk menyebarkan kejadian yang di alami via social media ataupun dunia maya, daripada nanti malah blunder untuk diri sendiri. 
  7. Dahulukan positive thinking bahwa pihak BNI sedang menyelesaikan masalah kita.

Pihak Bank juga tidak menginginkan masalah seperti ini terjadi. Apalagi kebanyakan ATM Setoran tunai dikelola oleh vendor/pihak ketiga sehingga untuk menyelesaikan masalah seperti ini akan butuh proses yang tidak mudah. Itupun yang menjadi alasan, kenapa kita harus menunggu hingga 14 hari kerja.


Penutup

Saya hanya ingin bilang : Terima Kasih BNI sudah mengembalikan kepercayaan saya sebagai nasabah. Semoga tulisan ini bisa membantu teman-teman yang mengalami masalah serupa! Adakah yang pernah mengalami peristiwa serupa seperti saya?

Related Posts

30 comments

  1. Wah memang khawatir sekali jika terjadi error pada ATM Tunai. Semoga vendor memperbaiki mesinnya.

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah blum pernah ngalamin sndiri, emg bkin panik ya klo trouble dgn mesin atm, makanya aku tim itung lagi klo pas tarik tunai krna takut pas stok uang nya abis gitu

    ReplyDelete
  3. sudah lama nih saya tidak melakukan setor tunai. pernah juga kayaknya kena masalah kayak gini dan memang paling cepat itu langsung hubungi pihak bank sih dan prosesnya juga agak lama

    ReplyDelete
  4. Dulu pas masih pakai BNI semasa single sering setor tunai di ATM tapi sejak ganti bank udah ngga pernah hehe Alhamdulillah yah terselesaikan dengan baik masalahnya kak. Kebayang paniknya saat itu

    ReplyDelete
  5. Aku pernah juga mba mengalami hal seperti ini. Tapi waktu itu bukan di BNI, tapi salah satu bank swasta yang terbaik. Alhamdulillah uang juga balik meski butuh proses agak lama. Memang harus sabar & selalu positif thinking ya mba.

    ReplyDelete
  6. Astaga kalo saya sih udah pasti panik luar biasa Teh, mana itu uang pegangan lebaran pula. tapi alhamdulillah ya uangnya bisa balik lagi. btw bener sih, jangan koar koar di sosmed apalagi twitter terus tag BNI nya, yang ada pihak BNI pasti males lah ngelayanin pelanggan yang gak sabaran, hehe. saya sih belum pernah setor tunai, ya itu takut kejadian kayak gini, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malah kadang kalau mention di twitter ini berpotensi kena penipuan ya, mbak karena ada akun palsu yang membalas tuitan kita

      Delete
  7. Saya belum pernah mengalami sih, tapi dari pengalaman Mia jadi kebayang harus melakukan apa. Dulu pernah ambil uang di ATM, uangnya ga keluar tapi saldo terdebet. tapi akhirnya bisa selesai urusannya

    ReplyDelete
  8. Aku pernah juga, cuma dikasih tahu uang kembali min 14 hari maks 30 hari jadi penantiannya tepat di hari ke 15 uang masuk.
    Dan bener banget ketika sedang penuh rasa khawatir setor tunai, jauhi sosmed, khawatir menjaga jari jemari berbicara yg engga2. Alhamdulillah yaa jadi pembelajaran

    ReplyDelete
  9. Wah iya, repot juga ya kalau ada masalah seperti ini
    Artikel ini bisa jadi pembelajaran buat yg lainnya

    ReplyDelete
  10. Oh iya pastikan mesin ATM nya dalam keadaan baik itu hal utama. Sama kalau bisa ada temennya juga ya biar gak gampang panik

    ReplyDelete
  11. Bacanya sambil ngeri-ngeri sedap. Apalagi di part kejadian nasabah lain yang uangnya tidak bisa kembali. Alhamdulillah dalam kasusnya mba Mia berujung manis. Terima kasih tipsnya ya mba, penting banget buat reminder agar saya bisa lebih aware bila akan melakukan setor tunai.

    ReplyDelete
  12. Dari artikel ini jadi tahu apa yang mesti dilakukan untuk atasi masalah setoran tunai ATM ..Terima kasih sudah membagikan pengalamannya, Mbak
    Saya pernahnya pas mau tarik tunai ketelan kartunya di ATM di dekat rumah, langsung lapor call center dan diblokir rekeningnya. Esoknya ngurus ke cabang terdekat dan dapat kartu ATM baru.
    Syukur segera lapor saya. Ternyata, tetangga cerita seminggu sebelum saya ada kejadian di tempat yang sama, kartu ketelan dan dia enggak laporkan, eh pas esoknya ke cabang bank sudah amblas tuh uang sekian. Jadi seperti ada yang ngakalin biar ketelan kartu atau gimana. Kejadian marak sekitar 7 tahunan lalu

    ReplyDelete
  13. Waduuuuh Mbak, saya bacanya deg-degan sambil ngomong sendiri "lah gimana itu terus."

