Review Novel Cantik Itu Luka

10 comments


Cantik itu Luka adalah sebuah novel best seller karya Eka Kurniawan yang dirilis pada tahun 2002. Novel yang sudah banyak diterjemahkan ke dalam berbagai bahasa dan meraih banyak penghargaan. 


Kali ini Jelajah Mia akan ajak untuk melakukan penjelajahan perjalanan hidup seorang perempuan yang penuh dengan penderitaan. Penasaran bagaimana kisahnya? Yuk, baca hingga akhir

Review Novel Cantik itu Luka




Identitas Buku

Judul Buku : Cantik itu Luka

Penulis : Eka Kurniawan

Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama

Cetakan ketiga belas Desember 2017

Tebal : 505 halaman

Baca melalui aplikasi Gramedia Digital

 

Sinopsis Novel Cantik Itu Luka

Kisah seorang perempuan yang bernama Dewi Ayu. Dewi Ayu adalah seorang wanita yang sangat cantik, tapi kecantikannya tersebut bukan sebagai sesuatu yang menguntungkan, melainkan membawa malapetaka bagi dirinya beserta keturunannya, bahkan menjadi sebuah kutukan.

 

Oleh karena kecantikan Dewi Ayu, dirinya menjadi seorang PSK bagi para tentara Belanda dan Jepang. Dewi Ayu adalah seorang PSK ternama yang bayarannya mahal dan sangat dicari oleh para pelanggannya.

Hasil dari pekerjaannya, Dewi Ayu memiliki 4 orang anak perempuan yang tidak diketahui pasti siapa ayahnya. Anak pertama, anak kedua, dan anak ketiga Dewi Ayu tak kalah cantik dengan ibunya. Namun, anaknya yang keempat nampaknya memiliki nasib yang bertolak belakang dengan nasib ibu dan ketiga kakaknya.

Cantik memiliki rupa fisik yang buruk, bahkan sedari ia baru lahir. Kulitnya hitam legam, hidungnya tidak tampak seperti hidung manusia, orang-orang yang melihatnya akan merasa ngeri. Namun, bagai sebuah ironi, Dewi Ayu menamainya Cantik.

 

Celoteh Tentang Novel Cantik Itu Luka

Novel Cantik Itu Luka memiliki genre romantis, sejarah, dan realisme magis. Sebab, dalam buku ini digambarkan kisah sejarah kolonialisme di Indonesia. Kita seolah diajak menyusuri ruang waktu di setiap peristiwa yang terjadi di indonesia tapi dalam balutan kisah novel.

 

Alur yang digunakan pada novel ini yaitu menggunakan alur maju dan mundur, tapi jangan khawatir, pergantian antar adegan sangat rapi dan halus. Kita tidak akan merasa seolah dipaksakan untuk memikir pada saat membaca novel tersebut. 

 

Cerita dalam novel ini kompleks. Setiap tokoh dalam sebuah novel memiliki perannya masing-masing dalam alur cerita. Setiap tokoh memiliki ruang khusus untuk diceritakan sehingga kita para pembaca memahami kenapa sang tokoh hadir dalam cerita tersebut



Novel ini juga tidak cocok untuk dibaca oleh mereka yang masih di bawah umur, karena mengandung cerita gamblang mengenai seks, pembunuhan, dan penyiksaan.

 

Novel lumayan bantal ini, menjawab tantangan membaca dari mbak Jihan, padahal bulan Mei ditantangnya, udah habis dibaca 400an hlm dalam seminggu, lalu menghadapi dunia nyata dan akhirnya baru sekarang ditamatin 😂😂😂.


Quote Novel Cantik Itu Luka

Quotes merupakan sebuah kutipan kalimat yang memiliki makna mendalam bagi pembacanya. Beberapa kutipan kalimat yang menarik perhatianku selama membaca novel cantik itu luka, yaitu

"Ia petarung sejati, ia ingin memenang pertarungan yang tak pernah dimenangkan ibunya."

(Hal.6) 


"Tukang masak yang baik selalu merupakan kekayaan keluarga yang sangat penting... "

(Hal.59) 


"Tak seorang pun ditinggalkannya dan tak seorang pun kehilangannya."

(Hal.78) 


"Tak ada Bhisma yang tak bisa mati dan tak ada Yudistira yang tidak bisa berbohong : Semua orang bisa mati dan harus hidup meskipun dengan cara berbohong."

