Pentingnya Me Time untuk IRT

21 comments

 

Hai Sobat Jelajah Mia, ditengah kesibukan yang padat, apakah masih bisa untuk me time? Me time tidak harus dengan keluar rumah atau healing kemana, loh kok bisa? Yuk, simak sampai akhir bagaimana pengalaman Jelajah Mia melakukan me time.

 

Pentingnya Me Time untuk IRT





Me Time Bagi IRT (Ibu Rumah Tangga)

Me time menjadi aktivitas yang bisa dilakukan untuk melepas penat setelah seharian melakukan pekerjaan rumah. Me time adalah kegiatan yang dilakukan secara singkat untuk menghibur diri sendiri. Sesekali melakukan aktivitas ini bisa melepas penat dan mengembalikan mood menjadi lebih positif. Me time menjadi salah satu kegiatan penting yang sesekali harus dilakukan oleh ibu rumah tangga.

 

Me time tidak harus dengan cara keluar rumah dengan meninggalkan segala urusan domestik rumah. Semua bisa dilakukan dengan cara paling sederhana di rumah.

 

Mengapa me time penting bagi ibu rumah tangga? Sebab, meluangkan waktu untuk diri sendiri bisa meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Sebagai manajer dalam rumah, tentulah diperlukan seorang ibu yang sehat secara fisik dan mental.  Seberapa penting me time bagi ibu rumah tangga?

 

Pentingnya Me Time Bagi IRT (Ibu Rumah Tangga)

Penting bagi seorang ibu rumah tangga untuk melakukan me time, mengapa me time penting bagi ibu rumah tangga?

 

1. Menurunkan Kadar Stres

Menjalani rutinitas dan aktivitas yang sama setiap hari membuat ibu rumah tangga rentan terkena stres. Ini ditandai dengan susah konsentrasi, lelah berlebihan, merasa tidak berdaya dan mudah marah. Me time ibarat mengisi ulang baterai dalam tubuh guna mengembalikan suasana hati dan menurunkan kadar stres.

 

2. Mengelola Emosi

Me time bisa membuat ibu rumah tangga menjadi lebih rileks. Ketika menghadapi masalah, pikiran menjadi lebih jernih dan lebih gampang memikirkan jalan keluarnya. Ketika emosi tidak terkendali, terkadang secara tidak sadar kita mengeluarkan kata-kata kasar pada anak saat kesal atau perbuatan yang tak pantas. Tentu dampaknya bukan hanya kita yang merasakan tetapi anak kita juga secara jangka panjang akan merasakan, sedih kan membayangkannya.

 

3. Lebih Mengenal Diri Sendiri

Me time bukan berarti egois dan mementingkan diri sendiri ketimbang keluarga. Me time adalah memanfaatkan waktu sejenak untuk rehat dari kesibukan rumah tangga, sehingga ibu bisa lebih mengenal diri sendiri. Dengan begitu, akan muncul perasaan lebih tenang dan nyaman.

 

4. Mencegah Kebiasaan Tidak Sehat

Stres berkepanjangan pada ibu rumah tangga bisa berujung pada hal negatif. Me time menjadi kegiatan yang dapat menyalurkan emosi negatif menjadi lebih positif.

 

Ide Me Time Sederhana bagi IRT

Pada umumnya, kita memiliki me time saat anak kita sedang tidur. Apalagi ibu-ibu yang masih memiliki anak bayi dan lagi di fase dimana radius lebih dari 100 meter tidak terlihat sama anak kita langsung berasa ditinggal pergi jauh, betul tidak buibu?

 

Lalu apa yang bisa dilakukan dengan me time yang singkat? Ini pengalaman Jelajah Mia dalam melakukan me time singkat.

 

1. Waktu 5 hingga 10 Menit

Jika hanya memiliki waktu yang singkat, adapun rekomendasi me time yang bisa dilakukan, antara lain:

a. Duduk di posisi yang bikin nyaman dan minum secangkir kopi/teh/minuman kesukaanmu .

b.  Cek notifikasi HP, untuk sekedar melihat dunia selain dirumah.

c. Melakukan peregangan tubuh.

d. Tarik napas dalam dan buang napas. Lakukan ini selama 5 menit, bisa banget untuk mengurangi tensi emosi yang kita miliki

e. Mendengarkan musik kesukaan atau stalking sosial media.

 

2. Waktu 15 hingga 30 Menit

Biasanya Jelajah Mia meluangkan waktu untuk membaca buku, karena masih tergabung dalam beberapa komunitas literasi. Atau biasanya cari referensi buat bahan tulisan blog.

 

Terkadang saking sibuknya mengurus rumah, kita sampai lupa mandi, bisa lakukan mandi agar badan terasa segar.

 

Bagi yang suka nonton, bisa untuk nonton youtube atau aneka sosial media lainnya.

 

3. Waktu 30 hingga 60 Menit

Kalau anaknya agak gedean bisa melakukan aktivitas di luar rumah,  seperti jalan-jalan ke pusat perbelanjaan. Tapi kalau anaknya masih bayi, bisa perpanjang aktivitas membaca, nonton dan stalking sosmednya lebih lama.

 

Kadang Jelajah Mia suka sampai bikin indomie atau pesan makanan di aplikasi online, hahahaha. Setelah makan datang, lalu sambil nonton atau stalking sosmed, ada yang sama?

 

 

Penutup

Ada kalanya saat bisa rehat, kita melakukan untuk membereskan aktivitas domestik kita. Tetapi sesekali tetaplah sempatkan untuk melakukan me time.

 

Jika ibu mengalami stres atau rasa lelah berkepanjangan akibat pekerjaan rumah tangga, silakan rehat sejenak untuk mengisi energi. Setelah itu, ibu bisa melanjutkan kembali aktivitas yang sedang dilakukan.

