Rekomendasi Buku Anak Karya Clara Ng

11 comments

 Clara Ng dikenal sebagai penulis cerita anak yang sukses merilis puluhan buku maupun cerita. Karya-karyanya tersebar dengan beragam ide dan kisah yang menarik untuk dibaca bersama buah hati.

 

Rekomendasi Buku Anak Karya Clara Ng


Membacakan buku sejak dini dapat merangsang perkembangan otak, Kali ini Jelajah Mia akan merekomendasikan beberapa buku anak yang selain bisa sebagai bahan bacaan ibu tapi bisa juga dibacakan kepada anak bahkan baiknya sejak dini.

 

Di kondisi sedang PPG, banyak aktivitas yang tadinya sebuah kebiasaan dan aktivitas menjadi berkurang waktu dan pikiran untuk melakukan hal tersebutnya salah satunya membaca.

 

Apalagi ditambah sekalinya punya waktu, ya lebih baik habiskan dengan anakku tersayang biar dia tidak banyak kehilangan momen sama bundanya (Yang nagih cerita tentang Atala, nanti dulu, ya hahaha). 

 

Manfaat Membacakan Buku Sejak Dini

Buku merupakan media yang tepat bagi anak untuk belajar banyak hal. Nah, salah satu aktivitas yang dapat Anda lakukan adalah membacakan buku anak. Tak hanya melatih Si Kecil berbicara, aktivitas ini juga dapat merangsang perkembangan fungsi otaknya.

 

Rutin membacakan buku untuk anak dapat meningkatkan imajinasi dan merangsang kreativitasnya. Kreativitas sangat penting untuk mengembangkan minat dan ide serta membantu anak mengelola emosi kelak ia dewasa. Terlihat pada anakku, dimana saat diperlihatkan buku, dia langsung antusias dan bahkan liat mimik mulut ibunya saat bercerita.

 

Selain itu, anak yang sejak kecil sudah terbiasa dibacakan buku oleh orang tuanya akan lebih mudah belajar membaca.

 

Bahkan di beberapa literatur yang ku baca, dengan membacakan buku pada anak berimbas pada hubungan ibu dan anak. Anak akan menjadi lebih dekat secara fisik maupun emosional dengan membacakan buku untuknya.

 

Membacakan buku adalah cara yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama anak setelah menjalani hari-hari yang padat, kalau ada istilah selelah apapun dirimu seketika akan luluh saat bersama anak.

 

Lalu buku apa saja yang sudah ku bacakan untuk Atala? Ini baru 4 yang ku publish di Instagram dan sebenarnya masih ada beberapa lagi tapi nanti yak ku buat dalam beberapa edisi.

 

Berikut 4 rekomendasi buku anak karya Clara Ng yang bisa kamu bacakan untuk anakmu.

 

1.         Wayang Sebelum Tidur

Suatu malam, dua orang kakak beradik bernama Sita dan Bima memutuskan untuk tidak langsung pergi tidur segera setelah ibu mereka mengucapkan selamat tidur kepada keduanya. Dikira akan tertidur, Sita justru berinisiatif bermain bayangan dengan menggunakan kedua tangannya.


Buku Wayang Sebelum Tidur

 

Melihat hal tersebut, Bima pun tertarik ingin ikut bermain bayangan. Sayangnya, karena masih kecil, jari-jarinya masih sulit ditekuk untuk menghasilkan bayangan yang seru.

 

Untuk menghibur Bima yang bersedih, Sita akhirnya punya ide untuk membuat wayang dari bahan-bahan sederhana: kertas, lem, gunting dan sedotan. Segera setelah wayangnya jadi, Sita pun menerangkan tokoh-tokoh wayang yang ia buat kepada Bima.

 

Mereka pun asyik bermain sampai… ayah masuk ke dalam kamar dan memergoki mereka berdua! Apakah Ayah akan marah?

 

Ada 4 tokoh wayang punakawan yang diperkenalkan disini: Semar, Gareng, Petruk dan Bagong. Buku ini bisa menjadi sarana memperkenalkan wayang kepada anak-anak dan ini didongengkan juga ke Atala,loh.

 

Selain tokoh Punakawan, Sita dan Bima juga termasuk nama tokoh pewayangan.Sukaaa dengan ilustrasinyaaa! suka dengan Sita dan Bima yang menggunakan piyama bermotif batik, Cinta Indonesia sekali 🥰

 

Selain memiliki ilustrasi yang menarik untuk anak-anak, kalimat-kalimat yang digunakan dalam buku ini juga cukup sederhana sehingga memudahkan anak untuk mengerti jalan ceritanya. Adapun pesan yang ingin disampaikan melalui buku ini adalah mengenai kreatifitas dan pengenalan tokoh-tokoh pewayangan kepada anak.

 

"Punakawan artinya pengasuh Semar, Gareng, Petruk, Bagong adalah pendamping setia pengeran Pandawa."

(Hal.14)

 

Sumber :

https://www.instagram.com/p/CiQNgz8vwdO/?utm_source=ig_web_copy_link

 

2.         Ketahuan!

Bercerita tentang Bintang yang selalu mendengar boneka-boneka binatangnya berpesta dari balik selimut. Namun, Bintang kerapkali gagal memergokinya karena terlalu mengantuk maupun ketika terbangun. Berhasilkah Bintang memergoki boneka-bonekanya yang sedang berpesta?

 

Buku Ketahuan!

Cerita yang menggambarkan rasa keingintahuan dan rasa penasaran seorang anak yang bikin pembaca tersenyum.

 

"Suatu malam kalian pasti akan ketahuan!"

