6 Tips Membaca Buku Secara Konsisten

1 comment

 Apakah sobat Jelajah Mia kurang suka membaca buku ? Suka membaca buku tapi masih sesuai mood? Atau membaca buku secara konsisten adalah sebuah aktivitas diluar ekspektasi kalian? Buku adalah gudangnya ilmu, lho.

 

6 Tips Membaca Buku Secara Konsisten



Udah lama nih, Jelajah Mia ga bahas-bahas seputar literasi. Mari simak tips berikut supaya membaca buku secara konsisten.

 

Fenomena Membaca Buku Secara Konsisten

Buat saya membaca adalah hal yang sangat menyenangkan, namun seringkali membaca adalah hal yang sangat dihindari atau malas dilakukan hampir setiap orang. Padahal, kalau ingin mengikuti negara maju lainnya, kita sebagai warga negara harus memiliki kualitas dan kuantitas membaca yang jauh lebih baik. Apalagi didukung dengan akses buku digital baik berbayar dan gratis, tentu semakin memudahkan para pembaca.

 

Membaca buku adalah salah satu dari sekian banyak kegiatan yang memiliki gudang manfaat. Karena selain menambah wawasan, membaca buku dapat membangun karakter yang lebih baik didukung dengan genre dan atau jenis buku yang kita baca.

 

Tetapi permasalahan yang umum terjadi, membangun kebiasaan membaca memang sulit untuk dilakukan, apalagi mempertahankan konsisten kebiasaan membacanya. Tak jarang kita malas dan tidak mau menyempatkan waktu untuk membaca buku.

 

Membaca Buku Secara Konsisten

Konsisten atau mungkin jelasnya adalah membiasakan diri dengan apapun yang sedang ditekuni, merupakan salah satu kunci sukses.

 

Banyak yang sudah mengetahui teori ini namun nyatanya masih sedikit yang mengaplikasikannya. Akibatnya, keinginan untuk konsisten pun jadi begitu rendah dan gak terbiasa dilakukan.

 

Padahal, jika mau membaca buku secara konsisten ada banyak banget keuntungan yang bisa didapat. Salah satunya yaitu melalui sebuah konsistensi, kita bisa lebih disiplin pada diri sendiri

 

6 Tips Membaca Buku Secara Konsisten

Pernah mencoba membangun kebiasaaan konsisten membaca buku, tetapi masih kesulitan? Simak 6 tips berikut ini, supaya kamu bisa konsisten membaca buku! Semua ditulis berdasarkan pengalaman pribadi selama dua tahun mempertahankan konsisten membaca minimal satu buku dalam satu minggu.

Tips Membaca Buku Secara Konsisten

 

1. Tentukan target

Jangan pernah takut untuk membuat target membaca,karena sebentar lagi kita akan bertemu dengan tahun 2022, misalnya : Target baca tahun 2022 : 50 buku. Pilihlah buku yang sedang ingin dibaca. Buku dengan genre dan jenis apapun, buku tidak pernah salah, setiap buku punya haknya untuk dibaca.

 

Setelah menentukan target tahunan, lalu mulai tentukan target bulanan. Berapa banyak buku di setiap bulannya yang akan dibaca. Ini salah satu cara mengantisipasi kalau kamu terlalu takut dengan sistem target harian. Tidak harus banyak-banyak, yang penting bisa konsisten.

 

2. Tentukan waktu yang sama untuk membaca buku

Sesuaikan alokasi waktu  untuk membaca dengan jadwal harianmu, tentukan waktu yang sama setiap harinya ketika membaca buku. Setiap waktunya tentu berbeda, selalu mengingatkan diri sendiri bahwa setiap harinya harus selalu membaca walaupun beberapa halaman.

 

3. Letakkan dan bawa selalu buku di setiap aktivitasmu

Agar memudahkan kamu membaca buku secara konsisten maka letakkan dan selalu bawa buku di dekatmu, agar selalu teringat pada saat bisa meluangkan waktu untuk membaca. Dengan perkembangan membaca buku tidak hanya berbentuk fisik, disaat malas berat-berat membawa buku, bisa dengan membaca dalam genggaman tangan.