 

Apa yang sobat Jelajah Mia lakukan saat Me Time?

Related Posts

21 comments

  1. Kalau istri saya salah satu me time nya fokus memandang HP nya, pas dilihat ternyata lagi check out shop** wkwkw. Kalau ga liat e-commerce, dia scrool Ig sampai puas. Saya tak pernah ganggu, asal tidak lupa waktu saja, ya

    ReplyDelete
  2. Jadi IRT itu memang pekerjaan yang luar biasa ya..terkadang malah sulit mencari waktu untuk me time...tapi kayaknya sebagian me time nya bisa di rumah aja dengan lihat2 marketplace atau drakor

    ReplyDelete
  3. Bener penting banget me time bagi IRT, bahkan harus diluangkan waktunya hahah demi menjaga kewarasan. Sama aku juga nyeduh Indomie sambil nonton Drama Korea dong 😂

    ReplyDelete
  4. Pekerjaan domestik tuh ga ada habisnya, harus pinter-pinter atur waktunya, kalau ga nanti jadi ibu berunag wkwkwk, marah-marah aja
    me time penting sih menurutku untuk menjaga kewarasan supaya ga marah-marah aja

    ReplyDelete
  5. Betul banget nih, sangat perlu me time buat mengurangi stress dan menghindari mental load. Walaupun paling lama 30 menit aja, kalo bisa metime dengan mindful bakal sangat memulihkan energi.

    ReplyDelete
  6. sangat penting banget ini buk. Secara ibu-ibu yang punya anak kecil dan non ART itu butuh waktu me time khsusus. Dan biasanya aku juga bilang sama suami buat me time sejenak.

    ReplyDelete
  7. Me time nggak harus keluar ya, Kak. Di rumah saja, asalkan happy dengan aktivitasnya bisa menjadi me time berkualitas. Kalau memaksakan keluar malah bisa bertambah stres. Entah karena macet atau keletihan setelah mutar-mutar kayak setrika.

    ReplyDelete
  8. Kalo ngga me time rasanya pala mo meledak wkkw, aku seharian di rumah sama anakk itu sbnernya ga kuaaat hahahaha, menghadapinya jadi ga sabaran. tapi kalo pas keluar insyaAllaah mah ayoayo aja, jadi kayaknya me timeku ya keluar bareng temennn, atau bawa anak sama suami kemana gitu. ah udah itu aja cukup bikin bahagia

    ReplyDelete
  9. Betul banget, sebagai ibu kita perlu me time agar tetap bahagia dan dapat mengelola keluarga dengan baik ya Mbak.

    ReplyDelete
  10. Benar sekali me time bisa jaga kewarasan dan bersemangat membersamai anak dan rumah

    ReplyDelete
  11. Saya mainkan game sederhana di ponsel termasuk salah satu me time yang sering saya lakukan. Apalagi game nya terkoneksi ke teman FB, jadi bisa sekaligus kompetisi bareng teman teman lain. Hehehe ... Receh banget ya me time saya mah

    ReplyDelete
  12. Me time-ku: tidur 🤣 Dulu sebelum nikah, aku hobi tidur. Nunggu kelas kuliah, tidur di perpus. Bahkan di dalam kelas pun tidur wkwk. Sejak nikah, punya satu dua anak, waktu tidur berkurang drastis. Kalau lagi banyak pikiran, malah beneran gak bisa tidur. Emang nikmat banget bisa tidur nyenyak tanpa diganggu 😁

    ReplyDelete
  13. Me time versi saya kadang olahraga sendiri atau scrolling ponsel lama Mbak hehehe. Kadang nonton Drakor juga bisa masuk agenda me time yang menyenangkan. Rasanya mengambil waktu untuk diri sendiri dan mengisi ulang energi di dalam tubuh memang penting untuk rutin dilakukan ya.

    ReplyDelete
  14. Yes betul banget Mbak me time kalau buat ibu rumah tangga itu sebenarnya simpel banget. Sesimpel bisa makan makanan favorit pas bocil tidur

    ReplyDelete
  15. Me time itu penting
    Apalagi buat ibu rumah tangga
    Me time jadi waktu jeda sejenak dari rutinitas yang ada ya mbak

    ReplyDelete
  16. Me time penting banget buat ibu rumah tangga, untunglah sudah ada teknologi yang memungkinkan ibu bisa me time dari rumah, seperti belanja online, nonton film/drama favorit, baca buku digital, dan masih banyak lagi, supaya ibu tetap waras pikiran dan fisiknya...hehehe.

    ReplyDelete
  17. Me time nggak perlu lama ya., 15-30 menit aja sudah cukup. Baca buku tanpa gangguan itu sudah wow

    ReplyDelete
  18. Waktu luang.. antara menyelesaikan pekerjaan agar tanpa gangguan krucil. Me time menjadi lebih banyak tantangannya

    ReplyDelete
  19. Kalau me time-nya megang gadget, aku keseringan jadinya malah lupa waktu.
    Makanya seringnya aku tuh kl me time lebih ke kegiatan baca buku atau hal2 yg nggak berkaitan dengan gadget, apalagi main medsos :(

    ReplyDelete
  20. Ternyata slama ini aku sering me time kurag dri 15menit, ya mesti kopi yg diseduh seringnya udah dingin pas diminum.
    Me time itu bener2 penting ya utk fulltime Moms, apalagi klo anak2 belum sekolah. Jadi hampir seharian di dalem rumah.

    ReplyDelete
  21. Me time itu memang penting banget buat siapapun termasuk buat IRT apalagi dengan segudang kegiatan setiap harinya, wajib banget punya me time agar selalu sehatd an stabil fisik dan emosinya

    ReplyDelete

Post a Comment