REVIEW NOVEL LULU

Post a Comment

 

Buat pembaca novel Lupus, apakah ada yang ingat dengan nama Lulu? Ya dialah adik perempuan dari lupus. Ternyata tidak hanya sekedar tokoh pendamping pada novel lupus saja loh! Ada versi novelnya tersendiri. Penasaran dengan kisah Lulu ketika dia menjadi tokoh utama? Yuk, simak sampai akhir artikel ini, Jelajah Mia kali ini akan bahas tentang novel Lulu yang sudah dibaca. Apakah konyolnya sama dengan kakaknya yaitu Lupus?

 

Review Novel Lulu Karya Hilman Hariwijaya


Tentang Tokoh Lulu

Siapa yang tidak kenal dengan tokoh Lupus? Tokoh fiksi yang diciptakan oleh Hilman Hariwijaya yang lekat dengan permen karet. Tidak hanya bisa dinikmati pada novel saja tetapi ada versi visual dalam bentuk film bahkan serial di TV dengan berbagai pemain di setiap filmnya. Tetapi baca bukunya tetap menarik bukan?

 

Lulu adalah pemekaran dari cerita Lupus, tokoh sang adik. Buku ini ditulis Hilman bersama Boim LeBon dan Gusur Adhikarya. Berdasarkan berbagai sumber, terdapat empat novel dengan Lulu sebagai tokoh utama, yaitu 

1.   Sohib Gaib (1992)

2.   SMA Elite (1993)

3.   Mimpi Full Colour (1998), dan 

4.   Reformasi Damai (1998)

 

Dari keempat judul diatas, Jelajah Mia sudah membaca dengan tuntas dua judul yaitu Sohib Gaib dan SMA Elite. Untuk dua judul berikutnya nanti buat cerita selanjutnya, ya, biar sobat Jelajah Mia ga pusing kalau diceritain sekarang. Nah, kembali lagi, bagaimana cerita dari Lulu kalau sebagai tokoh utama? Yuk, kita mulai!

 

1.  Review Novel Lulu : Sohib Gaib (1992)

Lulu adalah pemekaran dari cerita Lupus, tokoh sang adik. Buku ini ditulis Hilman bersama Boim LeBon dan Gusur Adhikarya. Sohib gaib adalah buku pertama dari seri Lulu ini.


Lulu, adik Lupus yang centil itu. Tak hanya Lupus, Lulu punya pengalaman yang jauh lebih mengasyikkan dan misterius. Mengikuti keinginan Mami yang mau anaknya masuk ke sekolah Elite, akhirnya Lulu terjebak di sekolah yang isinya anak-anak serba borju.


Novel Lulu : Sohib Goib

 

Lulu selalu jadi kambing hitam untuk segala keributan dan permasalahan dikelasnya. Hampir semua anak, terutama gengnya Oasa, selalu berusaha ngerjain Lulu. Tapi berkat kecerdikan Lulu, dan tentu saja dibantu sohib gaibnya yang misterius, Lulu selalu terhindar dari malapetaka.

 

Lulu sempat merasakan punya cowok bernama Fido. Hobi Fido yaitu main Tamiya bahkan jalan sama Lulu pun karena mau main Tamiya. Tapi sebetulnya siapa sohib gaib Lulu itu? Kayak apa wujudnya?

 

Kisah ini pernah ku review di Review Lulu : Sohib Goib

 

 

2.  Review Novel Lulu : SMA Elite (1993)

Lulu adalah seorang siswa yatim di SMA Elite. Ibunya memiliki usaha katering dan kakaknya, Lupus, membuka usaha cetakan bersama teman-temannya.

 

Review Lulu : SMA Elite

Lulu memiliki musuh bebuyutan bernama Oasa. Oasa adalah seorang anak konglomerat yang memiliki saham terbesar di SMA Elite.

Tiba-tiba kejadian aneh menimpa Lulu. Hal ini diawali saat Lulu memimpikan seekor tuyul. Saat ia berusaha mencari tahu ke perpustakaan, ia bertemu dengan Venus, mahasiswa psikologi yang menyukai hal-hal gaib. Setelah perbincangannya dengan Venus itu, Lulu semakin yakin bahwa ia memiliki kekuatan supernatural. Venus akhirnya membantu Lulu untuk mengendalikan kekuatannya.

 

Suatu hari di loker SMA Elite, Bule dengan panik memanggil Lulu. Kaki Oasa ternyata terkilir di lapangan baseball. Dengan cepat Lulu mengobatinya. Namun saat Oasa telah sadar, ia malah memarahi Lulu.

 

Masalah tak berhenti sampai disana dan terus berlanjut hingga akhirnya Lulu dihadapkan pada permasalah dengan Fido, sang pacarnya. Dan kekuatan supranatural yang seolah tak lepas dari kehidupan dia.

 

Bagaimana perseturuan antara Lulu dan Oasa? Apakah kekuatan supranatural Lulu akan selalu membayangi hidupnya?

Ceritanya sangat menarik dengan bumbu komedi, sehingga kita tidak mudah bosan saat membacanya.

 

Walaupun novel ini sarat akan komedi dan humor, akan tetapu ada pesan tersirat yang bisa kiota tangkap saat membaca novelnya. Tentang persahabatan, Janganlah menjadi pribadi yang sombong karena merasa mampu dalam segala hal. Suatu saat, kita pasti akan membutuhkan pertolongan dari orang lain.

 

Dan tentu untuk tidak lelah menanam kebaikan, pasti kita akan menuai kebaikan. Maka tetaplah berbuat kebaikan walaupun dengan orang yang tidak kita sukai.

 

Kisah ini pernah ku review di Review Novel Lulu : SMA Elite

 

Kutipan Pada Novel Lulu : Sohib Gaib

Hari itu jelas bukan hari kemarin karena hari itu Lulu dapat temen baru yang super istimewa."

(Hal.23)

 

"Lihatlah sebuah  titik jauh ditengah laut. Makin lama makin jelas bentuk rupanya. Itulah kapal api yang sedang berlayar, apinya yang tinggi membubung di udara."

(Hal.125)

 

"Sebetulnya ada satu hal pada lulu yang tak disadari oleh orang lain atau bahkan lulu sendiri. Yaitu lulu memiliki mata batin yang mampu mengembara ke alam bawah sadar."

(Hal.137)

 

Kutipan Pada Novel Lulu : SMA Elite

"Apakah manusia dengan manusia nggak bisa lagi teman yang bisa saling berbagi suka dan duka? Persahabatan antarmanusia sudah didasari perhitungan untung dan rugi? "

(Hal.8)

 

"Seraut wajah manis itu , dengan mimik begitu polos seperti itu, betul-betul menimbulkan rasa sayang setiap orang. Dan itulah wajah Lulu jika lagi penasaran."

(Hal.44)

 

"Perasaan lulu makin ga enak. Dan lulu cuma berharap semoga firasatnya itu meleset. "

(Hal.57)

 

“Biar orang lain jahat sama kita, asal kita nggak.”

(Hal. 104)

 

Penutup

Bagaimana setelah baca review dari Jelajah Mia? Tertarik tidak dengan novel Lulu? Kalau yang tidak punya atau tidak berniat untuk membeli novelnya, bisa loh baca secara gratis di aplikasi ipusnas, ijak, dkk. Ada yang pernah baca kisah ini? Berbagi juga yuk di kolom komentar!

Related Posts

Post a Comment