 

4. Hindari dari gagal fokus saat membaca

Semakin berkembangnya teknologi, terutama di era pandemi seperti saat ini. Kita sangat mudah gagal fokus dengan notifikasi handphone, terutama pada saat sedang membaca buku digital. Sebelum membaca buku, pastikan tidak akan ada hal yang bakal membuat gagal fokus saat membaca.

 

5. Buatlah catatan khusus

Membuat catatan khusus setiap perkembangan membaca agar mempermudah untuk tetap konsisten. Tandai setelah selesai melakukan kegiatan membaca buku. Beli atau buat baju khusus buku untuk mencatat perkembangan membaca agar lebih semangat. Banyak aplikasi yang beredar untuk mencatat target, itupun bisa dipergunakan.

 

6. Ikuti  komunitas dan tantangan yang mendukung kebiasaan membaca

Tidak semua orang hobi membaca. Dengan gabung komunitas buku, kita punya jalan untuk bertemu dengan orang yang sama minat dalam membaca. Tidak perlu takut untuk sharing hal-hal mengenai literasi karena khawatir selera bukumu tidak sesuai dan aneh. Justru dengan keberagaman genre dan jenis buku yang dibaca oleh orang lain, akan menambah referensi buku yang akan dibaca (atau meracuni dan diracuni urusan bacaan).

 

Sudut pandang baru bakal selalu datang dari berbagai orang dengan bacaan yang berbeda-beda. Hal ini akan selalu mewarnai hari-hari komunitas dan tantangan membacamu, bahkan kadang suka berbonus hadiah buku dan lainnya. Banyak komunitas baca buku yang sifatnya online jadi bisa kenal dengan teman-teman online seluruh Indonesia bahkan dunia.

 

Apakah Membaca Buku Secara Konsisten Sulit?

Konsisten adalah kebiasaan penting untuk dimiliki. Kecil kemungkinan mencapai hal-hal hebat jika tidak secara konsisten membuat keputusan yang cerdas dan mengambil tindakan yang tepat. Konsisten adalah perilaku yang berkaitan dengan dedikasi dan komitmen.

 

Membangun kebiasaan konsisten membaca tidaklah sulit. Oleh karena itu, kalau kamu ingin serius di dunia kepenulisan, membaca buku merupakan aktivitas yang sangat dianjutkan. Banyak pepatah yang mengatakan, “Seorang penulis seharusnya adalah seorang pembaca yang baik pula.”

Quote Membaca Buku Secara Konsisten

 

Penutup

Apakah setelah membaca artikel ini akan mencoba untuk  membaca buku ? Bila membaca buku secara konsisten adalah sebuah aktivitas yang terlihat sulit tapi bila tidak mulai dicoba tentu kita tidak tahu ternyata membaca adalah aktivitas yang menyenangkan

 

Coba kamu praktikkan langkah demi langkah tentu mudah dan mengasyikan, sehingga kebiasaan membaca buku yang selama ini diidam-idamkan terwujud. Semoga bermanfaat!

Related Posts

1 comment

  1. 6 langkah di atas aku udah lakuin dan rutin. Tapi sebenernya kenapa aku bisa konsisten, itu Krn memang dibiasain sejak kecil, malah mungkin sjk bayi Ama papa 😅. Soalnya dulu dari mama hamil pun, papa udh beliin banyak buku buat nanti dibacakan ke anak2nya mba. Makanya kebiasaan membaca buku di keluarga kami udah kuat. Mau tidur, sambil makan, ke kamar mandi pun bawa buku 😅.apalagi bepergian. Buku selalu ada.

    Jadi ga berat buatku konsisten dalam membaca. Malah udh kayak kebutuhan hidup. Sehari waktu yg aku sediain buat baca buku itu 3 jam. Kdg pun lebih. Apalagi sejak resign dan ga ada kerjaan 🤣.Krn asisten udh bisa diandelin, jadi waktu kosongku banyak, dan LBH suka aku isi dengan membaca sih . Skr ini targetku, gimana anak2 bisa serutin dan secinta itu dengan buku.

    ReplyDelete

Post a Comment