Resep Puding Labu Madu Santan

10 comments

 

Siapa nih yang suka dengan buah, khususnya labu? Buah yang memiliki tekstur lembut dan rasa yang manis ini dapat dengan mudah disukai oleh siapa saja. Selain labu kuning yang kita tahu, ternyata ada juga loh varian labu lain yaitu labu madu. Sama halnya seperti labu kuning, labu madu juga dapat diolah menjadi berbagai macam makanan yang nikmat. Salah satu contoh olahan tersebut ialah puding labu madu.

 

Resep Puding Labu Madu Santan

Pada artikel sebelumnya, Jelajah Mia membahas tentang menjadi blogger merdeka, kita bahas-bahas yang bikin menggiur selera makan aja, deh. Sebelum membahas tentang puding labu, bahas sedikit tentang labu madunya dulu, yuk. Tentu masih banyak yang berpikir, ya udah itu labu. Padahal secara tekstur tiap jenis labu memiliki khasnya masing-masing. Lalu bagaimana keunikan dari labu madu ini?

 

Keunikan Labu Madu

Labu madu adalah jenis labu yang tumbuh di suhu dingin. Labu madu ini memiliki kulit oranye pucat dan daging buah berwarna oranye terang. Kulit dan dagingnya bertekstur keras, dan bentuknya hampir seperti buah pir yang memanjang. Seperti labu kuning dan blewah, labu madu adalah anggota keluarga tanaman cucurbitaceae.

 

Hasil Panen Labu Madu

Labu madu adalah salah satu tanaman tertua yang diketahui. Labu madu ditemukan sekitar 10.000 tahun yang lalu di wilayah negara Meksiko dan Amerika Tengah. Nama squash berasal dari kata asli Amerika askutasquash, yang berarti mentah atau dimakan mentah. Rasa labu madu ini adalah campuran dari rasa sedikit manis, gurih seperti kacang, dan sedikit mirip dengan ubi jalar.

 

Mengutip dari berbagai sumber, labu madu memiliki  nilai kandungan vitamin dan mineral dalam labu madu: vitamin A, vitamin C, magnesium, dan kalsium. Wah, keren banget kan dari sebuah labu madu saja sudah banyak kandungan gizi yang kita dapat. Lalu apa saja manfaat bagi kesehatan dari labu madu?

 

Manfaat Kesehatan Labu Madu

Tentu pada saat kita memakan sesuatu bukan tidak mungkin bila tidak mendapat manfaat kesehatan. Begitupun saat kita makan labu madu, ada juga manfaat kesehatannya. Merangkum dari berbagai sumber, manfaat kesehatan dari sebuah labu madu, yaitu :

 

1. Menghindarkan Tubuh dari Dehidrasi

Dehidrasi adalah keadaan di mana tubuh kita kekurangan air, sehingga fungsi-fungsi penting tubuh tidak bisa berjalan optimal.

 

2. Meningkatkan Sistem Imun

Labu madu penuh dengan beta-karoten dan alfa-karoten yang merupakan antioksidan alami yang bisa memelihara kesehatan dan menangkal penyakit.

 

3. Meningkatkan Kesehatan Mata

Labu madu mengandung zat bernama lutein dan zeaxanthin, sering ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran berwarna kuning serta telur. Kedua zat tersebut, bersama dengan beta-karoten dan vitamin A, dapat melindungi mata dari sinar ultraviolet.

 

4. Mencegah Kanker

Labu madu adalah sumber serat yang baik. Makanan tinggi serat dapat membantu menjaga berat badan dengan seimbang dan menurunkan risiko kanker.

 

5. Menjaga Kesehatan Peredaran darah

Labu madu kaya akan kalium, yang dapat membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali yang dapat mengurangi risiko stroke dan penyakit jantung.

 

6. Mencegah Diabetes

Serat labu madu membantu menjaga gula darah. Labu madu mengandung jenis serat yang tidak mudah dicerna. labu madu dapat membantu menjaga gula darah  agar tidak naik setelah makan pada penderita diabetes.

 

Meski masih dinilai bahwa labu madu adalah labu, labu madu ini bisa diolah menjadi beragam hidangan, Apa saja sih? Seperti sup labu madu, labu madu panggang,  kari labu madu, puding labu madu dan olahan labu madu lainnya. Untuk kali ini Jelajah Mia mau berbagi bagaimana cara membuat puding labu madu.

 

Resep Puding Labu Madu Santan

Pada umumnya labu madu  bisa dimakan langsung saat buahnya matang. Labu madu tidak cuma bisa dijadikan cake dan olahan sup. Sebagai bahan tambahan puding pun oke. Warna kuning alaminya bisa mencuri perhatian saat disajikan.

 

Jelajah mia pernah juga share tentang resep silky puding. Masih dengan perpudingan, kali ini Jelajah Mia mau berbagi tentang resep puding labu madu santan. Sudah sering dicoba beberapa kali karena memang suami nanem labu kuning, orang tua dan mertua juga nanem jadi sewaktu-waktu selalu dapat kiriman. Nah, ini foto waktu anakku diajak sama ayahnya untuk panen perdana labu madu.