    Alkhamdulillah akhirnya sudah terselesaikan ya, Mbak. Nominal uang juga sudah di ATM lagi.

    Terima kasih untuk pengingatnya ya, Mbak

    ReplyDelete
  14. Aku pasti deg deg ser nih kalau kena kejadian begini. Pernah suatu kali dana refund dari sebuah aplikasi pengirim tanpa biaya transfer beda bank terlambar sampai saja aku sudah cemas. Apalagi begini. Padahal hal2 begini memang harus dihadapi dg tenang ya agar berbuah manis.

    ReplyDelete
  15. Pasti deg-deg an ya Mba.. Artikel yang sangat membantu sekali Mba. Hal ini bisa terjadi pada siapa saja. Terimakasih atas tipsnya Mba..

    ReplyDelete
  16. Alhamdulillah,
    Probelm solved jika dalam keadaan tenang yaa, kak.
    Alhamdulillah setor tunai-nya juga pas hari kerja dan jam kerja.
    Semoga menjadi pengalaman yang bisa membantu menenangkan orang lain bila mengalami kejadian serupa.

    ReplyDelete
  17. Alhamdulillah uangnya kembali ya mba. Bagus nih pelayanan BNI meskipun saat uang kembali tidak ada notifikasinya.

    Terkadang aku juga rada mikir-mikir mba kalau mau masukin uang ke ATM setoran tunai, takutnya ya itu tadi, uang dah masuk ke mesin tapi saldo enggak nambah. Tapi kayaknya enggak deh ya, itu hanya ketakutanku aja hehee... semoga tidak ada lagi mesin yang error sehingga kasus serupa terjadi kembali.

    ReplyDelete
  18. Pengen mewek dah bacanya tapi alhamdulillah uangnya masuk ke rekening ya. Belum pernah nih setor tunai via ATM. Makasih banyak sarannya, nanti kalau mau setor tunai via ATM mau coba masukin nominal dikit dulu dan moga baik-baik aja.

    ReplyDelete
  19. Saya juga menggunakan bank BNI ini kak, wah ini jadi perhatian saya juga seandainya mengalami hal seperti ini. Intinya tetap tenang dan fokus ya saat ada masalah kayak gini

    ReplyDelete
  20. Duh aku jadi deg2an. Soalnya pengguna BNI juga..tapi seingatku belum pernah pakai atm untuk setoran tunai.. seringnya pakai bank sebelah. Alhamdulillah ya kalau sudah teratasi..

    ReplyDelete
  21. Ya ampun pasti deg-degan banget. Jujurly mesin atm BNI disekitar rumahku juga lumayan sering gangguan, kadang bikin deg-degan, hehe..

    ReplyDelete
  22. Belum pernah sih mba, cuma dulu pernah transfer beda bank tapi ga nyampe di bank tujuan. Trus telp BNI Call, nunggu 2 mingguan, dan Alhamdulillah bisa diselesaikan juga

    ReplyDelete
  23. BNI kalau ATMnya dekat vabang jarang eror, tapi yang jauh sering banget. Apalgi kalu ada permasalahan besar seperti itu. Love BNI

    ReplyDelete
  24. Alhamdulillah uang sudah kembali ya Mbak? saya pernah mengalami kejadian eror juga di bank lain. Alhamdulillah, pelayanan ramah dari tim bank nya dapat meredakan kegalauan.

    ReplyDelete
  25. Pengalaman kayak gini bikin deg-degan ya. Saya sempat ada kekhawatiran kayak gitu kalau setor tunai pakai mesin. Biasanya setor tunai pas banknya buka atau ada security supaya kalau ada sesuatu lebih nyaman.

    ReplyDelete
  26. Poin 6 penting banget kayaknya ya. Selagi proses penyelesaian, jangan posting di sosmed, nanti malah kena UU ITE pula🀭

    ReplyDelete
  27. what!?!?!? aku sering banget loh pakai atm setor BNI tapi alhamdulillah aman-aman aja. kalau error dan uangnya sudah masuk, pasti bakal panik nih kalau aku. makasih tips nya ya kak, bermanfaat banget buat jaga-jaga kalau mengalamai hal serupa.

    ReplyDelete
  28. Memang ATM error ini momok ya, apalagi pas mau transaksi banyak eh error huhu. Terakhir kejadian 10 tahun lalu

    ReplyDelete
  29. intinya jangan panik ya kak kalau ada kejadian seperti itu πŸ˜… soalnya udah gak bisa mikir apa-apa kalau sudah panik duluan.. terimakasih sudah ceritakan pengalaman berharganya kak

    ReplyDelete

Post a Comment