Aktifkan Lagi Google Analytics

Post a Comment

 

Percaya atau tidak, kita sebagai pemilik website atau blog, bisa loh ceki-ceki bagaimana laporan yang disukai dari aktivitas blog kita. Nah, aktivitas yang untuk menganalisis blog kita terdapat di Google Analytics.

 

Aktifkan Lagi Google Analytics

SobatJelajah Mia ada yang kenal dengan istilah Google Analytics? Ada tidak seperti sobat Jelajah Mia yang dulunya pernah aktifkan Google Analytics tapi sekarang datanya jadi kosong atau ga paham gimana cara bacanya? Yuk, saat ini kita sama-sama belajar! Simak sampai akhir, ya!

 

Apa itu Google Analytics

Setahun yang lalu disaat proses belajar sana sini, salah satunya Jelajah Mia memperlajari dan mempraktikkan tentang Google Analytics. Buat sobat Jelajah Mia yang blognya belum diaktifkan Google Analytics, bisa banget baca Google Analytics

 

Secara umum akan Jelajah Mia informasikan tentang secara umum tentang Google Analytics.


Apa itu Google Analytics? Layanan itu adalah software berbasiskan web yang kegunaannya untuk menganalisis kinerja blog-blogmu. Fitur-fitur yang bisa kamu manfaatkan antara lain ialah Goals, berguna untuk menandai beberapa hal yang akan kamu jadikan goal  pada website bisnismu. Fungsi Google Analytics selanjutnya adalah sebagai pelaporan.

 

Apa Saja Yang di Ukur Dari Google Analytics

Mengenai pengunjung Blog Jelajah Mia

Apa saja yang bisa kita analisis, yaitu :

1.   Berapa pengunjung website anda?

2.   Dari perangkat apa mereka mengaksesnya? Desktop, tablet atau mobile.

3.   Tipe handphone apa yang mereka gunakan?

4.   Browser apa yang mereka gunakan?

Dan banyak hal lainnya

 

Mengenai website yang mendatangkan trafik ke website Sobat Jelajah Mia

Apa saja yang bisa kita analisis untuk mendatangkan trafik ke blog kita?

1.   Berapa banyak pengunjung yang datang langsung (direct) ke website?

2.   Website apa yang paling banyak mendatangkan trafik ke website

3.   Media sosial apa yang paling banyak mendatangkan trafik ke website

4.   Bagaimana performa iklan?

5.   Kata kunci (keywords) apa yang mendatangkan trafik ke website

 

Mengenai halaman website Sobat Jelajah Mia

1.   Halaman apa yang paling lama diakses atau paling cepat ditinggalkan?

2.   Halaman apa yang paling banyak diakses atau ditinggalkan?

3.   Bagaimana efektifitas website dari sisi konten, desain atau navigasi.

4.   Seberapa cepat halaman website?

 

Mengenai aksi pengunjung website Sobat Jelajah Mia

1.   Berapa lama mereka berada diwebsite?

2.   Berapa banyak halaman yang mereka kunjungi di website?

3.   Bagaimana perilaku pengunjung website anda terhadap goal website?

4.   Berapa banyak pengunjung yang mengunduh (download) file yang anda bagikan, mengisi data di form, menonton video yang dipasang dihalaman (embed) hingga mengklik semua tombol atau link yang ada disana?

 

Melihat dari hal-hal yang diukur dari Google Analytics jadi kita bisa melihat fitur yang ada di Google Analytics berguna untuk mempermudah mempelajari karakteristik para pengunjung melalui laporan trafik yang telah ada.  Bagaimana Google Analytics sebagai pelaporan?

 

Google Analytics sebagai Pelaporan

Sobat Jelajah Mia bisa mengecek pelaporan terkait bagaimana pelanggan/pengunjung berinteraksi dengan website, seperti berapa pengunjung website, melalui perangkat apa mereka mengaksesnya, bagaimana demografiknya, apa yang menjadi interest mereka, browser apa yang mereka gunakan, dan masih banyak lagi.

 

Selain itu, ada pula laporan iklan, akuisisi, konversi, laporan langsung, diagram alur pengunjung, dan lain sebagainya. Wah, banyak sekali ya, informasi yang akan kamu dapatkan, sobat Jelajah Mia.

 

Saat Jelajah Mia mau membuat tulisan tentang Google Analytics, eh ternyata kondisi Google Analytics nya jadi seperti ini.

 

Buka Aliran Data Google Analytics

Karena diberi kesempatan sama Mbak Marita untuk sesi tanya jawab dan memang paling pusing dengan tugas bonus itu ya Google Analytics dan ditambah akses laptop terbatas setelah laptop sering dibawa untuk mengajar sama suami (Monmaap agak curhat sedikit).

 

Lalu bagaimana kalau kasusnya seperti diriku yang sudah pernah aktifkan Google Analystic tapi begitu buka kok datanya kosong?

 

Buka Penyiapan Aliran Data

Langkah pertama yaitu klik “buka penyiapan aliran data”

Lalu pilih data web dan ikutin petunjuk selanjutnya yang ada di pilihan tersebut dengan memasukkan data website (data blog).

 

Buka Penyiapan Aliran Data

Copas Tag HTML ke Blog

Sudah klik buka penyiapan aliran data dan ikuti semua petunjuknya kok masih aja datanya 0, agak bingung maka tanya kembali ke Mbak Marita. Lalu Mbak Marita menjawab

“Iyaa.. masih 0 karena belum copas tag htmlnya ke blog kan? Jadi blm ada data yg tercrawling”

 

Yang belum tahu apa itu crawling, Crawling adalah sebuah proses di mana mesin pencarian seperti Google dapat mencari dan memindai konten yang berada di situs web berupa artikel, lembar produk, gambar, link, dll. Mesin pencarian menggunakan alat yang disebut sebagai crawler (juga disebut sebagai bot atau spider) untuk memutuskan situs web mana yang akan dipindai.

 

Ribet banget sih Jelajah Mia, itu simpelnya apa? Jadi gimana data kamu bisa dibaca dan dianalisis sama Google Analytics kalau tidak memasukkan tag HTML yang ada di property Google Analytics ke HTML blog kita.

Laporan Real Time Google Analytis

 

Ditahap ini Jelajah Mia sempat lupa foto, tapi Sobat Jelajah Mia bisa baca panduan caranya di artikel Blogspedia, ya. Eh tidak berapa lama setelah Jelajah Mia memasukkan kode HTML ke blog Jelajag Mia langsung terbaca walau masih belum semua, ya namanya juga butuh waktu ya tidak.

 

Data Real Time Google Analytics

 

Penutup

Nah setelah Sobat Jelajah Mia tahu apa yang bisa anda lakukan dengan Google Analytics maka Sobat Jelajah Mia akan mendapatkan banyak sekali data dan informasi mengenai pengunjung blog Sobat Jelajah Mia, maka langkah selanjutnya adalah anda harus tahu apa yang akan diukur dan mendapatkan insight yang berguna untuk mengembangkan segala hal sesuai dengan karakteristik blog.

 

Untuk mempelajari semua itu tentunya tidak mudah, anda butuh bimbingan oleh seorang ahli yang selalu menggunakan Google Analytics setiap harinya untuk membantu mengembangkan Blog. Yuk, Sobat Jelajah Mia cari komunitas Blog manapun yang bisa mengembangkan kemampuan blognya. Seperti Jelajah Mia yang mencoba mengejar tugas menulis ini agar bisa masuk grup WA dari Komunitas Blogspedia.

Related Posts

Post a Comment