(Hal.10)

 

Sumber :

https://www.instagram.com/p/Ci0QJ3Wvsm1/?utm_source=ig_web_copy_link

 

3.         Dari Berondong Jagung Sampai Negeri Kanguru

Dongeng Dialektika dengan tokoh utama bernama Joko, bertutur tentang perubahan. Ada perubahan yang cepat (bikin berondong jagung misalnya), perubahan lambat (terbentuknya salju), ada juga perubahan yang bikin tegang (pertama kali masuk sekolah). Perubahan yang terjadi secara cepat seperti saat membuat berondong jagung, dan ada perubahan yang lambat.

Buku Dari Berondong Jagung Sampai Negeri Kanguru


Di bagian depan buku ada penjelasan tentang Dialektika. Dialektika adalah alat untuk memahami bagaimana alam di sekeliling kita bekerja dan upaya mereka berubah. Tiga hal untuk memahami dialektika perubahan adalah:


1. Segala hal di dunia memiliki lawan berseberangan

2. Perubahan terjadi sedikit demi sedikit

3. Perubahan bergerak seperti spiral, bukan lingkaran.

 

 

"Yang paling tepat di dunia ini adalah perubahan"

(Hal.31)

 

Sumber :

https://www.instagram.com/p/Ci0QJ3Wvsm1/?utm_source=ig_web_copy_link

 

4.         Sehari Bersama Reni

Bercerita tentang Reni yang tidak senang bertambah umur. Di ulang tahunnya Reni mendapat hadiah istimewa dari Ibu berupa sebuah mantra untuk menciptakan apa pun yang ia inginkan. Mantra itulah yang akhirnya mengubah pikiran Reni.

 

Buku Sehari Bersama Reni

Sebuah cerita yang mengajarkan pembaca tentang perubahan dalam proses pertumbuhan dan pendewasaan, serta dilengkapi dengan ilustrasi yang cantik.

 

Terasa menyenangkan membacakan cerita ini ke Atala. Sebuah kekuatan super dari kata "Sedikit demi sedikit" akan menjadi sebuah bekal bagi Atala untuk tumbuh dengan baik, MasyaAllah

 

Mengajari tanpa menggurui. Pesan disampaikan dengan sangat halus melalui cerita sederhana nan menarik.

 

"Sedikit demi sedikit ternyata bisa mengubah segalanya . Aneh, tapi memang begitulah yang terjadi."

(Hal.17)

 

Sumber :

https://www.instagram.com/p/CjddVacvv8g/?utm_source=ig_web_copy_link

 

Lalu bagaimana ekspresi Atala saat dibacakan buku sama bundanya? Kira-kira beginilah, banyaknya lampu udah diredupin karena dia sudah terbiasa pola tidur malam sesuai waktu malam jadi jarang foto juga hahaha.

 

Ekspresi Alata di Bacakan Buku

Penutup

Meski bayi belum mengerti apa yang kita ucapkan, jangan pernah berpikir kebiasaan membacakan buku adalah hal yang sia-sia, sebab dia tetap bisa menyerap semua perkataan dan informasi yang ia dengar. Yuk, komen, yang punya rekomendasi buku yang bagus dibacakan untuk anak, buat referensi bundanya Atala (jajan buku maksudnya) buat bacain berikutnya.

Related Posts

11 comments

  1. MasyaAllah rajin banget mamahnya, nih bacakan buku untuk sang baby. InsyaAllahu Atala jadi anak yang pintar nih karena selalu dibacakan buku.

    ReplyDelete
  2. Yang kaget tuh, aku kenal Clara Eng pertama kali juga dari buku anak yaa..
    Tapi ternyata beliau juga menulis novel dewasa. Yang genrenya beneran dewasa..
    Sungguh berbeda karakternya saat menuliskan buku anak dengan ilustrasi dan bahasa sederhana yang mudah dipahami.

    Heheh, yaiya sih yaa.. Hanya kaget aja kalau ada penulis dengan karya yang sangat bertolak belakang.

    ReplyDelete
  3. Nah betul banget nih apalagi ditambah dgn cerita yg sangat menarik sehingga si anak akan makin suka membaca buku dan belajar dari cerita tsb seperti mengenal tokoh wayang

    ReplyDelete
  4. Wah sehat-sehat Atala ...bagus sekali Mba sudah membacakan buku ke anak sejak dini karena memang meski masih bayi tapi sudah bisa menyerap semua perkataan dan informasi yang ia dengar. Aku punya buku Clara Ng...salah satunya yg nomor 1, yang wayang. Anakku sudah gede-gede sekarang jadi dah lama ga beli buku karya Clara Ng lagi

    ReplyDelete
  5. Makasih rekomendasi bukunya . Benar-benar recommended banget deh. Apalagi buat anak saya. Masya Allah.

    ReplyDelete
  6. Ponakan aku butuh bgt niiihhh
    Ntar aku infoin k emaknya
    Makasi ya

    ReplyDelete
  7. Wah, saya yang udah dewasa aja jadi tertarik baca yang nomor 1, Kak. Semangat selalu mengajak si Kecil untuk mencintai buku ya.

    ReplyDelete
  8. Clara Ng yang aku tahu pengarang buku novel fiksi untuk dewasa. Tidak sangka ada banyak buku Clara Ng buat anak-anak. Pengen cari ah!

    ReplyDelete
  9. Keren nih mba menanamkan kebiasaan membaca buku sedini mungkit

    ReplyDelete
  10. Wih cocok nih buat adek sepupu, apalagi aku emang minim pengetahuannya tentang buku anak, makasih rekomendasinya

    ReplyDelete
  11. Rekomendasinya bagus-bagus dan penting banget ya untuk punya buku anak di rumah, untuk meningkatkan perkembangan si kecil. :D

    ReplyDelete

Post a Comment