(Hal.143) 


"Jika ada hal sial pada dirinya,  maka itu adalah bahwa tak ada anak lain mau bermain dengannya."

(Hal.257) 


"Kehilangan anak lebih mengerikan daripada bertemu dengan iblis, dan memberikan cinta kepadamu lebih mengerikan daripada kehilangan dua puluh anak."

(Hal.298) 


"Seorang sahabat sangatlah kurang, tapi seorang musuh sangatlah banyak orang yang membencimu."

(Hal.317) 


"Musim penghujan merupakan bulan-bulana dimana banyak orang yang kawin. Hampir di setiap ruas jalan ada janur kuning tertancap di pagar, dan rombongan orang-orang yang pergi ke undangan nyaris tanpa henti dari minggu ke minggu."

(Hal.338) 


"Otaknya telah dibuat sakit selama pembuangan menjadi lambat memahami segala sesuatunya."

(Hal.391) 


"Kita tak bisa menghalangi seorang perempuan dari kesenangannya."

(Hal.457)


Penutup

Kecantikan bukan segalanya dan tidak menjadi hal yang selalu membawa positif . Seperti halnya pada kisah dalam novel ini yang menghadirkan kisah tentang kecantikan yang membawa luka dan malapetaka bagi mereka yang tidak menjaga dan memanfaatkannya kepada hal yang baik. 

Apakah sobat jelajah Mia sudah membaca novel ini atau sekilas pernah dengar tentang novelnya?


Sudah pernah dipublikasi di instagram mia dengan berbagai tambahan sesuai kebutuhan penulisan di blog

Related Posts

10 comments

  1. Ini dia novel yang membuat aku penasaran dari dulu. Pingin banget punya bukunya... Entah udah berapah kali aku baca rivew novel ini, semua bilang perfect....

    ReplyDelete
  2. Jadi inget ada yang bilang, beauty is pain. Apakah terinspirasi dari novel ini ya? Aku jadi penasaran pengen baca juga. Udah lumayan lama nggak baca novel lumayan bantal begini, hehe. Ada di perpusnas nggak ya?

    Btw, quote nya yang Bisma dan Yudhistira itu lumayan menohok. Tapi ada benernya juga sih..

    ReplyDelete
  3. Novel Cantik itu Luka hit banget ya. Isinya lengkap, ada sejarah, romantisme, bahkan bumbu mistis nya pun ada.
    Pesannya secara tersirat dan tersurat di Cantik itu Luka jelas banget, jadi bahan pembelajaran untuk kita yang membacanya, tidak hanya untuk perempuan yang dijadikan contoh sebagai sentral dalam tokohnya, tapi pesannya universal seperti tentang karma, which is jika kita berbuat buruk, maka keburukan lain pun akan siap mengintai kehidupan kita

    ReplyDelete
  4. Novel ini dirilis pertama kali tahun 2002 dan sudah dicetak 13 kali..keren sekali ya..bahkan judul novel ini..jadi semacam kalimat yang dikenang

    ReplyDelete
  5. Tidak selalu kecantikan itu membawa berkah ya kak kalo tidak bisa menjaganya dan memanfaatkannya untuk hal2 yang positif. Novel cantik itu luka perlu dibaca, nih banyaknpelajaran yg bisa diambil dari masing2 tokohnya.

    ReplyDelete
  6. keren mbak, baca 400 halaman dalam seminggu, gimana itu caranya, duh aku belum menjamah buku-bukuku lagi
    menarik mbak review bukunya

    ReplyDelete
  7. Aku baca pas spill di IG kemarin, terus penasaran mampir ke sini wkwk. Tapi tetap pinisirin aku tuh. Kayaknya butuh Baca bukunya langsung deh.. Minjem aah

    ReplyDelete
  8. kok bisa ya menghidupi 4 anaknya dan berprofesi sebagai PSK, ngeri sedap gimana gitu. Apalagi PSK dengan bayaran mahal di jpg. Penasaran sampul bukunya mbak.

    ReplyDelete
  9. Duluu baca pas awal-awal, pas yg kelahiran Cantik.. Dan entah kenapa gak dilanjutkan lagi 😭 novelnya bagus ya mba, bikin penasaran dan banyak sejarahnya.. cuman adegan dewasanya itu yg kudu hati-hati hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah, itu mbak, adegan dewasanya kudu hati-hati ya, kwkwkwk. Judulnya menarik novel ini.....

      Delete

Post a Comment