 

Atalanta Panen Labu Madu Perdana

Mengolah labu menjadi puding adalah masakan paling simpel dan jadi varian menarik untuk mengunggah selera. Simak salah satu variasi resep labu madu dalam bentuk puding. Resep puding labu madu santan ini warna dan rasanya menggugah selera.

 

Jelajah Mia ambil referensi resepnya dari puding labu kuning tapi Jelajah Mia ganti dengan labu madu.

 

Bahan Utama Puding Labu Madu Santan

  • 500 gr labu madu kukus
  • 1 bungkus jelly instan
  • 500 ml air
  • 100 ml santan
  • 10 sdm gula pasir (Bisa dikurangi kalau dirasa terlalu manis)
  • Garam sejumput

 

Cara Memasak Puding Labu Madu Santan

  1. Kupas labu lalu cuci bersih. Kukus labu sampai empuk.
  2. Blender labu yang sudah dikukus bersama air.
  3. Masukkan hasil blenderan kedalam panci. Masukkan juga agar-agar, gula, santan dan garam. Aduk rata.
  4. Masak sampai mendidih sambil terus diaduk. Matikan api.
  5. Tunggu sampai uap panas hilang, tuang kedalam cetakan. Tunggu sampai dingin dan set lalu keluarkan dari cetakan. potong-potong sesuai selera.
  6. Tunggu sampai uap panas hilang, tuang kedalam cetakan. Tunggu sampai dingin dan set lalu keluarkan dari cetakan. potong-potong sesuai selera.
  7. Sajikan.

 

Penutup

Kalau tidak menemukan labu madu, bisa juga diganti dengan labu kuning. Mudah sekali bukan untuk membuat puding labu madu? Tergiur untuk segera membuat resep di atas dan menyajikannya di rumah? Atau sobat jelajah Mia sudah mengolah labu madu dengan variasi masakan lainnya? Sharing, yuk!

 

Inspirasi dan Sumber Referensi Artikel

https://bobo.grid.id/read/083153371/belum-terlalu-populer-di-indonesia-padahal-labu-madu-bisa-datangkan-6-manfaat-ini?page=all

 

https://www.yummy.co.id/resep/puding-labu-kuning-1

 

 

 

 


Related Posts

10 comments

  1. Wahh enak nih mbak, wajib dicoba resepnya, ternyata labu juga mempunyai banyak manfaat kesehatan ya, mulai dari mencegah dehidrasi sampai mencegah kanker dan diabetes. terima kasih informasinya mbak

    ReplyDelete
  2. Saya baru ngeh ada labu madu...seperti nya enak..kalau labu biasa sering dibikin kolak aja...paling sederhana ya direbus tapi belum pernah buat olahan lain

    ReplyDelete
  3. Wah baru tau aku ada labu madu, unik juga ya bentuknya lonjong kecil gitu. Enak banget kalau dataran tinggi, tumbuh subur tanamannya. Aku biasa di kolak kalau labu. Kalau labu yg biasa bisa juga dibikin pusing ya?

    ReplyDelete
  4. Kalau labu madu itu lebih manis ya mbak? Aku belum nemu nih yang labu madu, aku tahunya labu pumpkin yang bulat untuk hallooween itu haha. Aku cobain deh resepnya, jarang bangett bikin puding yang macem2 gini, ini bisa jadi ide menarik masak bareng anak.

    ReplyDelete
  5. Ditemukan sekitar 10.000 tahun yang lalu, tetapi saya baru tahu ada buah yang namanya labu madu. Kudet memang. Pas lihat di foto awal kirain ukurannya kecil, pas di foto yang ada dede gemesnya ternyata besar juga, ya.

    ReplyDelete
  6. wah jadi pengen nyobain puding labu maduny kk, blum prnah mnjumpai labu madu tp sdh pernah merasakan yg labu yng biasa, di kolak dn d bikin puding enak polll, apalagi ini yg labu madu y pasti wenaksss polll jg nih...apalagi bnyk sekali mnfaatnya...

    ReplyDelete
  7. Aku baru tahu klo itu namanya labu madu. Dan itu buatnya dari labu hasil kebun sendiri ya mbak enakkk. Aq belum pernah coba kayae, next ah klo musim labu mau bikin.

    ReplyDelete
  8. AKu tahunya hanya labu kuning itu, belum pernah coba labu madu, mungkin lebih legit ya rasanya. Labu itu enak, adem di perut, bisa untuk pengganti karbo buatku

    ReplyDelete
  9. Wah iya enak dan suka diJdikan bahan mpasi labu itu. Anakku dulu pakai kabocha mbak.. jenis labu jepang kecil gitu. Nah yg kayak mbak gini dapat d rumah ibuku dikolak

    ReplyDelete
  10. Baru tahu kalau ada labu madu .... Jadi pengen beli labu madu ... Jarang yang jual kayanya ya

    ReplyDelete

Post a Comment