Sambutan Guru di Perpisahan Sekolah

3 comments

 

Seperti sudah menjadi tradisi, setiap sekolah menyelenggarakan perpisahan sekolah setiap tahunnya. Sebagai pendidik, tentu melewati agenda rutin kegiatan sekolah yaitu perpisahan. Dan pada perpisahan tahun kali ini dijebak untuk mengisi sambutan perwakilan guru.

 

Agar tidak menjadi sekedar dokumen, Jelajah Mia mau berbagi bagaimana contoh sambutan perwakilan guru. Apa sih yang membuat perpisahan sekolah menjadi momen yang indah?

Sambutan Guru di Perpisahan Sekolah

 

Masa Sekolah Momen Indah

Masa-masa sekolah adalah masa terindah bagi sebagian besar orang. Banyak kenangan yang tertoreh pada masa itu, baik kenangan baik, kenangan lucu, kenangan sedih maupun kenangan buruk sekalipun. Pertemuan dengan banyak orang sepertiteman, sahabat, bahkan pacar, hingga guru yang inspiratif dan berjasa akan menjadikan masa-masa sekolah begitu tak terlupakan.

 

Masa sekolah yang sudah berakhir membuatmu mau tidak mau harus berpisah dengan sahabat. Meski harus berpisah, persahabatan yang kalian jalin tak lantas berakhir begitu saja. Kata-kata perpisahan sekolah bisa kamu gunakan sebagai ungkapan suka cita, untuk mengenang momen-momen bersama sahabat dan teman sekolah.

 

Perpisahan Sekolah

Belakangan ini terjadi perdebatan di media sosial tentang wisuda yang dilaksanakan di TK hingga SMA. Padahal biasanya wisuda lumrah dirayakan pada saat kelulusan perguruan tinggi saja.

 

Menanggapi hal tersebut, sekolah memang memutuskan memakai nama dengan nama perpisahan. Bagi kami sebagai pendidik, tanpa ikut larut dalam arus perdebatan urusan wisuda dan tidak wisuda pada saat perpisahan, perpisahan bagi kami adalah momentum melepaskan peserta ke jenjang dan fase kehidupan selanjutnya.

 

Tetapi dalam video yang sempat Jelajah Mia tonton, boleh dijadikan sebagai renungan. Video Tiktok Tentang Pendapat Perpisahan Sekolah

 

Sambutan Perwakilan Guru

Kata-kata perpisahan sekolah juga bisa menjadi sebuah doa dan harapan baik usai mengakhiri masa sekolah. Banyak inspirasi kata-kata perpisahan sekolah yang bisa kamu pilih. Pada kesempatan kali ini Jelajah Mia mau  memberikan contoh sambutan perwakilan guru ketika perpisahan sekolah.

 

 

Assalamu’alaikum wr. wb

 

Yang saya hormati Kepala Sekolah SMK Bakti Bangsa Bandung

Yang berbahagia bapak/ibu guru dan staf SMK Bakti Bangsa Bandung

Tidak lupa, anak-anakku semua murid SMK Bakti Bangsa Bandung yang saya banggakan dan kami sayangi

 

 

Pertama-tama, syukur alhamdulillah kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayat-Nya, sehingga hari ini kita bisa berjumpa dalam acara perpisahan yang insyaallah berkah ini.

 

Kedua, sholawat serta salam mudah-mudahan selalu tercurahkan kepada junjungan nabi besar kita Muhammad SAW, semoga kita semua mendapatkan syafaat dari beliau di hari akhir nanti.

 

Hadirin sekalian yang saya hormati,

Saya selaku perwakilan dari guru, pertama-tama ingin mengucapkan selamat kepada seluruh anak-anak kami yang telah berhasil menyelesaikan masa belajar di SMK Bakti Bangsa Bandung

 

Semoga, apa yang telah dipelajari selama 3 tahun baik siswa pada jenjang SMK Bakti Bangsa Bandung bisa menjadi bekal dan fondasi anak-anakku semua dalam melanjutkan pendidikan ke tahap selanjutnya dan atau pekerjaan yang baik untuk masa depan

 

Di samping itu, semoga ilmu yang sudah didapatkan bisa memberi manfaat bagi hidup anak-anakku semua, orang-orang sekitar, dan masyarakat.

 

Pesan dari saya, jangan pernah berhenti untuk belajar, jalan kalian masih panjang dan bermimpilah setinggi-tingginya. Menyelesaikan pada jenjang sekarang hanyalah awal dari perjalanan kehidupan yang sesungguhnya.

 

Percayalah, harapan dan mimpi setinggi apa pun, apabila kalian usahakan dengan sungguh-sungguh, atas izin Allah, pasti akan tercapai.

 

Pada kesempatan ini, saya juga ingin mengucapan terima kasih kepada bapak/ibu guru yang telah banyak berkorban baik secara moral dan materill mendukung dalam mendidik anak-anak semua selama masa pendidikan di SMK Bakti Bangsa Bandung, semoga segala tanda jasa yang telah dilakukan ini jadi pahala dan bekal terbaik di dunia maupun akhirat

 

Masih ada begitu banyak acara dalam rangka perpisahan ini, jadi rasanya kurang pantas apabila saya berlama-lama. Selamat menikmati yang disajikan oleh panita yang telah lelah mempersiapkan segalanya, mohon diberi kelapangan hati apabila ada kekurangan.

 

Kemarin membawa awal, esok membawa akhir, meskipun kita di suatu tempat yang berbeda, kalian tetaplah anakku

 

Demikian sambutan dari saya sekaligus perwakilan guru, apabila terdapat kekurangan dan salah kata, mohon maaf yang sebesar-besarnya.

 

Wabillahitaufik wal hidayah warridho wal inayah.

Wassalamualaikum. wr. wb...

 

Disampaikan di kegiatan Perpisahan Sekolah pada tanggal 10 Juni 2023

 

Penutup

Perpisahan akan selalu mengajarkan kita untuk menghargai bahwa setiap detik kebersamaan adalah anugerah. Bagaimanapun sebuah perpisahan merupakan momen sedih sekaligus indah. Apa momen perpisahan sekolah yang bikin tak terlupakan bagi sobat Jelajah Mia?

 

Related Posts

3 comments

  1. Teks ini sangat membantu buat yang nanti cari teks untuk ngisi sambutan juga. Aku juga buat sih di blogku tapi susunan acara, karena kebetulan kemarin aku dapat tugas di mengisi susunan acara.

    ReplyDelete
  2. Ga kerasa ya udah di akhir tahun pelajaran dan harus melepas anak-anak didik kita di kelas akhir. Kadang rasanya baru kemarin aja nerima mereka, eh sekarang udah mau perpisahan aja

    ReplyDelete
  3. Pertemuan, perpisahan selalu menjadi event yang mengharukan, tetapi ya mau gimana lgi, namanya juga proses kehidupan

    ReplyDelete

Post a Comment